Minggu, 30 November 2014

Main Theater

Banyak alasan buat gue, kenapa tiap diajakkin main theater, selalu gue tolak.

Pertama, gue bukan yang suka tampil. Kedua, gue gak terlalu nyaman jadi sorotan. Ketiga, gue lebih suka berada di 'belakang layar, dan keempat gue punya syndrome demam panggung.

Seinget gue, gue kena syndrome ini sejak awal tahun 2012. Kalau gue udah kena syndrome ini, lu percaya gak gue jadi GAGAP.

Kalau udah gagap, ngomong "Perkenalkan nama saya Stefanus Sani" aja bisa jadi "Per-----ke--nalll-kaaaannn nnnaaaa-------maaaaa sa----ya.... Stef-----anus------san----iiiiiii"

Gue percaya banget gue kena "penyakit" GAGAP ini karena kharma buat perbuatan gue. Dulu waktu SMP, temen sebangku gue si Bernard anaknya GAGAP parah dan sering gue ejek.

Eh, beberapa tahun kemudian malahan gue yang sekarang ketularan GAGAP.

Waktu gue cerita ke Kakak dan beberapa temen gue, gak ada satupun dari mereka yang percaya kalau gue bisa jadi orang GAGAP kalau lagi kena syndrome demam panggung.

Jelas mereka gak percaya, karena gue emang gak punya riwayat GAGAP dan juga saat di kelas atau lagi forum resmi, gue termasuk orang yang berani buat ngomong, kasih kritikkan, atau berdebat.

Tiap ada ajakkan main theater, pasti aja gue tolak. Biar kata orang gue jago berakting tapi tetep aja gue tolak. Bukan apa-apa, gue takut pas lagi di atas panggung, syndrome demam panggung gue ini muncul dan mengacaukan semuanya.

Dari ingetan gue yang lumayan baik ini, (sebelum gue kena syndrome demam panggung), gue sudah beberapa kali ikutan theater.

Theater pertama gue itu waktu gue masih TK Kecil. Gue dapet peran sebagai pembantu Raja. Entah kenapa gue yang berperan sebagai jadi pembantu, sedangkan temen gue si Yohanes yang kebagian peran jadi Raja padahal menurut gue, gue lebih cakep dibanding si Yohanes.

Scene gue gak nyampe 1 menit. Jadi nanti ada adegan temen gue si Raja manggil "pelayan". Begitu mendengar gue dipanggil, gue langsung berlari dari belakang panggung (dengan penampilan ala pelayan, pake peci dan bawa lap tangan) dan nanya ke Raja "Ada yang bisa saya lakukan, Tuan Raja?"

Gue inget banget, ketika gue keluar dari belakang panggung dan berpakaian ala pelayan semua penonton yang kebanyakkan Orang Tua murid langsung ketawa ngakak.

Entah ketawa karena gue emang mirip pembantu atau apaan. Ironisnya setelah gue berperan sebagai pembantu Raja, sewaktu TK gue lebih dikenal sebagai "Stefanus yang berperan sebagai Pembantu"

Nama Stefanus ini sudah terlalu mainstream, di TK gue aja punya nama depan ini ada kali 5 orang. Ada temen gue yang ngomong ke Nyokapnya "Ma, tadi aku makan bareng Stefanus"

Si Tante pun bertanya "Stefanus yang mana ya nak?"

"Itu ma Stefanus yang waktu pentas theater jadi pembantu"

Oh, ok. Saat di TK gue lebih terkenal sebagai "Stefanus si Pembantu"

Di Sekolah Minggu pun, gue lumayan sering maen theater. Tapi entah kenapa, gue kebagian peran yang 'butut' mulu. Pernah satu kali menjelas Paskah, gue ikutan pentas Theater tentang "4 Bejana"

Jadi cerita Theater ini tentang 4 bejana. Bejana pertama adalah bejana yang terbuat dari emas dan dikagumi oleh banyak orang. Bejana kedua adalah bejana yang terbuat dari perak dan bejana ketiga terbuat dari tembaga.

