Minggu, 05 Februari 2017

Kembali ke Titik 0

Di suatu siang yang terik di Kota Bandung,

Gua lagi melangkahkan kaki gua ke sebuah Mall di Kota Bandung. Tujuan gua ke Mall adalah ke toko buku dan mau borong komik dan buku buat stock bacaan gua di Rumah.

Karena gak terlalu suka suasana ramai, gua biasanya pergi ke Mall itu setiap hari Selasa atau Rabu sekitar jam 1 siang karena suasananya pasti sepi dan bikin betah.

Lagi asyik melangkahkan kaki, tetiba ada yang manggil gua "De, De". Gak semua orang manggil gua dengan sebutan itu karena itu adalah panggilan gua di lingkungan rumah.

Awalnya gua gak terlalu menghiraukan tetapi orang yang memanggil gua itu kemudian colek pundak gua. Pas gua noleh, oh ternyata seorang teman lama yang sudah lama tidak bersua. Sudah hampir lebih dari 10 tahun kita gak ketemu setelah dia pindah keluar kota Bandung tahun 2006 silam.

Satu hal yang bikin gua terperanjat (halah) adalah teman gua ini (kita sebut saja dengan nama Rangga) kini bekerja sebagai pelayan toko di Toko Buku Gramedia. Sedikit aneh buat gua karena ketika dia pindah tahun 2006 ke Tegal (atau Tasik, gua lupa) dia katanya bikin usaha spare part disana dan laku keras. Katanya sih sudah jadi orang berhasil, sukses dan mapan tapi kok sekarang malah jadi pelayan toko.

Bukan maksud gua meremehkan pelayan toko tapi usia si Rangga ini sudah lumayan tua juga sekitar 33 tahun dan menurut gak cocok banget dia harus berdiri mematung di depan stand tas perempuan buat melayani pembeli.

Gua jadi ngebayang kalau gua yang jadi pelayan toko. Lu pasti tau kalau gua itu bukan orang yang bisa diem, gak ngapa-ngapain. Gak seru banget kayaknya kalau gua harus berdiri mematung di depan stand sambil ngeliatin orang bolak-balik.

Ada sedikit cerita tentang Rangga tapi sorry banget gua gak bisa jelasin lebih detail siapa Rangga ini karena gua yakin, beberapa orang pasti tahu siapa yang gua maksud. Gua cuma bisa bilang dia adalah teman lama gua dan kakak gua.

Rangga ini orangnya kalem dan cenderung pendiam. Mirip dengan kakak gua yang kalem tapi bertolak belakang dengan gua yang gak bisa diem. Lu tau kan Rangga yang di film Ada Apa Dengan Cinta yang diperankan oleh Nicolas Saputra? Biar gak seganteng Rangga AADC tapi pembawaannya mirip si Rangga AADC.

Orangnya suka seni (menggambar & menulis) dan menyendiri. Ngomong seperlunya aja, mirip banget ama si Rangga AADC walau sifatnya gak se-tempramen Rangga AADC.

Buat gua, gak ada masalah sih selama dia gak jadi maniac atau nerd. Rangga pernah naksir ama orang dan kebetulan gua jadi saksi hidup gimana respon yang didapat Rangga.

Jadi ceritanya gini, di sebuah perkumpulan (gua gak bisa bilang perkumpulan apa karena kalau gua tulis, gua yakin beberapa orang pasti tahu siapa orangnya) Rangga ternyata menaruh hati dengan seorang gadis (kita sebut saja dengan nama Fanie).

Dia gak pernah ngomong secara langsung sih tapi dari tindakkan Rangga, jelas dia menaruh rasa ke si Fanie. Rangga ini memang beda, kalau orang naksir kan biasanya minta kontak telepon atau ngajak pergi buat makan atau nonton, Rangga berbeda. Di suatu kesempatan, Rangga malah menyelipkan sebuah puisi dan 1 buah tangkai mawar ke tas Fanie.

Ini asli romantis kalau dilakukan di tahun 80an TAPI karena saat ini jamannya adalah jaman dimana cewek bisa bedain mana kalung logo mawar dengan 1 tangkai mawar yang cepat layu, si Fanie merasa gak nyaman dengan tindakkan Rangga. Dia cerita ke kakak gua dan bilang seperti sedang dikuntit dan menilai itu tindakkan FREAK.

Sadis.

"Iya, si Fanie ngerasa di-stalkerin gitu. Terus dia ngerasa gak nyaman, mana ada puisi tentang mawar segala" cerita kakak gua ke gua.

"Puisi tentang mawar gimana" tanya gua polos

"Iya jadi intinya di puisi itu, Rangga menkomparasikan keindahan bunga mawar dengan keindahan si Fanie. Kacau pokoknya" 

Gua gak tau detil puisinya kayak gimana tapi yang ada di pikiran gua, puisinya bakalan gini "Oh Mawar, indah sekali rupamu. Merah merona warnamu, harum semerbak baumu. Itu pun yang aku rasakan ketika melihat kamu. Indah sekali rupamu, merah merona warna gincu di bibirmu dan harum semerbak parfume di bodymu"

Kok gua jadi ngakak sendiri ya.

Setelah kegagalan mendapatkan Fanie, Rangga belum menyerah. Sekarang dia naksir ke seorang adik kelas gua semasa SMA. Kebetulan kita bertiga pernah ada di perkumpulan yang sama (sekali lagi maaf gua gak bisa kasih tau perkumpulan apa). Salahnya gua adalah gua pernah cerita ke si Rangga kalau gua punya akses masuk ke SMA gua tiap Malam.

Maksudnya gini, gua mempunya hubungan baik dengan penjaga sekolah SMA gua. Hubungan ini terjaga karena Nyokap gua yang kasihan suka nitip masakkan atau kue ke si Bapak Tua penjaga sekolah. Jadi kalau misalnya hari itu gua dibawain bekel, pasti Nyokap gua juga bakalan lebihin 1 bekel lagi buat si Bapak Tua.

Karena hubungan baik ini, gua jadi bebas keluar masuk sekolah saat Malam hari. Gua yang biasanya suka lupa kerjain PR atau kumpulin tugas biasanya datang Malam hari (sekitar jam 8 Malam) menyelinap masuk ke Ruang Guru dan kumpulin tugas gua yang siangnya belum gua kumpulin. Kikikikikikik (jangan ditiru). Ketika gua ceritain ini ke si Rangga (kebetulan si Rangga alumni SMA gua) tercetus ide keren dari dia.

Dia pengen kasih kejutan buat adik kelas gua yang kebetulan besok akan berulang tahun. Kita panggil saja dia dengan nama 'Stefanie'. Jadi pas jam 8 Malam, dia minta gua nemenin dia buat masuk ke kelas si Stefanie. Seperti yang gua tulis tadi, gampang saja buat kita berdua masuk karena gua punya akses masuk Sekolah di Malam hari.

Di kelas si Stefanie, dia tinggalin coklat di atas kursi Stefanie dan dia gambar + bikin ucapan pakai kapur di papan tulis. Asli ini keren KALAU dilakukan di tahun 80an. Tapi seperti yang gua bilang tadi, kita sekarang hidup dimana cewek udah bisa ngebedain mana dibonceng Supra ama dibonceng Ninja, yang ada Stefanie malah ngerasa gak nyaman.

"Cie, yang dapet coklat. Cie, yang dibikinin ucapan di papan" goda gua ke Stefanie ketika kita berdua berpapasan di kantin

"Jadi lu yang bikin ya? Freak bangetlah, malu gua ama temen-temen" kata dia

"Gak lah, gak mungkin gua bikin kayak gituan" bantah gua.

"Kasih tau siapa dong. Malesin banget, pengen gua marahin" 

"Iya nanti lu tau sendiri kok" kata gua sambil berlalu.

Pelajaran buat kamu semua, kaum adam. Era Rangga AADC sudah lama berakhir, jadi gak usah sok keren bikin puisi atau selipin puisi di tas cewek yang kamu suka. Bukannya suka yang ada malah dicap freak, hihihi.

...................................

Dari pembicaraan singkat gua dengan Rangga, gua jadi tahu kenapa si Rangga sekarang balik ke Bandung dan kerja jadi pelayan di Toko Buku. Ternyata usahanya jatuh, asetnya dijualin dan dia harus mulai lagi dari titik 0. Menjadi sulit karena umur dia yang sekarang sudah 33 tahun dan cuma megang ijazah SMA saja + dia tidak punya bakat di bidang berusaha/berdagang.

Agak aneh sebenarnya begitu tahu bisnis dia jatuh. Karena gua yang tau dia orangnya baik banget (terlepas dari cap freak tadi). Hidupnya lurus, rajin ibadah dan berdoa. Gua bisa paham kalau misalnya gini, si Rangga sudah sukses dan mapan. Pas dia sedang berada di atas, dia jadi hedonisme, salah pergaulan, jadi brengsek atau bajingan (main perempuan, masuk ke kehidupan malam) terus jauh dari Tuhan. Itu gak aneh kalau misalnya Rangga jadi jatuh. Tapi kalau dia lurus-lurus aja hidupnya kok akhirnya bisa mengalami kejatuhan juga?

"Kesalahan utama saya sewaktu saya lagi di atas adalah saya cepat berpuas diri. Ketika saya sudah berpuas diri, saya tidak melakukan inovasi lagi padahal banyak kompetitor yang datang. Lama kelamaan, pelanggan setia mulai beralih ke kompetitor dan ya gini jadinya akhirnya usaha saya jatuh" kata Rangga.

Terkadang saat orang sedang berada di atas, dia terlalu cepat berpuas diri sehingga lupa daratan. Omongan dari si Rangga itu setidaknya membuat gua jadi sedikit berpikir sepanjang perjalanan pulang.

Sesampainya di rumah, gua denger kabar kalau Kakak gua mau pindah ke kerja mulai bulan depan. Agak aneh sih kalau dia pindah kerja secara di kantor yang lama dia sudah megang posisi bagus dengan gaji lumayan.

"Jangan mudah berpuas diri, keluar dari zona nyaman, mulai lagi dari titik 0. Cari pekerjaan yang lebih baik lagi dari sekarang" kata dia ketika gua tanya alasan dia pindah.

Kuncinya adalah jangan mudah berpuas diri dan mulai lagi dari titik 0. Sebelum obrolan gua dengan Rangga dan kakak, gua sudah sering mikir kalau gua harus mulai 'meninggalkan' Clobberin Time, kembali ke titik 0 dan memulai sesuatu yang baru.

Maksud 'meninggalkan' adalah begini. Saat Clobberin Time sedang berada di atas dan gua sudah berhasil menciptakan sistem untuk Clobberin Time, gua punya banyak waktu luang yang bisa gua pakai untuk memulai sesuatu yang baru. Gampangnya gini, gua gak perlu sesibuk dulu yang harus bolak balik kesana kemari, gua tinggal diem aja di rumah, buyer pasti berdatangan dengan sendirinya.

Belajar dari pengalaman Rangga dan Kakak gua, sejak Minggu kemarin gua kembali 'turun gunung' untuk memulai usaha baru. Gua belum bisa cerita banyak, apa yang sedang gua kerjakan (nanti ada waktunya gua posting ceritanya) tetapi ini benar-benar baru dan tidak ada hubungannya dengan Clobberin Time.

Gua seperti dejavu, ketika memulai Clobberin Time di tahun 2013 silam, gua benar-benar memulai dengan kondisi hati yang kurang bagus karena masalah percintaan. Gua datengin satu per satu produsen, nego harga lagi seperti dulu. Saat gua memulai sesuatu yang baru ini, gua benar-benar melepaskan diri dari Clobberin Time.

Gua bukan 'Mimin Clobberin Time' atau 'Owner Clobbern Time' tapi gua hanyalah Stefanus Sani, orang yang sedang merintis usaha baru dari 0. Gua takut ketika gua bawa-bawa embel 'Owner/Mimin Clobberin Time', ego gua bakalan naik dan ngomong 'lu ngapain repot-repot kayak gini, tinggal diem aja di rumah uang juga pasti datang'. Itu yang sangat gua hindari. Bedanya dulu dengan sekarang adalah ketika gua memulai usaha baru, gua gak perlu repot promosi karena gua sudah punya ribuan buyer Clobberin Time yang tersebar dari mulai Meulaboh (Aceh) sampai Sorong (Papua) yang bisa dimanfaatkan.

Hal lain yang bikin gua kembali bersemangat memulai usaha baru adalah gua gak mau kelak ketika gua menikah dan punya keluarga kecil tiba-tiba usaha gua mengalami kejatuhan (amit-amit) terus anak dan istri jadi tidak bahagia hidupnya. Gua pengen punya istri yang stay di rumah, ngurus anak atau kalau mau bikin usaha sendiri di rumah, gak perlu kerja kantoran. Gua gak masalah tiap hari kerja dari pagi pulang malam (karena gua emang suka kerja) yang penting istri dan anak bahagia di rumah.

Sempat putih tetapi kembali jadi belang karena pratis setiap hari waktu gua habis di jalan.
Kondisi ruang kerja yang belakangan selalu berantakkan karena banyaknya orderan. Hingga hari ini, gua selalu menghandle semua sendiri
Selain memulai usaha baru, gua kini kembali rutin menulis lagi. Seperti yang pernah gua ceritakan, gua kini rutin menulis di situs Review MyDirtSheet.com, sebuah situs keren yang dikelola oleh temen gua si Arya Pramana. Arya ini temen gua ketika kita berdua terlibat di project Novel Lupus Bareng. Bedanya Arya tersisih di babak 30 besar, gua masuk ke 3 besar (uhuk, uhuk). Situs ini asli keren banget, ada Review film, buku, WWE. Arya pernah ngomong ke gua kalau dia pengen menjadikan situs ini sebagai 'referensi utama' untuk para penikmat film, WWE, buku, TV series. Gua dukung banget dan gak nolak ketika diajak buat nulis di situs itu walaupun bayarannya (jujur) gak seberapa.

Kemarin gua iseng-iseng baca postingan lama di blog gua buat cari inspirasi penulisan yang bakalan gua pakai buat nulis di MyDirtSheet.com. Ada 1 postingan cerita yang gua tulis di tahun 2008 (hampir 9 tahun lalu) dan bikin gua senyum-senyum sendiri. Ini Screen Shoot-nya:

Diambil dari postingan gua tahun 2008 yang judulnya 'Life Is Simple'

Yang bikin gua mesem-mesem sendiri adalah di postingan itu gua nulis kalau hidup itu sebenarnya adalah simple, gua heran dengan orang yang suka mendramatisir problem hidupnya, dan gua juga heran dengan orang yang suka nangis bercucuran air mata di di jalan karena ditinggal pacarnya. Gua menganggap air mata kita itu terlalu mahal diberikan untuk orang yang meninggalkan kita.

Gua mau cerita mellow dikit, jujur gua pernah nangis ketika ditinggal pacar tahun 2011 dan 2013. Tahun 2011, gua ditinggal pacar sekaligus sehabat baik (awalnya kita bersahabat baik kemudian jadi pacar). Gua sedih karena ketika kita sudah tidak pacaran kita, hubungan kita pasti tidak akan bisa sama seperti dulu lagi yang berarti gua akan kehilangan sosok sahabat dan pacar sekaligus.

Saking sayangnya, alamat Email yang masih gua pakai sampai sekarang: Ssani38@yahoo.co.id sebenarnya diinspirasi dari inisial nama dia. Maksud 38 adalah abjad ke 3 dan abjad ke 8. Abjad ke 3: 'C', abjad ke 8: 'H'. Yakin deh semua sudah pasti tau siapa orangnya.

"Supaya setiap hari inget kamu" gombalan gua ke dia tempo hari ketika dia nanya tentang inisial nama dia yang gua jadiin alamat Email. Setelah putus kita benar-benar lost kontak karena gua adalah type orang yang sangat jarang memulai pembicaraan atau memulai chat pertama (kecuali kalau benar-benar penting). Komunikasi terakhir kita berdua itu terjadi di tahun 2015 silam ketika si '38' berhasil masuk babak 10 besar ajang pemilihan semacam Gadis sampul tapi bukan Gadis sampul karena segmentasinya untuk perempuan dengan usia matang. Doi minta supaya gua kasih like ke foto dia.

Saat tahun 2013, gua ditinggal pacar gua nangis juga. Pernah suatu hari, dengan kondisi hati yang tidak stabil gua tetap memaksakan diri buat ketemu buyer Clobberin Time (gua harus tetap profesional karena sudah janji buat nganterin Hoodie ke seorang buyer). Di tengah perjalanan, gua benar-bener gak kuat (bukan cowok cengeng ya), gua menepi cari jalan sepi. Gua standarin motor dan gua duduk di trotoar jalan sambil mendekap muka. Iya gua nangis :(

Gua ngebayang kalau Stefanus Sani tahun 2008 yang anaknya masih nyantai banget dan gak pernah nganggep masalah itu besar ketemu Stefanus Sani di tahun 2013. Dia kayaknya bakalan noyor kepala gua sambil ngetawain gua.

................

"Lu kan kenal gua sejak lama ya Mbu. Kadang gua pengen kembali lagi jadi Sani yang dulu yang nyantai banget. Gua ngerasa hidup gua lancar aja, gak ada hambatan" kata gua ke Ambu sambil ngunyah Pempek di sebuah Warung Pempek.

"Iya tapi bukannya masalah itu datang buat mendewasakan kita kan? Kalau lu gak pernah ngerasain patah hati atau sakit hati atau ditinggal orang yang lu sayang, lu gak akan pernah bisa dewasa San" balas Ambu sambil nuang cuko (cuka) ke pempeknya.

"Kebahagiaan itu pilihan bukan pemberian. Jika ingin bahagia, tanyalah ke hati sendiri" lanjut Ambu.

Gua senyum ngedenger omongan Ambu itu. Ambu yang biasanya sibuk ngomongin soal kemolekkan tubuh wanita kini mendadak berdiplomatis.

Bener Mbu, kebahagiaan itu datangnya dari diri sendiri. Kalau kamu pengen bahagia, tanyalah ke hati kamu apa yang bisa membuat kamu bahagia.

:)

Tidak ada komentar: