Selasa, 27 Juni 2017

Angan, Harapan, dan Kenyataan

Kalau kamu baca postingan gua di kurun waktu tahun 2009-2012, hampir semua postingan itu gua tulis di food court salah satu Mall yang letaknya gak terlalu jauh dari rumah gua.

Dibilang Mall juga rasanya kurang pas karena dalamnya sepi dan kosong banget. Banyak toko yang sudah tutup, banyak pula toko kecil yang nyaris gak pernah buka (barangnya ditinggalin gitu aja di toko).

Alasan utama gua nulis disana adalah saat itu gua belum cukup mampu buat pasang internet di rumah jadi saat itu gua harus sering kesana itu buat ngejar Wi-fi buat sekedar browsing cari bahan sampai kirim-kirim tulisan.

Gua menulis di food court yang sangat sepi dan hanya ditemani oleh penjaga stand yang sedang menunggu pembeli datang. Biasanya mulai agak ramai kalau lagi ada event misal lomba nyanyi, lomba dance, lomba tari. Dan itu pun yang nonton biasanya cuma juri, tukang kabel & sound system, dan keluarga peserta + gua yang lagi duduk di pojokkan.

Salah satu hal yang gua kejar adalah gua pengen banget bisa nembus di Tabloid Bola. Tabloid Bola adalah Tabloid olah raga nomor satu di Indonesia dan Tabloid Olah raga paling tua (sudah terbit sejak tahun 1986). Saat itu, gua baru bisa tembus menulis untuk versi Majalah belum versi Tabloidnya dan akan menjadi sebuah kebanggaan buat gua pribadi kalau bisa nulis di Tabloid Bola.

Gua denger sih memang susah buat menulis di Tabloid Bola karena mereka memang nyarinya Mahasiswa dengan jurusan tertentu. Mungkin salah satu alasan tulisan yang gua kirim tidak tembus dikarenakan gua belum memenuhi kriteria yang mereka cari.

Iya gak apa-apa kok, gua paham.

Buat gua, hal ini berarti hanya akan seperti angan-angan belaka yang mungkin tidak akan pernah gua capai. Tapi hal itu tidak membuat gua patah semangat, gua tetap menulis dan mengirim seperti biasa walaupun gak pernah dimuat, huehue.

...................................................................................

Tetapi gua percaya, angan-angan itu bisa kita ubah jadi kenyataan kalau kamu mau kerja keras dan tetap mencoba. Di tahun 2017 (hampir 7 tahun), gua sekarang rutin menulis di rubrik 'Sportainment' di Tabloid Bola#uhuk

Banyak orang yang nanya ke gua kok bisa gua nulis disana sampai berapa gua digaji disana. Ok, lewat postingan ini gua bakalan ceritain semuanya biar gak ditanya-tanya lagi.

Di tahun 2017, Tabloid Bola meluncurkan rubrik baru yang diberi nama 'Sportainment'. Rubrik ini menampilkan olah raga yang menggabungkan olah raga dengan hiburan (semisal WWE, UFC, Nascar, dll).

Sebelum ini gua memang sudah rutin menulis soal WWE di Fanpage WWE Indonesia di Facebook dan  di akun Clobberin Time. Menjadi klop karena Tabloid Bola lagi nyari penulis yang tau tentang WWE secara detail dan kebetulan gua yang dipilih, hehe.

Gua kirim contoh tulisan gua dan ternyata pihak Bola suka sampai yang paling membanggakan buat gua adalah tulisan yang gua kirim nyaris gak ada yang diedit oleh Tim Redaksi (hal ini berarti tulisan yang gua kirim sudah sesuai dengan standar dan kualifikasi mereka). Setelah artikel pertama dimuat, gua diminta untuk rutin menulis di Tabloid Bola (selang seling dengan tim redaksi Bola).


Terlihat ganteng di foto?
Banyak yang nanya ke gua, "Eh lu dibayar berapa buat nulis di Bola?". Soal bayaran sebenarnya gua terlalu berpikir ke arah sana karena bisa dimuat juga sudah membahagiakan buat gua karena itu adalah angan-angan gua sejak lama (sejak tahun 2010). Kalau ditanya soal bayaran, gua mau balik nanya. Kalau kamu dikasih pilihan mending dibayar (misalkan) 1 juta per artikel atau kamu bisa ngiklan disana, kamu pilih mana?

Dapet bayaran 1 juta itu emang lumayan tapi biasanya suka gak kerasa kan, tiba-tiba uangnya sudah habis entah kemana. Kalau gua lebih milih bisa ngiklan di Tabloid Bola karena sebagai Tabloid nomor satu di Indonesia, pembaca Bola banyak banget. Ambil contoh aja, kalau misalkan pembaca Tabloid Bola ada 100rb orang per edisi terus 1% nya aja baca iklan Clobberin Time dan beli pasti lumayan banget kan?

Iya, gua menulis di Bola sama sekali gak dibayar tetapi gua mendapat kompensasi buat mempromosikan komunitas WWE Indonesia. Jadi di setiap penulisan gua, gua bakalan mengajak para pembaca buat bergabung ke akun fanpage WWE Indonesia dan Official Account LINE Clobberin Time. Dan karena hampir setiap hari gua beriklan di Fanpage WWE Indonesia jadi otomatis pembaca Bola yang gabung ke Fanpage WWE Indonesia pasti liat iklan gua kan?

Dan terbukti karena sejak gua menulis di Tabloid Bola, orderan Clobberin Time makin melimpah. Terima kasih, terima kasih.

....................................................................................................

Selain bisa nulis di Tabloid BOLA, dulu gua punya angan-angan buat beli rumah sendiri. Bukan soal investasi atau apa tapi gua emang mikir gua harus punya rumah sendiri buat gua tinggal bareng istri gua kelak (uhuk).

Gua sering denger cerita dari temen gua yang sudah nikah dan kebetulan mereka masih tinggal 1 satu rumah dengan orang tua. Mereka curhat pasti ada aja masalah, hal sepele pun bisa jadi besar. Ya maklum sih, 2 pemikiran aja sulit buat disatukan gimana kalau ditambah jadi 3 atau 4 pemikiran.

Sejak tahun 2011, gua selalu menyisihkan sedikit dari penghasilan gua dari menulis dan dari Clobberin Time (saat itu namanya belum Clobberin Time).

Akhir tahun 2016, gua sudah sempet DP sebuah rumah di kawasan Arcamanik Bandung (Cingised) tetapi akhirnya gua batalkan karena mengingatkan gua akan sesuatu yang buruk. Ya gak apa-apa deh rugi ketimbang kamu hidup dalam rasa sakit hati mendalam akan kenangan di rumah itu. Meskipun sebenarnya lumayan sayang juga :(

Salah satu temen gua si Mella banyak gaya pernah cerita ke gua kalau dia bareng mantan pacarnya baru beli rumah di daerah Banjaran. Harga rumah disana bisa dibilang masih lumayan (kisaran 300-400 jutaan) tapi biar lumayan murah, gua mikir NGAPAIN beli rumah di Banjar. Jarak Banjar ke Bandung juga mayan jauh belum lagi kalau hujan, akses utama ke Bandung pasti macet total kalau lagi libur.

Awalnya gua sempet niat cari rumah yang lokasinya di pinggiran kayak si Mella tadi tapi setelah gua pikir gak akan efektif dengan pekerjaan gua yang super mobile sampai akhirnya gua batalkan niatan tersebut. Setelah lama nyari dan nyari, akhirnya nemu juga sebuah Cluster di sekitaran Antapani. Menjadi special karena Cluster ini didesign oleh kakak gua sendiri (yang lagi cari rumah bisa calling ke kakak ya siapa tau dapet harga special, hihi).

Buat ukuran kantong gua, harganya sebenarnya lumayan tinggi tetapi lokasinya sangat strategis dan ada banyak akses terutama jaraknya yang gak terlalu jauh ke rumah gua yang sekarang (sekitar 10 menit). Rumahnya memang gak terlalu besar tapi pas buat keluarga kecil dan ada garasi buat nyimpen mobil.

Apa gua terlihat di foto?
Tahun 2010, mungkin gua gak akan pernah ngebayang bisa beli rumah sendiri. Jangankan ngebayang buat mikir aja gua gak berani tapi ternyata dengan sedikit kerja keras dan kemauan (plus pertolongan Tuhan) bisa kebeli juga rumah. Saran terbaik gua buat para kaum adam adalah dibanding uang kamu habis mubazir, mendingan uang kamu dipakai buat hal yang berguna misalnya buat beli polis asuransi kesehatan, buat reksa dana atau disimpen dikit-dikit buat DP rumah kayak gua.

Eh, ada yang mau jadi pendamping buat mengisi rumah itu?

.......................................................................................

Di hari libur panjang gini, setelah sekian lama gak mampir ke Mall yang gua ceritain di awal tadi, kemarin gua mampir kesana lagi. Gua sebenarnya sama sekali gak pengen libur tetapi gua 'dipaksa' libur karena semua Vendor dan penjahit untuk Clobberin Time lagi libur dan gua sudah cukup menabung banyak tulisan di Tabloid Bola untuk beberapa edisi kedepan.

Gua bawa laptop gua, mau menyelesaikan postingan ini (iya postingan yang kamu baca sekarang ini). Gua duduk di posisi yang biasa gua tempatin, kursi paling deket kaca jendela. Di deket kursi gua ada stand yang dijaga oleh Oma tua, dia jualan minuman kayak Lemon Tea, Ice Tea, dll. Gua mesen Lemon Tea dan kerennya si Oma masih inget gua dong.

Tempat menulis favorite gua ada di pojok kiri dan stand si Oma penjual minum ada di sebelah gua
"Sani, kemana aja? Dulu biasanya Sani yang nemenin Oma disini tapi sekarang sudah gak pernah lagi" kata si Oma sambil menjabat keras tangan gua. Matanya tampak berkaca-kaca dan hebat banget si Oma masih bertahan disini padahal stand lain sudah hampir tutup semua.

"Iya Oma, maaf sekarang sibuk tapi nanti bakalan sesekali kesini lagi. Pesen Lemon Tea kayak biasa ya" kata gua.

Gua duduk sambil menatap sekitar, suasana masih seperti biasa. Di ruangan yang seluas ini, mungkin cuma diisi kurang dari 10 orang saja.

Ada hari dimana kita harus berhenti sejenak untuk menengok ke belakang lalu bersyukur :)

NB: Terima kasih untuk pemilik blog http://farllanlasimpala.blogspot.co.id/2017/04/sebuah-perkenalan-yang-dipaksakan.html yang sudah menulis tentang gua :)

Tidak ada komentar: