Senin, 10 Juni 2013

Balada si Om Jono

Beberapa hari yang lalu, gue mampir ke rumah temen gue. Sebut aja namanya si Alex dan doi ini adalah temen gue sejak SMP. Anaknya pendiem dan kalau ngomong seperlunya aja.

Dia ngomong sering liat tweet gue yang ngomongin soal film dan dia ngerekomendasiin serial TV yang menurut dia bagus. Dari rekomendasi dia sih, kayaknya ini Serial TV emang yahud dan ada kemungkinan gue bakal suka.

Dibanding gue beli DVD atau donlod di internet, minjem adalah solusi terbaik buat gue, xixixi

Setelah beberapa kali janjian dan terus-terusan batal karena waktunya gak pernah klop, akhirnya gue janjian buat ke rumah dia hari Jumat malam sehabis dia pulang kerja. Oh ya dia sekarang kerja di Bank jadi audit.

Tapi ya broski, sebenernya kalau boleh jujur, gue itu rada gimana gitu kalau ke rumahnya si Alex ini. Bukan, bukan karena gue pernah ngutil sesuatu di rumah dia terus gue takut ketauan tapi sebenernya gue ini rada segan ama bokapnya si Alex, si Om Jono.

Iyo segan atau lebih tepatnya gue merasa punya dosa ama si Om Jono. Bukan cuma satu tapi malah dua dosa besar!

Dosa pertama gue ini terjadi waktu SMP. Lu tau kan waktu SMP, mainan anak-anak badung adalah manggil nama temen pake nama orang tuanya. Sejak SMP, gue selalu nyebut nama dia dengan panggilan "Jon, Jon" atau "Jonoooooo". Anaknya sih santai aja gue panggil gitu dan kebiasaan itu ampe sekarang masih sering gue lakuin.

Jarang banget gue nyebut dia pake nama asli dia "Alex", gue lebih sering manggil dia "Jono". Masalah dimulai ketika gue masih duduk di bangku SMP. Ceritanya pas bubaran sekolah, gue kan kebetulan dijemput ama kakak.

Pas mau pulang, gue liat si Alex mau masuk mobil. Sambil setengah berteriak, gue teriak kenceng banget "Jon, Jono besok bawain komik Sin Can ya!"

Berani sumpah, gue manggil "Jono-Jono" gak ada maksud menghina atau apaan. Gue ngomong "Jono" buat manggil si Alex buat ngingetin soal komik itu. Begonya gue gak sadar, kalau yang jemput si Alex waktu itu si Om Jono!

Gue bener-bener gak tega ngebayangin, gimana perasaan si Om Jono ya waktu itu. Lagi enak-enak di dalam mobil, ngejemput anak terus tiba-tiba diteriakkin "Jono, Jono" ama bocah SMP tengil -_-

Dosa kedua gue terjadi 4 tahun lalu di tahun 2009. Gue agak lupa gimana kronologisnya tapi yang gue inget adalah gue ama si Alex entah habis darimana, neduh sambil beli minum di pinggir jalan.

Gue inget banget selain beli minum Coca Cola, gue juga beli keripik seblak gopean. Gue nawarin seblak ke si Alex dan dia ngicip sedikit. Rasanya gak ada yang salah dan semua berjalan baik-baik saja.

Masalah mulai datang waktu gue dikabarin kalau si Alex malamnya harus masuk Rumah Sakit dan harus dioperasi. Operasi Usus Buntu!

Gue bingung, perasaan tadi pas jalan ama gue baik-baik aja, kok tiba-tiba harus operasi buntu. Usut punya usut, setelah di-diagnosa Dokter, usus si Alex kemasukkan bubuk cabe dan lu tau gak, jajanan seblak gope gue adalah tersangka utamanya!

Gara-gara seblak gopean, si Alex harus operasi yang ngabisin 10 juta lah.

Njis, sebenernya gue gak tau harus nyimpen muka gue dimana kalau ketemu si Om Jono. Biar si Om Jon udah lupa tentang 2 dosa gue itu tapi gue masih suka keingetan terus, betapa nakal gue itu waktu itu.

Hari Jumat malam,

Gue janjian datang ke rumah si Alex itu sekitar jam 7 malam. Rumah si Alex itu ada di daerah Margahayu dan untungnya gue masih hafal rute rumah si Alex biar sudah lama banget gue gak kesini.

Sempat kesasar, akhirnya gue nemu rumah si Alex. Rumahnya belum berubah, masih seperti terakhir gue kesini. Setelah masuk dan ngobrol sebentar ama si Alex, gak berapa lama si Om Jono keluar kamar dan datang ngehampirin gue.

Gue udah siap diomelin, gue udah mempersiapkan mental kalau-kalau si Om Jono nunjuk-nunjuk muka gue sambil ngomong "Gara-gara lu punya bubuk cabe, anak ane harus dioperasi! Duit ane habis 10juta cuma gara-gara seblak ente!"

Ternyata gak. Sambil senyum Om Jono ngejabat tangan gue terus nanya kabar dan kesibukkan gue sekarang apa. Hati gue plong ternyata si Om Jono sudah lupa atau jangan-jangan si Om Jono cuma pura-pura baik aja di depan gue?

Gak taunya dia sudah nyiapin obat bius di minum gue terus pas gue sadar dari pingsan gue, gue terbangun dalam kondisi tangan dan kaki diikat? Terus Om Jono dengan bengisnya pasang muka psycho terus ngomong "Nak Sani, bisa sebut nama Om lagi seperti kamu teriak-teriak manggil nama Om waktu Om ngejemput Alex dulu? Bisa?"

Ssssssttttt, gue mencoba hilangkan pikiran-pikiran kotor itu dan mulai fokus ke Om Jono lagi. Setelah ngobrol sebentar Om Jono izin pamit ke ruang tengah dan gue melanjutkan pembicaraan dengan si Alex.

Lagi asyik-asyiknya ngobrol soal film, tiba-tiba si Om Jono teriak kenceng banget dari ruang tengah "Sate!!!!".... Kebetulan banget ada Tukang Sate yang lagi lewat.

Duh, baik banget si Om. Tau aja gue belum makan malam, di pikiran gue saat itu, si Om Jono bakalan beliin gue sate 10 tusuk + lontong dan gue sudah membayangkan betapa empuknya itu daging sate.

2-3 menit berlalu kok ada yang aneh ya? Kok si Om Jono gak keluar bawa piring atau mesen gitu? Apa mungkin ini tukang sate sudah langganan jadi sekali dipanggil sudah tau harus nyiapin apa?

Dari luar, gue ngedenger suara "Tey, Satey?" yang diulang berkali-kali ama si Tukang Sate. Gue nanya ke si Alex "Bro, itu bokap mesen sate? Si emang kayaknya nungguin di depan"

Sambil menunduk malu, Alex ngomong "Biasa itu Bokap gue lagi ngerjain tukang Sate. Gak cuma tukang sate, tukang yang lewat depan rumah, biasanya dipanggil ama Bokap gue tapi gak dibeli"

Masya Allah, mulut gue terkunci, gak tau harus ngomong apa.

Ini kan mainan gue waktu masih  umur 5 tahun, manggil tukang jualan tapi gak beli? Dulu gue hobby banget manggil Tukang Es Walls yang lewat depan rumah gue tapi langsung ngumpet.

Dan si Om Jono yang sekarang umurnya sudah 53 tahun, eh niruin hobby gue waktu gue umur 5 tahun dong -__-

"Hahahahaha" gue ketawa garing ngedenger penjelasan si Alex.

Setelah itu Si Alex minta ijin ke gue buat nyari DVD yang mau gue pinjem. Pas gue lagi duduk di ruang tamu, si Om Jono nyahut dari ruang tengah "Sani, sini ayo ama Om nonton Bola". Kebetulan si Om tau kalau gue emang doyan bola, sering nulis Bola juga.

Gue beranjak ke ruang tengah dan duduk di sofa sambil menemani si Om nonton.

"Om tuh heran loh San" kata si Om memecah keheningan

Dalam bayangan saat itu ya broski, si Om ngomong gitu karena dia mau minta pendapat gue. Gue sudah membayangkan si Om Jono bakalan nanya "Kenapa ya Sani prestasi Tim Nasional kita tidak pernah maju?" atau "Sani, kamu setuju gak sih kalau pemerintah kita cari dana talangan lewat IMF?"

Gue sudah mempersiapkan jawaban sebaik mungkin. Kredibilitas gue dipertaruhkan disini!

"Bingung kenapa Om?" tanya gue cool

"Bingungnya gini San. Ngapain ya 22 orang di lapangan ngejar 1 bola? Kalau Om ada disitu, Om kasih deh 1 orang 1 bola biar gak usah rebutan"

Gue: .............................................................

Serius, gue bingung mau jawab apaan. Analogi konyol si Om Jono itu sama aja kayak gini: "Ngapain orang naik gunung tapi akhirnya turun lagi?" atau "Ngapain orang maen golf pake stick golf yang mahal padahal pake ujung gagang payung juga bisa?"

"Hahahahaha" gue ketawa garing (lagi)

Om Jono yang dulu gue kenal tuh cool, berwibawa dan ngomong seadanya. Napa jadi lawak gini ya sekarang...

20 menit kemudian, setelah si Alex nemu DVD yang mau dipinjemin ke gue. gue ijin mau pamit pulang. Sebenernya gue rada gak enak ya, datang tapi gak bawa apa-apa terus gue inget di tas gue ada 3 gelas coca cola. Bukan sembarang gelas, ini limited edition, gak semua orang punya loh.

Gue kasih aja deh satu, sebagai permohonan maaf gue buat dua dosa gue yang dulu itu. Ya anggap aja ini gelas dari ketulusan hati gue yang paling dalam.

"Om, ini ada gelas bagus. Keren nih Om, cocok buat dipake Om sambil nonton Bola" kata gue sok keren.

Gue yakin 1000 persen, si Om bakalan suka + ngomong makasih berulang-ulang ke gue. Tapi lagi-lagi gue salah. Bener-bener salah.

"Duh Sani, ngasihnya kok cuma 1 sih? Disini kan ada banyak orangnya? Om gak nolak kok kalau kamu kasih lagi ya" kata si Om Jono sambil liat-liat gelas pemberian gue

"Hahahahahahaha" gue ketawa garing (lagi dan lagi)

"Main-main lagi kesini ya Sani" kata si Om Jon ramah

Setelah salaman sebentar, gue beranjak pulang dan kayaknya ini adalah kunjungan terakhir gue untuk waktu yang tidak ditentukkan -______________________-

NB: Untuk privacy, nama-nama yang bersangkutan sudah diubah :)

Tidak ada komentar: