Rabu, 20 Agustus 2014

Always Believe

Gak ada angin, gak ada hujan, gak ada kode apa-apa, tiba-tiba Nyokap gue nelpon. Aneh karena sebenarnya sih cukup jarang Nyokap nelpon gue, biasanya sih cuma sms doang.

Waktu Nyokap nelpon, gue inget banget gue tuh lagi di Mediterania. Rencanya sih gue mau menghabiskan malam itu dengan maen basket dengan teman gue yang lain.

"De, lagi dimana" tanya Nyokap gue dari ujung telpon.

Suaranya bergetar kayak lagi memendam suatu masalah. Gue yakin banget saat itu ada yang gak beres nih ama Nyokap gue.

"Ini Ma, lagi mau basket. Aku gak lagi aneh-aneh kok" jawab gue meyakinkan Nyokap gue kalau gue emang beneran lagi maen basket

"Tadi Mama baru pulang dari Rumah Sakit, habis dicek di lab, mama kena tumor rahim. Doain ya De" kata Nyokap sambil nangis

Duarrrr, ngedengar Nyokap gue kena tumor rahim yang gue rasain saat itu adalah kiamat lebih cepet dateng buat gue. Ngedenger kata tumor aja gue udah merinding, ini ditambahin tumor rahim.

Mood gue buat maen basket langsung hilang. Gue kalut, keringet dingin langsung membasahi tubuh gue, pikiran gue udah menerawang kemana-mana. Satu pertanyaan yang ada di otak gue adalah kalau udah kena tumor kayak gini, apa Nyokap gue bisa sembuh kayak dulu lagi?

"Bro, lu main duluan aja ya, gue ke food court bentar" kata gue ke temen yang udah nungguin gue dari tadi.

Gue mencoba buat menenangkan diri di food court, sungguh sama sekali gak ada nafsu buat makan dan minum.

Di tengah kekalutan yang luar biasa itu, tiba-tiba ponsel gue berbunyi dan ternyata kakak gue yang telpon. Dari nada suaranya gue tau dia sama paniknya kayak gue tapi hebatnya adalah dalam kepanikkan yang luar biasa itu dia sudah dapet info soal rumah sakit dan dokter terbaik buat operasi tumor.

Sempet ada perdebatan sedikit antara gue dan kakak, gue pengen Nyokap gue dioperasi di Jakarta (karena menurut gue lebih meyakinkan), Kakak gue pengen Nyokap gue dioperasi di Bandung dengan alasan biar dekat dengan familly dan teman-teman Gereja.

Akhir dari obrolan singkat antara kakak dan gue di ujung telpon adalah Minggu depan Nyokap harus segera operasi karena tumornya sudah terlalu besar dan soal biaya ditanggung oleh kita berdua

Puji Tuhan, gue dan kakak masing-masing sudah punya penghasilan sendiri dan menurut itung-itungan kita, cukuplah buat meng-cover semua biaya yang kelak akan dikeluarkan saat Nyokap dirawat.

Jujur, gue tegang ngedengar kata operasi. Sebagai seorang anak, tentu ada kekhawatiran kalau operasi ternyata tidak berjalan dengan mulus tetapi menurut dokter yang menangani Nyokap, operasi adalah satu-satunya langkah yang harus dilakukan agar Nyokap gue terbebas dari tumor.

Beberapa hari sebelum operasi, gue pengen nyenengin hati Nyokap. Gue ajak dia ke SOGO karena Nyokap gue dari dulu bilang pengen kesana. Ada sedikit penyesalan dari hati gue, kenapa saat Nyokap gue sakit baru gue ajak kesini, kenapa gak dari dulu coba? Duh...

Gue ngebebasin Nyokap gue buat beli baju yang dia mau. Perjanjiannya adalah baju itu baru boleh dipake kalau Nyokap sudah benar-benar sembuh. Ngedenger gue ngomong gitu, Nyokap jadi terharu dan milih 1 baju yang menurut dia cocok buat dia pake,

Pulangnya gue ajak makan steak di resto kesukaan Nyokap. Apapun akan gue lakuin biar Nyokap bisa senang lagi dan gak tegang ketika dioperasi nanti.

H-1 sebelum operasi. Nyokap gue sudah silahturahmi dengan tetangga, jemaat Gereja dan mohon doa agar operasi nanti berjalan lancar. Gue sedih ngeliat moment ini apalagi ngeliat tetangga ada yang nangis seolah ini adalah perjumpaan terakhir dengan Nyokap.

Dokter menganjurkan agar Nyokap gue sudah menginap di Rumah Sakit 1 hari sebelum menjalani operasi. Malam ini adalah malam terahkir buat Nyokap di rumah karena besok pagi langsung ke Rumah Sakit.

Hebatnya dia masih sempet-sempetnya beresin rumah bahkan nyiapin sayur buat gue, kakak, dan bokap buat makan pagi.

Permintaan Nyokap gue sebelum menjalani operasi adalah minta didampingi oleh Pendeta dari Gereja gue. Terima kasih sebesar-besarnya juga Ibu Pendeta Mey Lan yang sudah rela subuh-subuh datang ke Rumah Sakit buat ngedoain dan nungguin Nyokap gue.

Saat Nyokap gue dioperasi, gue udah minta ijin ke semua kalau gue gak akan datang ke rumah sakit. Mereka semua sudah paham, kalau gue bukan orang yang suka suasana rumah sakit dan gue juga gak cukup nyali buat ngedengerin (kalau ada) kabar buruk dari dokter.

Selama Nyokap gue di operasi, gue lebih milih nunggu di rumah. Gue gak tenang, mondar-mandir dan diselingi dengan berdoa. Gue gak fokus ngerjain apapun karena gue takut ada something trouble yang menimpa Nyokap gue.

Setelah lama menunggu, ponsel gue berdering. Yang nelpon ternyata adalah Ibu Pendeta dan dia ngabarin kalau operasi berjalan lancar dan baik. Tak henti-hentinya dia juga bilang "Puji Tuhan, Puji Tuhan"

Ngedenger berita itu, gue langsung meluncur ke Rumah Sakit. Disana sudah ada kakak, bokap, familly dan beberapa jemaat dari Gereja gue. Muka kakak gue gak bisa diboongin, gue tau banget dia lagi panik banget tetapi berusaha untuk ditutupi.

Menurut Dokter, Nyokap gue setidaknya harus stay 3-5 hari di RS sebelum bisa dibawa pulang. Karena kakak gue ada pekerjaan yang benar-benar gak bisa ditinggalkan dan harus pergi ke Bali hari itu juga, tugas jaga akhirnya dibagi antara gue dan bokap.

Satu yang gue suka dari ngejagain Nyokap adalah tamu yang datang ngejenguk silih berganti dan tiap dateng pasti aja ngebawain makanan yang enak-enak. Karena Nyokap gue belum boleh makan yang aneh-aneh, jadi tugas buat ngabisin makanan adalah tugas (ehem) gue.

Nyokap gue lebih banyak tidur dan belum boleh banyak bergerak karena masih terasa nyeri. Ngeliat wajah Nyokap gue, ada sedikit penyesalan dari gue. Ah, terkadang gue lupa ngebahagiain Ibu gue sendiri. Gue malah lebih sering berusaha ngebahagiain orang lain tapi terkadang lupa ngebuat Nyokap gue bahagia :(

Banyak sisi baik yang gue dapet dari nemenin Nyokap gue ketika sedang dirawat di Rumah Sakit, salah satunya adalah hobby lama gue yaitu baca buku. Dulu, sebelum gue sibuk kayak sekarang, kalau ada waktu senggang gue pasti baca buku. Jelek-jelek gini gue tuh hobbynya baca buku sastra loh terutama Kahlil Gibran.

Sambil nemenin Nyokap gue, gue ngabisin baca buku "Through The Looking Glass" karya Lewis Carroll. Buku bagus, bener apa kata temen gue si Natalia yang minjemin buku ini, kita gak akan bisa berhenti baca buku ini karena dibuat penasaran dengan ending buku ini.

Sambil baca buku, gue biasanya dengerin lagu di iPod. Kebetulan lagu di IPod gue ini isinya lagu Gereja semua,

Tak terbatas kuasaMu Tuhan
Semua telah Kau lakukan
Apa yang keliatan mustahil keliatan bagiku"
Itu sangat mungkin bagiMu

Ah, gak kerasa air mata gue menetes. Ngedenger lagu ini, gue kembali merasa dikuatkan dan keyakinan gue kembali tumbuh kalau setelah keluar dari RS, Nyokap gue gak akan pernah balik lagi ke tempat ini.

Kadang, kalau gue lagi jenuh baca buku, gue suka baca-baca sms lama gue. Gue adalah type orang yang suka nyimpem sms dan jarang banget gue hapus kecuali kalau gak penting dan sudah terlalu lama.

Dari sekian banyak sms, ada sms tanggal 29 Mei 2007 dari orang yang pernah sangat gue sayang, isinya singkat "Do you believe in miracles?".

Gue masih inget banget, balesan sms yang gue kirim, saat itu gue jawab "Always Believe"

Yes, seperti sekarang juga gue selalu percaya kalau Nyokap gue bakalan sembuh seperti dahulu dan gak perlu menjalani operasi lagi. Gue percaya semua akan baik-baik saja setelah ini.

Gue perhatiin wajah Nyokap gue yang lagi tidur, ah walaupun gue sering ngecewain Nyokap gue, biar kita sering beda pendapat, sering adu argument, dan masing-masing keras kepala tetapi dari hati kecil gue yang paling dalam, seperti kalian semua tentunya, gue juga sayang banget ama Nyokap gue.

Apapun yang gue lakuin dan gue kerjakkan pasti untuk kebaikkan beliau. Ngeliat dia bahagia tentu itu adalah hal terbaik dalam hidup gue.
 
Setelah seminggu lebih dirawat di Rumah Sakit, Nyokap gue sudah diperbolehkan pulang. Menurut Dokter yang memeriksa kondisi Nyokap, kondisi dia sudah berangsur membaik dan gak boleh terlalu capek.

Sebelum pulang, suster cantik yang ngejaga Nyokap minta Nyokap gue nulis testimonial di kertas tentang pelayanan di Rumah Sakit ini dan Nyokap nyuruh gue yang nulis, gue tulis terima kasih untuk dokter dan suster yang sudah ngerawat, gue juga tambahin kalimat-kalimat penyemangat buat orang yang masih sakit disini:

"Sesuatu yg BAIK datang bagi mereka yg PERCAYA. Sesuatu yg LEBIH BAIK datang bagi mereka yg BERSABAR. Sesuatu yg TERBAIK pasti datang bagi mereka yg TIDAK PERNAH MENYERAH karena Tuhan selalu punya hadiah untukmu. Sebuah cahaya untuk kegelapan. Sebuah rencana untuk hari esok. Sebuah jalan keluar untuk masalah & sebuah kebahagiaan untuk kesedihan dan jangan lupa
Tuhan memberi pelangi di setiap tetesan air mata, alunan merdu di setiap helaan nafas, berkah di setiap cobaan & jawaban indah di setiap doa. Cepat sembuh, tetap berdoa, and Always Believe" Sani and Familly

Beberapa hari setelah Nyokap gue pulang dari Rumah Sakit, ponsel gue kembali berdering. Disaat Nyokap gue nelpon, gue lagi ada di ujung Pulau Jawa sedang ikut Event Bersepeda yang diselenggarakan oleh KG.



Keringat dingin menetes di kepala gue, gue takut Nyokap gue kenapa-napa lagi.

"Iya Ma" tanya gue

"De, jangan lupa dimakan bakpaunya, kalau kelamaan nanti bau" 

Ah, ternyata Nyokap gue sudah kembali seperti dulu :) :) :)

NB: Thanks buat teman-teman yang sudah datang menjenguk, buat Sabrina, Natalia, Bu Hesty (eh Kakak Hesty maksudnya, peace), Diana, Yanne, Stefanie, Ibu Pendeta Mey Lan, dan semuanya yang sudah datang menjenguk. Makasih buat kue-kuenya dan makasih buat doa yang menguatkan

Tidak ada komentar: