Minggu, 04 Juni 2017

Jadi Badut Sepatu

Dulu waktu gua masih SMP, gua suka banget ama video clip Ada Band yang judulnya 'Manusia Bodoh'. Gua anggap keren karena di video itu ada cowok yang nyamar jadi badut buat menghibur orang yang dia suka. Si cewek yang awalnya sedih jadi tersenyum lagi habis liat tingkah polah si badut. Endingnya nyesek karena si cewek malah jadian ama yang lain dan si badut tetaplah jadi badut yang harus terlihat bahagia meskipun hatinya sedang bersedih.

Ini melankolis habis dan cukup membuat gua yang waktu itu masih SMP sedikit menitikkan air mata.

Meskipun gua sekarang tidak sedang berada di posisi si badut tetapi gua jadi sedikit kepo, gimana sih rasanya jadi badut atau kalau gak jadi badut, gimana sih rasanya jadi boneka besar di jalanan?

Kalau kalian lagi main ke Bandung dan jalan-jalan ke daerah pusat kota pasti bakalan sering lihat boneka besar di jalan yang ngajak foto. Bayar seikhlasnya dan kalian sudah bisa berfoto dengan si badut. Ada badut Doraemon, Elsa Frozen, Pikachu sampai Hulk jadi-jadian. Semuanya ada.

Gua kepikiran gimana sih rasanya jadi badut di jalanan? Apa bisa rangkul-rangkul mahasiswi cakep yang ngajak foto gitu? Atau bisa nepok kepala anak kecil gendut yang nakal?

Menjadi klop karena salah satu kenalan gua yang bekerja di sebuah Toko Sepatu di Cihampelas membutuhkan orang buat mengisi peran jadi sebuah boneka sepatu buat mempromosikan toko sepatu tempat dia kerja. Tugasnya adalah bagiin flyer dan welcome setiap ada yang ngajak foto.

"Tapi dari pihak toko, kita gak ada alokasi dana buat bayar kamu jadi boneka sepatu" kata temen gua waktu gua mengutarakan niat gua jadi boneka sepatu.

"Gak usah kok gua cuma murni buat bahan menulis aja" balas gua. Iya seperti gua yang jadi Driver Ojek Online menjadi boneka sepatu pun murni untuk bahan menulis gua bukan buat cari tambahan uang.

Setelah ngatur waktu, akhirnya ketemu juga waktu yang pas dimana gua bisa jadi seorang badut sepatu yang selalu tersenyum dan ramah terhadap anak-anak.

...................................................................

Di hadapan gua sekarang, ada seperangkat kostum badut. Bentuknya lonjong menyerupai sepatu dengan senyum yang mengembang di bibir. Yang menjadi masalah adalah ternyata make ini kostum SUSAH banget. Setelah gua dipakaikan kostum itu, gua harus mencari celah buat ngeluarin tangan gua dan itu susah banget. Butuh waktu yang lama supaya tangan gua bisa keluar dari itu kostum dan yang menjadi masalah kedua adalah ini kostum ternyata lumayan berat + daya pandang yang sangat terbatas. Gua masih bisa menatap kedepan tapi untuk melirik kanan-kiri gua agak kesulitan karena pandangan begitu kabur. Jadi kapanpun gua diserang oleh boneka lain (misal diserang oleh boneka Pikachu atau boneka Golgom yang gak rela karena lahannya gua tempatin) gua hanya bisa pasrah karena tidak memiliki pertahanan apapun.

Ok sip.

Setelah semuanya oke, gua dituntun buat jalan ke Trotoar di daerah Cihampelas (di bawah Teras Cihampelas). Seperti yang gua bilang tadi, job gua adalah membagikan flyer sepatu yang lagi diskon 50% dan menujuk arah toko supaya orang tertarik datang. Terdengar mudah kan? Tapi ternyata gak semudah seperti yang dibayangkan karena selain berat, rasanya panas banget di dalam kostum ini. Gua berasa di sauna dengan tingkat uap tinggi. Gua bisa merasakan semua daleman gua sudah basah karena keringat padahal baru juga mulai. Di saat begini gua jadi teringat dosa. Baru segini doang, gua udah kepayahan. Gimana kalau kita terkena azab api neraka? Ouch

Lagi asyik berdiri saambil sedikit goyang-goyang, ada Ibu gemuk lagi neteng kresek datang menghampiri gua. Dengan polosnya dia nanya gini ke gua "Mas, stand Sozzisnya dimana? Saya mau beli buat anak saya"

KOK SOZZIS SIH? GUA BONEKA SEPATU WOY BUKAN BONEKA SOZZIS. Tapi setelah gua pikir, iya ya gua mirip banget ama Boneka Sozzis karena bentuknya lonjong ke atas dan warnanya coklat. Gua pernah sekali ke Pabrik Sozzis dan boneka Sozzis yang disana MIRIP BANGET ama boneka sepatu yang gua pakai sekarang.

Terlihat ganteng di depan kamera?
Gua sekarang bingung mau jawab apa, mau ngomong juga percuma karena gak akan kedengeran ama si Emak gemuk. Satu-satunya yang bisa gua lakuin adalah kasih kode tangan kalau gua bukan Boneka Sozzis tapi boneka sepatu. Entah dia ngerti apa gak tapi setelah gua kasih kode tangan dia beranjak pergi sambil pasang muka bingung.

Ternyata gak cuma si Ibu yang ngira gua jadi boneka Sozzis karena gak lama setelah si Emak Gemuk beranjak, datang segerombolan anak sekolah (sepertinya lagi Study Tour ke Bandung) menghampiri gua. Salah satu dari mereka bawa kamera di tangan dan sedang bikin VLOG tentang kegiatannya di Bandung.

"Kris, ojo lali videoin karo boneka Sozzis" kata salah seorang anak dengan logat Jawa yang kental.

5 orang sekarang mengelilingi gua, gua kira mau diapain, gak taunya mereka goyang sambil nyanyi lagu legenda "SMS Semua Makan So Nice, SMS  Semua Makan So Nice"

BANGSAT, gua sekarang jadi model video clip lagu "SMS Semua Makan So Nice". Mereka nyanyi sambil angkat tangan ke atas ke bawah dan dengan polosnya gua ikutin gaya mereka biar mereka seneng.

"Suwun Mas So Nice" kata si anak yang megang kamera sambil cekikan. Suwun, suwun jidat koe woy!

20 Menit berada di dalam kostum ini bener-bener bikin gua menderita. Panasnya itu yang gak ketulungan, belum lagi kalau ketemu anak nakal yang nepuk pantat lu terus habis nepuk langsung lari.

Dulu waktu gua kecil, gua hobby banget nepuk pantat si badut terus langsung ngumpet dan rasanya ternyata ini nyebelin banget. Ada yang nepuk pantat lu terus pas lu balik eh yang nepuk udah ngacir kemana. Awas aja itu kalau sampai ketangkep bakalan gua Smack deh.

Beruntungnya gua adalah ketika ada anak gendut yang di tangan kirinya lagi megang es serut nepuk pantat gua. Pas gua tengok dia langsung ngacir tapi kata Mamanya gini "Sini foto dulu ama Om Sepatu"

Aha ini waktunya gua balas dendam. Dia berdiri di depan gua sambil megang es serut karena sudah terlanjur sebel, lutut gua sengaja diarahin ke pantat dia. Agak keras sih gua ngarahinnya.

Dia langsung noleh ke arah gua sambil megang pantatnya, di balik kostum ini gua ketawa ngakak, kikikik.

Selain jailin bocah, gua juga jailin mahasiswi cantik yang kebetulan lagi lewat. Pas mereka lewat melengos di depan gua, gua pura-pura lari ke arah mereka sambil buka tangan lebar-lebar minta dipeluk.

"Kyaaaa...." jerit mereka sambil lari cekikikan menghindari gua. Tapi ini khsus buat yang cantik aja karena kalau yang biasa aja, gua mendadak jadi boneka pendiem lagi *rasis*

............................................................

Hampir satu setengah jam gua jadi badut sepatu dan rasanya luar biasa kliyengan. Gua ngerasa kepala gua sudah nyaris mendidih saking panasnya. Gua menyerah, Give Up sudah gak bisa melanjutkan lagi. Gak apa-apa deh gua dikatain cowok lemah syahwat karena asli gua emang udah gak kuat.

Gua cari tempat sepi buka sebentar ini kostum sepatu dan duduk selonjoran. Semilir angin serasa tiupan angin dari surga. Gak jauh dari gua beristirahat, ada boneka Doraemon yang sama-sama lagi istirahat kayak gua. Dan pas dia buka kepalanya, lu percaya gak ternyata yang ngisi Dorameon itu seorang Kakek tua. Gua kaget banget karena awalnya gua pikir yang ngisi peran jadi boneka Doramemon adalah muda mudi yang lagi cari tambahan uang jajan.

Si Kakek duduk sambil minum dari botol air mineral yang dia selipkan di pinggang. Persis seperti gua, dia juga tampak seperti kecapean. Bedanya adalah kalau gua cuma cowok lemah syahwat yang cuma bisa bertahan selama 1 jam, si Kakek ini sepertinya sudah stay dari tadi Pagi. Gua ngebayang gimana rasanya jadi si Kakek karena ASLI panas banget di dalam kostum. Kalau kaos dalam gua diperes, rasanya udah cukuplah buat ngisi 1 gelas air mineral.

Ok Kek, yang semangat ya. Semoga hari ini dan seterusnya banyak yang ngajak minta foto bareng biar Kakek bisa cepet pulang dan dapat uang banyak.

............................................................................................

Beberapa hari setelah gua jadi nyaru jadi Boneka Sozzis eh boneka sepatu maksudnya, gua bareng temen-temen yang lain lagi jalan-jalan ke Cihampelas. Gua sedikit kepo, si Kakek Doraemon ada gak ya. Gua ajak mereka naik ke atas dan Aha ternyata ada si Doraemon yang sedang manggil-manggil pengunjung supaya mau foto bareng ama dia. Gua gak tau siapa itu yang ngisi karena gua gak bisa lihat dengan jelas siapa yang ngisi ini kostum. Apa si Kakek apa orang lain. Ah, gak apa-apalah yang penting foto ama Doraemon


Aku sayang sekali, Doraemon
Gua kemudian foto bareng Doraemon dan kasih uang secukupnya. Well, gua kadang jadi mikir gini. Menurut gua menjadi badut adalah sebuah pekerjaan yang mulia.

Kok mulia?

Iya gini, itu badut kan kalau diperhatikan pasti mukanya selalu tersenyum dan selalu tampak bahagia tapi kita gak pernah tau gimana perasaan sebenarnya si pemeran badut itu. Apa dia memang bahagia atau malah aslinya bersedih karena banyak masalah? Ya kita gak pernah tahu sih tapi satu hal yang bisa gua dapat ketika menjadi seorang badut adalah tentang bersyukur..

"Bahagia secukupnya, sedih seperlunya, mencintai sewajarnya, tapi bersyukurlah sebanyak-banyaknya"

Gua melambaikan tangan ke Doraemon dan berlalu meninggalkan Doraemon yang masih bersemangat mengajak anak-anak supaya mau berfoto bareng.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Keren bro niat buat nulis sampai nyoba jadi badut gua sih suka sedih kalau liat kakek kakek gitu ceritanya lucu sih pas lo jailin anak kecil