Selasa, 25 November 2014

Clobberin Project

Belum lama ini gue dapet kiriman E-mail dari sebuah Majalah Remaja, isi E-mail itu adalah meminta gue buat rutin ngirimin Cerpen (Cerita Pendek) lagi.

Aslinya sih, sudah lama banget gue gak bikin cerpen. Dulu sekitar tahun 2006-2008 hampir setiap hari gue bikin cerpen. Dulu bayaran gue tiap satu cerpen 350rb. Duit 350rb itu tuh yang bikin gue semangat banget bikin cerpen.

Lumayanlah buat kongkow-kongkow asyik bareng temen.

Awalnya gue itu sempet ngerasa frustasi pas bikin cerpen. Ya bukan apa-apa sih, dari puluhan cerpen yang gue kirim gak ada satu pun yang pernah dimuat.

Saat itu gue bingung banget, apa yang salah ama cerpen gue? Apa karena gue gak ganteng jadi gak dimuat?

Kalau gue baca sih (menurut gue) keren terus gak sedikit yang bikin gue ampe berlinang air mata *pret*

Tapi kok gak pernah dimuat? Tiap gue nanya ke redaksinya juga gak pernah direspon. Saat itu gue bener-bener galau, bingung ampe gue sempet mikir kalau gue gak punya bakat di bidang ini.

Pelan-pelan gue mulai introspeksi dan cari apa yang salah dengan cerpen gue. Saat itu gue tuh masih (sok) idealis gara-gara bacaan gue adalah buku-buku Pramoedya Ananta Toer, Soe Hoek Gie

Yang ada di pikiran gue, gue pengen bikin cerpen yang 'gak biasa', idealis, dan gak mainstream. Tema tulisan gue lebih berkutat ke arah LGBT (Lesbian, Gay, dan Transgender) karena menurut gue tema ini jarang diangkat.

Gue juga bikin cerpen soal cinta anak remaja dengan PSK yang terjangkit HIV, dll. Pokoknya bener-bener (sok) idealis deh. Kalau gue sekarang baca-baca tulisan gue yang dulu, sumpah gue pengen banget nangis. Nangis kok bisa-bisanya gue bikin cerpen kayak gitu. Entah apa yang ada di pikiran gue saat itu.

Karena gak pernah dimuat, pelan-pelan gue mulai introspeksi hingga akhirnya gue nemu alesan logis kenapa cerpen gue gak dimuat. Ya jelaslah gak pernah dimuat, gue kirim tulisan soal PSK, Gay, Lesbian ke Majalah Remaja yang mayoritas dibaca oleh umur 14-18 tahun -_-

Mungkin kalau waktu itu gue kirim ke Majalah Ibu-Ibu kayak Femina, Kartini ada kemungkinan dimuat. Kalau ngirimnya ke Majalah Remaja ya gak bakalan dimuat yang ada gue malah dituduh sebagai gay.

Belajar dari kesalahan itu dan mulai baca-baca cerpen orang lain, gue mulai menggesar tema penulisan gue. Dari tentang LGBT gue mulai bergesar ke tema-tema remaja.

Gue bikin karakter khayalan yang gue kasih nama "Jack". Inspirasi nama Jack itu adalah dari nama anak tetangga gue. Tetangga gue itu punya anak umur 5 tahun yang dikasih nama Jack O'Neill.

Kebetulan dia itu nikah ama bule (kayaknya sih kawin kontrak) jadi wajar kalau nama anaknya berbau bule. Tiap siang kalau dia lagi main, anak-anak kampung pasti teriak-teriak manggil nama dia "Si Jack" dan hal itu yang ngebuat nama "Jack" itu jadi nempel di otak gue.

Karakter "Jack" di cerpen gue itu sebenarnya adalah gambaran tentang gue sendiri. Penggambaran "Jack" dari segi fisik dan sifat sangat kentara dengan gue.

Semua cerpen gue diinsipirasi dari hal-hal yang terjadi di sekeliling gue dengan sedikit tambahan sana-sini. Gue bikin cerpen sesuai dengan style gue sendiri dan hasilnya ternyata lebih dari yang gue bayangkan.

Hampir tiap Minggu cerpen gue dimuat dan pundi-pundi gue bertambah seiring dimuatnya Cerpen gue. Banyak orang yang suka tapi banyak yang juga gak suka waktu baca cerpen gue, ya itu sih biasa menurut gue. Kita gak bisa memaksa semua orang buat suka ama kita kok. Haters Gonna Hate

Cerpen pertama gue yang dimuat

Salah satu cerpen gue yang pernah masuk nominasi
Selain bikin cerpen dan kerja cari duit, kesibukkan gue sekarang adalah bikin clothing brand sendiri. Awalnya sih gue gak ada kepikiran buat brand sendiri tetapi awalnya dimulai dari banyaknya orang yang sering nanya tentang kaos WWE SmackDown yang biasa gue pake.

Pas lagi jalan-jalan di mall atau lagi kongkow ada aja yang nanya tentang kaos WWE yang gue pake.

Mereka nanya dimana gue biasa beli kaos dan muji kaos gue (kaos gue doang yang dipuji yang makenya sih gak pernah). Belum lagi gue termasuk aktif dan sudah dianggap 'sepuh' di suatu komunitas WWE terbesar.

Gue mulai mikir, dibanding gue import sendiri terus gue jualin, kenapa gue gak produksi sendiri dengan design dan kualitas yang oke punya? Untungnya pasti lebih besar

Untuk merealisasikan ide gue ini, pertama gue harus cari partner yang punya satu visi dengan gue dan bisa ngikutin "arah angin" yang gue mau. Jujur, gak semua orang bisa bekerja sama bareng gue karena pemikiran gue yang bikin gak semua orang bisa nyaman menerima ide-ide gue.

Ide-ide gue sering out of box dan sedikit 'liar' jadi gak semua orang bisa klop dengan gue dalam urusan pekerjaan. Setelah nemu partner yang satu visi, kita mulai cari designer handal.

Seperti yang gue bilang tadi, syarat mutlak dari gue ketika gue mulai produksi baju adalah kualitas design dan bahan harus yang terbaik karena nama gue dipertaruhkan di komunitas. Kalau ampe jelek, wah bisa-bisa gue dihujat dan nama gue tercoreng.

Setelah nemu designer dan vendor yang cocok, kita mulai produksi. Untuk permulaan 1 lusin dulu dan ketika mulai gue jual ternyata responnya luar biasa. 2 x 24 jam sudah sold out dan karena responnya luar biasa, gue mulai berani naikkin kuantitas, Dari satu lusin naik ke 15 pcs dan sekarang sudah 20 pcs buat satu design.

Biasanya sih dalam 1 x 24 jam sudah sold out atau paling lama 3 x 24 jam buat bener-bener sold out. Yang bikin gue seneng adalah orang-orang yang sudah beli bilang puas dan suka banget dengan kaos produksi gue.

Karena penjualan makin bagus, gue dan temen gue itu mulai berpikir buat bikin satu brand. Setelah lama ngobrol akhirnya kita pilih nama "Clobberin Time" buat logo kta.

Ini dia penampakkannya:

Nama "It's Clobberin Time" sendiri diinspirasi dari karakter The Thing di komik Fantastic Four yang selalu berteriak "It's Clobberin Time" sebelum bertarung melawan musuh. Kalau di WWE kalimat ini identik dengan CM Punk yang selalu berteriak "It's Clobberin Time" sebelum bertanding.

Gak ada filosofi apa-apa dari pemilihan nama ini tetapi karena kalimat ini sudah nempel di kepala gue, gak ada salahnya toh kalau gue jadiin nama brand?

Kalau ditanya omzetnya gimana, Puji Tuhan sudah lumayan banget. Cukuplah buat bayar cicilan sana-sini, ahay. Modal awalnya memang gak sedikit sih tetapi untuk saat ini, gue kasih target ke diri gue sendiri bisa ngejual minimal 80 - 100 pcs tiap bulan. Untuk tugas kita bagi merata, gue di bagian penjualan dan konseptor sedangkan satu temen gue di bagian produksi dan design.

Produksi Tees John Cena "Keep Calm and Never Give Up"

Dean Ambrose "Unstable"
Kedepannya gue kasih target bisa ngejual minimal 200-300 pcs/bulan. Untuk saat ini target paling realistis ngejual 100pcs/bulan karena keterbatasan waktu apalagi gue harus bener-bener bisa ngebagi waktu jualan, les, kerja, dan ngeceng (uhuk).

Harapan gue gak muluk-muluk yang penting brand ini bisa terus eksis, orang puas dan gak kapok beli, dan bisa jadi sponsor buat acara-acara komunitas.

 Oh ya, jangan lupa follow @Clobberin_Time di twitter juga ya. Dan terakhir, saran dari gue buat kamu yang mau memulai suatu usaha (apapun itu yang penting usaha yang bener), "Kamu akan dikritik orang ketika melakukan sesuatu. Kamu juga akan dikritik ketika tidak melakukan sesuatu" 

Gak usah dengerin kata orang yang penting "tutup telinga" dan maju terus :)


Tidak ada komentar: