Selasa, 17 Januari 2017

1 Minggu jadi Driver Ojek Online (Lagi)

Gua heran. Asli heran banget.

Tulisan gua tempo hari tentang gua yang jadi driver ojek online (ojol) pas gua cek statistiknya jadi postingan yang paling banyak dibaca selama gua nge-blog. Gue sudah rutin ngeblog sejak tahun 2008 dan dari ratusan postingan gua, post soal gua yang jadi Driver Ojol kok bisa jadi yang paling banyak dibaca.

Giliran gua ngepost soal gua yang lagi berprestasi eh adem ayem aja. Giliran gua jadi Driver Ojol banyak yang baca. Dasar manusia -_-

Karena banyak yang suka + gua memang sedang mencari materi penulisan, Minggu kemarin gua memutuskan return kembali jadi Driver Ojol. Seperti sebelumnya, gua bakalan jadi Drivel Ojol selama 1 Minggu full. Dan selama gua jadi Driver Ojol, identitas gua adalah mahasiswa semester akhir yang sedang mencari dana tambahan buat selesein skripsi. Untunglah muka gua belum tua-tua amat jadi semuanya percaya kalau gua adalah mahasiswa.

Ingat, gua jadi Driver Ojol bukan untuk mencari uang tetapi murni untuk mencari bahan materi yang akan gua pakai untuk penulisan.

Selama aplikasi di Ponsel kita tidak dihapus, kita bisa aja dan kapan aja narik. Selama kita tidak di-suspend karena berbuat curang (misal Order Fiktif, dll) kapanpun kita mau, kita bisa narik.

Gua biasa mangkal di area kampus dan area perkantoran, sambil berharap dapet mahasiswi atau karyawati kantoran yang cakep. Siapa tau selama di motor bisa digodain gitu, kikikikik. Kalau dapetnya cowok biasanya gua cancel. Memang Sani ini Driver Ojol tidak tahu diri, sukanya pilih penumpang.

Selama gua jadi Driver Ojol, gua cuma membekali diri dengan uang 20rb aja setiap harinya untuk bensin 10rb + makan 10rb. Uang di dompet, kartu ATM, Credit Card gua tinggal semua. Emang bisa 10rb dapet makan? Gua mau cerita dikit. 6-7 tahun lalu ketika gua masih awal banget memulai usaha (Clobberin Time belum sebesar sekarang), kondisi keuangan masih ngepas. Saat itulah, gua harus putar otak gimana caranya buat muterin uang buat beli barang (buat dijual lagi, belum produksi sendiri seperti sekarang) dan buat ini itu. Disaat begini, gua dituntut buat kreatif termasuk dalam soal makan kalau lagi laper di jalan. Bukan berarti gua nipu, ngambil ayam tapi ngakunya ngambil telur. Gua hafal mana aja street food yang rasanya lumayan dengan harga terjangkau. Gua juga fasih untuk mengkombinasikan lauk biar makan sampai kenyang. Pokonya 10rb dijamin kenyang-lah, hehehe.

Mimin Clobberin Time yang sedang menyamar
Next,

Lagi duduk di bawah pohon deket kampus UNPAR sambil baca buku (gua selalu bawa buku waktu nunggu panggilan masuk), ada alarm masuk. Tanda ada customer yang memanggil. Gua klik dan muncul nama 'Anastasia'. Beuh, dari nama juga udah keren 'Anastasia'. Seperti yang pernah gua bilang, nama terkadang menentukan muka. Kalau nama keren biasanya orang keren juga. Kalau namanya ngepas misalnya 'BANU', 'DEDI', 'MELA', 'MELI', 'GATOT' biasanya juga ngepas orangnya.

Anastasia minta dijemput di depan Omnium depan Unpar. Sesampainya disana, nunggu 5 menit ada cowok putih yang nanya ke gua 'UB*R ya?'. Gua jawab 'Iya' dan semangat gua langsung luntur karena ternyata yang order cowok pake aplikasi temennya. Fiuhh...

Kalau penumpangnya cowok, gua biasa diem aja, gak mau terlalu banyak speak atau nyekil tapi untuk kali ini beda. Cowok ini yang belakangan gua tau namanya Daniel, ngomong + nanya mulu dari awal berangkat sampai tujuan. Dia cerita kalau dia sekarang udah semester 6 padahal gua gak nanya. Dia cerita kalau dia lagi ribut ama pacarnya padahal gua gak nanya. Dia cerita kalau dia kost sendiri dan kost nya selalu sepi padahal ASLI GUA GAK NANYA.

Anehnya selama dia cerita, dia kok kayak mau nempel banget ke gua. Tapi untung kehalang tas dan tas gua isinya lumayan banyak (Jas hujan 2 stel buat gua dan penumpang kalau hujan, Tupperware 2 botol buat gua mimun di jalan, buku/komik buat gua baca sambil nunggu penumpang). Selama cerita si Daniel ini suaranya kok mendayu + mendesah banget. Asli bikin ngeri. Gua cepetin motor supaya bisa langsung sampai ke tujuan.

Sampai ke tujuan totalnya 13rb dan dia kasih 20rb (gak usah dikembaliin katanya). Setelah pamit dan gua nepi bentar dan ada sms yang masuk. Isi smsnya gini "Kak Sani, aku tau kakak pasti butuh tambahan untuk menyelesaikan skripsi. Aku ada Job nih untuk kakak, lumayan bisa buat nambah. Kalau kakak mau, datang aja ke kost aku yang tadi. Langsung masuk aja, lurus ikutin lorong terus cari kamar nomor 23 yang di pintunya ada stiker Suju. Aku tunggu ya"

Gua baca dan renungin bentar, fix ini si Daniel itu Gay. Jangan-jangan yang dia maksud job tambahan itu, gua harus menjadi pemuas hasrat dia lagi. Hiwwwwww!!!!!!!!!!!

Untung banget gua ada ganjelan tas pas bonceng dia. Kalau gak ada itu tas, kayaknya bisa kapan aja dia 'nusuk-nusuk' gua dari belakang.

Tanpa pikir panjang, gua langsung delcont dan black list kontak dia. Dapet cuma 20rb tapi yang ada pantat perih -_-

Selain ketemu gay, salah satu moment yang paling gak bisa gua lupain adalah ketika gua ngeliat orang dijambret di depan mata gua. Gua lagi duduk di atas motor di sekitaran Pasteur sambil balesin chat dari buyer Clobberin Time yang bejibun. Lagi asyik balesin chat, tiba-tiba ada cowok lari dari arah belakang gua teriak 'ANJING, BANGSAT, GOBLOK, FUCK, dan umpatan kasar lainnya. Selain mengumpat dia seperti melempar sesuatu dari kantongnya.

Apaan nih, apa ada tawuran? Gua clingak clinguk tapi kayak gak ada apa-apa. Gua dan cowok itu sempat adu pandang dan dia ngomong gini 'saya dijambret mas, saya lagi nungguin GOJEK tiba-tiba ada orang naik motor langsung rebut HP saya' kata dia sambil panik.

Dia kemudian lari ke belakang gua dan sejurus kemudian lari lagi ke arah gua. Dia bilang 'Mas bisa minta tolong gak orderin saya UB*R buat saya pulang'. Kebetulan gua kan Driver Uber terus nanya ke gua bayarnya gimana karena dia ordernya langsung gak pake aplikasi? Gua bilang gampang bayar yang penting pulang dulu.

Pas mau berangkat, dia minta ijin dulu buat ngambil VAPE (rokok electric) dia yang ada di tengah jalan. Gua nanya kok bisa VAPE dia ada di tengah jalan, dijawab pas dijambret itu dia kejar si jambret bermotor dan lempar itu VAPE sambil berharap kena tapi gak kena. Dia ngomong gini, coba aja kalau kena pasti jatuh itu jambret.

Gua sedikit mikir, VAPE kan ringan. Misalnya ya, misalnya ini juga. Kalau gua jadi jambret terus gua jambret HP orang. Dia lari kejar gua terus dia lempar VAPE. Kalau iya gua kena itu VAPE, gak mungkin juga kan gua oleng. Kecuali kalau dia lemparnya Batu Bata yang sudah disumbu nah itu kalau kena baru ngaruh. Bener gak?

Rumah dia di Melong, Cimahi. Cukup jauh sih. Sepanjang perjalanan dia mengumpat karena dijambret. Bukan soal harga hpnya tapi dia bilang di ponsel dia banyak foto dia ama anaknya yang sudah meninggal dan belum di back up. Uh... Kasian bener.

Dia cerita, dia baru turun dari travel dan lagi nunggu GOJEG. Dia sudah nunggu hampir 30 menit dan si Driver GOJEG gak datang-datang. Di telpon beberapa kali, dibilang suruh nunggu terus. Pas mau cancel eh malah dijambret. Dia cerita sambil bergetar, sepertinya dia masih shock banget karena kejadian tadi.

Gua cuma bisa menguatkan dia bilang 'Iya mas sabar, sabar'. Pasti nanti diganti yang lebih bagus lagi ponselnya. Sampai di tujuan, dia kasih gua uang 50rb tapi gua tolak karena gak tega ngambilnya karena dia baru aja kena musibah. Kasian juga minta ongkos dari orang yang baru kena musibah.




Tapi dari semua pengalaman gua selama jadi Driver Ojol yang paling tidak terlupakan adalah ketika gua ngangkut penumpang yang memiliki kekurangan. Dia tidak melihat (tuna netra). Gua dapet panggilan dari dia waktu gua lagi muterin daerah Padjajaran. Kebetulan di daerah Padjajaran emang ada sekolah khusus tuna netra. Gua awalnya gak yakin kalau bener dia yang order apa bukan. Tapi pas gua telpon ternyata memang dia yang order. Pas naik motor juga harus dipapah apalagi motor gua bukan motor matic atau bebek seperti motor kebanyakkan jadi butuh extra tenaga pas naik.

Dia cerita kalau dia sering dicancel Driver Ojol begitu tahu dia tidak bisa melihat. Jarang ada yang mau ngangkut dia. Dia juga sering dibohongin soal tarif, harusnya bayar sekian dibilang bayar sekian.

Terkutuk banget itu orang yang sempet-sempetnya cari untung di tengah kesusahan orang.

Sepanjang perjalanan (rumah dia di daerah Lembang) dia tidak henti-hentinya bilang makasih ke gua karena dia sudah hampir 1 jam nunggu tapi gak ada Driver yang mau angkut dia. Mungkin Driver lain ogah nganterin dia karena jarak Bandung - Lembang itu lumayan jahu bisa sekitar 25 km. Apalagi sudah malam, takut banyak begal atau Geng Motor berkeliaran di jalan.

45 menit berkendara akhirnya kita sampai juga ke tujuan.  Kerennya gini, pas gua masuk gang buat nyari rumah dia, dia tepat banget ngarahinnya. Dia bilang nanti ada gapura belok kiri, ketemu gerobak lurus terus. Cari rumah yang cat hijau yang ada pohon mangganya.

Dia nanya totalnya berapa? Gua klik Pembayaran muncul tarif sebesar '27rb' tapi karena gua kasian gua bilang 'Wah, gak usah bayar Pak. Tagihannya 0 rupiah lagi ada promo ditahun baru dari UB*R' padahal promor tahun baru sudah lama berakhir.

Dia kaget tapi tetep mau bayar uang ke gua, gua bilang simpan aja Pak uangnya buat besok lagi. Gua percaya kebaikkan kecil akan membawa kebaikkan yang lebih besar nantinya.

Satu hal yang bisa gua ambil dari pengalaman gua jadi Driver Ojol adalah gua lebih menghargai waktu. Bukan berarti selama ini gua banyak santainya. Saat Clobberin Time sudah maju seperti sekarang, gua jadi punya lebih banyak waktu. Biasanya waktu itu gua pakai untuk tidur, nonton DVD atau baca komik. Tetapi gua mikir, dibanding waktu luang itu dihabiskan buat hal-hal seperti itu kenapa gak dipakai untuk melakukan suatu hal yang bisa menghasilkan? Gak harus jadi Driver Ojol karena jujur kecil pendapatannya, tapi resiko kena ambeien karena duduk terus.

Selama 1 Minggu itu, gua sering nguber sampai jam 2 subuh dan sering lewat tempat dugem dan sering pula liat orang yang gua kenal disana. Bersyukur biar gua nakal tapi gua belum tertarik buat coba-coba masuk kesana.

Jam sudah menujukkan jam 1 dini hari, gua masih harus menempuh perjalanan sekitar 30km dari Lembang menuju ke rumah gua. Bokap sudah nelpon terus nanyain gua dimana karena khawatir.

Ok, mari kita beranjak pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar