Minggu, 12 Februari 2017

Kembali jadi Driver Ojol (Lagi dan Lagi)

Sudah baca 2 tulisan gua tentang gua yang menyamar jadi Driver Ojek Online (Ojol)? Kalau dihitung, gua total jadi Driver Ojol itu selama 2 Minggu full dan sesuai tujuan awal gua jadi Ojol, gua dapet banyak 'tabungan cerita' yang akan gua pakai untuk penulisan gua.

Di tulisan gua yang terakhir, gua nulis setelah hari itu berakhir, gua resmi pensiun jadi Ojol dan kembali ke kehidupan gua yang semula yaitu ngurus Clobberin Time, menulis, dan ngeceng buat cari calon istri (halah).

Tetapi ada sedikit dilema buat gua ketika gua meninggalkan 'pekerjaan' gua sebagai seorang Driver Ojol karena selama gua narik 2 Minggu itu, gua jadi punya langganan yang pengen supaya gua jemput mereka lagi. Beberapa chat gua dengan para customer:



Dibilang ganteng eh maksudnya ganteng di kalangan tukang ojek :( 


Btw, banyak temen gua yang sirik dengan gua karena disaat mereka lagi berusaha keras supaya bisa chat dan deket dengan cewek dengan cara main TINDER (sesuatu yang gak mungkin gua lakuin) eh gua malah dicariin cewek biarpun dalam kapasitas gua sebagai Driver Ojol, hehehe.

Oh ya, dari semua langganan gua, gak ada satupun dari mereka yang tahu kalau gua ini Driver Ojol abal-abal karena gua gak pernah bilang ke mereka. Mereka semua taunya, gua adalah mahasiswa semester akhir yang sedang mencari dana tambahan buat skripsi dengan nyambi sebagai Driver Ojol.

Kalau di-chat gua keliatan senang buat jemput mereka kan? Sebenarnya hati gua itu galau. Galau karena selain gua bukan Driver Ojol beneran, gua juga punya kesibukkan sendiri yang gak bisa ditinggal. Apalagi pekerjaan gua itu mobile jadi waktu sangat susah ditebak. Kadang ada waktu kosong eh kadang baru bisa pulang jam 11 Malam. Belum lagi sejak awal tahun 2017 ini, gua ambil kursus Bahasa Inggris (sebelumnya sempet ikutan kursus tahun 2015 tapi gak berlanjut karena mendadak males) jadi waktu menjadi terbatas.

Temen gua (lebih tepatnya buyer Clobberin Time) yang gua mintai tolong buat masukkin gua ke UBER (dia kerja jadi Tim Support UBER) nge-chat gua bilang kalau gua disuruh ke Kantor UBER buat ambil jaket dan helm karena kalau gua gak ambil, gua bisa kena waitlist dari UBER.

Sebenarnya gua gak mau ambil karena gua sudah mau pensiun tapi dia bilang mending ambil aja, siapa tau gua suatu hari nanti mau narik lagi. Apalagi ada peraturan baru, jadi semua Driver wajib menggunakan atribut setiap lagi jemput orang. Dan peraturan ini membuat gua jadi semakin repot setiap gua mau jemput langganan gua.

Lu tau kan Superman atau Spider-Man setiap ada gangguan musuh dia bakalan cari tempat sepi buat ganti kostum? Sama seperti gua. Setiap ada panggilan dari para pelanggan, gua langsung cari WC buat ganti kostum. Kalau lagi gak nemu WC, gua cari bedeng di pinggir jalan, ngumpet di belakang bedeng buat ganti kostum. Nyokap gua sudah ngomong supaya gua bilang aja ke para langganan kalau gua sudah gak narik lagi karena sudah dapet pekerjaan baru.

Tapi di sisi lain, gua gak enak buat nolak kalau kakak atau dedek yang cantik-cantik ini minta dijemput. Yang kenal gua pasti tahu banget kalau gua orangnya susah buat nolak apalagi ke perempuan. Belum lagi gua suka gak tega ngebayang kalau mereka ini nunggu Ojol lain di tepi jalan terus digodain orang lain. Gua juga kadag mikir gimana kalau mereka dapetnya Driver yang gak baik. Gua selalu membayangkan kalau mereka itu adalah Nyokap, pacar atau mantan pacar yang ngebuat gua jadi semakin gak tega. Memang terlalu kebawa perasaan si Sani ini :(

Satu hal yang paling gua jaga dari hubungan antara Driver - Costumer ini sebenarnya adalah tentang kepercayaan. Maksudnya kepercayaan itu gimana San? Iya gini. Gua yakin deh kalau kalian jadi Customer Ojol terus kira-kira dalam waktu yang singkat kalian bisa percaya ama Driver itu gak? Percaya kalau Driver itu Driver baik yang gak akan aneh-aneh atau berlaku curang?

Nah itu yang gua jaga. Perjalanan nganterin Customer itu kalau menurut perhitungan gua kisaran waktunya 20-30 menit (tergantung jarak dan lokasi). Nah bagaimana caranya dalam waktu 20 menit itu, Customer kamu yang cantik itu bisa percaya ke kamu?

Eits, kalian jangan salah sangka ngiranya gua bakalan chat duluan setelah nganterin Customer. Chat minta dilangganin atau sok kenal sok dekat. Atau pas habis nganter si Customer cantik terus gua kasih kode minta dilangganin. Itu hal yang gak mungkin gua lakuin. Belum lagi (seperti yang pernah gua bilang), gua ini bukan type orang yang suka memulai chat dan pembicaraan pertama.

Yang gua lakuin adalah kasih senyum tulus, ajak ngobrol. dan gak perhitungan. Inilah untungnya suka membaca, jadi setiap ketemu Customer dengan berbagai ragam yang berbeda kita bisa ngobrol panjang nyambung dengan dia.

Oh ya, meskipun gua punya beberapa langganan tapi gua tetep harus menjaga rambu-rambu. Maksud rambu-rambu ini adalah gua gak pernah ngajak mereka pergi bareng atau hang out bareng. Gua tetep memposisikan diri gua sebagai seorang Driver dan mereka adalah Customernya.
.............................................

Salah satu langganan gua namanya Ibu Triska. Ibu muda ini bekerja sebagai seorang Dokter Gigi di sebuah Rumah Sakit. Gua ketemu Ibu Triska ini sewaktu gua lagi otw pulang dan pas gua lagi lewatin Jalan Citarum, alarm UBER gua berbunyi dan kasih kode kalau ada panggilan masuk. Ibu Triska ini lagi isi (hamil) dan begitu tahu kalau Ibu Triska lagi hamil, gua jadi sedikit was-was. Ada perasaan khawatir bawa Ibu hamil karena gua tahu banget kalau perempuan lagi dalam kondisi hamil atau lagi haid pasti bakalan sakit banget kalau kena goncangan pas dibonceng. Bener gak?

Rumah Bu Triska ini di Cihanjuang (Kabupaten Bandung Barat) dan jauh banget dari rumah gua. Kalau misalnya searah pulang ama gua kan enak nah ini bertolak belakang (ujung ke ujung). Tapi karena udah gua accept, gua harus bertanggung jawab atas si jabang bayi yang ada di perut si Ibu eh maksudnya gua harus tanggung jawab buat nganterin Ibu Triska dan si jabang bayi tiba ke rumah dengan selamat.

"Ibu Triska, saya bawanya pelan-pelan aja ya Bu biar Ibu aman" kata gua ramah.

Di perjalanan kita cerita-cerita tentang pekerjaan Ibu yang jadi Dokter Gigi khusus anak-anak. Gua cerita gigi gua pernah dibor waktu masih TK terus gua nangis gak kelar-kelar gara-gara dibor itu. Lagi asyik cerita, gua ngerasa kalau tekanan angin di ban gua masih terlalu kuat karena sebelum gua jemput Bu Triska, gua sempat isi angin Nitrogen dulu.

"Bu kita nepi sebentar ya" 

"Kenapa ya mas Sani?"

"Ini Bu, saya buang angin dulu dikit. Saya masih ngerasa tekanan angin di ban terlalu keras jadi kalau kena jalan yang kurang rata, guncangannya lumayan kerasa" kata gua sambil buka pentil ban dan buang angin sedikit.

Kalau menurut gua, apa yang gua lakuin sih wajar banget. Secara gua bawa 2 orang sekaligus (Ibu dan dedek bayi yang masih dalam kandungan). Tapi ternyata ini luar biasa buat si Ibu Triska karena setelah sampai di rumah Ibu, selain dia kasih gua uang lebih dia juga bilang mau save nomor gua. Jadi setiap dia mau nguber lagi, dia bakalan ngehubungin gua.

Gua sampai hafal jadwal si Ibu Triska, setiap hari Senen dan Rabu di Apotek Indira (Citarum) terus lanjut Selasa, Kamis, Jumat di RSKG UNPAD Dipati Ukur.

............................................................

Bagusnya UBER ketimbang aplikasi Ojol lain adalah aplikasi UBER lebih mendunia ketimbang GOJ*G atau GR*B. Pusat UBER ada di San Fransisco dan aplikasi ini sudah dipakai oleh jutaan orang di seluruh dunia. Jadi Driver Ojol UBER berarti ada kemungkinan kamu akan pick up bule dan selama gua 2 Minggu narik itu, gua beberapa kali bawa bule. Gua ada 2 langganan bule, yang pertama Mr. Will (asal Filipina) dan bekerja sebagai seorang Guru di Stamford School. 1 lagi adalah cowok Korea namanya Jihun dan masih sekolah di BAIS.

Gua mau cerita soal Jihun. Gua ketemu si Jihun ini ketika gua habis ketemu buyer Clobberin Time di Kota Baru Parahyangan, di perjalanan pulang gua iseng nyalain aplikasi siapa tau ketemu Customer yang searah jalan pulang. Awalnya gua rada aneh juga begitu liat namanya Jihun (awalnya gua kira nama dia Jihan tapi salah ketik jadi Jihun). Gua jemput dia di titik penjemputan dan sesampainya disana, ada 2 orang (laki dan perempuan) bermata sipit. Sesampainya disana si cowok (yang belakangan gua tau namanya Jihun) nyapa gini "Annyeong-haseyo" ke gua,

"Annyeong-haseyo"? Itu bahasa apa yak? Gua awalnya ngira ini bahasa Mandarin. Pas dia nyapa gua dengan "Annyeong-haseyo", gua cuma cengo kayak orang goblok sambil ngomong 'yes', 'yes'.

Gua balik nanya kita mau kemana kak? Si Jihun seperti yang kebingungan dan gak ngerti gua ngomong apa. Gua nanya pake bahasa Inggris, dia malah makin gak ngerti.

Untunglah temen si Jihun yang gua gak tau namanya siapa (kita panggil Kim), bisa bahasa Indonesia. Si Kim ini ternyata cewek asli Korea tetapi sudah menetap di Bandung selama 11 tahun jadi fasih berbahasa Indonesia. Si Kim terus nyampein pesen gua ke si Jihun (pertanyaan gua yang tentang tujuan pulang si Jihun). Rumah si Jihun ternyata di Ciumbeuleuit dan 1 hal yang gua dapet adalah entah kenapa ini orang Korea kok kalau lagi ngobrol kayaknya heboh banget ya.

Jihun ke Kim: "여권을 보여 주세요" sambil peluk si Kim seolah ini adalah pertemuan terakhir mereka padahal besok juga pasti ketemu lagi.

Kim ke Jihun: "관광하러 왔어요" sambil cekikan dan ketawa ngakak. Dan lu tau GUA ASLI SEPERTI ORANG DONGO ngeliat 2 orang ini ngomong karena gua gak tau mereka ngomong apa.

Gua ke si Kim: "Satu-satunya kalimat Korea yang saya bisa cuma 'Sarangheo'/aku cinta kamu aja kak" Pas gua ngomong gitu, si Jihun langsung nimpalin ke gua 'Sarangheo' sambil cekikan.

Selain keliatan dongo karena gak ngerti mereka ngomong apaan, gua nampak keliatan jadi gay karena bilang Sarangheo ke cowok -_-

Sebelum kita pulang, Kim bilang kalau Jihun bisa bahasa Indonesia sedikit jadi harap maklum kalau dia gak ngerti kalau diajak ngobrol.

"Annyeong-hi gaseyo" kata Kim ke Jihun yang dibalas dengan "Annyeong-hi gaseyo" juga oleh si Jihun.

Gua gak ngerti apa artinya, tapi gua nangkepnya 'selamat jalan' atau 'selamat tinggal' (bener gak?). Gua gak mau kalah, gua juga balik ngomong "Annyeong-hi gaseyo" ke Kim sambil sok pede bari gak tau artinya apaan.

Di perjalanan pulang, gua gak banyak ngomong karena tahu si Jihun ini gak terlalu fasih berbahasa Indonesia. Tapi sebenarnya gua mau nanya 1 hal ke si Jihun "Jihun, mukamu kok putih bersih gitu. Apa rahasianya? Pake luluran apa atau cream apa?"

Belakangan ini, Nyokap gua protes mulu gara-gara ngeliat gua yang jadi hitam karena setiap hari terbakar terik matahari. Gua pun sudah kepikiran buat perawatan ke dokter kulit biar dapet cream buat mengembalikkan warna kulit gua jadi putih seperti sedia kala tapi karena gak ada yang nemenin sih jadi aja rencana itu ketunda terus #kode #kodekeras


Tapi karena gua yakin kalau gua nanya si Jihun gak bakalan ngerti, gua jadi nanya pertanyaan lain.

"Jihun, kamu suka kimci?" tanya gua polos.

Gua juga bingung, dari ribuan pertanyaan yang bisa gua tanyain ngapain gua nanya soal Kimci ye? Gua kepikiran Kimci karena 1 hari sebelumnya gua bareng temen habis makan di Mujigae.

"Saya suka sekali Kimci. Kamu suka?" kata Jihun terbata-bata.

"Tidak suka. Saya lebih suka sambel ulek buatan Ibu saya" balas gua

"Apa itu sambel ulek?"

"Kamu suka Bulgogi" tanya gua mengalihkan pembicaraan soal sambel ulek karena gua yakin bakalan susah buat jelasinnya.

Kita berdua kemudian ngobrol seadanya dan kemampuan bahasa Indonesia si Jihun lumayan oke ternyata (gak seburuk yang gua duga). Tapi anehnya si Jihun sama sekali gak bisa bahasa Inggris padahal kalau bisa Inggris, ada kans kita bisa kenal lebih intim lagi. Haish

"Kamu suka Boyband Korea" tanya Jihun.

Pertanyaan dilema. Kalau gua jawab suka nanti takut ditanya-tanya padalah gua gak ngerti sama sekali soal boyband Korea. Satu-satunya Boyband Korea yang gua tau adalah SM*SH eh itu mah Boyband jadi-jadian asal Indonesia ya?

Tapi kalau gua jawab gak tau, perjalanan ini akan jadi garing. Dibanding sunyi senyap, gua bilang gini ke Jihun "Iya, saya suka Boyband Korea"

"Boyband apa yang kamu suka?" tanya Jihun

"Saya suka Super Junior dan EXO" kata gua polos. Padahal sumpah lagu ama orangnya yang mana aja gua gak pernah tau. Gua tau EXO ama Super Junior gara-gara pas gua lagi main ke kost temen gua, di pintu dia ada tempelan sticker tulisannya 'Super Junior' dan 'EXO"

"Kamu suka SNSD?" tanya Jihun

"Ya suka sekali, saya suka dengan Sunny. Dia sangat cantik" jawab gua antusias. Satu-satunya member SNSD yang gua tahu cuma si Sunny secara nama dia sama kayak gua.

Gara-gara ngomongin soal Boyband Korea, sepanjang perjalanan Jihun cerita soal mimpinya jadi anggota Boyband. Kalau gua perhatiin, si Jihun ini adalah kans buat jadi anggota Boyband secara mukanya putih bersih meskipun rada kemayu dikit.

20 menit perjalanan kita sampai ke tujuan dan total argonya sebesar 16.500 dan kocaknya duit si Jihun tinggal 15rb pas. Dia kasih gua uang 15rb sambil nawarin permen karet (mungkin dianggap harganya sebesar 1.500 ye).

Gua bilang gak usah terus gua bilang kekurangannya simpen aja kalau kita ketemu lagi nanti baru bayar lagi. Dia ngomong "Joesong-hamnida. Kamsahamnida". Gua mengartikannya sebagai ucapan terima kasih dan dengan sok keren gua bilang "Annyeong-hi gaseyo"

Dari 20 menit perjalanan gua nganterin si Jihun ini, gua jadi bisa ngomong 1 kalimat dalam bahasa Korea "Annyeong-hi gaseyo"

.......................................................

Hal terutama yang gua dapet selama karir singkat gua jadi Driver Ojol adalah gua jadi lebih banyak bersyukur. Gua sering dapet Customer yang status sosialnya menengah ke bawah. Ada yang jadi Waiters restoran, jadi pelayan toko, dll. Gua pernah dapet seorang Waiters Restoran Duck King di deket PVJ, dia cerita-cerita soal tamu di restorannya. Dia ngomong gini ke gua "Buat mereka itu 600rb mungkin seperti 60rb, beda banget dengan kita. Tamu yang makan di Duck King biasa habis di kisaran 600rb sekali makan buat 1 keluarga". Sedikit tamparan buat gua yang kadang boros buat beli action figure atau barang yang gua suka.

Waiters bernama Liza ini asli orangnya baik banget. Pas nyampe kost dia, total tagihan adalah '0' alias gak usah bayar karena dia dapet promo dari UBER. Kalau di layar gua total tagihannya '0' biasanya gua bilang gak usah bayar karena gratis dan gua pamit buat pulang. Tapi Liza ini orangnya asli baik banget, dia malah kasih gua uang 25rb sambil ngomong gini "Ini tadi saya dapet Tips dari tamu, uang baru juga. Ini simpen ya, semoga kuliahnya cepat selesai terus bisa bawa keluarga makan di Duck King"

Gua tolak tapi Mbak Liza ini malah ngacir masuk ke kostnya. Jujur, gua jadi sedikit terharu karena orang kecil kayak Mbak Liza yang (maaf banget) pekerjaannya cuma Waiters tapi hatinya baik banget. Gua sering baca pengalaman Driver lain yang ketemu dengan orang yang gayanya tajir terus kerja kantoran gitu, begitu dapet promo '0' rupiah yang ada langsung kasih helm dan langsung pergi aja gak ada ucapan terima kasih atau basa basi apa.

Untuk membalas kebaikkan hati Mbak Liza ini, beberapa hari setelah pertemuan gua dengan Mbak Liza, gua ajak Ortu + kakak buat makan di Duck King PVJ. Buat mereka pasti aneh karena Ortu tahu banget kalau lidah gua ini lidah kampungan yang doyannya makan di Ampera atau Ma Uneh.

"Iya sesekali lah. Sekalian pergi jauhan dikit buat manasin mobil sekalian. Gak pernah dipake nanti turun mesin" jawab gua ketika ditanya kok tumben ngajaknya makan di Duck King.

Dan pas nyampe di Duck King, beneran ada Mbak Liza tapi dia sama sekali gak mengenali gua. Mungkin karena gua beda gaya yah, gaya lagi pergi ke Mall dengan gaya gua yang jadi Driver Ojol.

Kita kemudian mesen dan habis makan, gua bilang gini ke Nyokap gua "Ma, ini tolong kasih tips Mbak yang itu tuh" kata gua sambil nunjuk Mbak Liza. Gua berpesan supaya pas kasih Tips ke Mbak Liza, jangan ketahuan ke karyawan lain karena nanti takutnya yang lain malah minta bagian. Sambil beranjak pulang, Nyokap gua selipun tips di tangan Mbak Liza dan Mbak Liza terlihat sangat sumringah sambil mengucapkan terima kasih.

Sekarang kita sudah impas ya Mbak, semoga pekerjaannya lancar dan cepet naik jabatan di Duck King supaya bisa jadi Supervisor disini :)

..............................................................

Satu hal lain yang benar-benar membuat gua bersyukur adalah ketika gak sengaja gua ketemu seseorang Driver Uber di sebuah warung nasi. Setiap siang itu gua biasanya pulang ke rumah buat makan dan tidur sebentar terus sorenya lanjut ngurus Clobberin Time lagi atau ketemu banyak buyer. Tetapi pada hari itu waktunya mepet karena gua harus ketemu buyer jam 1 siang. Gua nepi sebentar ke sebuah warung nasi dan mesen telur sama tahu/tempe. Hampir beres makan, datang bapak tua pake atribut UBER (jaket UBER) duduk gak jauh dari gua terus mesen makanan. Yang bikin miris adalah dia cuma mesen nasi dengan tahu goreng 2 pcs dan nasinya minta disiram kuah sop bening. Lagi makan, ada telpon masuk dan samar-samar dia ngomong gini "Ayah, nanti pulangnya Malam ya Mah. Dari tadi dapetnya promo terus, sudah 5x tapi '0' rupiah terus".

Sebenarnya gini, promo '0' rupiah itu bagus untuk merekrut pelanggan baru dan memang akan diganti oleh UBER. Tetapi pergantian itu dilakukan setiap 1 minggu sekali setiap hari Rabu. Jadi kalau misalnya di hari itu kamu narik 5 customer dan semuanya dapet promo '0' rupiah maka semua biaya perjalanan itu baru dibayar di hari Rabu.

Repotnya adalah buat orang yang benar-benar menggantungkan hidup jadi Driver Ojol adalah bagaimana caranya supaya dia tetep bisa isi bensin, makan dia + pulang bawa uang buat istri. Kasihan kan kalau misalnya di hari itu dia dapetnya 5 orang tapi pake promo semua? Gimana coba isi bensinnya? Gimana coba buat dia bawa ke rumah?

Saran gua ya, jadi kalau kalian lagi pake Ojol terus kebetulan dapet promo gratis ya setidaknya kasih tips 5 - 10rb buat si Driver makan atau isi bensin.

Karena kasihan dan gak tega, pas gua mau bayar gua bilang ke penjaganya "Mas, ini saya bayarin sekalian buat si Bapak itu (kata gua sambil nunjuk si Bapak Uber yang gua tau namanya siapa). Tolong sekalian bungkusin 2 nasi ya. Isiin aja ayam, telur, ama tahu tempe. Kalau ditanya bilang aja temennya dari UBER yang bayarin"

Gua jadi teringat sekitar 6-7 tahun lalu ketika gua masih awal banget memulai usaha kecil-kecilan (namanya belum Clobberin Time dan gua masih ngambil ke orang belum produksi sendiri kayak sekarang). Keuangan masih rada ngepas dan gua dituntut untuk benar-benar pintar mengelola keuangan terutama dalam hal soal makan. Mungkin karena gua benar-benar mulai dari 0 dan saat lu sudah lumayan seperti sekarang, gua jadi sangat menghargai proses dan gak pernah ribut soal makan. Mau makan dimana aja jadi selama itu bukan tempat yang aneh-aneh, gak pernah masalah buat gua.

...............................................

Selain membuat gua jadi orang yang semakin bersyukur, hal lain yang bisa gua petik ketika gua menjadi Driver Ojol adalah gua benar-benar membentengi diri gua sendiri dari hal-hal maksiat dan tidak berguna. Di usia matang seperti gua dan Puji Tuhan gua sedang dititipi berkat yang lumayan dari Tuhan, gua bisa kapanpun menjadi bajingan atau bangsat. Maklumlah, namanya juga cowok terkadang godaan datang silih berganti entah itu ada yang ngajak dugem, spa, pijet, karaoke dengan embel-embel plus di belakangnya.

Temen gua yang kerja di sebuah Bank dengan gaji sekitar 4jt per bulannya pernah cerita kalau dalam 1 bulan minimal dia 2x datang ke spa maksiat. 1x datang itu biasanya dia keluarin uang sebesar 800rb (termasuk tips, minum, dll). Gaji 4jt terus dipotong 1,6jt (2x maksiat) jadi setiap bulannya dia cuma megang uang sebesar 2,4 jt gitu? Kenapa uangnya gak dipakai buat memulai usaha kecil-kecilan ketimbang spa maksiat?

Gua yakin banget, kalau gua gak bakalan masuk ke dunia seperti itu karena gua sudah punya self defence yang cukup kuat. Tetapi ketika gua menjadi Driver Ojol selama 2 Minggu itu, gua jadi semakin bisa membentengi diri gua supaya gua tidak tercebur kesana. Percayalah, biar muka gua terlihat seperti anak nakal tapi gua belum pernah sekalipun tercebut ke lembah seperti itu.

Ketika kamu dapet Customer yang status sosialnya dibawah kamu, itu bisa membuat kita semakin bersyukur. Ketika kamu dapet Customer yang status sosialnya di atas kamu, itu bisa membuat kamu semakin termotivasi untuk bisa melebihi dia.

Ah terlalu banyak hal yang harus disyukuri dalam hidup ini. Gua jadi teringat dengan perkataan kakak 7 tahun lalu, "Janganlah kamu khawatir akan hari esok, karena hari esok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. Daripada menghitung kesukaran kamu, cobalah menghitung berkat yang telah kamu terima."

Cheers :)

3 komentar:

Intan mengatakan...

Itu pas si Jihun duitnya kurang dia bilang "Yoseonghamnida. Kamsahamnida" artinya "Maaaf (karena uangnya kurang) dan terima kasih".

http://sweetlikemartabak.wordpress.com mengatakan...

Salut San, sama kebaikan u. Terus berbuat baik San dan berada di jalan yg lurus. Ikut seneng temen gw menjadi orang yg semakin baik dari hari ke hari ��

Unknown mengatakan...

Nemu ini blog mantep banget pengalamannya, bikin saya jadi semangat menghadapi persoalan hidup ini. Thx krn sudah berbagi.