Ceritanya itu adalah bejana yang laku dijual dan tau gak gue kabagian jadi apa? Gue kebagian jadi bejana keempat yang terbuat dari tanah liat alias bejana paling "butut"

*Tepok Jidat*

Entah karena gue emang kalah ganteng ama yang lain atau ini bentuk 'pembalasan' guru-guru Sekolah Minggu karena gue anaknya nakal eh gue dijadiin bejana tanah liat.

Udah diceritain paling jelek, eh ini bejana juga hobbynya ngeluh. Ampun deh

Beranjak ke SMP, saat lagi ada acara pentas theater, tiap kelas diwajibkan bikin pentas theater yang ceritanya harus diambil dari cerita-cerita di Alkitab.

Saat itu kelas gue ngambil cerita "5 Gadis Pintar dan 5 Gadis Bodoh" dan dengan kejinya gue dikasih peran sebagai satu dari 5 gadis bodoh. Udah kebagian peran waria, gue dijadiin yang bagian dari gadis bodoh pula.

Saat itu gue di make-up tebel ama temen cewek gue yang doyan dandan. Gue dipakein kemben dan entah emang doyan ama dada gue, temen gue si Robert yang jadi 'sutradara' nyuruh gue nurunin kembem gue mulu. Katanya biar dada gue sedikit menyembul dan keliatam sexy.

Demi ini theater, gue relalin pake kemben yang sengaja diturun-turunin ampe lekukan dada gue keliatan. "Turunin lagi dong san dikit lagi. Biar maksimal"

Maksimal jidat lu, Nyet! Puting tetek gue sudah berada di ambang batas alias turun dikit lagi, keliatan itu puting.

Si Robert ini kata gue punya bakat jadi sutradara film porno. Bisa-bisanya waktu kelas 1 SMP, dia kepikiran soal tetek menyembul

Dan sekarang, entah temen-temen satu angkatan gue narsis atau emang gila tampil semua, mereka kompak mau bikin theater buat Natal ini.

Begitu ngedenger temen-temen pada mau bikin pentas theater, gue sih dukung banget. Tapi lutut gue mendadak jadi lemas begitu temen gue bilang "Kak Stefanus juga harus ikutan"

Bukan apa-apa, gue tuh udah tua dan usia gue udah jauh lebih tua dibanding temen-temen satu angkatan gue dan bisa-bisanya gue disuruh ikutan maen theater, belum lagi gue masih punya syndrome gagap itu.

Gue udah mati-matian nolak tapi temen-temen gue maksa kalau gue harus ikutan main. "Kak Stefanus gak kompak orangnya" atau "Gak ada lu, gak seru ah" dan masih banyak lagi alesan supaya gue ikutan pentas theater.

Dibanding gue maen theater, gue lebih milih jadi yang bikin skenarionya deh. Kalau gue yang bikin skenarionya, gue bakalan bikin karakter yang gue peranin bakalan jadi keren banget. Gue bakalan pasangin karakter gue ama cewek paling cakep satu angkatan

Siapa tau bisa cinlok, hihihi

Tapi sayang seribu sayang. Sebelum gue mengajukan diri buat yang bikin skenario, ternyata ada temen gue yang lain sudah bikin skenario juga dan skenario itu yang dipilih. Gue belum tau judulnya apaan dan gue bakalan berperan apaa. Gue sendiri sudah wanti-wanti, gue mau ikutan asal scene gue dikit dan gak banyak ngomongnya.

Hingga suatu hari ketika gue lagi duduk manis di kantin sambil menyeruput Green Tea, datang temen gue sambil ngasih skenario theater, sekilas pas gue baca (yang gue tangkep), inti ceritanya adalah tentang Suara Setan dan Suara Tuhan.

Peran Malaikat diisi oleh temen gue si Fani. Cocok menurut gue karena muka doi yang mirip malaikat. Sambil baca-baca, gue nanya ke temen gue yang ngasih ini skenario

"Rico, ini yang jadi setan siapa ya?"

Rico gak ngejawab pertanyaan gue, dia cuma senyum-senyum sambil berlalu meninggalkan gue yang masih kebingungan.

Tanpa perlu jawaban, kayaknya gue udah tau deh siapa yang bakalan berperan jadi si setan -_-

Tidak ada komentar: