Jumat, 28 Juni 2013

Balada Si Roy

Pernah baca serial Balada Si Roy? Serial ini dulu beken banget, dimuat di Majalah HAI sekitar tahun 90an. Penulisnya bernama Gola Gong dan banyak anak-anak muda yang tergila-gila pada serial ini.

Roy nama yang mengandung kekuatan
Lelaki bandel, norak, tengil, menyebalkan.
Jantan, lembut, juga punya pengertian.
Ibarat legenda.
Dia memang penuh imajinasi dan sensasi.
Aku harus jujur bahwa, hari-hariku akan sepi
tanpa dia!


Yang pernah baca serial itu, pasti tau maksud kalimat di atas :)

Terus ada apa dengan si Roy? Apa gue nge-fans banget gitu ama si Roy? No, Big No. Kebetulan gue punya temen namanya Roy dan banyak cerita soal dia :)

Roy itu bekerja sebagai seorang security, usianya satu tahun lebih muda di atas gue.

Hubungan gue ama si Roy kalau gue bilang itu awalnya hubungan yang profesional. Maksud profesional itu hanya sebatas partner antara penjual dan pembeli. Gak lebih.

Tapi karena gue selalu ingin punya banyak teman dari banyak kalangan, lama-lama hubungan gue dan si Roy ini semakin dekat.

Bukan berarti gue jadi suka sama suka ya. Kalau ada masalah, terkadang si Roy cerita ama gue, nanya pendapat gue, nanya solusi dari gue dan gue selalu mencoba untuk menjadi pendengar yang baik untuk dia.

Suatu hari Roy cerita, kalau dia lagi deket ama cewek. Nama cewek itu Citra, panggilannya Bochit. Kerja jadi SPG baju di Metro Departement Store dan kalau denger dari cerita si Roy ini, gue bisa nebak kalau si Roy ini sayang banget ama si Bochit.

Gue tau banget usaha si Roy buat memenangkan hati si Bochit karena dia banyak cerita ke gue, semuanya terasa baik-baik aja hingga ada satu fakta yang (sangat) mengangetkan. Gue aja yang ngedengernya kaget, apalagi si Roy pas pertama kali denger ya

Jadi si Bochit ini dulu pernah punya mantan, sekarang mantannya itu sudah meninggal, meninggal karena HIV AIDS dan Bochit yakin 100% kalau dirinya ketularan HIV!

Gue tau kenapa si Bochit bisa berpikiran kayak gitu tapi gak elok kayaknya kalau gue tulis kenapa-kenapanya.

Waktu pertama gue tau ceritanya, gue mencoba mastiin ke Roy, apa dia yakin? Yakin tetap mau melanjutkan hubungan ama si Bochit? Bukan apa-apa ini soal masa depan, kalau Bochit beneran kena HIV, apa Roy siap menanggung resikonya? Gue minta dia 'buka mata' karena ini menyangkut masa depan dan keluarga dia juga.

"Gue siap. Gue tau konsekuensinya. Menurut lu gimana san" kata dia setengah bertanya

Jawaban gue sangat sederhana "Bro, lu udah dewasa sudah tau mana yang terbaik buat hidup kamu. Kalau kamu sudah yakin, lakuin mana yang terbaik buat kamu"

Biar mereka berdua gak mereka-reka, gue kasih saran biar si Bochit dibawa ke lab buat test darah biar lebih yakin lagi. Dibanding hidup di tengah ketidak pastian dan pertanyaan kan mending cari kepastian supaya mereka bisa tau ke depannya harus gimana...

Tapi test darah itu gak murah sob, bisa jutaan. Ada yang murah tapi belum tentu akurat dan lu tau kan sebagai seorang security, pendapatan si Roy itu gak terlalu besar.

Gue sudah menawarkan bantuan tapi si Roy tolak, dia mau usaha buat Bochit. Dia mau ngumpulin uang buat Bochit. Akhirnya dia jual Blackberry dia, uangnya dipake buat cek darah Bochit.

1 Minggu kemudian, Roy ngajak gue ketemuan di sebuah restoran fast food, kita janjian jam 7 malam sepulang dia kerja

Sesampainya disana, gue liat Roy lagi duduk dengan seorang wanita. Oh, ini pasti Bochit, soalnya gue pernah dikirimin fotonya ama si Roy.

"Hey Sani, ini kenalin Bochit" kata Roy semangat

"Sani" kata gue sambil jabat tangan Bochit

"Bochit" kata dia ramah. First Impression gue waktu  pertama ketemu Bochit, dia cantik, supel dan easy going. Cocok banget ama si Roy.

Tanpa banyak ngomong, Roy langsung nunjukkin surat ke gue, gue baca isinya ternyata surat dari laboratorium. Isinya Bochit negatif kena HIV.

Pas gue baca, gue jadi sedikit terharu apalagi waktu ngeliat mereka berdua yang bahagia banget. Rasanya semua beban besar di pundak mereka berdua itu langsung lenyap seketika.

Gue ditraktir makan disana, awalnya gue tolak karena ngerasa gak enak hati tapi karena terus didesak akhirnya gue mesen 1 Coca Cola buat "perayaan" ini. Ah, happy ending pikir gue saat itu.

Semuanya akan terasa baik-baik saja. Gue yakin banget Roy bakalan jaga Bochit dengan baik, begitu juga sebaliknya.

Tapi? Ternyata gue salah.

Dua bulan berlalu setelah kejadian itu, gue ngerasa ada yang aneh dari si Roy. Keanehan itu gue rasa dari status-status dia yang perasaan galau dan ngutuk terus. Setiap gue tanya, dia bilang gak kenapa-kenapa.

Intuisi gue gak bisa diboongin, gue yakin mereka lagi ada masalah. Tapi gue gak mau banyak nanya, gue gak mau kesannya itu pengen tau masalah orang atau kayak hero kesiangan yang datang terus kasih petuah-petuah bijak.

Hingga suatu kali si Roy ngajak gue ketemuan di sebuah convience store. Disana Roy ceritain semuanya dan gue baru tau kalau Roy ternyata diputusin ama si Bochit. Alasannya apa? Roy gak tau. Roy bilang Bochit tiba-tiba berubah dan tiba-tiba mutusin dan gak mau diajak ketemuan lagi. BBM terakhir Bochit isinya cuma "Jodoh gak akan kemana, kalau kita jodoh kita pasti ketemu lagi"

Jawaban standar semua perempuan....

"Bahkan ya San, saat Nyokap gue lagi sakit terus gue minta dia datang, dia gak mau. Nyokap gue kangen ketemu dia tapi dia gak mau dateng. Dia cuma bilang, dia gak enak ama cowoknya kalau dia datang" kata Roy sambil menahan nafas panjang.

Duh, beneran gue gak tega ngedengernya. Masak si Bochit sejahat itu? Yang gue tau hubungan Bochit itu ama Nyokapnya si Roy itu deket banget. Apa gak ada alesan yang lebih baik dibanding "gue gak enak ama cowok gue kalau gue dateng".

"Lu tenang dulu ya, nanti gue coba tanyain Bochit"  kata gue menenangkan hati si Roy

3 Hari setelah pertemuan gue dengan si Roy, tiba-tiba ada message ke fb gue. Yang kirim ternyata si Bochit dan dia ngajak gue ketemuan sehabis pulang kerja.

Kita lalu janjian di sebuah cafe di bilangan Dago.

Sorenya, gue beranjak pergi ke Cafe itu. Disana gue liat Bochit lagi duduk sendirian sambil menyeruput kopi. Dengan ramah dia menyambut kedatangan gue

"Sani. Sibuk banget ya keliatannya" kata dia sambil memegang erat tangan gue

Setelah basa basi sebentar, Bochit mengarahkan pembicaraan ke arah Roy. Gue yakin 100% dia ngajak gue ketemuan buat ngebahas soal Roy, bukan ngajakkin ikutan asuransi, MLM, atau apapun.

"Gue gak bisa lanjut ama Roy, San. Gue tau dia baik banget, dia sayang dan ngejaga gue banget. Tapi lu kan tau, Roy itu cuma security dan gue bisa dapat yang lebih baik dari dia. Gue gak bilang alesannya sebenarnya karena gue gak mau ngehancurin semangat Roy, San. Gak mungkin gue ngomong langsung ke Roy" kata Bochit panjang lebar

Gue sebagai lelaki, denger cerita kayak gitu entah kenapa ngerasa sakit hati banget. Ok, gue apresiasi dia karena dia masih jaga perasaan si Roy dengan gak ngomong alesan yang "hanya seorang Security" tapi gue ngerasa kesannya gini, setelah Roy berjuang banget buat dia, setelah habis-habisan terutama soal cek darah yang mahal itu kok kesannya Roy itu 'dibuang'

Kenapa setelah Bochit tau dia negatif HIV, dia kayak gini? Kenapa dia gak kayak gitu waktu dia masih berkeyakinan kalau dirinya positif HIV? Kenapa setelah dia happy, sudah nemu yang baru terus si Roy harus 'dibuang' kayak gini?

"Oh ya Sani, ini tolong kasihin ke Roy ya" Bochit ngomong sambil ngasihin 1 dus besar. Gue tengok isinya ada boneka, tas, buku. Ini kayaknya barang-barang dari si Roy.

Kalau Anger Management gue jelek, gue yakin bakalan sangat emosi saat itu. Gue tau, si Roy beli barang-barang kayak gini tuh gak gampang. Ini kan pake uang semua, masak harus dikembaliin terus balikinnya lewat gue?

"Cit, Citra gini loh. Lu tau kan si Roy beli ini semua gak gampang. Dia cuma security tapi dia selalu berusaha nyenengin kamu. Biar ini bukan barang mahal tapi mendingan kamu simpen. Kalau kamu pengen kembaliin, kamu kembaliin sendiri. Dia ngasihnya kan baik-baik langsung ke kamu masak sekarang kamu balikinnya lewat gue? Mending kamu simpen aja."

"Soal Nyokap Roy gimana? Kamu bener udah gak mau tau lagi? Dia itu baik banget ama kamu loh, kata Roy sering nanyain kamu juga. Minimal kamu sms dong Cit, pamit baik-baik dibanding kamu kayak gini" gue nambahin

Bochit terdiam sejenak. Dia bilang, dia yakin bakalan kena karma buat semua yang dia lakuin tapi dia bilang sekarang sudah terlalu enjoy dengan pasangannya yang sekarang.

"Ok Citra, lakuin yang kamu anggap baik buat kamu. Kalau kamu keganggu ama Roy yang terus ngehubungin kamu nanti gue bakalan ngomong ke Roy supaya gak hubungin kamu lagi" gue mengakhiri pembicaraan.

5 bulan berlalu setelah pertemuan gue dengan Bochit. Gue gak pernah cerita ke Roy soal pertemuan gue dengan Bochit terutama soal alasan-alasan Bochit ninggalin Roy. Interaksi gue dengan Roy juga jadi semakin jarang karena kesibukkan masing-masing. Yang gue tau sekarang dia keluar dari pekerjaanya jadi security dan entah kenapa dia malah milih kerja di SPBU sebagai pengisi bensin. Hingga di suatu hari di bulan Juni ini, gue janjian ketemu ama dia buat ngobrol-ngobrol

"Setiap malam, gue selalu kepikiran dia. Gue hancur, setiap hari gue nungguin dia. BBM gue selalu dijawab dingin bahkan sampai Nyokap gue masuk Rumah Sakit dia gak mau peduli. Dia baik ke gue kalau ada mau dan perlu aja. Gue benci banget ama dia, benci banget. Gak akan ada Roy lagi yang dulu, yang baik dan care ama dia. Gue kerja di SPBU ambil shift malam setiap hari, supaya gue bisa stop mikirin dia. Gue gak mau jahat ama dia tapi ampe kapan gue bisa bertahan?" kata dia berapi-api

Gue diem. Gue itung, sudah 6 bulan dia putus ama Bochit terus selama 6 bulan ini dia terus nungguin Bochit yang jelas-jelas sudah bahagia ama orang lain? Sayang banget Roy, kamu ngebuang 6 bulan waktu kamu buat bahagia dengan cara kayak gini.

Roy ngasihin gue kertas dia minta tolong buat gue ngasihin ke Bochit, suatu hal yang jelas-jelas gak akan gue lakuin karena gue gak mau dia kayak gini terus. Gue kutip sedikit isi dari kertas yang ditulis si Roy;

Kamu tau..ketika kamu merasa sempurna..merasa hebat dan kamu telah mendapatkan segala yang kamu inginkan tetapi kamu ternyata hanya sendiri..Tidak ada orang yang menemani hidupmu..segala yang kamu capai menjadi tidak berarti karena kebahagiaanmu belum kamu dapatkan..Kamu hanya bisa membaginya untuk dirimu sendiri..

Kamu tau.. ketika kamu merasa banyak orang yang akan jatuh cinta padamu dan mencintaimu, saat itu kamu tidak akan menyadari bahwa kamu akan dibutakan oleh semua itu.. Kamu tidak akan menyadari saat seseorang yang dengan tulusnya mencintaimu telah kamu sia-siakan.. Kamu tidak akan tau bagaimana orang itu dengan hatinya yang ikhlas menerima segala perlakuanmu, sikap dinginmu, ketidakperdulianmu bahkan pengkhianatan yang telah kamu lakukan padanya.. Kamu tidak akan menyadari kalau kamu telah menyia-nyiakan cintanya karena pikiranmu yang mengatakan bahwa kamu bisa mendapatkan yang jauh lebih baik dari dia..bahwa dia bukanlah segala-galanya buatmu dan tak akan berarti apa-apa..bahwa kamu bisa mendapatkan orang yang lebih baik darinya dan kamu akan banyak dicintai oleh orang lain selain dia..

Kamu tidak akan menyadari kalau kamu telah menyia-nyiakan cintanya karena kamu pun begitu sibuk memperhatikan yang lain..kamu tak akan menyadari kasih sayangnya yang tulus kepadamu..kamu tak akan menyadari cintanya yang mencintaimu begitu sederhana..namun sempurna....

Hm, semangat ya Roy... Masih panjang cerita hidup kamu...

Tidak ada komentar: