Senin, 24 Juni 2013

Premium Rush

Salah satu hobby gue adalah naik sepeda. Buat gue naik sepeda itu bener-bener menyenangkan, selain sehat dan ngirit, olah raga ini menurut gue bisa bikin mata, hati, dan pikiran jadi jernih.

Yoi jernih, apalagi kalau di jalan ketemu gadis-gadis yang kece, bener-bener bikin hati dan pikiran jadi jernih.

Selain itu dengan naik sepeda, bener-bener bisa menghemat perjalanan apalagi gue demen banget masuk ke gang-gang kecil buat menghindari kemacetan jam pulang kantor.

Setiap gue pulang sebelum jam 5 sore, gue pasti nyempetin keliling jalan naik sepeda. Kalau lagi ada duit lebih, biasanya gue beliin nyokap roti di jalan. Sambil puter musik di Ipod, gue bersepeda menyelusuri jalan sambil nyanyi-nyanyi kecil.

Dulu, waktu gue ngapel ke rumah doi pasti naik sepeda, almarhum doi juga paling suka kalau gue bonceng terus muter-muterin kompleks :)

Belum lama ini, gue rencana mau beli sepeda baru. Sebelumnya gue ini punya dua sepeda, satu sepeda fixie, satu lagi sepeda federal. Sepeda fixie biasanya gue pake kalau buat jalan-jalan sedangkan yang federal gue pake buat perjalanan jauh.

Yang udah pernah naik sepeda fixie pasti tau susahnya naik ini sepeda. Sepeda fixie beda ama sepeda kebanyakkan, selain gak ada giginya, sepeda ini juga gak punya rem tangan.

Jadi ya sobat, kalau lu-lu ngeliat orang lagi naik sepeda fixie sambil cengengesan sebenarnya itu kamuflase. Aslinya dia itu pasti ngos-ngosan karena ya itu, ini sepeda gak ada giginya jadi menurut gue ya double capeknya

Satu rahasia buat kalian, sebenarnya sepeda federal yang biasa gue pake itu gak ada remnya. Baik rem tangan dan rem kaki, emang sengaja gak gue pake. Jadi ceritanya itu sepeda dulu pernah rusak terus ampe sekarang sudah hampir 5-6 tahun gak pernah gue betulin. Dan jadilah seperti sekarang, sepeda yang gak ada remnya.

Semuanya baik-baik aja sampai Bokap gue tau kalau sepeda yang biasa gue pake itu gak ada remnya.  Langsung deh gue kena omel habis-habisan, "gimana kalau nabrak? gimana kalau ditabrak? dan gimana-gimana yang lainnya.

Dibanding diomelin terus akhirnya gue niatin buat beli sepeda baru. Di luar tabungan rutin gue, setiap bulan gue selalu menyisihkan sedikit uang buat kesenangan. Awalnya gue mau beli Playstation 3 tapi gue mikir juga, gue dan Kakak kan sering gak ada di rumah, rasanya percuma kalau beli gak ada yang mainin.

Dibanding habis buat hal yang gak berguna akhirnya gue mutusin buat beli sepeda baru aja. Gue bakal cari sepeda dengan tongkrongan yang yahud dan yang penting ada remnya biar Bokap gak ngomel terus, hehehe.

Ngomongin sedikit soal sepeda federal gue, ini sepeda sebenarnya bisa dibilang jadi saksi bisu buat hari-hari yang gue lalui.

Dari banyak cerita, ada cerita yang sampai sekarang masih gue inget tentang ini sepeda. Sudah lama sih ceritanya.

Waktu masih SMP, salah satu pelajaran yang paling gue takutin adalah Seni Musik. Hidup gue sudah mulai gak tenang kalau bakalan ada test nyanyi secara individu di depan teman sekelas.

Bukan apa-apa, gue itu paling gak bisa nyanyi. Udah gak bisa nyanyi, terus harus nyanyi di depan kelas, lagunya harus pake bahasa Inggris ditambah lagi harus pake gerakkan pula.

Test nyanyi individu + pake gerakkan + lagu berbahasa Inggris = Harakiri

Saat itu, test nyanyi bakalan diadakan di hari Selasa pagi. Seminggu sebelumnya memang sudah diumumkan bakalan ada test nyanyi dan selama seminggu itu hidup gue bener-bener gak tenang.

Makan jadi gak nafsu. Ayam goreng yang biasanya gue doyan, sama sekali gak gue lirik. Kartun Ninja Hattori atau kartun P-Man yang tiap sore gue tonton, sama sekali gak gue tonton.

Gue stress mikirin itu test nyanyi! Gue mau nyanyi lagu apaan coba? Nyanyi lagu bahasa Indonesia aja gak lulus, sekarang suruh nyanyi lagu Bahasa Inggris. Nyanyi lagu Princes Barbie? Lagu Twinkle-Twinkle Little Star?

Nyokap dan Kakak gue selama itu langsung ngasih kursus kilat buat gue. Nyokap dan kakak gue suaranya lumayan yahud lah, gak seancur gue dan bokap.

Kakak gue sampai beli buku "Teknik Menyanyi yang baik dan benar", dia ngomong "suara nya jangan ditahan biarin mengalir aja de"

Mengalir-mengalir pale lu! Udah gue biarin mengalir tetep aja hasilnya jeprut. Sial

Akhirnya hari yang sangat gue takutkan itu datang juga. Gue pengen banget akting pura-pura sakit ke Nyokap tapi karena gue gak pernah bisa boong ke Nyokap akhirnya gue batalin rencana itu,

Biasanya gue dianter bokap ke sekolah atau kadang-kadang naik Bus DAMRI tergantung mood tapi khusus buat hari itu, gue lebih milih naek sepeda. Rencana awalnya gue mau dateng sengaja ditelat-telatin biar telat. Terus kalau telat kan disuruh pulang?

Cerdas gak tuh ide gue? Cerdas dong!

Gue masuk itu jam 06:45. Gue sengaja ngulur-ngulur waktu berangkat jam 06: 20, sengaja gue pepetin banget waktunya. Waktu berangkat Nyokap gue sambil peluk dan cium gue ngomong "Inget jangan liatin temen, nyanyi dari hati"

Benar-benar sebuah petuah bijak. Mau gue gak liatin muka temen juga, mau nyanyi dari hati juga tetep aja hasilnya pasti sama -______-

Sambil siul-siul, gue mulai ngayuh sepeda. Musibah itu datang, saat setengah perjalanan tiba-tiba ada motor penjual roti yang ngebut banget. Selain ngebut dia juga selap-selip motor lain mungkin karena dia telat harus nganterin roti.

Gue yang gak tau apa-apa, lagi santai ngayuh sepeda tiba-tiba ditabrak dari arah belakang. Bunyinya kenceng banget, yang gue inget, saat itu gue terpelanting ke depan.

Waktu SMP gue itu gendut banget loh, pipi tembem, paha besar, dan perut kayak bakso goreng. Dari  perumpamaan itu lu bayangin gue kehempas ke udara.

Bener-bener mirip basreng mau dicemplungin ke kuah bakso.

Gue melayang di udara dan sedetik kemudian gue jatuh ke aspal. Gue malah berdoa, semoga gue pingsan-semoga gue pingsan!

Pingsan biar gue gak usah ke sekolah dan GAK USAH test nyanyi tapi gue gak pingsan. Sesaat gue jatuh, gue langsung raba-raba muka, takut muka mulus gue rusak karena gesekkan aspal #ehem

Orang-orang langsung ngehampirin gue, gue cek badan, muka, kaki, tangan sama sekali gak ada luka, lecet pun gak. Keluhan gue cuma satu, pantat gue agak kram karena sedikit ketarik

Ada seorang Bapak sok tau yang ngomong "Ini pasti luka dalam. Bahaya ini, bahaya harus diperiksa. Umurnya gak akan panjang nih anak" Ngedenger gitu gue jadi keringet dingin juga, apa bener gue kena luka dalam? Yang gue tau, orang yang kena luka dalam itu biasanya umurnya gak akan panjang

Hey, gue masih umur 14 tahun, masih doyan nonton kartun, masih doyan ngoleksi mainan dari McDonalds terus umur gue gak akan panjang gitu? Sumpah, jadi keder gue.

Tapi kayaknya itu Bapa salah, soalnya gue ngerasa baik-baik aja, nafas masih teratur dan gak ada keluhan selain dari pantat gue yang ketarik itu. Si tukang kue yang nabrak itu mukanya gue perhatiin jadi pucet juga, kalau bisa ngomong ya guys, muka dia tuh kayak mau ngomong gini:

"Aduh ngimpi apa gue semalem ya. Udah jualan roti lagi sepi eh gue malah nabrak anak biawak segala"

Setelah berunding, akhirnya si penabrak harus nganterin gue ke sekolah. SIM dan STNK dia dipegang gue dan gue berangkat naik taxi ke sekolah. Sepeda malang gue dititipin di pos satpam yang ada disana.

Kalau gue jahat, harusnya gue ancem tuh tukang roti "Mas, mau diperpanjang masalahnya? Kalau gak mau, anda harus nganterin roti abon dan roti keju setiap pagi ke rumah saya ya!"

Sesampainya di sekolah, si tukang roti nemuin guru gue. Sumpah ya sob, gue itu sebenarnya udah gak kenapa-napa, sakitnya udah gak kerasa sama sekali tapi GUE INGET kalau hari ini adalah test nyanyi. Gue harus akting kalau gue lagi nahan kesakitan yang sangat.

Gue pura-pura duduk di lantai sambil bersandar ke lemari. Muka gue menunjukkan rasa sakit yang sangat, di satu sisi guru gue lagi ngobrol ama si penabrak.

Saat itu yang ada di harapan gue, si Ibu bakalan nyamperin gue dan ngomong gini "Sani, kayaknya kamu istirahat dulu di Ruang UKS ya. Ibu gak tega liat kamu nanti Ibu telpon orang tua kamu agar kamu dijemput"

Semoga ya Tuhan, Semoga ya Allah. Amin.

Gak berapa lama si Ibu datang menghampiri gue. Mukanya tidak menunjukkan rasa iba, apa mungkin dia gak terpedaya dengan akting gue ya? Apa kualitas akting gue terlalu pas-pasan gitu ya? Dia ngehampirin gue sambil ngomong "Sani, kamu sekarang masuk kelas dulu. Nanti kalau kamu gak kuat, kamu boleh ijin istirahat ke ruang UKS"

"Tapi bu, kata orang-orang saya kena penyakit dalam akibat benturan tadi. Saya belum boleh banyak bergerak" kata gue beralibi sambil nunjukkin muka iba.

"Iya tapi Ibu liatnya kamu gak apa-apa kok. Kamu masuk kelas dulu nanti kalau sudah gak kuat kamu ijin istirahat"

Mampus, mana jam pertama gue itu adalah seni musik lagi. Sambil mengutuk dalam hati gue masuk kelas. Gue cerita ke temen sekelas kalau gue baru kecelakaan dan GILANYA gak ada yang percaya kalau gue habis kecelakaan.

Dan, endingnya seperti yang pernah gue ceritain sebelumnya, akhirnya gue dapat giliran test nyanyi di depan kelas dan dapat nilai yang "sangat bagus".

Sekarang gue sudah berada di depan toko sepeda Bike Colony, lagi liat-liat sepeda yang mau gue beli. Harganya mahal-mahal, ada sepeda yang seharga kamera gue bahkan ada sepeda yang harganya lebih mahal dibanding motor gue.

Rencana awalnya gue mau beli sepeda yang harganya tengah-tengah, gak mahal dan gak murah, sesuai kondisi keuangan gue.

"Jadi mau yang ini" kata seorang karyawan sambil nunjuk sepeda pilihan gue

"Hm, bentar ya mas. Saya keluar dulu bentar" kata gue ragu-ragu

Entah mengapa, sekarang gue malah ada perasaan ragu-ragu buat beli. Gue duduk bentar di depan toko sambil mandangin sepeda federal gue. Terlalu banyak cerita dari sepeda ini, sangat banyak sekali malah.

Pikiran gue mulai melayang-layang hingga berhenti di banyak titik, entah kenapa gue malah jadi keinget waktu pertama kali ketemu si doi. Iya ya, gue kan lagi naik sepeda ini sedangkan dia lagi mau nyebrang mau bantuin tante jualan di SMP. Gue jadi senyum-senyum kalau inget kejadian itu.

Ah, kayaknya gue gak jadi beli sepeda baru deh. Toh sepeda ini juga masih ok, tinggal dibetulin sedikit remnya. 

Gue beranjak dari pelataran toko, pasang earphone di telinga dan mulai mengayuh sepeda....

Jam sudah menujukkan pukul 8 malam, waktunya gue buat pulang.......

Tidak ada komentar: