Jumat, 16 Juli 2010

Berubah

Waktu itu makin lama, makin terasa begitu cepat berjalan.......

Gua sekarang duduk di tempat yang sama sama seperti gua duduk sekitar 10 tahun yang lalu. Semuanya sudah berubah walau gua rasa baru 10 menit yang lalu gua tinggal...

Gak kerasa sudah 10 tahun lamanya, gua tinggal.....

Belum lama ini salah satu temen SD gua yang sering ejek-ejekkan ama gua, ngabarin kalau dia sekarang sudah ikut suaminya ke Singapore dan sudah punya anak.

What?

Gua setengah gak percaya. Dulu, gua inget banget waktu kelas 4-6 SD dia dan gua hobby ejek-ejekkan. Dia sering ngejek nama gua Stefanus Sani yang dia ubah jadi ‘Tetanus sani’.

Ha...Ha... Ada satu hal yang paling gua inget tentang dia. Waktu masih kelas 3 SD, di suatu pagi entah kenapa dia tampak tidak begitu tenang. Gerak-geriknya begitu mencurigakan apalagi pas duduk dia seolah tidak menemukan rasa kenyamanan....

Ada apaan ini ya?

Yang paling parah gak beberapa lama, dia tiba-tiba langsung berdiri dan ijin ke Bu Guru supaya selama pelajaran dia ijin berdiri aja.

Hah? Gua tambah kaget, apa-apan ini? Baru gua denger ada murid yang minta ijin ke gurunya buat berdiri...

Sama seperti gua, temen-temen gua yang lain juga bingung. Apakah dia lagi haid? Masak anak SD udah dapet haid? Sepertinya tidak mungkin.

Setelah didesak ama Bu Guru, akhirnya dia jujur sambil terbata-bata dia ngomong:

“Maaf Bu, saya lagi bisulan di pantat”

What? B.I.S.U.L di P.A.N.T.A.T?

Jujur, saat itu gua pengen banget ketawa sambil mukul-mukulin meja tapi gua takut kualat, gua takut nanti gua juga kenal bisul di pantat akhirnya gua cuma diem sambil nyengir-nyengir...

Ya Allah ternyata temen SD yang pernah bisulan itu kini sudah punya anak. Semoga anaknya gak bisulan juga waktu sudah sekolah... Ha..Ha..

Lanjut,

Percaya gak, semua orang pasti berubah?

Seperti Clark Kent yang aslinya culun tapi ketika berubah menjadi seorang Superman ternyata adalah seorang penyelamat bumi? Atau Peter Parker yang aslinya lemah dan seorang looser di sekolahnya tetapi ketika menjadi seorang Spider-Man bisa nyipok bibir si Mary Jane sambil gelantungan? Atau Bruce Banner yang keliatannya loyo tapi kalau udah ngamuk dan berubah jadi Hulk bisa ngancurin tank baja persis kayak nepok lalat?

Walau kita gak se-extreme itu, kita pasti bakal berubah.....

Berubah dari segi fisik dan dari segi pemikiran, gua pun merasakan perubahan itu. Dulu waktu masih kecil gua kece mirip Joshua, udah remaja makin kece mirip Justin Timberlake, dan udah dewasa jadi lebih kece mirip Baim Wong.

Ha....Ha....

Dulu ada tetangga gua yang waktu masih kecil nakalnya kayak setan, nakal banget, hobbynya tuh nurunin celana cewek terus kalau udah nurunin celananya, si cewek langsung dicium pipinya.

Pernah, gua iseng tanya “Kok kamu suka nyium-nyium cewek sih?” tanya gua dengan nada polos karena saat itu gua masih umur 10 tahun yang gak tau apa-apa dan masih doyan ngompol.

Dia jawab, tanpa rasa berdosa “Aku kan niru apa yang mama ama papa lakuin di rumah.”

Aje Gile.....

Gua sempat mikir ketika dia beranjak dewasa, dia bakal jadi anak yang kurang ajar yang hobbynya nyolekkin cewek di Bus Kota atau nyium nenek-nenek yang jualan surabi di deket rumahnya.

Tapi, ternyata itu salah karena dia pun berubah persis seperti apa yang gua omongin di awal. Dia berubah jadi anak yang tertutup, pendiam, dan seolah tidak menggambarkan karakter dia waktu kecil. Kalau gua ingetin masa kecilnya dia cuma tersenyum simpul seolah gak ingat apa-apa.

Aneh....

Ada temen gua yang waktu kecil, anaknya baik banget. Kalau anak-anak yang lain suka ngerengek ke Ibunya pas ada tukang gulali lewat buat dibeliin, dia sama sekali gak. Gua perhatiin ibadahnya kuat dan tutur katanya halus. Gua sempat prediksi kalau dia udah dewasa dia bakal jadi ketua RW yang mengayomi warganya.

Tapi? Ternyata apa yang gua kira itu salah. Karena pas SMA dia udah harus drop out karena ngehamilin pacarnya yang masih SMP.

Aneh memang.............

Tapi itulah yang dinamakan ‘berubah’ karena semua orang pasti bakal berubah, entah itu fisik atau pola pikirnya.

Ada banyak temen gua yang entah itu SMP atau SMA kini sudah jauh berubah. Belum lama ini, gua ketemu ama temen SMA gua yang pas SMA deket ama gua...

Anaknya pinter tapi (sory) culun. Kalau pake celana panjang SMA culun banget karena celananya naik ampe pinggang terus ngatung. Mainnya ama selalu ama cewek dan hobbynya makan mie Indomie yang dijual di sekolah....

Benar-benar anak yang unik menjurus culun.

Awalnya gua gak terlalu kenal ama dia tapi secara kebetulan gua disuruh duduk ama dia. Ketika gua tau duduk ama dia, gua sih enjoy aja toh dia pinter siapa tau pas ulangan gua bisa ditolongin. Ha...Ha...

Tapi?

Ketika dia tau duduk ama gua, mukanya nampak khawatir dan matanya berkata “Tuhan mengapa Engkau memberikan cobaan yang begitu berat seperti ini kepada diriku?”

Ha....Ha...

Jadi inget gua waktu jaman sekolah sering dimarahin ama Guru karena sering ngobrol, ribut, dan jalan-jalan. Beda 90 derajat dengan dia yang pintar, pendiam dan diinget Guru karena prestasinya.

Beda ama gua yang diingat karena ‘prestasi’ gua yang lain. Ha...Ha...

Salah satu tetangga gua yang kebetulan masuk ke SMP yang sama dengan gua, iseng nanya ke salah satu Guru yang pernah ngajar gua.

“Bu kenal yang namanya Sani gak? Sani yang lulusnya tahun 2004”

“Oh inget saya. Sani yang doyan ngobrol terus hobbynya nyisir di kelas. Apa dia masih suka nulis pake penggaris?”

Ajib dah, gua dikenal sebagai anak yang kalau nulis pake penggaris.

Br, entah gua harus ngomong apa. Gua sih inginnya diingat karena prestasi gua yang lain seperti “Oh, Sani yang tiap ulangan Agama selalu dapet nilai 9? Benar-benar anak yang taat beragama dan berakhlak” Ha...Ha...

Pas awal-awal gua duduk sebangku dia semuanya lancar-lancar aja. Dia gak terlalu banyak ngomong dan gua pun males ngomong ama dia.

Baru ngomong “Eh, kemarin malam nonton Cinta Fitri gak di tipi?” Dia langsung nyela dan bilang gini “Jangan ngobrol terus ya, gua mau belajar.”

Kampret, baru ngomong sepotong udah dimarahin. Jujur, gua heran banget ama dia yang bisa ‘mematung’ gitu waktu belajar di kelas.

Entah kenapa gua sangat susah buat konsentrasi ketika sedang belajar di kelas. Mata gua selalu mengarah ke depan tapi hati dan pikiran gua mengarah ke lain. Mikirin bunda di rumah masak apa lah, mikirin utang di warung belum dibayar lah, ampe mikirim siapa musuh Pokemon malam nanti di tipi....

Tapi, lama kelamaan gua dan dia mulai dekat. Selama 2 bulan gua duduk ama dia, kita mulai sering tuker-tuker cerita dan obrolan gak penting.

Pas ulangan yang biasanya dia nutupin jawaban di kertas ulangannya pake perutnya yang gede kayak gorilla itu kini sudah mulai dibuka dikit-dikit.

Lumayan bisa nyontek dikit-dikit. Ha..Ha...

Suatu kali pernah ada ulangan dadakan, buat gua sih biasa aja dan mau dapet nilai bagus dan jelek pun gua santai aja. Tapi beda banget ama dia yang langsung keringetan dan ngomong ke gua “Aduh San, gua takut dapet nilai jelek. Gimana dong San?”

Ekspresi mukanya persis kayak suami yang nungguin istrinya buat operasi Cesar pas anaknya mau lahir...

Gua cuma bilang ‘Tenang-tenang. Banyak cara kok biar dapet nilai bagus’

Dan ulangannya memang susah, muka dia udah khawatir berat dan mulutnya cuma komat-kamit gak karuan. Kayaknya dia takut banget kalau bakal dapet nilai jelek, beda ama gua yang gak terlalu risau. Mau jelek atau bagus, gua nganggep itu rencana Tuhan saja... Ha..Ha...

Dengan (sedikit) terpaksa, gua mulai mengeluarkan jurus buka-buka buku. Mau gak mau gua jadi ikut tegang juga karena temen sebangku gua itu baru pertama kali nyontek dalam hidupnya. Dengan sedikit bantuan perutnya yang gembul itu, teknik membuka buku pas ulangan ini berjalan dengan baik.

Ketika ulangan sudah berakhir, dia tertawa sejenak dan ngomong baru pertama kali dalam hidupnya dia nyontek ketika ulangan. Semua beban yang nempel di perutnya yang gembul itu kini seolah sudah menyusut.

Benar-benar anak yang baik, ha...ha...

Sejak kejadian itu, gua dan dia seolah menjadi lebih dekat. Dia sering cerita soal keluarganya dan semua masalah dia yang ternyata begitu pelik dan sulit dibayangkan

Tapi gua tetep normal kok gak menjurus ke arah suka sama suka alias homo........ Ha...Ha...

3 tahun setelah semua kejadian ini, gua ketemu dia lagi.....

Dan gua benar-benar merasakan apa yang namanya ‘berubah’ itu karena dia bener-bener berubah. Mulai dari gayanya yang gak culun lagi, rambut dibuat jabrik dan bajunya dengan stelan yang necis persis kayak sales minyak wangi.

Menurut gua gak ada yang salah dari gayanya tapi ada satu hal yang gua anggep ‘aneh’ dan ‘berbeda’ adalah ketika dia mulai bercerita.

Ketika dia bercerita, gua seolah gak menemukan dia yang pernah gua kenal. Dia bercerita soal kehidupannya yang jauh berbeda dan (sayangnya) yang dia ucapin tuh menggambarkan kesombongan yang menurut gua gak perlu diomongin.

Pas lagi ngobrol, dia tiba-tiba langsung nyeletuk “Ah, biasalah yang sekarang berangkat ke kampus naik mobil” atau “Ya, ginilah nasib orang yang nilai IP-nya 4 di kampus”

Sumpah mati, gua gak nanya!

Dan ketika gua merasakan dia berbeda dan berubah, dia pun mungkin sudah menyadari kalau dirinya juga telah jauh berubah.

Entah apa yang ada di pikirannya ketika dia berpikir sejenak tentang perubahan yang ada di hidupnya kini.

Seperti yang gua bilang di awal, semua orang bakal berubah tetapi sangat sayang jika kita berubah ke arah yang membuat orang jadi tidak simpatik ke kita.

Berubah....................

Tidak ada komentar: