Kamis, 08 September 2011

Bahagia itu adalah....

Apakah kamu pernah merasa bahagia?

Hm, apa sih definisi bahagia itu? Kalau gua liat di sinetron-sinetron yang tayang di tipi,orang yang berbahagia itu adalah ketika si cowok bisa nikah ama si pujaan hatinya.

Senyum simpul sambil mengucapkan ijab Kabul dan diakhiri dengan bisikkan si cowok ke si cewek “Aku bahagia karena mimpi kita bisa jadi kenyataan”

Dan, tamatlah sinetron itu. Apakah itu maksud dari kebahagiaan itu? Bisa menikah dengan orang yang disayang?

Gua sangat percaya semua orang pasti pernah merasa bahagia. Bullshit, rasanya kalau ada yang ngomong kalau hidupnya gak pernah bahagia dan gak memiliki apa-apa.

Sadar gak sadar, kita termasuk gua tentunya pasti pernah bahagia. Waktu gua lulus SMA, gua bahagia. Bahagia karena gua lulus dengan nilai yang (cukup) bagus dan bahagia (banget) karena dengan lulusnya gua dari SMA berarti masa-masa dimana gua harus dikatain SUMBANG ama guru seni musik di depan kelas dan masa-masa-masa dimana gua harus nahan kencing gara-gara gak bisa ngerjain soal matematika di papan tulis berakhir sudah….

Tapi setelah kebahagiaan itu berakhir, pertanyaan yang sama kembali muncul di kepala “setelah ini semua, mau dibawa kemana hidup gua?”

Apa setelah lulus, gua bakal menggelandang? Atau berjualan cendol keliling dengan merk dagang “Sani Cendol’s” atau yang lebih parah gua bakal jadi penjual baso sapi dengan kandungan boraks yang tinggi dan gua bakal nampang di reportase investigasi menggunakan penutup muka dengan suara disamarkan?

Pak SS kenapa anda menjual baso dengan kandungan boraks? Apa anda tidak tau kalau itu sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu yang panjang?”

“Ya mau bagaimana lagi. Ini urusan perut soalnya” kata gue dengan suara disamarkan

Apakah gua bakal seperti itu?

Kalau ditanya kapan terakhir kali gua merasa bahagia, mungkin sekitar 2 minggu lalu. Entah kenapa saat itu gua merasa bahagia. Berawal dari cerita-cerita iseng ke nyokap, nyokap nyuruh gue beliin colenak buat si dia.

Ok, anak berbakti adalah anak yang selalu menurut apa perkataan Ibunya. Dan karena surga ada di telapak kaki Ibu, gua nurut apa suruhan nyokap gua.

Lagian colenak yang paling terkenal di Bandung kan tempatnya deket ama rumah gua. Tinggal nyebrang dikit, ketemu deh ntu colenak cocol. Walau gua pribadi sih gak doyan makan colenak jadi gua belum pernah beli colenak disini sebelumnya.

Ok, berangkat. Dengan menunggangi sepeda, gua berangkat ke tukang colenak. Sambil bernyanyi-nyanyi kecil, gua mulai menggowes sepeda. Padahal sih jaraknya deket tapi gua lebih milih naik sepeda biar keliatannya keren dikit (?)

Kok tumben tokonya sepi? Kok tumben gak ada yang ngantri? Kok gak ada yang nyambut gua sama sekali?

Sebuah pengumuman dengan tulisan berspidol hitam, akhirnya menjawab pertanyaan-pertanyaan gua itu, isinya “Toko tutup libur lebaran, buka lagi tanggal 5 September”

Begitu baca, sumpah serapah langsung keluar dari mulut gua. Napa pas gua butuh, malah tutup. Pas gua gak minat, malah buka. Sial…

Tapi bagaimanapun caranya, gua harus dapetin tuh colenak. Gua muter-muter nyari tukang colenak dimana-mana. Gua sama sekali buta soal colenak karena yang gua tau tukang colenak ya itu tempatnya di deket rumah gua.

Gua masuk ke minimarket dan hasilnya nihil. Lagian gua bego banget, nyari colenak kok di minimarket. Mana ada yang jual kali? Beda kalau lu nyari minyak telon, pasti ada.

Ok, calm down. Gua duduk di trotoar jalan sambil puter otak nyari dimana itu tukang colenak. Di minimarket jelas gak ada, di hypermarket kemungkinan ada. Tapi tak elok rasanya, jauh2 ke hypermarket cuma buat beli colenak…

Hm, gua memutuskan buat nyari di supermarket dan gua mulai muter nyari supermarket. 3 Supermarket yang gua cari hasilnya nihil. Yang ada gua malah ditawarin cakue, pliss deh om. Saya gak nyari cakue.

Hampir putus asa, gua coba ke salah satu supermarket. Harapan gua sih nemu, sambil komat-kamit doa akhirnya gua masuk. Nanya bentar ke mbak yang lagi ngejaga dan aha, yang namanya jodoh emang gak kemana. Ditunjukkin bentar dan colenak mungil rasa durian dan nangka kini ada di hadapan gua.

Gua bisa membayangkan gimana perasaan si Christopher Colombus waktu menemukan benua Amerika atau perasaan si Neil Amstrong dan Buzz Aldrin ketika menginjakkan kaki di Bulan. Bahagia banget rasanya bisa nemuin ini colenak. Walau kesannya gak elite banget, bahagia gara-gara colenak tapi gua ngerasa bahagia. B.A.H.A.G.I.A.

Sambil berseri-seri, gua melangkah menuju kasir buat bayar ini colenak.

Tapi?

Sialnya pas mau bayar, gua lupa banget kalau gua gak ngantongin duit. Buat temen-temen yang tau gua pasti tau kebiasaan gua yang gak pernah bawa duit kalau lagi pergi. Paling banyak gua bawa duit 10rb, paling dikit gua gak bawa duit sama sekali.

“Totalnya 12rb mas” kata si mbak cashir yang (lumayan) kece

Anjrit, apa yang harus gua lakuin ini? Apa gua harus acting senyum-senyum sambil bilang “Mbak, maaf gak jadi. Soalnya tadi Ibu saya baru aja keracunan makan colenak jadi saya was-was”

Atau gua harus ngengombal?

“Mbak, tau gak kenapa pemerintah mundurin hari lebaran jadi hari Rabu?”

“Karena pas hari Selasa, bulannya gak nampak kan mas?”

“Bukan, karena bulannya ada di hati mbak”


Masak iya gua harus ngegombal kayak gitu? Mending kalau setelah digombalin dia bakal ngomong “Ih bisa aja deh. Ya udah ini colenaknya bawa pulang aja. Kalau mas pengen nambah buah-buahan segar, ambil aja. Nanti saya yang bayarin”

Tapi gimana kalau gua digampar? Ok, enyahkan dulu pikiran-pikiran tak layak itu. Sambil nunduk, gua berbisik ke mbak kasir “Mbak, kalau pake Debit bisa gak?”

“Oh bisa-bisa” kata si Mbak sambil pasang muka cengo. Total 12rb bayarnya pake debit? Antrian di belakang gua juga tampaknya sudah mulai kasak-kasuk. Belanja dikit, servicenya kelamaan.

Gua kasihin kartu debit, sambil nunduk. Untung gua pake topi jadi setidaknya muka gua yang lagi menahan malu dan pipis gak terlalu nampak. Si Mbak mulai menggesek dan SIALNYA-nya pas udah gesek, dia ngomong kenceng banget “TOTALNYA 12rb YA MAS”

Please deh mbak. Iya total belanjaan gua emang cuma 12rb doang tapi gak usah teriak-teriak juga. Gua mulai ngedenger suara-suara cengengesan di belakang gua. Entah kenapa saat itu gua lebih berharap disedot black hole dibanding harus ada disitu.

Whatever, yang penting ini colenak sudah di tangan dan sorenya bisa dikasihin ke yang bersangkutan. Walau belum tentu dia senang atau juga belum tentu dia bahagia tapi setidaknya gua bahagia bisa dapetin ini colenak…

Kembali ke pertanyaan awal, apakah kamu sedang berbahagia sekarang?

Kalau pertanyaan itu ditujukkan ke gua ketika gua sedang menulis postingan ini, gua gak bisa bilang kalau gua bahagia atau gak. Ukurannya terlalu relatif. Batasan antara ‘saya bahagia’ dan ‘saya senang’ sangat tipis.

Kata orang, kebahagiaan itu bukan untuk ditunggu tapi harus dicari. Dimana saya harus mencari kebahagiaan itu? Mungkin itu adalah pertanyaan banyak orang, termasuk gua juga tentunya.

Entah kenapa di suatu malam tiba-tiba gua jadi teringat dia. Pertanyaan ini pun mulai menyeruak di pikiran gua, apakah dia sekarang bahagia? Udah lama kita gak pernah ketemu lagi sejak gua ngasihin itu colenak ke dia. Dan juga, gua gak bisa mengira-ngira dia sekarang sedang bahagia atau tidak.

Akhirnya gua bisa ketemu dia (kembali). Hm, memang sekarang sudah banyak berubah, sulit rasanya menerka-nerka apa yang berubah tetapi setidaknya perubahan itu memang ada. Pertanyaan yang ingin sekali gua tanyakkan akhirnya gua tanyakan juga.

Apakah kamu bahagia sekarang?"

Walau jawaban yang gua terima kurang bisa menggambarkan kondisi dia sekarang tapi keliatannya dia sekarang bahagia dan bisa tersenyum lagi seperti dulu. Walau mungkin kini dia tersenyum dan bahagia tanpa kehadiran gua tetapi sungguh di detik itu gua merasa sangat bahagia mendengar kalau dia udah gak sedih lagi.

Buat yang bersedih atau merasa hidupnya tidak pernah bahagia, coba maknai kalimat ini “ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi seringkali kita terpaku lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu kebahagiaan lain yang dibukakan bagi kita”

Ya, tidak semua apa yang kita mau bisa kita dapatkan dan tidak semua apa yang kita benci bisa kita tolak, hidup adalah belajar menerima hal-hal seperti itu.

Terus semangat, jalani hari dengan senyum, lakukan yang terbaik untuk apapun yang kalian lakukan dan jangan pernah lupa berdoa untuk semua hal yang kalian kerjakan.

karena

“Meskipun Tuhan tidak pernah menjanjikan langit selalu berwarna biru dan jawaban akan semua doa-doa kita tetapi selalu ada pelangi setelah hujan turun dan ya, janji Tuhan selalu digenapi"

Smile....

Tidak ada komentar: