Rabu, 06 Juni 2018

Dulu

Jadi ceritanya kemaren ini gua baru nemu kamera lama gua. Kamera ini gua dapat dari hadiah nulis di tahun 2008 dan jadi saksi hidup gua di kisaran tahun 2008-2012.

Gua cek memory kamera dan ternyata masih banyak foto ganteng gua saat masih muda dan energik (halah) di memory kamera itu. Selain foto gua, banyak juga foto temen-temen gua yang biadab kayak si Banu Nugget, Dedi Maniak, Albert Ambu pas mereka masih muda dan belum merasakan betapa sulitnya mencari uang, hihihi.

Beli enggak, banyak gaya iya (Nugget & Dedi)
Di usia dimana pria ini belum mengenal yang namanya Cinta. Ahiw
Saat masih sering main bola sekarang sudah tidak bertenaga :(

Tapi dari banyak foto yang ada di memory hp itu, gua sedikit tergelitik dengan sebuah foto yang datang dari tahun 2008 silam. Ini fotonya:

Aku percaya orang ini kelak akan membintangi sinetron Ganteng-Ganteng Serigala

Foto ini diambil di tahun 2008, valid karena gua inget kalender yang dipaku di dinding itu hadiah dari Koran KOMPAS (jadi saat itu gua dapat honor nulis + kalender 2008). Foto ini diambil di rumah lama gua dan lokasinya adalah 'ruang kerja' gua yang masih sangat sederhana. Ini aslinya ruang tamu di lantai 2 tapi gua sulap jadi 'ruang kerja' gua. Berbeda jauh kan dengan ruangan kerja gua yang sekarang, hehe.

Tahun 2008, saat usia masih muda dan belum akil baliq. Kalau kalian liat foto itu keliatan keren ya, gua pake hastag dan sedang menulis di laptop. Di tahun 2008 masih sedikit orang yang punya laptop dan masak iya di tahun itu gua punya laptop?

Jawabannya kamu salah. Ada cerita yang datang di foto itu. Di tahun 2008, semuanya masih terbatas. Udah kuliah kakak mahal dan Ortu empot-empotan buat bayarnya, rasanya masih sulit untuk punya laptop.

Iya itu sebenarnya laptop punya temen kakak dan kebetulan kakak itu pinjam buat kerjain tugas kuliahnya. Terus pas lagi nganggur dan sebelum dibalikkin, gua minta ke Kakak buat foto sambil keliatan lagi nulis di laptop. Terus gua pura-puranya pake semacam hastag biar keliatan kayak Jurnalis beneran karena saat itu gua emang bercita-cita jadi Jurnalis di Tabloid Bola. Kalian bisa liat di atas meja itu ada banyak Tabloid BOLA buat referensi gua menulis. Gua pelajari gaya bahasanya termasuk pemilihan katanya buat menambah pembedaharaan kata gua. Gua sering kirimin corat-coret gua kesana dan hasilnya gak pernah dimuat karena gua tidak masuk kualifikasi, hahahahaha. Ya jelaslah, sebagai Tabloid Olah Raga nomor 1 di Indonesia, emang gak gampang nulis disana dan pendidikan juga harus tinggi.

Hastag yang gua pakai itu sebenarnya adalah hastag untuk ID karang taruna buat acara 17 Agustus di lingkungan rumah gua, hahaha. Gaya dikit, cekrek dan aha jadilah sebuah foto yang menggambarkan 'seorang pria yang berprofesi sebagai Jurnalis sedang memikirkan mau menulis apa' padahal laptopnya juga mati.

Di tahun 2008 dengan segala keterbatasan, gua harus banyak putar otak dan dituntut untuk berpikir kreatif. Salah satunya adalah berkaitan dengan hobby. Dulu, tiap malam minggu, salah satu temen gua si Nugget ini sering banget ngajak ke Mall PVJ buat ngeceng. Pokoknya pas malam minggu dulu rasanya semua cewek cantik di Bandung datang ke PVJ deh dan si Nugget ini yang emang punya hobby ngeceng pasti ngajak gua.

Ngeceng doang sambil liat pemandangan. Terus kalau makan mah tetep di Nasi Uduk seberang PVJ bukan makan di dalam PVJ-nya. Di antara semua temen gua paling cuma si Dedi Maniak yang kaya raya tapi pelitnya naudzubilah. Gua inget dulu pernah beli pizza yang harganya 35rb, dia 20rb gua 15rb. Kalau udah gitu ngebaginya ya 50:50 lah ya. Eh dasar si maniak, dia motong pizza itu dengan komposisi 65 ke dia dan 35 ke gua.

Alasannya 'kan gua bayarnya lebih banyak'. Terkutuk maneh Ded.

Saat itu, gua mulai putar otak gimana caranya kita bisa ke PVJ tapi melakukan sesuatu gitu, salah satunya adalah nonton. Nonton malam minggu di PVJ itu mahal apalagi bioskop di PVJ itu adanya Blitz Megaplex (sekarang ganti namanya jadi CGV). Kalian bisa baca tulisan gua di tahun 2010, dimana gua bisa dapat voucher nonton dan makan gratis setiap Minggunya.

Temen-temen gua itu harusnya berterima kasih ke gua karena gua telah menyelamatkan masa muda mereka. Bayangkan, kita semua bisa nonton dan makan gratis setiap Minggunya, iya setiap Minggu! Kok bisa, disini gua bilang keterbatasan menuntut kita untuk berpikir kreatif, haha.

Gua membayangkan kalau misal saat itu, gua gak putar otak buat kita semua, gua yakin masa muda kita akan dihabiskan dengan nonton DVD Sukeban setiap malam.

DVD Sukeban adalah DVD legenda yang gak mungkin terlupakan. Seinget gua ini DVD awalnya punya si Oktavianus Ruben temen SMP gua dan nyebar ke temen-temen yang lain. Urutannya itu Ruben - Banu - Dedi - Gua - Ambu - balik ke Banu lagi. Pas pertama kali dipinjemin, gua dibilang gini "San, DVD bagus ini. Tonton ama orang tua, tentang Monster di Jepang".

Kalau gua liat di covernya keliatan emang kayak DVD Monster gurita gitu. Kepo dong gua, gua stel di suatu siang di ruang tengah. Terus di belakang gua ada Nyokap lagi setrika baju.

Adegan awal udah aneh banget, jadi ada sekumpulan cewek yang sepertinya dijadikan eksperimen terus ini yang bikin masa muda gua rusak, tiba-tiba datang perempuan cantik yang NENEN-NYA bisa keluar TENTAKEL GURITA. Selain bisa keluarin TENTAKEL GURITA itu NENEN bisa nembak PELOR.

Lu bayangin aja dah, gua nonton gituan terus ada Nyokap gua lagi setrika di belakang gua. INI ANJING gua dijebak pasti. Dan bener, Sukeban adalah DVD Porno Jepang dengan genre tentakel gurita yang gua baru tahu di kemudian hari.

Pas gua cerit ke si Nuget ama si Dedi, semuanya langsung Ngakak dan mereka semua juga kena jebakkan. Karena gua gak mau jadi ampas, gua oper ke si Ambu terus bilang "Mbu, ada DVD bagus. Ada gituannya dikit, lu pasti suka"

Maaf mbu, gua sudah merusak masa muda lu :(

Sekali lagi kalau temen gua baca, lu semua sudah seharusnya berterima kasih ke gua karena telah gua fasilitasi buat nonton dan makan gratisan di PVJ tiap Malam Minggu, hahahaha.

......................................................................................................

Tetapi kini semua sudah berubah. Kita semua sudah gak butuh tiket gratis buat nonton di PVJ atau voucher makan gratisan. Banu selalu ingat dengan cerita ini dan kalau gua lagi jalan ama si Banu dan calon istrinya si Meli pasti dia bakalan ngomong gini ke si Meli:

"Dulu kita ini nonton gratisan tiap Minggu loh berkat si Sani" waktu kita lagi beli tiket nonton The Avengers di BTC.

Banu sudah sukses dengan pekerjaannya di Indomaret tapi anehnya tiap gua minta voucher Indomaret gak pernah dikasih. Disini saya merasa kecewa.

Gua pun merasakan perubahan itu. Gua mulai merasa perubahan itu waktu kemarin gua ngecek rumah baru gua. Rencana awal sebenarnya tahun kemarin gua sudah mau pindah tapi karena 1 alasan akhirnya sampai sekarang gua masih tinggal di rumah orang tua gua (ya mayanlah makan terjamin setiap hari).

Kerjanya apa? Jadi Driver Gojeg biar gak banyak ditanya tentang pekerjaan asli
Waktu gua sampai, semua rumah di blok gua sudah terisi semua dan ada tetangga yang nanya gini ke gua "Oh ini toh yang punya. Soalnya saya sudah 1 tahun ngontrak disini belum liat muka yang punya"

Gua tersenyum dan salim karena gua emang sudah lama banget gak kesini. Rumah ini didesign oleh kakak gua dan waktu pertama datang, gua ingat banget masih kosong melompong. Gua bisa masuk lewat akses yang dipunya oleh Kakak kalau enggak mah gak akan boleh masuk.

Foto dulu dikit di depan rumah dan Malamnya setelah gua lihat foto itu, gua baru merasa kalau "sudah banyak yang berubah". Sekarang gua sudah beneran jadi Jurnalis di Tabloid BOLA dan sekarang rasanya gak perlu lagi cari tiket nonton gratisan buat sekedar nonton karena dananya sudah tersedia. Membayangkan bisa mobil ama rumah sendiri aja rasanya dulu gak akan berani deh.

Kalau dulu cita-cita gua adalah jadi jurnalis dengan punya usaha sebagai sampingan sekarang terbalik, gua punya usaha sendiri dan menulis sebagai sampingannya. Ya mirip-miriplah dikit, hihi.

Satu hal yang gua bisa nilai dari diri gua sendiri adalah karena gua memulainya semuanya dari 0, gua jadi punya banyak alasan bersyukur. Sampai sekarang gua masih mempertahankan gaya hidup gua yang dulu, nyaris gak ada yang berubah. Mungkin yang sedikit berubah, kalau dulu pengen beli action figure gua cuma bisa ngarep di etalase toko sambil ngarep punya sekarang ya kalau sekarang bisalah beli.

Perubahan yang paling gua rasakan adalah malah datang dari diri gua sendiri. Kalau dulu tiap Minggu gua pergi ke PVJ bareng temen yang lain, sejak 2013 gua malah menghindari datang ke tempat ramai yang banyak orang. Gua jadi gak suka ketemu orang banyak dan gua senang melakukan semuanya sendiri.

Contoh kecilnya itu nonton. Gua malah lebih suka nonton pas siang hari di jam sibuk biar sepi dan gak banyak orang. Gua sudah gak pernah lagi nonton pas Malam Minggu dan gak suka juga berpergian. Disaat yang lagi pergi berlibur, gua lebih milih di rumah melakukan hal yang gua suka karena gua yang sekarang tidak menyukai berpegian jauh.


CGV berasa milik pribadi saking kosongnya
Jangan pernah menyerah dengan keadaan karena hanya kamu yang bisa membalikkan keadaan kamu, bukan orang lain. Kemarin telah berlalu, besok belum pasti, hanya hari ini yang kamu miliki. Jalani dengan sebaik mungkin :)

Tidak ada komentar: