Kamis, 01 Juli 2010

Lamunan di Hari Senja ketika Hujan Turun

Yang namanya rejeki itu bisa datang kapan aja. Tanpa kita sadari, rejeki itu selalu ada di sekitar kita. Waktu gua lagi beli batagor bayarnya 4 tapi dikasihnya 5, itu rejeki namanya. Waktu gua lagi naik angkot terus gak ditagih ama supirnya, itu rejeki. Memang yang namanya rejeki itu emang tersebar dimana-mana.

Kemarin-kemarin ini juga gua dapet tuh rejeki walau sedikit gak yakin itu rejeki atau bukan. Ceritanya gua lagi mandi pake sabun Lifeb**y. Terus pas enak-enak lagi sabunan, gua ngerasa ada yang nusuk-nusuk dari dalam sabun. Gua mikir apa ada orang jahat yang ngirim lintah di sabun yang gua pake buat mencelakakan gua? Ha..Ha...

Hm, gua intip sebentar, eh sekilas gua liat isinya Money a.k.a duit....

Gua inget si sabun ini ngadain promo yang di setiap sabun ada duitnya 100rb. Wuih, tanpa gua liat, ekspektasi gua langsung ke awang-awang. Dalam bayangan gua itu duit 100rb, bakal gua pake buat jajan Hoka-Hoka Bento, paket Bento 10. Udah gitu beli Dunkin Donuts terus buat jajan lumpia, batagor, siomay, terus beli limun di warung depan.....

Uh, enaknya.......

Gua mencoba melenyapkan sedikit pikiran-pikiran itu, gua konsentrasi dulu buat ngambil tuh duit yang ada di tengah sabun.......

Pas gua bisa narik, sungguh gua pengen nangis darah dan makan tuh sabun, ternyata bukan duit 100rb yang ada di tengah sabun tapi duit warna biru yang udah gak asing lagi.......

Gambarnya Kapitan Pattimura lagi senyum sambil megang golok......

Ternyata isinya cuma seceng alias serebu....... Oh, shit...... Ya, cuma bisa buat beli bakso ikan di depan rumah 2 bulet.......... Kecewa saya, nak..........

Lanjut,

Ternyata postingan gua sebelum ini yang judulnya “Tulisan Ini Hanya Untu(ku) dan Untuk(mu)” ternyata membuat banyak orang yang bertanya-bertanya ke gua. Walau pertanyaannya beragam jenisnya kayak “Itu cewek yang mana sih, San?” atau “Ah, masak sih lu suka ama cewek?” atau “Itu pacar homo lu yang mana?” tapi intinya semua nanya siapa sih “orang yang dimaksud?”

Kalau ada yang bilang itu cowok, gua arep ketika lu lagi makan ikan, itu tulang nyangkut di tenggorokan gara-gara udah meragukan orientasi seksual gua........

Ha.........Ha.........

Yup, mungkin gua gak bisa bilang siapa cewek itu tapi yang pasti dia orang yang pernah ngisi kekosongan hati gua walau (hanya) sebentar tanpa pernah tau dia jujur atau gak...........

That’s all.......... Lanjut,

Ada beberapa komentar dari temen gua yang kayaknya pas buat gua tampilin disini, tapi buat privacy gua gak akan nyantumin nama mereka. Let’s see:

“Sani, gua suka banget postingan lu yang judulnya ‘Tulisan Ini Hanya Untuk(ku) dan Untuk(mu)’ yang ada di blog lu. Gak nyangka lu bisa jadi anak yang (sok) romantis. Ha3x. Cuma satu kritikan gua, di postingan itu maknanya jadi kurang dapet, di satu sisi gua terharu waktu baca tuh tulisan tapi sayangnya lu masukkin jokes yang emang lucu tapi sayangnya jadi kurang pas karena jadinya tanggung. Mau terharu keburu ketawa, mau ketawa tapi isinya sedih. Itu aja kritikan gua tapi sisanya postingan lu gokil abis!"

Sani Menjawab: Ya, ya mengerti. Gua cuma gak pengen aja yang baca terus nangis darah ampe gak mau makan. Ha...Ha... Diampunilah segala dosamu karena telah berkata jujur.

Nih ada satu lagi, komentar dari temen SMA gua karena dia pengen eksis jadi gua cantumin aja namanya, Aprilia Hartanti (yang mau nomor hapenya, bisa sms gua...Ha..Ha...)

“San, g baca blog u yang balada penyanyi bersuara emas..... asliii gua ngakakkkk... ingett bgtt g tuhhhh,,, u disuruh nyanyi tangga nada ga bisaaaaaa.... hahahahahahahahahahaha

Sani Menjawab: Gua lupa nambahin, dulu waktu pertama kali gua ditest nyanyi not lagu yang berujung gua dihina ama si Pak Guru ‘tercinta’ dan ujung-ujungnya gua disuruh nyanyi tangga nada (baca postingan yang judulnya Balada Penyanyi Bersuara “Emas”) si cewek inilah yang persis ada di sebelah gua. Dan bukannya ngedoain gua biar gua bisa, doi malah cengengesan kayak orang kesurupan Nyi Roro Kidul......

Gw (lagi konsentrasi nyanyi): “Sol Do Mi Re Re”
Dia (sambil cengengesan persis kayak orang epilepsi): “Wkwkwkwkkw, Ha....Ha, wkwkwkw..........Ha...Ha....

Lihat saudara-saudara, lihat anak ini? Ternyata alasan gua dihina-hina dan suara emas gua gak keluar tuh gara-garanya ada teman yang bukannya MEMBANTU tapi malah NGETAWAIN! Aprilia, Aprilia gua harep Yang Maha Kuasa mengampuni dosamu ini........

Ha...........Ha.........

Ngomong-ngomong soal Aprilia ini gua jadi inget lagi, ketika gua dihina-hina gak bisa nyanyi tangga nada dia ‘berbaik hati” buat ngajarin gua. Seperti pesantren kilat, gua pun belajar tangga nada kilat ke dia...

Selama 5 menit gua belajar ama dia, dia meyakini kalau gua bisa melewati ‘rintangan’ ini dan dia bilang ke gua, sani kamu pasti bisa, pasti bisa! Gua pun mendapat motivasi berlipat buat nunjukkin kalau gua punya suara layaknya Justin Biebber (emang dia udah ada ya?)....

Dan, gua pun mulai bernyanyi;

“Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do” gua selesai bernyanyi dan endingnya

gua tetep DIKATAIN ama Pak Guru. Aprilia ternyata anda tidak mempunyai potensi untuk menjadi seorang guru musik karena murid lu yang pertama (dan terakhir) tetep dikatain juga.......

Ha..Ha...

Lanjut,

Gua bukan orang yang doyan nulis status di twitter atau facebook. Gua nulis kalau lagi kepengen dan ada yang seru buat dibagiin... Dari status itu kita bisa liat karakter orang dan kebetulan ada satu temen gua yang KELIATAN banget pengen sombong tapi gak langsung dan parahnya tiap hari dia nulis status yang isinya menyombongkan diri soal kegemarannya yang doyan fitness. Nih contohnya:

Status hari Senen: “Awal minggu, waktunya fitness biar sehat! Ayo bakar nih lemak!”
Status hari Selasa: “Barusan pulang main bulutangkis, malamnya langsung Fitness!”
Status hari Rabu: “Kerja kelompok dulu, nanti sorean berangkat Fitness!”
Status hari Kamis: “Gak apa-apa sesekali makan di KFC, pulangnya kita Fitness!”
Status hari Jumat: “Liburan gini enaknya pergi ke Gym buat Fitness!”
Status hari Sabtu: “Weekend gini diajak nyokap pergi tapi gua harus Fitness hari ini!”
Status hari Minggu: “Pulang ibadah, langsung Fitness!”

Brrrrr, jujur gua yang baca aja jadi kayak yang pegel urat pinggang gua padahal gua gak pernah fitness. Gua jadi mikir kalau misalnya Tuhan menciptakan hari ampe hari ke 8, kayaknya status dia bakal: “Di neraka pun gua tetep Fitness!”

Fiuh, capek deh. Ternyata gak cuma gua doang yang beranggapan kayak gitu karena temen-temen gua yang lain pun bilang hal yang sama ke gua...

Contoh lain, ada tetangga gua yang ingin membangun image sebagai Don Juan penggemar puisi dan tiada hari tanpa menulis puisi di statusnya + pamerin ke temen ceweknya, nih contohnya:

“Hidup tidak hanya sebuah kegembiraan, hidup adalah keinginan dan petunjuk” (status hari Senen)
“Hausnya jiwa lebih manis daripada anggur dan kekuatan jiwa lebih dicintai daripada keamanan jiwa” (status hari Rabu)
“Kekuatan untuk mencintai adalah hadiah dari Tuhan yang paling besar kepada manusia” (status hari Jumat)
“Dan cinta selalu memberi yang terbaik bagi yang dicinta” (status hari Minggu)

Dan biar kesannya makin dalem, dia selalu menambahkan tulisan gini di akhir statusnya “Dibuat oleh Fachri (nama sudah disamarkan), jam 02:00 malam ketika sedang memikirkan dirimu”

Menurut analisa gua kalau emang bikinnya jam 2 dia kayaknya lagi mimpi basah pantes aja mikirin ‘kamu’...... Ha....Ha....

Ketika gua baca, jujur gua kagum ama potongan-potongan puisi itu. Kesannya romantis banget kalau misalnya gua jadi cewek terus baca tuh puisi gua rela dah dipoligami ama kakek yang udah renta.............

Tapi?

Yang jadi masalah adalah gua pernah baca nih tulisan tapi dimana ya? Gua inget banget potongan kalimat “Dan cinta selalu memberi yang terbaik bagi yang dicinta” itu pernah gua baca tapi gua lupa baca dimana? Akhirnya semua terjawab ketika gua lagi baca-baca buku Kahlil Gibran, itu semua status dia ADA SEMUA di buku itu. Terus yang bikin gua pengen ketawa si Fahri itu sering banget ngirim sms puisi ke cewek-cewek dan yang dikirim itu ternyata BUATAN si Gibran juga tapi diaku-aku ama dia.....

Gua gak heran kalau Gibran di Surga bakal geleng-geleng kepala sambil nyiapin duit buat nyewa pengacara buat nuntut hak cipta ke si Fahri....

Ngomongin soal niru-meniru ampe jiplak-menjiplak, gua jadi inget temen gua yang berinisial DB. Tanpa ijin atau kulo nuwun dia ngejiplak puisi gua yang disimpen di Blog ini (baca postingan yang judulnya Mentertawakan Kesedihan). Saat itu dia baru aja putus cinta dan dia publish itu puisi di akun facebook dia. 99% sama yang dirubah cuma ini; by Stefanus Sani diubah jadi by DB...... Tujuannya sih JELAS biar mantannya baca tuh puisi dan merasa MENYESAL udah mutusin dia.

Padahal puisi itu gua buat gara-gara lagi putus cinta juga.......

Benar-benar tindakkan yang ‘terpuji’ ya Dik DB. Yang bikin gondok tuh waktu liat comment-comment dia di fbnya... Kebanyakan muji, kayak: “Keren Banget, Gak nyangka gua lu bisa nulis kayak gitu” atau “DB sang Pujangga” bahkan mantannya juga nulis yang intinya dia suka dan kagum”

Sedangkan gua yang baca cuma bisa jerit-jerit di WC “Hey man, itu gua yang BUAT. Itu BUATAN gua!”

Dan saudara DB pun bakal tertawa riang seperti monyet di puncak gunung sedangkan gua bakal nampak seperti babi yang lagi cari sampah.......

Ha...Ha....

Tapi kalau gua perhatiin dan rasain, cewek-cewek model sekarang tuh kayaknya udah ilfeel berat ama cowok yang doyan ngasih-ngasih puisi terus diiketin di mawar....

Dulu pas jamannya Cinta-Rangga entah kenapa orang-orang jadi doyan baca puisi dan nulis puisi... Tetangga gua yang masih SMP pun kayaknya kebawa aura Rangga di dalam dirinya........... Pernah suatu hari gua denger dia teriak dari dalam rumahnya“Pecahkan Saja Gelasnya Biar Gaduh sampai Mengaduh” Persis kayak jeritan Cinta sambil mewek di pilem AADC

Gua gak tau dia terlalu menghayati atau emang idiot, eh dia BENERAN pecahin gelas di rumah dia.

Aje Gile...

Gua gak bakal heran misalnya waktu gua lagi bertamu ke rumahnya terus pas lagi jalan di rumahnya kaki gua ketusuk pecahan kaca....... Ibunya pun bakal ngomong “Ah, sudah biasa ini dek Sani. Tante juga harus pake sandal kawat biar gak ketusuk kalau lagi jalan disini” Ha....Ha....

Saat itu, semua temen-temen gua berlomba menjadi seorang maestro puisi dan yang paling gua inget sekitar 2 tahunan yang lalu ada temen gua yang umurnya lebih tua sekitar 3-4 tahun dari gua, ikut keranjingan buat puisi. Dan gua akuin dia emang punya bakat nulis puisi karena puisinya emang keren......... Gua inget banget pernah baca puisinya yang judulnya “Mawar”, paragraf pertama isinya gini ‘Mawar, begitu merekah dirimu seperti senyummu yang selalu merekah di wajahmu’

Uhuk, dan jika gua dilahirin jadi cewek udah gua jadiin simpenan tuh cowok yang bikin puisi itu. Tapi sayangnya menurut gua, dia hidup di zaman yang berbeda. Maksudnya gini, ketika dia lagi semangat-semangatnya bikin puisi, cewek tuh lagi semangat-semangatnya BB-an, Twitter-an, FB-an, ampe BH-an (yang ini ngarang).

Gua pengen ngasih tau tapi gua takutnya malah disangka sok tau. Dan suatu kali, dia pengen nembak cewek dan buat nembak dia ngasih setangkai mawar merah plus puisi di tangkainya......

Gua pengen banget teriak di depan mukanya, ngomong “JANGAN KUNYUK!” tapi gua takut disangka gak mendukung temen.

Dulu moment ini emang so sweet dan gua yakin cewek pun bakal terenyuh karenanya...... Tapi seperti yang gua bilang sekarang tuh udah bukan zaman Rangga-Cinta lagi tapi entah kenapa dia ngerasa kalau puisi itu bisa buat cewek luluh hatinya

Lanjut,

Hari yang dinantikan akhirnya datang juga, hari itu dia udah bulatkan tekad buat nyatain cinta dia ke si cewek. Dia kasih tuh bunga mawar dan selembar puisi yang dia buat......

Gua liat dari jauh dan sampai saat itu gua ngerasa semuanya bakal lancar dan apa yang gua rasa itu salah apalagi si cewek ketika dapet tuh puisi, masang muka senyum walau masih ada aura kaget dari mukanya.......

3 hari setelahnya, si cewek tiba-tiba sms gua dan bilang “San, gua serem banget ama temen lu itu. Kesannya freak banget apalagi pake ngirim-ngirim puisi segala. Jujur gua takut san. Gua minta tolong, tolong sampein ke temen lu supaya jangan deket-dekettin gua lagi!”

Tuh kan bener apa kata gua.

Gua cuma bisa menghela nafas panjang-panjang dan hingga detik ini sms itu GAK PERNAH gua tunjukkin ke si Rangga eh temen gua itu.

Tidak ada komentar: