Jumat, 13 Agustus 2010

(GoVlog-Umum) Balada Artis Sinetron Gagal




Sekarang yang namanya cari kerja itu emang susah banget. Temen-temen gua yang kebetulan langsung cari kerja setelah lulus sekolah, curhat ke gua tentang susahnya cari kerja...

Untuk kasus ini, gua masih bisa bersyukur karena walau kerjaan gua cukup membuat kepala puyeng tapi lumayanlah duitnya bisa dipake buat hura-hura dan jajan siomay di depan rumah... He..he...

Ada tetangga gua yang curhat kalau supaya diterima masuk kerja dia harus mampu ngejual pesawat telpon 10 buah dalam sehari.

Gua mikir, buat beli kecap, gula, kopi aja orang udah mikir, lah ini disuruh beli pesawat telpon.

Sambil cerita, dia sibuk nyari lowongan kerja di internet. Gua duduk santai di sampingnya main gitar sambil sibuk berdendang lagu-lagu melayu masa kini.

Gak berapa lama, dia nepok tangan gua dan nunjukkin lowongan iklan judulnya “Dicari Remaja berusia 15-17 tahun berpenampilan menarik dan bisa berakting. Segera kirimkan CV ke alamat ini. Langsung casting dan dijamin jadi artis terkenal!”

Mata dia sungguh berbinar dan sambil senyum dia ngomong “Itu kan GUA BANGET!”

Gw:....................

Belum juga lamaran dikasihin, dia udah promosi ke tetangga-tetangga yang lain. Dia promosi gini “Eh nanti, liat saya di tivi ya. Saya mau dicasting buat ikutan sinetron”. Bah, ngebokis abis wong asting aja belum.

Dulu, pernah ada tetangga gua yang pernah jadi model video clip lagu dangdut gitu. Belum juga tampil, promosinya udah gila-gilaan. Dia ngomong ke semua tetangga kalau hari itu dia bakal tampil.

Bahkan di rumahnya diadain acara nonton bareng. Biar kesannya ‘wah’ disediakan juga aneka camilan kayak kacang, kurma, teh manis. Udah berasa mirip nonton bareng Piala Dunia.

Penasaran gak penasaran gua juga jadi beneran penasaran pengen ngeliat aksi dia. Gua udah stand bye di depan tipi. Katanya sih dia nongolnya sekitar jam 7 malam di acara dangdut gitu.

Setelah menunggu lama dengan menahan kuping yang perih gara-gara gak terbiasa ngedengerin lagu dangdut, tetangga gua itu (akhirnya) MUNCUL...

Dia tersenyum sebentar sambil mamerin giginya, melambai sebentar, menggoyangkan pinggul ke kanan dan ke kiri dan selesai.

Hah, apaan itu?

Gua bengong bentar, mencoba memahami maksud kehadirannya di video clip itu. Gua liat jam, kemunculannya gak lebih dari 3 detik! Sedangkan buat nungguin dia tampil selama 3 detik itu gua nungguin hampir 1 jam!

Samar-samar gua ngedenger tetangga gua itu teriak-teriak. “Itu saya, itu saya. Saya jadi artis!” teriak dia histeris kayak kesurupan roh nenek tanpa kepala.

Gua cuma bisa geleng-geleng kepala dan mulut pun seolah terkunci buat berkomentar.

Lanjut,

Setelah tetangga gua beres nyiapin CV buat ngelengkapin syarat jadi artis, dia minta dianterin buat difoto di salah satu studio deket rumah. Dia bongkar-bongkar lemari nyari baju yang bagus...

Dia mutusin pake jaket kulit, kaca mata hitam dipadu dengan celana skinny campur boxer polkadot warna bintik-bintik pink.

Sumpah, gayanya alay abis. Gak cocok gak jadi artis sinetron, cocoknya jadi petugas catering di lokasi syuting yang tugasnya ngambilin piring artis.

Setelah beberapa kali jepret foto dan selesai dicetak, dia berencana mau langsung bawa poto dan CV nya itu ke pihak agensi yang masang iklan.

“San, anter yu” kata dia sambil memelas.

Awalnya gua sama sekali gak ada niat buat ikut karena banyak kerjaan yang belum selesai dikerjain.

Tapi?

Gua inget, yang namanya agensi itu PASTI banyak cewek-cewek remaja dengan paras muka yang ayu buat ikutan casting.

Masak hal seperti ini harus dilewatkan begitu saja? Jelas GAK karena sesuai pepatah kuno, dimana ada cewek manis PASTI gua ada disana.

Tanpa pikir panjang, gua langsung mengiyakan tawaran itu. Tempatnya cukup jauh harus 3x ganti angkot nyambung naik bus.

Setelah nanya tukang ojek akhirnya kita nemuin kantor agen itu. Bentuknya kayak ruko dan tanpa plang nama.

Gua bengong? Apa bener itu kantor agensi? Kok masih bagusan warteg depan rumah gua ya? Tetangga gua itu memberanikan diri buat nanya ke orang yang kebetulan lagi berdiri di depan kantor itu “Selamat siang, apa bener ini kantor agensi artis x?”

“Oh ya bener, mari masuk” kata pria separuh baya yang tampangnya sekilas mirip si Udin Sedunia.

Setelah dipersilahkan masuk, temen gua lalu terlibat pembicaraan dengan staff tadi. Sedangkan gua lebih miih duduk di sofa sambil celingak-celinguk, sapa tau berpapasan ama gadis-gadis manis yang mau diorbitin.

“Mas, mau ikut casting juga?” tanya seorang staff lain yang kebetulan melintas di depan gua. Orangnya gendut dan botak.

“Oh, gak. Cuma nganterin temen aja” balas gua dengan gaya cool sambil mainin bolpen.

“Saya lihat mas cocok juga nih jadi artis sinetron” kata dia lagi sambil ngeliatin gua dari ujung kepala ampe ujung kaki.

Jujur, pas dia ngomong gitu entah kenapa gua jadi geer sendiri. Apa dia ngeliat tampang gua cocok buat dijadiin artis? Apa raut muka gua seperti karakter Baim Wong di sinetron “Sejuta Cinta untuk Marshanda” atau Dude Harlino di sinetron “Ketika Cinta Bertasbih?”

“Ah, bisa aja si mas. Gak lah, saya cuma nganterin temen aja” kata gua sambil tetep bergaya cool padahal ini badan udah berasa di surga gara-gara dipuji.

“Kebetulan kami lagi nyari orang buat ngisi salah satu karakter di sinetron terbaru nanti. Saya pikir cocok nih ama mas.” rayu dia persis kayak rayuan tukang jepit rambut pas ngerayu anak-anak bocah buat beli.

Pas dia ngomong gitu, entah kenapa gua jadi (sangat) tertarik buat baca naskah dan liat karakter yang (menurut dia) pas buat gua. Apakah tampang gua ini cocok untuk karakter hero atau protagonis yang di endingnya bakal nikah ama karakter utama si cewek?

Gua GAK BAKAL mau kalau disuruh tampil di sinetron tapi kerjaanya cuma ngangguk-ngangguk doang. Pernah ada temen SMA gua yang (katanya) artis sinetron. Pas gua tonton sinetronnya, ternyata scene dia cuma nongol bentar sambil ngomong “Bos, ada yang cari masalah ama kita!” sambil ngangguk-ngangguk terus pergi. Dan ampe itu sinetron tamat dia gak pernah nongol lagi.

Apaan itu?

“Boleh saya liat naskahnya? Saya mau lihat pendalaman karakternya?” tanya gua sambil pasang mimik penasaran.

“Boleh-boleh. Saya rasa kamu pas banget buat memeranin karakter A.” jawab dia.

Gua baca-baca bentar sambil penasaran nyari karakter A itu gimana sifat dan adegannya. Setelah bolak-balik bentar, gua nemuin naskah yang ada dialognya dan berhubungan dengan si karakter A. Pertanyaan-pertanyaan mulai muncul di kepala gua, apakah karakter A itu seorang yang rupawan dan menjadi sentral cerita di sinetron itu? Gua sih maunya, karakter A itu adalah karakter jagoan, penolong, dan (uhuk) rupawan.

Sambil konsentrasi gua baca dialog si karakter A dengan seksama.

Karakter A: “Non, mau kemana? Sini Abang temenin.”
Cewek : “Ih, apaan sih!”
Karakter A: “Ah si enon, sini main ama abang ah”

Sesaat setelah gua baca naskah itu, gua bengong bentar dan

gua shock, ternyata karakter A yang katanya cocok ama gua itu ternyata karakter penjahat bertampang mesum yang doyan ngegodain cewek dan parahnya setelah bolak balik naskah sinetron itu, si karakter A itu cuma tampil secuil, cuma di adegan itu doang.

Apakah tampang gua itu emang mirip ama om-om mesum yang senang mencari hiburan di jalan ya? Sialan tuh orang, udah nyamain gua ama karakter penjahat kayak gitu.

“Hm, gak lah mas. Saya punya kesibukkan sendiri” kata gua cool padahal ini kaki udah gatel kepengen nendang bokong tuh orang.

“Coba dipikir lagi. Gak pengen jadi artis nih?” bujuk dia sambil setengah memaksa

“Gak mas, beneran saya gak bisa. Mungkin lain kali aja ya” kata gua sambil berlalu. Masih bete gua disamain ama om mesum.

Sambil nungguin temen gua yang masih diwawancara, gua perhatiin ini kantor. Bentuknya sangat tidak menunjukkan ini kantor agensi. Di pojok kanan, gua perhatiin ada tumpukkan mangkok bekas mie yang kayaknya udah seminggu disana.

Sungguh, lebih pantes gua bilang sebagai gudang tempat nimbun elpiji 3kg dibanding kantor agensi artis.

“San, lu ada duit 500rb gak? Gua butuh banget nih” tiba-tiba tetangga gua itu nepok punggung gua yang ngebuat semua lamunan gua hilang seketika

“500rb? Buat apaan?” tanya gua heran. Apa dia mecahin guci si staff terus si staff minta ganti rugi?

“Katanya untuk latihan casting harus bayar 500rb dulu buat administrasi. Terus kalau udah bayar, bisa langsung ikutan main di sinetron.” kata dia menggebu-gebu

Wah, udah gak bener ini. Apaan tiba-tiba bayar 500rb, gua sudah menangkap sinyal gak beres. Dibanding urusannya bakal panjang, gua langsung berbisik ke tetangga gua itu buat langsung cabut.

Gimana kalau tiba-tiba gua dan dia bakal dibius. Dan pas sadar, gua dalam kondisi tangan dan kaki sudah terikat? Hiiii, takut....

“Gimana? Kalau sekarang uangnya belum ada kami bisa menunggu sampai besok. Untuk sekarang cukup bayar Rp 20rb saja untuk uang materai” kata si staff agen sambil nepok punggung tetangga gua.

“Aduh Pak, saya cuma ada uang 10rb. Untuk ongkos aja nih” kata tetangga gua.

Dan bukannya kasihan, eh si staff itu masih juga ngembat itu duit ceban. Setelah pamit pulang, si staff memastikan agar tetangga gua besok datang lagi dengan membawa uang 500rb itu.

Untung gua bawa duit lebih kalau gak, tetangga gua itu bakal muyung jalan kaki buat pulang. Di jalan, gua jelasin kalau dia itu D.I.T.I.P.U. Karena dimana-mana gak ada audisi/casting yang malah harus nyetorin duit ke pihak agen.

“Iya gitu” tanya dia sambil diselingi keraguan akan perkataan gua.

Tapi, gak tau dia emang udah lupa diri atau saking kebeletnya jadi artis dia seolah gak ngedenger apa yang udah gua omongin. Dia tetep percaya dengan ngasih uang 500rb impian dia jadi artis bakal segera terwujud.

Ibunya sampai utang sana-sini biar dapetin tuh duit dan setelah dapet utangan dari Pegadaian dengan muka sumringah dia langsung bayarin tuh duit 500rb keesokan harinya.

Setelah bayar, dia dijanjikan bakal nongol di sinetron x sebagai karakter pembantu utama. Kantor agen itu janji bakal segera ngehubungi tetangga gua itu via telepon dan sms buat segera syuting dengan honor yang menggiurkan....

Besoknya, waktu gua lagi online dan buka akun facebook pribadi, ada undangan yang masuk ke FB gua. Gua diundang buat nge-like pages yang sengaja dibuat ama tetangga gua. Nama pages-nya cukup bikin gua nyengir Gerakan 1.000.000 facebookers mendukung Fahri Riyadi (nama disamarkan) menjadi artis sinetron, lengkap dengan foto alay dia dengan bibir dimanyun-manyunin.

Gua cuma bisa geleng-geleng kepala sambil cengar-cengir sendirian. Iseng-iseng gua sms dia, nanyain apa hari ini dia udah dihubungin ama pihak agensi apa belum. "Mungkin besok kali ya de" isi sms dia.

Tetapi setelah hari itu,

1 Minggu lewat, (belum) ada kabar
1 Bulan lewat, (belum) juga ada panggilan
6 Bulan lewat, (belum) ada ajakkan buat casting

Dan sekarang, tepat 1 tahun berlalu berlalu belum juga ada panggilan buat syuting itu...

3 komentar:

emingko mengatakan...

saya mau ketawa tpi kasian jdi serba salah, kebelet jdi artis....

Ardhito Dharma mengatakan...

pemeran pembantu aja disuruh bayar 500rb, gimana kalo peran jadi presiden?

Aji Prast mengatakan...

kan temannya udah diingetin ya mas, masih nekat juga. ya akhirnya jadi rugi sendiri. usaha jadi artis dengan ikutan casting sih boleh-boleh aja, tapi lihat-lihat agensinya juga kan. dijadiin pengalaman ajalah kalo begitu :)

salam kenal ya, mampir juga dan jadi teman di blog saya. salam