Rabu, 03 Agustus 2016

Sekedar Menyapa

Hello, rasanya sudah lama sekali tidak menyapa kalian para pembaca, huehuehue. Jadi gini, belakangan ini kesibukkan gua lagi lumayan bertambah. Capek jelas tapi kalau liat hasilnya ya puji syukur ke Tuhan Yesus.

Selain masih sibuk ngurusin Clobberin Store dan terlibat di Project Novel Lupus Reborn + nulis di VIVA.co.id, gue kemaren direkomendasikan buat jadi scriptwriter untuk acara Natal gabungan seluruh Gereja Sidang Pantekosta Di Indonesia (GSPDI) di Jawa Barat. Kebetulan saat Natal tahun kemaren, gua yang bikin naskah buat pementasan drama di Gereja gue dan (katanya) banyak yang suka padahal gue sendiri gak dateng pas acara Natal karena lagi ada di Jakarta.


Begitu gue ngedenger kalau gue direkomendasikan ke Pusat buat nulis script yang ada di pikiran gua adalah gue harus bikin naskah yang asli keren dengan ending yang penuh twist seperti film Mulholand Drive atau film Memento. Gimana kalau gua bikin drama thriller tentang kasus penculikkan di Gereja dan ternyata pelaku penculikkan adalah orang yang selama ini tidak kita sadari. Keren gak?

Tapi berhubung gua yakin ide gue itu bakalan ditolak mentah-mentah, gue kepikiran bikin yang simple tapi kaya akan makna. Temanya sih katanya tentang 'leadership' (kepemimpinan). Kalau misalnya gue bikin cerita tentang diri gue sendiri yang dicintai oleh rakyatnya karena kepemimpinan gue yang mumpuni menurut kalian gimana? Terus berhubung pemaennya banyak yang cakep-cakep, mereka bakalan gue jadiin selir atau pendamping gue di drama terus cowok yang gue anggep nyebelin gue kasih peran pesuruh.

Waktu gue SMA ada temen gue yang katanya artis sinetron. Jadi, dalam 1 Minggu dia pasti ijin sekolah selama 3 harian dan kalau ditanya alasannya kenapa dia bilang harus syuting. Waktu dia ngomong gitu, gue ngerasa bangga bener. Bangga punya temen artis yang maen sinetron (katanya sih rating sinetronnya lumayan bagus). Saking penasarannya, gue relain nungguin Sinetron dia yang tayang jam 10 Malam di channel ikan terbang.

Gue duduk manis dan mulai promosi ke kakak dan Nyokap. Bilang kalau temen sekelas gue maen sinetron bareng si Roger Danuarta. Sinetron pun dimulai dan jalan hampir 20 menit, temen gue itu belum juga nongol-nongol.

"De, yakin gak lu dia main di sinetron ini?" tanya Kakak gue yang mulai rada sangsi.

"Iya bener, yakin gua"

Gak lama setelah gua ngomong gitu, akhirnya yang ditunggu-tunggu dateng juga. Jadi ada satu adegan si bos gangster mau ngegebukkin si Roger Danuarta. Si bos gangster datang ke bar bareng 3 anak buahnya dan salah satu anak buahnya itu temen gua yang dicap artis itu.

"Ayo kita serang mereka" kata si Bos Gangster

"Ok Bos" kata temen gue sambil ngangguk-ngangguk

Dan ironisnya dalam 1 jam tayangan sinetron itu, temen gue cuma nongol sekali dan cuma kebagian ngomong "Ok Bos" doang. Ya Alloh -_-

Belajar dari temen gua ini, kelak kalau gua jadi bikin script buat naskah drama itu, orang-orang yang gua anggap nyebelin bakalan gue kasih peran pesuruh kayak temen SMA gua itu. Gue kasih 1-2 kalimat semisal "Tuhan, ampuni dosa-dosaku" atau "Tuhan, aku adalah manusia penuh laknat, mohon pengampunan-MU akan dosa-dosaku". Sempurna bukan?

*Niat Busuk*, huehue...

Btw, jangan dianggap serius ya omongan gue tadi karena gue cuma bercanda doang. Satu yang pasti gua gak bakalan mau tampil dan buat yang sudah kenal ama gue pasti tahu banget kalau gue bukan orang yang suka tampil di depan umum dan lebih suka ngumpet di balik layar.

Selain menulis, gue sekarang masih sibuk dengan Clobberin Store. Omzet Clobberin Store belakangan ini lagi meningkat tajam sejak gue mulai aktif nulis di WWE Indonesia.




WWE Indonesia adalah salah satu fanpage WWE terbesar di Indonesia (dengan jumlah member yang mencapai 18.000). Salah satu pendiri fanpage WWE Indonesia, nawarin gue buat jadi salah satu admin disana (tanpa dibayar) karena dia ngeliat gue sering nulis tentang WWE (di akun Clobberin Store). Gue mengiyakan tawaran tersebut dan gue juga minta ijin buat ngiklan disana. Dia OK dan sejak 1 bulan kemarin gue sudah aktif menulis di WWE Indonesia. Gue biasanya bikin artikel panjang tentang cerita-cerita undercover di WWE yang jarang dibahas dan ternyata banyak banget yang suka bahkan sampai banyak yang PM ke gue minta gue lebih sering nulis. Gue sebenarnya membatasi dalam 1 Minggu bakalan nulis 2 artikel saja karena gue juga punya kerjaan lain tapi berhubung banyak yang suka, gue bakalan bikin 4 artikel setiap Minggunya tapi itu pun hanya bisa Malam karena Pagi dan Siangnya gue sibuk di jalan.

Sejak gua jadi Admin disana, orderan makin melesat. Biasanya sebulan gua bisa ngejual 200 pcs tees dan sejak jadi admin melesat bisa 300 pcs dalam sebulan. Paling keren waktu lebaran kemaren, orderan banyak bener sampai-sampai gue yang niatnya Off dulu malah jadi On terus. Puji Tuhan...

Salah satu temen gue yang juga punya usaha (dia bisnis sepatu) pernah ngomong ke gue kalau pentingnya promosi dalam mejalankan sebuah usaha. Gue setuju tapi sayangnya menurut gua, dia itu terlalu over dalam berpromosi. Hampir semua Media Promosi dia pake (dan tentunya harus pake modal yang gak sedikit) dan sayangnya itu kurang efektif. Ketika terakhir gue ngobrol ama dia, dia cerita kalau dia sudah habisin uang puluhan juta buat promosi tetapi penjualan belum sesuai seperti yang diharapkan.

Bukannya gue menggurui karena gue juga masih belajar, orang terkadang terlalu jor-joran dalam berpromosi. Promosi boleh tetapi kalau tidak kena target sungguh amat sangat disayangkan sekali ya. Cara paling efektif untuk berpromosi adalah merangkul komunitas untuk membidik pangsa pasar yang tepat. Jujur aja, gue belum pernah mengeluarkan uang sepeser pun buat mempromosikan Clobberin Store tetapi penjualan tetap stabil karena banyak cara efektif untuk mempromosikan usaha tanpa keluar biaya (kapan-kapan gue tulis disini).

Jangan lupa juga memulai usaha buat kalian yang masih muda. Dibanding kamu ngabisin uang buat jalan-jalan or hura-hura mending uang kamu bisa dipakai buat memulai usaha kecil-kecilan. Segala sesuatu yang besar selalu dimulai dari kecil jadi jangan pernah berhenti buat mencoba.

May the force be with you :)

Tidak ada komentar: