Selasa, 01 November 2016

Tentang Menikah

"Kapan nikah?"

"Saya ngerasa gaya kamu lebih cowboy dibanding kakak kamu, yakin saya kalau kamu bakalan nikah duluan dibanding kakak kamu"

"Kalau kamu sudah nikah nanti, rejeki pasti bakalan datang terus. Lebih dari sekarang"

Belakangan ini pertanyaan kapan nikah, kapan nikah lagi sering hinggap di telinga gua. Kalau ditanya pertanyaan ini, biasanya gua bakalan jawab "Iya Om/Tante nunggu kakak saya nikah dulu. Gak etis rasanya kalau saya langkahin kakak saya" kata gua diplomatis.

Padahal mah kalau ada yang mau gua nikahin, nikah besok juga gak apa-apa sih, xixixixi.

Tetapi sekarang eranya sudah berubah, apalagi kalau tahun depan kakak gua jadi nikah artinya gua udah gak bisa gak pake alasan "Saya masih memegang adat keluarga, yang muda gak boleh ngelangkahin yang tua". Sekarang alur pun berubah, setiap ada pertanyaan "kapan nikah" biasanya gua jawab gini "Iya Om/Tante, saya 'buat' dulu deh baru nikah."

Setiap gua jawab gitu yang nanya pasti diem sambil pasang muka heran. Ini maksudnya si Stefanus apa ya? Buat anak dulu, buat jas dulu apa buat rumah dulu? Hal ini ternyata cukup efektif karena gua jarang ditanya soal kapan nikah lagi.


Jawaban ini setidaknya bisa gua pake sampai 2 tahun kedepan tapi kalau sudah lewat 2 tahun, (andaikan) gua belum nikah, gua harus mempersiapkan jawaban baru. Kalau jawabannya masih "Iya Om/Tante, saya 'buat' dulu deh baru nikah", mereka pasti bakalan jawab "perasaan buat mulu, gak jadi-jadi deh"

Hm, bener juga ya?

Gua beberapa kali ngobrol dengan temen gua yang sudah menikah dan mereka bilang yang sulit di sebuah ikatan pernikahan adalah bagaimana caranya kamu menyatukan 2 karakter yang berbeda dalam 1 hubungan. Apalagi kalau karakter kamu dan pasangan kamu itu sangat jauh bertolak belakang.

Selain karakter, yang harus diperhatikan adalah tentang ketahanan finansial. Keluarga harmonis bisa pecah karena uang. Bener gak?

"Ketika lu menikah ya San, fokus lu bukan main-main lagi tapi yang ada di pikiran lu adalah bagaimana caranya kamu bisa bikin orang tua dan keluarga kecil kamu bahagia" kata temen gua yang sudah menikah 3 tahun.

Hal ini berarti hobby yang gua doyan koleksi action figure + jersey harus ditinggalkan sampai semua kebutuhan kelurga tercukupi. Tapi yang namanya kebutuhan tentu gak akan ada habisnya karena akan selalu datang.

Ngomongin soal pernikahan, gua jadi inget kejadian 1 bulan lalu. Gua gak bisa mendekripsikan ini cerita konyol apa cerita serius, tergantung kamu lihat dari sudut pandang mana.

Gua punya tetangga yang jarak rumahnya cuma dipisah 4 rumah saja. Tetangga gua ini autis (sorry) sejak kecil dan kini umurnya sudah 19 tahun. Meskipun umurnya sudah 19 tahun tetapi sifat dan pembawaan dia masih seperti anak umur 7 tahun, maklum namanya juga autis.

Waktu gua masih kelas 6 SD, gua pernah datang ke ulang tahun Sisca (nama disamarkan) yang dirayain di rumahnya, gua ingat banget dia ngundang badut McDonalds. Pas lagi asyik ngunyak kulit ayam McD, Sisca bilang gini ke gua "Ko, di belakang kamu ada Hulk Hijau. Dia suka ama kamu mau main bareng kamu"

Hulk Hijau? Mau main ama gua? Gua tengok ke belakang kok gak ada apa-apa cuma ada rak sepatu doang. Gak lama gua disibikkin ama yang lain kalau maksud dari Hulk Hijau adalah Genderuwo dan si Genderuwo itu pengen maen ama gua.

Anj*ng! Gua anak kelas 6 SD, hobby main gasing ama kelereng sekarang suruh maen ama Genderuwo. Gara-gara si Sisca ngomong gitu, selama berbulan-bulan gua gak mau tidur sendiri di kamar. Tiap mandi juga gua selalu buka pintu lebar-lebar karena takut disergap ama si Hulk Hijau.

Beberapa bulan yang lalu, dia mengajukan permintaan ke orang tuanya kalau dia pengen nikah. Ibunya kaget tapi akhirnya luluh ketika Sisca bilang gini "Aku ingin menjadi Istri yang baik untuk suamiku". Setelah dicarikan, ada satu laki yang parasnya lumayan yang bersedia jadi Imam buat Sisca.

Pernikahan pun digelar (waktu itu gua gak bisa dateng karena masih ada di Jakarta) dengan sederhana. Kadang gua suka mikir, pasti susah buat si Aldo (nama disamarkan) buat mengelola hubungan dengan Sisca karena Sisca berkebutuhan khusus. Ibaratnya harus extra sabar dan tekun buat ngehadepin Sisca.

Beberapa Minggu kemudian setelah pernikahan digelar, pas gua lagi pulang ke rumah gua lihat Sisca lagi duduk di sofa depan rumah gua bareng Nyokap. Gua inget banget, gua itu lagi disuruh beli tepung terigu Segitiga Biru di warung depan karena Nyokap gua mau bikin kue cubit.

"Eh ada Sisca. Ah kamu kok nikahnya duluan, aku kok ditinggalin" goda gua ke Sisca sambil neteng tepung terigu hasil belanja di warung.

Sisca cuma tersenyum simpul dan kalau liat matanya yang berkaca-kaca sepertinya dia sedang ada masalah dan lagi curhat ke Nyokap.

Belakangan gua tahu kalau Sisca ternyata sedang bermasalah dengan suaminya si Aldo (padahal mereka baru nikah beberapa Minggu). Kalau gua nangkep ceritanya, jadi pas hari itu si Sisca lagi joged ngikutin lagu Justin Bieber (mungkin ini salah satu bawaan autis). Kalau cuma 1x atau 2x, mungkin si Aldo mahfum tapi karena keseringan si Aldo marah dan ngebentak si Sisca "Nanaonan maneh, jiga nu gelo!" (apa-apaan kamu, kayak yang gila!). Sisca meradang dia sakit hati dibentak kayak gitu dan kabur dari rumah (kaburnya ke rumah gua karena kebetulan Nyokap gua lagi duduk di sofa depan nungguin gua pulang beli terigu).

"Gimana nikah enak gak?" tanya Nyokap gua ke Sisca

"Ya ada enaknya, ada gak enaknya. Gak enak kalau lagi gak ada uang" Gua dan Nyokap ketawa denger Sisca ngomong gitu karena biar pun berkebutuhan khusus, dia ngerti juga soal lagi gak punya duit.

Lagi asyik ngedengerin Sisca cerita, tiba-tiba Nyokapnya kita Panggil saja dengan nama Ayu sudah berdiri mematung di depan rumah gua sambil ngeliatin Sisca.

Suasana menjadi tegang dan sunyi, Sisca menunjukkan raut muka ketakutan dan Mbak Ayu hanya mematung sambil terus memandang Sisca. Gua diem, Nyokap diem bingung mau ngapain. Kebetulan gua dan Nyokap emang berhubungan baik juga dengan Mbak Ayu tapi disaat gini jadi serba salah juga mau ngapain.

Setelah beberapa saat hening, Mbak Ayu langsung marah besar dan memaki-maki Sisca sambil berusaha menarik Sisca keluar rumah. Sisca menangis dan bersembunyi di balik punggung gua sambil mencengkram lengan gua kuat-kuat.

Rasanya LUAR BIASA SAKIT. Lu tau kan rasanya disunat kayak apa? Nah ini rasanya 2x lebih sakit dari disunat. Sementara Sisca ngumpet di balik punggung gua, Mbak Ayu berusaha narik tangan Sisca keluar dari rumah gua. Nyokap gua ngalangin badan Mbak Ayu dan gua ngelindungin Sisca dengan cara membiarkan dia mencekram lengan gua ampe baret-baret.

Benar-benar sebuah kombinasi yang apik dari Ibu dan Anak. Kalau kombinasi ini dipertahankan, gua yakin kita berdua bisa deh ikutan Benteng Takeshi di TV dan jadi juara pertama.

Pergumulan itu terus terjadi dan disertai dengan teriak-teriakkan dari Mbak Ayu dan Sisca. Satu kalimat yang gua ingat banget adalah ketika Mbak Ayu ngomong "Kamu mau dibilang normal tapi kelakuan kamu gak pernah normal! Suami kamu juga gak sabar ngehadepin kamu!"

Hingga di suatu moment ketika Mbak Ayu berusaha menjangkau Sisca, tangannya malah menarik baju Sisca sampai robek dan nyaris memperlihatkan bra Sisca. Gua bingung antara seneng dan gak sene....eh maksudnya gua bingung harus ngapain karena satu sama lain sudah saling bergumul.

Tetangga gua keluar rumah semua dan kalau orang gak lihat runtutan kejadiannya satu per satu, orang pasti bakalan ngiranya gini: Si Sisca dan gua menjalin hubungan gelap dan ketahuan ama Mbak Ayu. Mbak Ayu gak setuju kalau gua pacaran ama Sisca dan Sisca kabur dari rumah karena Mbak Ayu gak setuju. Mbak Ayu yang marah besar datang ke rumah gua buat bawa Sisca kembali lagi ke rumah tapi Sisca gak mau pulang dan lebih milih bareng gua.

Drama abis.

Ngelihat baju Sisca yang sudah robek hingga ke atas, Nyokap gua ambil jaket gua yang lagi dijemur di pagar dan pake buat nutupin Sisca. Gua kecewa...eh maksudnya gua salut ama Nyokap gua karena gak etis juga lihat pakaian Sisca yang sudah robek panjang. Hufftttt

Nyokap gua kemudian ngebujuk Mbak Ayu supaya dia pulang dan tenang dulu biarin Sisca disini dulu biar keadaan tenang. Awalnya Mbak Ayu menolak dan tetap berusaha narik Sisca tetapi setelah dilakukan pendekatan persuasif akhirnya Mbak Ayu luluh juga. Dia pulang sambil terus berteriak-teriak dan Sisca menangis sejadi-jadinya di pelukkan Nyokap. Dia bilang gak mau pulang dan bilang dengan begitu polosnya "ternyata menikah itu tidak seindah yang dibayangkan".

"Kamu harus sabar. Harus bisa nerima kekurangan Aldo. Gimana mau kayak Tante yang sudah hampir 30 tahun menikah?" kata Nyokap gua sambil mendekap Sisca yang masih menangis.

Selang 15 menit kemudian, Sisca mau dibawa pulang ke rumahnya. Sampai di rumah Sisca, Mbak Ayu dan Aldo sudah terlihat duduk menunggu. Emosi Mbak Ayu sudah tampak reda dan sebelum pulang gua sempat terlibat dalam pembicaraan dengan Aldo & Sisca.

Intinya adalah keduanya harus saling mengerti, menghadapi Sisca yang berkebutuhan khusus tentu bukan perkara mudah, harus extra sabar. Sisca juga diberi pengertian, kalau Aldo sedang sibuk dengan ponselnya bukan berarti dia sedang sibuk dengan perempuan lain tapi sibuk dengan urusan pekerjaannya.

Setelah ngobrol sebentar pulang, kita berdua pulang. Di jalan gua cuma senyum-senyum sambil berpandangan dengan Nyokap. Rencana bikin kue cubit jelas batal karena jam sudah menunjukkan hampir pukul 7 Malam.

Di depan gerbang rumah, tetiba Nyokap gua nanya "Kamu sendiri kapan nikahnya?"

Mendengar pertanyaan itu, gua cuma bisa diam, celingak-celinguk, dan gak bisa jawab apa-apa lagi....

1 komentar:

  1. Merid memang ga gampang San, gw ja masih sk gontok2an hahahaha padahal pas pacaran nyaris ga perah debat. Cuma ya itulah ujiannya, itulah seninya. Merid klo diibaratkan ya kaya permen nano2 apalagi klo ada anak hahahaha.

    BalasHapus