Minggu, 05 Juni 2011

Eat, Free, and Love

Rasanya semua orang gemar makan…

Dari anak kecil berbadan montok ampe oma yang giginya sudah tanggal semua, pasti gemar makan. Tapi kalau ngajak anak-anak kecil makan pasti rugi deh. Biasanya si bocah suka asal nunjuk, misal ada menu yang namanya ‘bread with choco caviar’, dalam imajinasi si bocah bread choco caviar tuh roti coklat yang diolesi selai coklat, dan dilapisi coklat batangan bergambar Naruto atau bergambar Hello Kitty.

Tapi imajinasi yang tinggi memang sering tidak dibarengi dengan kenyataan yang memadai.

Ketika Bread with choco caviar datang, yang nampak hanya roti coklat dengan selai yang seadanya dan ketika mulai gigit tuh roti si anak langsung ngomong ‘Ah, aku gak suka. Rasanya pahit’ sambil ngeletakkin roti itu. Pas gua gigit, emang agak pahit karena mengandung sedikit rum.

Dag-Dig-Dug, gua cek harganya dan gua hanya bisa miris melihat harganya yang seharga makan siang gua selama 5 hari. Dasar anak tengil, tau aja makanan mahal.

Ok, sekarang banyak banget restoran yang konsepnya all you can eat yang secara harafiah artinya makan sepuasnya. Intinya datang dengan perut kelaparan dan pulangnya muntah-muntah karena kekenyangan. Gua sudah beberapa kali makan di resto dengan konsep kayak gini dan endingnya selalu sama, mual dan muak.

Prinsip yang benar adalah berhenti makan ketika anda sudah merasa kenyang tapi biar gak rugi, prinsip itu bisa digeser sedikit jadi ‘berhenti makan kalau anda sudah merasa gak rugi’

Tahun lalu, salah satu temen gua pernah ngerayain ultahnya di resto yang konsepnya all you can eat kayak gini. Dia bawa rombongan yang isinya 5 wanita dan dia ngundang gua dan beberapa temen yang lain.

Begitu tau, akan ada 5 bidadari yang datang, gua langsung mempersiapkan diri sebaik mungkin. Belajar manner sebentar, dan mewanti-wanti diri sendiri biar gak kalap ketika di meja makan. Begitu sampai, ternyata bayangan gua akan bidadari itu salah total, ternyata 5 cewek itu kok gayanya kayak cowok semua.

Pas pertama kali gua kenalan, gua malah ngira di cowok tapi kok suaranya mirip embak-embak yang suka nawarin lengkuas ya? Begonya gua malah sempet bilang ‘ok, mas’ ke dia.

Temen gua ultah langsung nepuk pundak gua sambil berbisik ‘Itu perempuan nyet!’

Ketika di meja makan, si 5 cewek ini sungguh seperti orang yang gak niat makan. Gua perhatiin mereka cuma ngambil daging, minum, dan ditutup dengan es cream rasa vanilla. Kalau dari itungan gua, mereka cuma habis sekitar 7.500. Berbanding terbalik dengan harga makan di restoran ini yang seorang minimal harus bayar 125rb buat sekali makan disini.

Cukup lama gua gak dateng ke restoran ini. Selain harganya yang (uhuk) mahal, rasanya juga kurang cocok di lidah gua yang kampungan ini. Entah kenapa, gua lebih milih makan pecel lele dumbo daripada makan di restoran itu.

Tapi? Seperti yang sering gua bilang, jika Yang Diatas berkehendak, semua bisa terjadi.

Hari Minggu (5 Juni 2011), Pukul 17:23

Gua sekarang duduk di restoran yang sama. Hari ini gua bisa menginjakkan kaki kesini karena temen gua sedang berbahagia. Sebagai seorang karyawati yang baru masuk kerja, dia baru saja dapet gaji pertama dan dia berbaik hati buat nraktir makan.
Sungguh orang yang baik, padahal gaji pertama gua aja habis dipake buat beli maenan SmackDown, hm…

Ok karena kebetulan si nona cantik itu adalah salah satu temen yang udah kenal gua secara menyeluruh’ jadi gak ada perasaan canggung buat gua menjadi orang rakus disini.

Sebelum gua sampe kesini, gua menyempatkan diri ke minimarket buat beli toples kosong? Buat apa gerangan? Ehem, hari ini saya akan menjadi maling yang bakalan bawa pulang daging mentah dari resto ini. HIhihihihi.

Baru aja duduk, si mbak-mbak pelayan udah nawarin, “mau jus apa, ada jus kiwi, jus jeruk, jus strawberry. Bla..bla…” Gua jawab ‘nanti aja mbak’, maksud kata nanti adalah menolak secara halus karena gua tau kalau mesen minum2 itu harus nambah lagi. Padahal di salah satu meja, banyak sekali pilihan minuman yang bisa dipilih.

Dan belum juga beranjak buat ngambil daging yang mau gua bakar, si mbak-mbak tadi langsung ngasih gua nasi dalam mangkok. Porsi nasinya lumayan banyak dan PERCAYALAH jangan sentuh itu nasi. Karena ketika anda sudah tergiur buat makan tuh nasi, perut akan cepat kenyang dan uang 125rb anda akan mubazir.

Tampaknya nih resto gak ingin rugi tapi kita buktikkan siapa yang lebih cerdas dan licin disini.

Ok, gua mulai ke meja tengah dan mulai milih daging-daging mentah buat dibakar di meja. Gua ambil ham, sosis, daging asap, ati, usus, kepiting, udang, siomay, dll. Untungnya gua pernah makan disini, jadi sedikit banyak gua tau tips-tips cantik buat masak dan makan disini.


Cepatlah kau matang daging!

Ok, kita masukkan daging-daging tadi ke kompor yang ada di meja, bolak balik sebentar, dan nunggu warna jadi kecoklatan. Gua angkat bentar dan makan. 3 menit gua kunyah-kunyah kok masih keras ya dagingnya? Ternyata daging yang gua masak tadi masih mentah karena masih ada warna kemerah-merahan.


Daging pun jadi arang gara-gara kelamaan dibakar

Setan, gua malah makan daging mentah. Pas gua lagi ngunyah daging keras tadi, tiba-tiba datang mbak-mbak ke meja gua dan ngomong ‘Mungkin mas-nya mau nambah jus kiwi, jus strawberry, atau jus jeruk”

Dasar binal nih orang, nawarin terus. Gua jawab ‘Ya, nanti aja mbak. Ini daging juga masih di mulut saya’

Setelah puas mencoba semua makanan yang ada di situ, sekarang waktunya untuk menjadi maling alias penyelundup masakkan, hihihi. Ok, gerakkan dulu otot-ototmu yang kaku, gulung kemejamu, dan tarik nafas dalam-dalam. Saatnya membuat restoran ini gulung tikar,hihihihi

Suasana hening, gua celingak-celinguk. Keadaan aman karena semua sudah sibuk dengan kegiatan masing-masing. Orang di meja sebelah lagi gigit daging, anak di depan lagi main balon, di samping kiri ada mbak-mbak yang jaga sedang betulin kimono yang dia pake.

Dan di depan gua tepat ada sepiring iga sapi bakar dan sepiring sosis bakar. Jantung berdegup lebih kencang dari biasanya dan ok, gua mencoba menenangkan diri sendiri. Tangan kiri sudah membuka tas dan tangan kanan sudah bersiap masukkin iga dan sosis ke dalam toples.

3 detik sebelum masukkin tuh iga dan dan sosis, datang lagi si mbak binal, dia nanya pertanyaan yang sama ‘mas, gak mau nyobain jus kiwi atau jus strawberry-nya’

Sumpah serapah udah pengen keluar dari mulut gua karena gua kira ketauan. Pengen gua ngomong ‘Ya saya beli tapi yang minum mbaknya aja biar sampean diem’

Gua jawab ‘Kalau misalnya SAYA MAU PESEN, saya panggil deh mbaknya’ sambil pasang mimik agak gak nyaman dengan kehadirannya.

Setelah si mbaknya berbalik buat pergi, secepat kilatpun langsung gua masukkin sosis dan iga dengan sekejap. Dari piring yang penuh dengan iga dan sosis langsung berganti jadi piring kosong. Mungkin orang yang kebetulan perhatiin gua bakal takjub itu mulut atau selang penyedot debu?

Setelah itu, semuanya jadi gampang dan mudah. Piring kedua, ketiga, dan seterusnya lebih mudah dimasukkan, walau mungkin si mbak-mbak bakalan curiga ngeliat gua yang bolak balik buat ngambil daging terus menerus, gua sih gak terlalu peduliin.

Kebetulan ada satu keluarga yang duduknya persis di samping meja gua. Personelnya Ayah, Ibu, dan 3 anak yang masih kecil-kecil. Gak tau cuma perasaan gua aja atau emang si anak kecil yang berambut keriting itu emang peka. Si cewek galling, perasaan ngeliatin gua terus sambil ngelirik-lirik tajam. Gluk, gua telen ludah bentar dan jujur gua jadi parno juga diliatin si anak kecil.


Mohon jangan mencurigai saya ya, nak

Tiap gua buka tas, dia ngelirik….

Tiap gua megang piring buat masukkin ke tas, dia ngelirik….

Gua bales liatin dia, dia malah ngeliatin gua juga….

Terus dia bisik-bisik ke bapaknya dan Bapaknya sekilas ngeliatin gua terus ngelanjutin makan. Dalam pikiran gua, ada 2 kemungkinan dia berbisik gini ke bapaknya:

Anak kecil keriting: “Ayah, itu kakak yang lagi makan di meja sebeleh mirip personel SM*SH ya?”

Ayah (sambil ngeliatin gua): “Eh iya ya, kamu bener nak!”

Atau

Anak kecil keriting: “Ayah, itu kakak di meja sebelah, tadi pas masuk tasnya kan kempes kok sekarang jadi gendut ya?”

Ayah (sambil ngeliatin gua): “Iya ya nak. Bentar bapak laporin ke manajernya biar dia bayarnya dobel”

Jantung gua yang tadi sudah tenang, kembali berdetak lebih kencang. Gua minum soda sebentar buat menetralisir semua gangguan ini. Gak usah hiraukan si anak kecil keriting itu, pikir gua dalam hati… Gua nengok ke dalam tas bentar, toples yang gua bawa udah full dan gua rasa sudah cukup. Pas gua mau nutup, SUSAHNYA minta ampun saking kebanyakkan bawa. Terpaksa diteken-teken yang penting nutup. Gua udah gak mikirim bentuk dagingnya yang bakalan gepeng atau terurai-urai yang penting bisa dibawa pulang terlebih dahulu.

Sebagai penutup, gua pesen ice cream agar tenggorokan yang tadinya mampet jadi encer lagi. Gua beres-beres bentar dan di meja gua baru sadar ada tulisan yang dipasang, ada gambar ikan ngomong “Makanan yang Kita hidangkan adalah karunia Tuhan, mohon jangan disia-siakan”


Ikan Yang Pandai

Benar sekali kamu ikan, ini semua adalah karunia Tuhan. Tenang ikan, gak akan saya sia-siakan nih daging yang udah saya bawa pulang ini. Hahahaha

Ok, waktunya beranjak pulang, di depan pintu gua perhatiin ada patung sapi. Gua takut tuh patung sapi dilengkapi dengan sensor otomatis terus akan mendeteksi tas-tas yang sudah diisi makanan illegal. Gua takut pas gua lewat, bakal keluar suara “Moooooooo” yang berarti ada pelanggan kurang ajar yang bawa pulang makanan dari sini.

Gua enyahkan pikiran itu, dan gua pura-pura ajak ngobrol mbak kasirnya ‘Mbak, di lantai atas itu isinya apa’, ‘Mbak, apa ada kartu member buat pelanggan disini?’, ‘Mbak, kalau gathering disini bisa?’

Sedikit basa basi agar perhatian si mbak kasir teralihkan dari tas gua yang gendut itu. Setelah bayar, gua bisa keluar dengan selamat. Ternyata tuh patung sapi hanya patung biasa yang tidak dilengkapi dengan sensor otomatis *Khayalan Tingkat Tinggi*

Jalan agak dipercepat menuju tempat parkiran kendaraan tapi kok ada yang aneh ya? Kayak ada yang netes-netes dari tas? Gua cek bentar, anjr*t yang netes ternyata daging-daging mentah itu. Bego banget, gua lupa kalau daging-daging itu masih berair.

Gmana nih nasib tas, buku-buku, CD gua dalam tas. Bau daging sapi sudah jelas, huhuhu. CD SmackDown gua, buku-buku literature, naskah gua? Parahnya, di dalam bukan cuma ada daging sapi aja tapi ada kerang, ati, cumi, otak-otak juga.

Membayangkannya pun saya tak berani….

Ok selepas dari restoran ini, gua ngantar si nona ke rumahnya dulu sambil berterima kasih sudah mau nraktir dan berterima kasih juga karena ngebantu gua menjadi perompak di resto itu.

Sebelum pulang, gua mampir dulu ke rumah temen kebetulan disana temen lagi pada ngumpul. Gua keluarin tuh toples dan nyuruh temen gua nyiapin kompor buat masak.


Yang satu mentah, yang satu matang


Salah satu temen gua nanya “Dapet ini semua darimana san?”

“Ada tetangga lagi kurban” kata gua sambil menutup pembicaraan…. Mereka bersorak bahagia tanpa perlu merasa tau bagaimana detilnya tuh daging bisa ada disini sekarang.

Hehehehehehehe

Tidak ada komentar: