Kamis, 22 Februari 2018

Ke Pandora Experience

Pernah main ke Pandora Experience? Eits, biar nama sama Pandora yang gua maksud bukan Pandora tempat maksiat tapi ini 'Escape Room'.

Buat yang penasaran apa itu 'Escape Room' jadi Escape Room adalah sebuah wahana dimana kita dikurung di sebuah tempat dan kita harus memecahkan mister untuk bisa keluar dari tempat itu.

Super fun dan seru, cocok untuk kamu yang suka memecahkan misteri. Salah satu komik yang masih gua baca sampai sekarang adalah komik Detective Conan dan karena gua suka misteri sekaligus menyingkap tabir yang kabur setajam SILET eh kok malah jadi SILET, maksudnya berhubung gua suka baca hal yang berhubungan dengan misteri, gua jadi tertarik banget buat main ke Pandora Experience.

Pandora Experience letaknya ada di Jalan Sukajadi, dari Mall PVJ masih naik lagi ke atas. Tempatnya agak nyempil di sebuah ruko, gua yang hampir tiap hari lewat Jalan Sukajadi baru sadar kalau Pandora itu letaknya di Jalan Sukajadi.

Khusus Bandung, ada 4 wahana yang bisa kamu coba (Oh ya Wahana yang di Bandung beda dengan yang di Jakarta, Surabaya, Bali). Dan kita milih tema Amytiville Horror, sungguh sebuah pilihan yang salah dari Arya. Ya lu pikir lah, kita yang belum pernah masuk dan gak punya gambaran ada apaan di dalamnya, eh malah milih tema yang paling ngeri.

Kita booking untuk show tanggal 14 Februari, jam 9 Malam. Disaat yang lain asyik dinner romantis, eh ini para jomblo malah milih ngedate ama hantu. Kenapa jam 9 Malam? Karena kita semua baru bisa main jam 9 Malam. Arya sibuk di Festival Film Bandung, Bangsa sibuk ngampus, Rendi Pahlefi sibuk ngajar musik, Faiq ada kursus Inggris dan gua sendiri sibuk nonton Rumah Uya di rumah.

Jam 8 Malam kita cus barengan dari Dipati Ukur, jalanan gak terlalu macet karena 20 menit kita sudah sampai. Parkir mobil disana ternyata gak terlalu luas tapi untungnya pas kita datang, parkiran mobil lagi lowong jadi gampang parkirnya.

Kita masuk, ketemu kasir dan disana kita dikasih petunjuk dan arahan. Kita disuruh tanda tangan surat pernyataan dulu tentang resiko permainan. KOK GUA MALAH JADI TAKUT SENDIRI YA JIR!

Kata si petugas kasir, Amytiville Horor itu show yang paling horror. Banyak orang nangis dan melambai tangan ke CCTV minta dijemput petugas saking takutnya. ANJIR, gegara denger gitu gua jadi keder juga.

Gua makin keder ketika gua lagi kencing terus gua denger jelas banget suara cewek teriak 'Uaaaaaaaaaaa', suara cewek yang sepertinya lagi main.

INI NGERI! Apa gua pulang aja ya sekarang? Atau gua alasan aja mau ke PVJ mau beli crayon terus gak usah balik lagi gitu ya?

Gak lama kemudian, keluar cewek-cewek yang keliatannya baru selesai main. Muka mereka keringetan sambil pucat gitu. Gua denger salah satu dari mereka ngomong gini "Gilak, serem banget. Sampai salah satu dari kita ada yang dikurung"

APA, ADA YANG DIKURUNG SEGALA? Gimana kalau gua yang dikurung?

Gua ngobrol bentar ama si cewek yang baru abis main dan mereka bilang, seru, serem, dan kalau bisa jangan ganjil yang masuk. Dan setannya gua kan berlima, artinya ganjil dong. Pas gua nanya kenapa, si cewek cuma senyum penuh misteri.

Disaat begini, keinginan gua buat pulang langsung memuncak lagi. Tapi show must go on, show sudah mau mulai dan gua sudah bayar.

Oh ya ternyata di bulan Februari ini lagi ada promo, jadi kalian cukup bayar 100rb aja tapi syaratnya kalian harus IG Story dulu foto Pandora Experience. Jadi buat yang nanya, apa maksud IG Story tanggal 14 kemarin adalah gua lagi story Pandora biar dapat harga 100rb (harga normal 150rb).

Sebelum masuk kita dikasih walkie talkie yang gunanya buat berhubungan dengan Game Master dan Game Master ini gunanya kasih kita clue kalau kita buntu. Clue yang dikasih tidak terbatas tetapi kalau mau rame sih gak usah terlalu banyak nanya ke Game Master. Nanyanya kalau sudah mentok bener.

Gua yang megang walkie talkie dan selain walkie talkie kita dikasih salib yang harus selalu dipegang selama show berlangsung.

"Ingat gak usah panik. Disini semua hanya property buatan manusia jadi tetap tenang. Kalian punya waktu hingga 2 jam untuk melepaskan diri. Selamat bermain" kata si petugas.

Kita masuk ke sebuah ruangan gelap dan tampaknya ini seperti perpustakaan. Ada video yang diputar tentang misteri yang di rumah ini. Oh ya, show disini kebanyakkan menggunakan bahasa Inggris jadi kalau kalian main kesini minimal ada 1 orang yang fasih berbahasa Inggris ya dibanding planga plongo gak ngerti.

Di rombongan gua untungnya semua fasih berbahasa Inggris termasuk gua yang fasih berbahasa Inggris buat ngumpat orang, hahahaha

Ada layar nempel di tembok yang menjelaskan tentang misteri di rumah ini.  Ruangan ini gelap dan di hadapan kita ada rak buku besar, ada tangga. Awal-awal kita masih meraba, ini tempat apa dan suruh ngapain.

Dibawah kaki gua ada sebuah karpet, kalau di film Harry Potter dibawah karpet itu biasanya kan ada ruangan rahasia ya. Gua buka karpet itu dan ada kotak kecil yang menyatu dengan lantai yang isinya ternyata Bible (Alkitab). Gua yakin ini Bible pasti ada hubungannya dengan permainan.

Gua gak bakalan kasih spoiler lebih lanjut biar kalian cobain sendiri tapi asli gua dan yang lain TERPURUK LAMA BANGET disini. Gua ampe ngomong gini ke si Bangsa,

"Kayaknya kita sekarang jadi bahan lawakkan di CCTV. Dikewatain terus diomongin 'Ini yang main kok GOBLOK semua'"

Bangsa dan yang lain ketawa dan akhirnya kita minta bantuan game master buat kasih clue. Setelah clue didapat, kita bisa melanjutkan ke tempat berikutnya. Dan ini yang keren dong buat sampai ke ruangan berikutnya kita harus melewati ventilasi udara. Udah kayak di film aja. Karena akses sempitnya, gua dipantatin si Bangsa dong, suek bener.

Kita turun dari ventilasi udara dan suasana di tempat baru ini lebih mencekam. Gelap, banyak kode aneh di tembok dan sound-nya menggelegar. Bikin kaget jing.

"Tenang, gak usah takut. Property doang, buatan manusia" kata gua SOK menenangkan padahal gua udah ngompol dikit-dikit saking takutnya.

Ada beberapa kotak yang digembok dan kita yakin kita harus cari kunci buat buka kotak ini. Tapi suruh ngapain?

Di tembok banyak kode-kode aneh tapi sampai di titik ini kita belum paham suruh ngapain. Apa nanya ke Game Master lagi gitu? Ya udah nanya aja deh

"Games Master yang ganteng, kasih clue dong. Kita terpuruk nih" kata gua lewat Walkie Talkie

"Nanya mulu perasaan. Coba kalian cium bau yang ada di kotak dekat kalian" 

Kita cium dan aha akhirnya kita paham suruh ngapain. Pecahkan kode sebentar, kita dapat kunci buat masuk ke ruangan baru. Di ruangan baru ini kasur dan si Rendi coba buat tiduran di atas kasur. Pas Rendi lagi gogoleran, si Bangsa & Faiq baru masuk ke ruangan. Pas mereka masuk, mereka langsung teriak sambil lari "AAAAAAAAAAAAAAAAAA".

"Woy, itu temen sendiri. Si Rendi yang tidur, ngapain lari" teriak gua.

"Kaget, sumpah kaget banget Min" kata si Bangsa. Disaat begini, temen pun bisa berasa seperti hantu saking takutnya.

Di ruangan baru ini kita harus buka laci dan ini gak perlu nanya ke Game Master karena kita bisa nemu cara buat buka laci ini.

Di laci ada selebaran kertas. Isi kertas ini gini, kalau kita datang berlima, kita harus memisahkan diri. Kita disuruh berdiri di depan gambar hewan di atas logo X. Kebetulan logo X ini terbagi di beberapa ruangan. Gua kebagian di X kamar bayi, si Rendi di kamar sebelah gua, Bangsa di ruangan awal dan si Arya dan Faiq di ruangan yang berbau dan penuh kode aneh.

Suasana begitu gelap dan kita semua sudah berdiri di atas logo X sambil menghadap dinding. Gua YAKIN sesuatu yang BURUK bakalan terjadi. Gua doa dalam hati, mulut komat kamit baca doa Bapa Kami tapi kok gak ada perubahan.

Walkie Talkie gua berbunyi "Ada satu dari kalian yang tidak berdiri di logo X dengan benar. Tolong diatur dulu oleh Kapten"

"Woy, berdiri yang bener. Di atas logo X, muka menghadap tembok!" kata gua berasa jadi pemimpin kaum marjinal.

Gak lama setelah gua ngomong gitu, lampu langsung mati dan ada bunyi KERAS BANGET 'GUBRAK'

Si Bangsa teriak kenceng banget 'AAAAHHHHHHHHHHHHHHHHHHH'. Teriakan si Bangsa mirip banget kayak anak kecil lagi disodok paksa di kebun singkong.

Gua juga pengen teriak tapi gua tahan. Malu kalau sampai gua teriak terus keliatan di CCTV dan jadi bahan lawakan si Game Master.

"Bangsa lu kenapa? Lu masih disana?" teriak gua.

"Masih, masih. Pintunya nutup. Si Arya ama Faiq di ruangan sebelah"

Dalam suasana gelap, gua susah payah berjalan ke arah si Bangsa. "Bangsa, bangsa ini tangan gua. Pegang tangan gua"

"Iya bentar, gua takut banget"

Lu pernah kan nonton film Titanic? Inget adegan si Jack dan Rose ketika saling menyelamatkan diri di dek kapal? Nah gua dan Bangsa persis kayak gitu. Ini ya si Bangsa, badan udah paling gede tapi teriak paling kenceng.

Dan ini yang lebih NGERI, pas gua lagi berjalan dalam gelap ke arah Bangsa, tiba-tiba kaki gua kayak nginjek sesuatu dan pas gua injek kedengeran suaranya.

Lu tau gak suara boneka bebek yang kalau dipecent kedengeran bunyi "TITIT". Eh kok "Titit" maksud gua bunyi "Tetot". Gua kaget, sejak kapan ada boneka di belakang kaki gua? Padahal tadi pas pertama kesini gak ada apa-apa.

Setelah gua menjangkau tangan Bangsa dan Rendy, gua masuk ke ruangan baru yang baru terbuka. Ternyata gini, kita harus memecahkan misteri supaya bisa bisa membuka pintu penghalang antara gua dan Arya di kamar sebelah.

20 menit berpikir akhirnya kita bisa memecahkan kode (setelah nanya ke Game Master buat clue, hihihi). Pintu terbuka dan kita bisa bertemu lagi dengan Arya & Faiq. Kita berpelukkan, menangis terharu karena kita takut gak akan bisa ketemu lagi.

Ok part yang terakhir gua boong ketang.

Di ruangan ini kita harus memecahkan kode lagi, gak terlalu sulit dan setelah berhasil memecahkan kode, layar di LCD menyala dan ada video bahwa kita bisa menyelesaikan permainan ini. Pintu samping terbuka dan petugas datang memberitahu bahwa kita baru saja menyelesaikan permainan.

Waktu yang diperlukan adalah 1 jam 58 menit dari Deadline-nya adalah 2 jam (nyisa 2 menit doang -_-). Gua bilang ini seru banget, butuh kekompakkan dan otak yang moncer buat memecahkan misteri.

Masih ada 3 Show lagi yang belum gua coba mungkin Next Time gua bakalan kesana lagi bareng yang lain. Btw, gua kepikiran bawa pasangan kesini. Dia kan gak tau apa-apa ada apa didalamnya sedangkan gua sudah tahu semua jalannya.

Gua bisa terlihat keren nih di depan dia, hahahahahaha.

Gua yang paling ganteng, Bangsa yang paling besar

Tidak ada komentar: