Senin, 06 Mei 2013

Inikah Rasanya Pingsan

Jadi gini, belum lama ini gue kan lagi nyari buku di kamar gue yang mirip gudang itu. Iseng-iseng nyari, eh gue malah nemu flash disc gue yang lama ilang sejak tahun 2009. Dulu pas ilang, gue sedih banget soalnya di dalam flash disc itu banyak foto-foto gue plus banyak coretan gue yang belum di-publish. Ini beberapa tulisan gue di tahun 2009 yang belum pernah di-publish (gak diedit) dan maaf kalau bahasanya masih agak kasar dan berantakkan. Enjoy sob!

Salah satu hal yang sering orang alamin tapi gue gak pernah ngerasain adalah Pingsan.

Iya pingsan. Gue sering banget liat orang pingsan, entah itu di jalan, di mall, atau di mana aja. Mungkin karena fisik gue tergolong bagus karena rajin bersepeda, main bola, tidur teratur, gue belum pernah ngerasain pingsan.

Dulu temen SD gue ada yang namanya Kevin dan dia ini hobby banget pingsan. Setiap dimarahin guru, langsung pingsan. Disuruh berdiri di ujung kelas gara-gara gak ngerjain tugas, eh pingsan. Lagi asyik-asyiknya panas-panasan maen bola voli, eh mimisan terus langsung pingsan.

Gue yang waktu itu masih SD dan polos, nanya ke dia "Eh gimana sih rasanya pingsan?" Dia jawab tiap mau pingsan itu pandangannya selalu menjadi gelap dan tiba-tiba dia gak inget apa-apa.

Yang dia inget cuma satu, setiap dia bangun, dia selalu dikelilingin suster cantik sambil dikipas-kipas plus ada mainan di depan dia!

Wow, gue ngebayangin gini. Gue pingsan terus gue bangun gue lagi di kasur empuk dalam ruangan ber-AC terus ada suster cantik lagi kipas-kipasin gue. Di hadapan gue ada nyokap yang lagi nangis sambil bawain mainan Power Rangers karena liat gue semaput di jalan.

Tuhan, tolong pingsankan aku sekarang juga! *doa gue waktu masih SD*

Selain Kevin, ada salah satu temen SD gue yang doyan pingsan. Namanya Ryanvil, dia perempuan. Bedanya pingsannya dia gak kebangetan, dia pingsan kalau kepanasan dan kecapean aja.

Pernah satu kali, kita lagi upacara bendera di siang yang super terik. Doi kebetulan banget berdiri di depan gue. Setengah jam berjalan, perangainya sudah terasa aneh.

Berdirinya gak tegap dan seolah limbung. Rasanya kalau ditoel dikit, doi langsung ambruk deh.

Gue udah bisa ngira dia bakalan pingsan dan gue sudah sigap buat nopang body doi kalau dia jatuh ke belakang. Dan apa yang gue yakini ternyata bener kejadian, doi akhirnya bener-bener pingsan.

Cara pingsannya pun seolah orang yang lagi nari hula-hula.

Doi maju selangkah, limbung ke belakang, ke kiri satu langkah, ke kiri dua langkah.

Gue sigap dong. Sigap buat nopang dia, lumayan bisa nolong cewek cantik, hihihi... Tapi ini cewek emang aneh, setelah nyaris jatuh ke pelukkan gue, dia lebih milih pingsan ke depan.

Jatuh ke depannya pun rada dramatis, kepalanya membentur punggung temen gue yang berdiri di depannya dan mata kirinya langsung menghujam aspal di depannya. Suasana menjadi chaos dan yang gue tau mata kiri si doi langsung tampak memar kebiruan.

Gue bingung nih ama si Ryanvil. Enak jatuh di pelukkan gue ternyata dia lebih milih jatuh ke aspal, perasaan jijik banget deh dipegang ama gue -______-

Dan hingga tahun 2009 ini, gue belum pernah ngerasain yang namanya pingsan.

Gue juga udah gak terlalu kepikiran dan bahkan lupa soal keinginan gue yang kepengen ngerasain yang namanya pingsan itu.

Di bulan Maret ini, di suatu kesempatan, tiba-tiba ponsel gue berdering. Yang nelpon staff redaksi dari sebuah surat kabar nasional. Karena kebetulan gue pernah 2x nulis disini (dan dimuat), dia minta kesediaan gue buat jadi volunteer a.k.a pemain tambahan di sebuah pertandingan sepak bola.

Gue seneng banget dapet kesempatan ini karena gue bisa ketemu banyak orang yang kerja di media. Tanpa banyak mikir gue langsung meng-iyakan tawaran itu dan dijanjikan dapat "ongkos" walau sebenernya gue gak ngarep-ngarep banget karena dengan diajak juga, gue udah sebeng banget.

Besoknya gue mempersiapkan diri sebaik mungkin. Gue bawa sepatu bola, baju ganti, minum. Nyokap maksa bawain bekel otak-otak yang gue tolak karena gue mau main bola bukan kamping.

Dengan berkendara sepeda, gue menuju ke sebuah lapangan sepak bola di daerah Kircon. Gue apal banget lapangan ini karena sewaktu SMP gue masuk tim inti sepak bola sekolah dan tiap Sabtu selalu berlatih disini.

Setelah parkir disana, gue ketemu dengan orang yang kemarin nelpon dan ngajak gue ketemuan. Jujur gue kikuk banget karena gue gak kenal siapa-siapa. Setelah diberi penjelasan dia ngasih gue seragam dan nyuruh gue buat pemanasan sebentar.

Jam menujukkan pukul 11, waktu yang sebenarnya sangat salah buat bermain sepak bola karena cuacanya yang super panas.

Sewaktu gue dikasih kesempatan bermain, gue main santai. Maksud santai, tiap dapat bola langsung oper lagi. Pengennya sih show off gitu, gocek-gocek bola tapi karena takut dicap maruk, gue urungkan niat itu.

Total gue dapet kesempatan main sekitar 40 menit dan overall sangat menyenangkan. Setelah berbincang sejenak, gue pamit pulang karena jam 2 gue ada janji ketemu temen di sebuah mall.

Gue mulai mengayuh sepeda menuju mall itu. 45 menitan gue nyampe dan karena kecepetan gue singgah sebentar ke toko buku. Dan disana gue nemu buku bagus soal Abraham Lincoln!

Abraham Lincoln adalah seorang Presiden Amerika yang menetang perbudakkan dan gak kerasa gue keasyikkan baca sambil berdiri.

Hingga di suatu kesempatan, tiba-tiba gue keringet dingin dan perut gue kayak lagi kontraksi! Persis kayak Ibu mau berojol.

Gue yakin 1000% gue bakalan pingsan. Gue panik, panik karena gak elite banget kalau gue pingsan di toko buku. Malu cuy!

Perlahan-perlahan gue keluar dari toko buku dan pandangan gue mulai kabur, kadang gelap, kadang penuh bintang.

Tujuan gue cuma satu, gue  harus secepat mungkin menuju toilet, tutup pintu toilet dan duduk di jamban. Gak apa-apa deh gue pingsan di dalam toilet yang penting gue gak dapet malu gara-gara diliat orang.

Gue percepat langkah gue menuju toilet tapi pandangan gue mulai kabur dan YES akhirnya gue pingsan di mall

Hening gue gak ingat apa-apa. Pertanyaan-pertanyaan mulai muncul di kepala gue, pas gue sadar apa gue bakalan ada di atas kasur empuk dan dikelilingi perawat-perawat cantik seperti kata temen gue pas SD? Apa nyokap gue bakalan ada sambil bawain mainan buat gue atau gue bakalan ada di Ruang Security Mall dikelilingi Satpam karena gue dikira anak ambeien yang kabur dari rumah?

Mata gue mulai terbuka dan BEGONYA pas gue bangun gue MASIH di posisi kayak semula gue jatuh! Anjirrrrrrrrr. Seriusan lah, apa orang-orang sudah gak punya hati nurani ninggalin gue terdampar di lantai mall dan cuma dilewat doang -_-

Gue mulai mikir, gue pingsan berapa lama ya? Satu yang gue inget adalah ketika gue pingsan lagu yang lagi diputer di Mall itu lagunya Kangen Band,

Kamu dimana, dengan siapa
Semalam berbuat apa
Kamu dimana, dengan siapa
Di sini aku menunggumu dan bertanya


Dan ketika gue bangun, lagu yang masih terdengar adalah lagu yang sama dengan lirik:

Lelah hati ini mencari dirimu
Lelah kaki ini untukku melangkah
Untuk temui dirimu kasih, yolanda


Artinya gue pingsan gak nyampe 2 menit dong. Parah, parah. Gue mulai berdiri dari pingsan suri gue. Ada mbak-mbak yang keliatannya aneh liat gue. Jelas aneh gue nampak kayak beruang pingsan ditembak obat bius dan gak berapa lama sadar dari pingsannya.

Ada cleaning service yang sepertinya mau ngehampirin gue tapi gue langsung beranjak pergi, males ditanya-tanya. Gue duduk bentar, beli teh, dan mulai ambil nafas panjang. Keliatannya gue pingsan gara-gara gue kecapean maen bola, panas-panasan naek sepeda.

Gue mulai mikir, ini kan Mall terus ada CCTVnya. Gue ngebayangin di rekaman itu CCTV ada cowok  tambun lagi jalan terus tiba-tiba jatuh dan tiduran di lantai.

Aduhhhhhhhhhhhh, muka gue mau disimpen dimana.

Well, tahun 2009 ini masih terasa panjang buat gue. Bokap dan Nyokap masih keliatan "dingin" ama gue gara-garanya gue gak ngebalikkin formulir pendaftaran ke kampus, hehehe. Mungkin mereka kecewa atau apa tapi gak apa-apa ini resiko dari sebuah keputusan.

Bulan ini memang belum bisa nabung, belum bisa bantu orang tua, belum bisa perpuluhan, belum bisa traktir keluarga makan enak tapi gue YAKIN ada saatnya gue bisa ngelakuin hal-hal itu semua.

Intinya bersyukur dan berusaha, biar sisanya cukup Tuhan yang atur :)

Tidak ada komentar: