Selasa, 13 Januari 2015

Interview Kerja

Belum lama ini, gue ada janji makan siang ama temen gue yang kerja sebagai seorang HRD di sebuah perusahaan besar.

Waktu gue mampir ke kantor doi, gue perhatiin lagi banyak orang yang nunggu panggilan buat interview kerja.

Reaksinya beragam. Ada yang tenang, ada yang gelisah, ada yang main hp. Beragam reaksi gue perhatiin dari para job hunter ini.

Entah kenapa, gara-gara liat para job hunter ini, ingatan gue jadi kembali lagi ke kejadian tahun 2009 silam. Gak semua orang tau sih tentang cerita ini.

Gak ada angin, gak ada badai, tanggal 13 January 2009 tiba-tiba gue disuruh Bokap dateng ke sebuah perusahaan di Jalan Surya Sumantri Bandung. Bokap gue bilang ada temennya yang ngerekomendasiin gue buat test kerja disana.

Serius gue bingung banget, bingung dalam artian kenapa gue yang direkomendasiin buat test kerja disana. Emang gue pernah ketemu langsung ama temen Bokap gue itu tapi itu pun gak lama. Paling sekitar 10-15 menit aja kita ngobrol-ngobrol.

Nah katanya dari ngobrol-ngobrol 15 menit itu, temen Bokap gue ngerasa cocok dengan gue dan menganggap gue layak buat kerja di perusahaan itu.

Begitu Bokap nyuruh gue dateng, saat itu juga langsung gue tolak. Bukannya sombong tapi jujur gue baik-baik saja saat itu. Dalam artian gue sudah punya job sendiri (meski belum terikat dan tetap).

Pas gue tanya itu Perusahaan apa, Bokap gak bisa kasih penjelasan yang memuaskan hati gue. Dia cuma ngomong "kalau gak salah sih perusahaan listrik".

Perusahaan listrik? Ini juga masih ditambahin kalimat "kalau gak salah". Gimana coba kalau gue dateng gak taunya perusahaan pupuk?

Dan lagi kalau emang ini beneran perusahaan listrik, jelas gue angkat tangan. Sepanjang hidup gue, gue sama sekali gak punya pengalaman di dunia per-listrik-kan.

Satu-satunya pekerjaan yang pernah gue lakukan (yang berhubungan dengan listrik) adalah setiap Bokap gue nyedoit air ledeng tiap malam, gue bertugas buat nyolokkin kabel.

"De, colokkin kabel yang warna hitam!"

"De, cabut kabel warna hitam ganti kabel warna putih"

Itu adalah 'pengalaman' kerja gue yang berhubungan dengan listrik. Selebihnya gue 'angkat tangan'.

Ternyata penolakkan gue berbuntut panjang. Nyokap dan Bokap gue saat itu terlihat kecewa dengan gue. Kita sempat adu argumen dengan tensi tinggi.

Gue tetep teguh dengan keputusan gue, gue gak mau dateng buat wawancara kerja di tgl 15 January 2009 tersebut.

Sorenya Kakak gue kirim sms ke gue yang intinya meminta supaya gue tetep dateng buat interview kerja. Dia bilang supaya gue mencoba dulu, soal keterima atau gak urusan belakangan dan bisa diomongin lagi.

Bahkan Kakak gue menawarkan diri buat ngebuatin gue CV (Curriculum Vitae) sebagai salah satu syarat buat melamar kerja. Jujur, gue gak pernah punya CV karena sama sekali gak pernah melamar pekerjaan kemanapun.

Karena bujukkan dari Kakak akhirnya gue luluh juga. Gue mengiyakan untuk datang ke kantor tersebut buat melakukan interview kerja.

Gue sama sekali gak melakukan persiapan apapun untuk interview kerja pertama gue itu. Gue lebih berpikir bagaimana caranya gue 'menamatkan' hari itu (hari dimana gue interview) secepat mungkin. Gue gak peduli mau diterima atau gak.

Akhirnya hari itu pun tiba. Mungkin karena terlalu antusias Nyokap gue setrikain banyak baju buat gue. Gak ketinggalan gue ampe dibawain bekel buat makan siang nanti. Sebelum berangkat, gue didoain supaya interview gue berjalan lancar.

*weleh-weleh*

Gue diantar oleh Bokap ke kantor tersebut, jaraknya sih lumayan jauh dari Rumah gue sekitar 30 menitan. Sesampainya disana, gue disambut oleh seorang resepsionis cantik.

Gue utarakan tujuan gue kesini dan (oleh temen Bokap yang ngerekemondasiin gue) gue disuruh nyari orang yang namanya Bapak Tony. Kebetulan saat gue datang, Bapak Tony tersebut lagi keluar jadi gue disuruh nunggu.

Sambil menunggu, gue ajak ngobrol si Mbak Resepsionis cantik dan dari dia, gue baru tau kalau ini adalah perusahaan baru dan benar ini adalah perusahaan listrik.

Pantes aja pas gue cari info di internet tentang perusahaan ini, mimim banget info yang gue dapet.

30 Menit menunggu akhirnya Bapak Tony datang. Begitu liat gue dia bilang "Ini yang namanya Stefanus ya?" sambil ngajak gue ke sebuah ruangan.

Di ruangan itu gue disuruh duduk dan segera menjalani test tertulis. Disaat begini kemampuan mengarang bebas gue benar-benar diperlukan.

Seperti yang gue bilang tadi, gue sama sekali buta tentang perusahaan ini. Yang gue tau, ini cuma perusahaan listrik bahkan namanya juga gue gak hafal-hafal -_-

"Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini"

"Ceritakan tentang diri anda"

"Apa saja kekurangan diri anda"

"Berapa gaji yang anda inginkan?"

Buat ngerjain soal-soal itu, gue bener-bener mengarang bebas. Untuk pertanyaan "Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini", gue tulis "Perusahaan ini adalah perusahaan listrik yang sedang berkembang untuk menjadi lebih baik lagi"

Benar-benar jawaban anak SD

Setelah beres test tertulis, test ternyata langsung berlanjut ke test  wawancara. Dan yang mewawancarai gue adalah si Pak Tony itu.

Dan lu tau saat itu gue rasanya lebih milih diserap oleh black hole di luar angkasa karena Pak Tony baca ulang semua jawaban gue persis di depan gue.

Saat itu gue bener-bener mati gaya dan tidak berkutik. Pak Tony juga beberapa kali nyuruh gue menceritakan tentang diri gue, tentang pekerjaan yang gue lakukan selama ini.

Gue ceritain apa-adanya tentang diri gue. Setelah rangkaian test yang menguras tenaga itu selesai, akhirnya gue diizinkan pulang dan jika gue diterima kerja disana gue akan dihubungi lagi (gue malah sama sekali berharap gak diterima kerja disitu)

Perasaan gue saat itu bener-bener lega, beban batok kelapa di punggung gue mendadak lenyap. Yang ada di pikiran gue saat itu, gue pengen cepet-cepet tidur dan kembali ke kegiatan gue seperti biasa.

Tgl 20 January 2009 (gue inget banget tanggalnya karena bertepatan dengan ulang tahun pacar saat itu), gue mendapat ditelpon dan LU PERCAYA GAK, gue diterima kerja di perusahaan itu.

Gue bener-bener shock ampe bingung, kok bisa-bisanya gue diterima kerja? Gue yakin pasti ada orang yang pendidikannya lebih tinggi dari gue yang interview disana tapi kenapa malah gue yang diterima?

Begitu gue ngabarin ke Nyokap, Bokap, dan Kakak semuanya langsung bahagia dan senang. Gue disuruh kerja mulai tgl 23 January dan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan akan dijelaskan langsung ke gue di tanggal tersebut.

Nah, saat itu gue jadi bener-bener bingung. Gue berpendapat orang kerja itu tentu butuh kenyamanan untuk menyalurkan minat + bakat dan sesuai passion yang dia punya.

Sedangkan gue bakalan bekerja di perusahaan listrik yang namanya aja gak gue hafal-hafal. Orang bilang kalau kita belajar pasti kita bakalan bisa.

Tapi menurut gue, cuma diri kita sendiri yang bisa mengukur limit yang kita punya dan gue pikir gue gak bakalan enjoy kerja disana.

Kembali terjadi perdebatan antara Nyokap + Bokap dengan gue. Mereka minta supaya gue kerja disana dan untuk kali ini keputusan gue sudah gak bisa diganggu gugat lagi, gue tetap mau fokus dengan pekerjaan gue yang sekarang. Gue percaya semua hal itu butuh proses, apa yang gue lakukan di tahun itu pasti akan berbuah kelak.

"Mom, Everything's gonna be ok. Just Believe Me!" kata gue

Dalam hidup gue, mungkin baru itu sekali-kalinya gue ngomong pake bahasa Inggris ke Nyokap gue. Sengaja gue ngomong pake bahasa Inggris biar Nyokap gue diem dan gak berdebat lagi dengan gue karena gue tahu Nyokap gue gak bakalan ngerti ama apa yang gue omogin. Hahaha

Dan seperti apa yang gue omongin ke Nyokap di tahun 2009 silam, gue baik-baik saja sampai sekarang. Bersyukur ke Tuhan, gue punya kerjaan yang sesuai dengan passion gue.

Orang bilang pekerjaan yang menyenangkan adalah hobby yang dibayar dan itulah yang gue kerjakan sekarang. Semua hal yang gue lakukan sekarang, semuanya berasal dari hobby dan minat gue.

Pengalaman interview kerja gue di tahun 2009 itu mungkin akan menjadi pengalaman pertama dan terakhir buat gue. Perusahaan listrik itu sendiri kabarnya sekarang sudah tutup dan kantornya sudah berganti fungsi jadi show room mobil.

Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Bisa jadi kamu rasakan dalam semenit, sejam, sehari atau setahun. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya.

Tetap semangat :)

Tidak ada komentar: