Rabu, 08 Maret 2017

Om Mau Om

Kalian percaya gak sih kalau gua bilang setiap hari gua bangun jam setengah 5 Pagi, beres-beres kamar dan ruangan kerja gua, mandi dan pas jam 6 Pagi gua berangkat kerja buat cek produksi Clobberin Time?

97 orang dari 100 orang yang baca gua yakin gak bakalan percaya. 3 orang yang percaya itu adalah Nyokap, Bokap dan Kakak yang tinggal 1 rumah ama gua jadi mereka tahu gimana kegiatan gua setiap Pagi.

Banyak alasan buat orang gak percaya, paling gampang gini aja "Kalau lu bangun Pagi kenapa setiap Minggu tiap ke Gereja pasti telat mulu". Sebenarnya gua telat datang ke Gereja itu bukan karena gua gak bisa bangun tapi karena kebiasaan buruk gua. Gua biasa ke Gereja jam 7 Pagi dan sebenarnya dari jam setengah 7 gua sudah wangi tapi kebiasaan gua adalah gua suka lama kalau lagi balesin chat di HP. Apalagi yang chat ke hp gua itu banyak banget setiap jamnya (buyer Clobberin Time yang mau beli) dan kalau lagi keenakan bales chat, gua suka kebablasan dan pas liat waktu eh sudah jam 7 kurang 5 menit, kikikik.

Tujuan utama gua berangkat pagi setiap harinya adalah untuk mempush produksi Clobberin Time supaya maksimal. Terkadang Vendor harus sedikit 'ditekan' agar produksi bisa cepat. Semakin cepat produksi maka semakin cepat pula orderan bisa disebar ke buyer. Semakin cepat sampai ke buyer, makin cepat pula income yang masuk.

Biasanya jam 11 siang itu gua pulang ke rumah buat makan, online, dan tidur siang sebentar (kecuali kalau gua ada kursus bahasa Inggris, biasanya gua gak pulang). Jam 3 dan 4 gua lanjut pergi lagi buat ketemu ama banyak buyer. Pasti banyak yang heran kenapa sampai hari ini, saat Clobberin Time sudah lumayan maju, gua masih mau nganterin orderan ke buyer yang tinggalnya di seputaran Bandung?

Kenapa gak dikirim aja pake JNE atau kirim via Ojek Online atau kenapa gak dia aja yang suruh datang langsung buat ambil sendiri? Gua mau berbagi tips sedikit buat menjalankan usaha. Menumbuhkan rasa 'memiliki' dari buyer ke seller menurut gua adalah cara yang paling tepat untuk mempromosikan usaha kita. Dengan cara lu mau repot sedikit (anter kesana kemari), buyer pasti loyal dan memberi respect lebih kepada kita. Ketika respect didapat maka promosi akan datang dengan sendirinya, mereka pasti bisik-bisik ke temennya buat promosiin Clobberin Time tanpa diminta. Bilang "Miminnya baik bener, mau nganterin sampai jauh. Bisa bayar di tempat, gak usah takut kalau gak punya rekening segala". Jadi lu gak usah keluar uang buat endorse atau beriklan karena menurut gua ada cara yang lebih efektif untuk mempromosikan produk kita tanpa perlu keluar biaya. Sampai hari ini, satu-satunya orang yang pernah gua endorse adalah diri gua sendiri, hihihihihi.

...................................................

Salah satu pelanggan gua namanya Edward. Dia ini sudah rutin beli ke gua sejak masih kelas 1 SMP (sekarang sudah kelas 2 SMA di sebuah SMA Internasional). Hubungan gua dengan Edward sudah lebih dari seorang buyer - seller karena benih-benih asmara muncul di hati kita berdua eh ngaco maksudnya hubungan kita sudah seperti saudara sendiri karena gua sudah kenal dekat dengan kedua orang tuanya juga.

Beberapa hari yang lalu, Papihnya Edward telpon gua minta gua buat ke rumah dia. Papihnya Edward kerja di sebuah Bank dan dia pengen ngajakkin kerja sama di Clobberin Time (maksudnya jadi Investor). Sebenarnya kalau ditanya, untuk saat ini gua gak butuh Investor karena hingga semua masih bisa gua cover sendiri. Tapi karena menurut gua gak sopan kalau langsung gua tolak mending datang langsung dengerin si Om ngomong dan utarakan dengan sopan kalau untuk saat ini gua belum butuh Investor. Yang penting hubungan harus tetap terjaga dengan baik.

"Nanti ya Min, jam 3 sore. Tapi ketemuannya jangan di rumah gua yang di Margahayu tapi yang di Kebon Tangkil aja" kata Edward

"Kebon Tangkil dimana?" tanya gua. Gua emang sering denger daerah Kebon Tangkil tapi belum pernah masuk atau lewatin daerah itu.

"Nanti lewat dari Jalan Sudirman aja Min, sebelah Restoran ada gang masuk aja dari sana" kata Edward di ujung telpon

Kebetulan hari itu gua sudah janji dengan salah satu buyer buat nganterin orderan di daerah Cimahi dan dari Cimahi menuju rumah gua pasti lewatin Jalan Sudirman. Jadi gak usah muter-muter, langsung belok juga bisa.

Setelah beres urusan dengan buyer gua yang satunya, gua cus otw ke rumah si Edward. Gua mengandalkan Waze karena gua gak terlalu tau Kebon Tangkil dimana.

Waze mengarahkan gua buat masuk ke sebuah gang dekat sungai, gua ikutin aja Waze dan begitu masuk gang itu, gua perhatiin banyak orang lagi duduk-duduk di depan rumah. Begitu gua lewat, semua mata langsung ngeliatin gua.

Sebegitu kerennya kah gua sampai semua mata tertuju dengan gua? Salah satu dari mereka kemudian nyeletuk 'Om Mau Om? Ada yang baru nih'.

Awalnya gua gak terlalu menghiraukan tapi kenapa setiap gua lewatin rumah disana, pasti aja gua ditawarin 'Om Mau Om' Mau yang kayak gimana?' terus kalau gua perhatiin untuk beberapa rumah ditempelin kertas yang tulisannya 'Rumah Keluarga'. Ini maksudnya apa sih ya?

Terus 'Om Mau Om' itu apa? Masak iya siang bolong gini ada transaksi kokain disini? Lu pernah nonton film City Of God gak? Film ini bersetting di Brazil dan mengambil cerita tentang kehidupan Gangster Brazil termasuk tentang jual beli kokain. Masak iya di Kebon Tangkil ada transaksi Kokain? Gila keren bener ini tempat.

Tapi kalau disini ada transaksi kokain kok perasaan gak pernah heboh ya? Minimal ada bisik-bisik lah tapi kok gua malah gak pernah denger apa-apa ya soal ini. Tapi ada yang lebih aneh juga, kalau emang disini ada transaksi kokain kenapa di sudut gang malah banyak tukang goreng pisang, tukang cilor, sampai tukang seblak lagi jualan?

Pertanyaan-pertanyaan itu tergiang di kepala gua dan bakalan gua tanyai ke si Edward kalau sudah ketemu dia. Disaat begini, Waze gua malah ngaco dan malah muter gak karuan, maklum Waze emang kurang bagus kalau sudah masuk daerah kampung kayak gini. Gua berhenti sebentar dan cek chat dari Edward buat mastiin lokasi dia.

Pas lagi minggir, tetiba datang cowok ngehampirin gua terus ngomong pertanyaan yang sama 'Om Mau Om? Ada yang import nih'. 

INI TEMPAT APA SIH, OM MAU OM MULU. ADA YANG IMPORT TAPI GAK JELAS MAKSUDNYA APA. Hati gua penuh dengan pertanyaan, tapi di pikiran gua, gua masih ngerasa ini adalah daerah tempat jual beli kokain (efek kebanyakkan nonton film).


Gua telpon si Edward: "Ed, rumah lu di belah mana sih. Gua gak nemu, gua masuk gang yang deket sungai terus aneh banget disini. Gua ditawarin mulu tapi gak jelas ditawarin apaan"

"Min, lu masuknya di belokkan gang pertama ya? Salah Min, rumah gua di belokkan kedua. Gua sama Bokap sudah nungguin depan pintu nih" kata Edward di ujung telpon.

"Kalau gitu ini tempat apa?" tanya gua

"ITU SARITEM BRO" kata bokap Edward di ujung telpon sambil ngakak.

WTF, INI SARITEM? Sepanjang hidup gua, gua baru sekali-kalinya lewat Saritem. Kalau denger sudah sering banget dan baru kali ini gua tau YANG NAMANYA SARITEM TUH DISINI TERNYATA. YANG GAK TAU SARITEM ITU APA, SARITEM ADALAH TEMPAT PROSTITUSI TERBESAR DAN TERTUA DI BANDUNG.

Gua langsung flash back, jadi dari tadi yang ditawarin ama cowok-cowok di depan rumah adalah PSK dan maksud IMPORT adalah PSK Import. Gua berasa bego banget bisa-bisanya ngira ini adalah tempat buat transaksi Kokain. Jadi kalau rumah yang ada ditempelin kertas tulisan 'Rumah keluarga' itu artinya rumah murni bukan rumah merangkap kamar mesum. Masuk akal semua

"Cepet balik kesini bro nanti lu khilaf lagi belok ke rumah disana" kata si Om sambil cekikan di ujung telpon

"Pengennya sih khilaf Om" canda gua.

Gua muter sebentar dan akhirnya gua ngeliat juga Edward dan bokapnya lagi berdiri depan rumah. Gua seperti melihat secerca asa selepas keluar dari lembah kegelapan yang fana ini #halah

Begitu mereka ngeliat gua, mereka langsung ketawa ngakak. Asli gua malu berat dan dengan keji si Om nuduh gua sudah 'nakal' disana.

"Lu gak kira-kira Om, beli rumah kok deket Saritem. Pas lu kerja, anak lu kayaknya suka mampir deh" kata gua sambil nunjuk si Edward

"Ini rumah orang tua gua, bro. Lu mau tau yang lebih gila lagi gak? Setiap Pagi ya bro, beberapa PSK bakalan dijemput ama pacar atau suaminya terus sore dan malam dianterin kesini lagi"

Mungkin ini yang namanya tanda-tanda kiamat. Gua punya pacar aja ya gak rela kalau pacar gua dijamah ama lain orang lah ini malah disewain buat esek-esek. Dibanding pacar atau istri sendiri dijadiin PSK mendingan gua kerja Rodi ikutan Culture Stelsel bereng VOC pas jaman penjajahan deh.

.............................................................................

Setelah ngobrol panjang lebar, gua kemudian pamit pulang. Akhirnya gua memberanikan ngomong kalau untuk saat ini, gua belum butuh Investor buat Clobberin Time dan reaksi si Om ternyata gak seburuk yang gua duga. Gua kira dia bakalan marah atau jutek ternyata dia nyantai aja dan bikin beban di punggung gua langsung lenyap.

"Pamit pulang dulu ya Om. Kapan saya diajak kesana Om" canda gua sambil nunjuk Gang Saritem

"Nanti kalau Istri gak ada ya" balas si Om sambil berbisik ke telinga gua. Kita pun tertawa bareng sembari gua pamit

Gua sudah diarahin buat arah pulang jadi gak perlu lewatin jalan 'kebahagiaan' itu. Gua telusuri gang lain dan di tengah perjalanan ada yang ngomong ke gua 'Pak dibeli Pak'. Gua tengok ke sebelah kiri dan gua lihat ada Kakek tua yang lagi duduk sambil nawarin susu murni.

Duh, kasian bener. Seperti yang pernah gua bilang, dibalik banyak sifat nakal gua, gua ini orangnya gak tega kalau liat ada orang tua yang lagi jualan terus sepi gak ada yang beli (gua selalu membayangkan kalau mereka ini adalah orang tua gua. Coba bayangin gimana sedihnya hati kamu liat orang tua jualan terus gak ada yang beli).

Harganya ternyata cuma 2rb, gua beli 10 biji susu murni dan gua lebihin dikit. Gua gak ngasih banyak sih tapi dia terus ngomong terima kasih sambil ngedoain gua. Doa orang yang sedang mengalami kesusahan itu kuasanya besar loh.

Curi-curi foto
Gua tersenyum dan pamit pulang kepada si Kakek. Selalu ada cerita di perjalanan gua dan banyak pula alasan gua untuk selalu bersyukur untuk berkat yang sudah diberikan.

Pekerjaan kamu sendiri gimana sekarang? Lancar?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bisa beli produk clobberin time di mana, Kak?