Rabu, 28 September 2011

Rambutmu = Mahkotamu, Rambutku = Kemaluanku

Buat gua pribadi, cukur rambut tuh sebenarnya sebuah dilema buat hidup gua…

Yup, dilema. Buat sebagian orang, bisa dibilang cukur rambut tuh menyenangkan banget. Karena dengan cukur rambut, penampilan kita bisa semakin ok, bisa semakin awesome, bisa semakin kece dan yang paling penting bisa semakin memikat wanita-wanita manja *ngarep*


Sumpah, bukan gue

Tapi di satu sisi lain, buat gua cukur rambut tuh ibaratnya kayak lagi judi sabung ayam. Ada kemungkinan menang dan ada kemungkinan kalah. Atau lebih halusnya, ada kemungkinan hasilnya bagus sesuai harapan tapi ada juga kemungkinan hasilnya jelek.

Dan parahnya, dari 10 kali gua cukur rambut, 9 kali cukur pasti hasilnya JELEK dan gak sesuai harapan. Gua minta model rambut kayak bintang FTV, jadinya malah kayak Dora The Explorer. Gua minta model rambut kayak bintang film Mandarin, hasilnya kayak iket kepala si Naruto. Gua minta dirapihin doang, hasilnya malah kayak gay genit yang haus akan belaian.

Please deh. Entah muka gua yang salah atau emang yang nyukur kurang ahli.

Rasanya hampir semua tukang cukur udah pernah gua cobain. Dari yang murah ampe yang mahal. Dari yang motongnya tante-tante ampe “tante-tante” kemayu juga udah pernah gua cobain.

Dan hasilnya sama, mengecewakan.

Dicukur ama tante-tante tuh sebenarnya paling asyik. Pertama, dia udah pengalaman. Kedua, gua merasakan kelembutan dan sentuhan penuh ‘kasih’ seorang Ibu secara dia sudah uzur.

Tapi, gak enaknya tuh, tante-tante model gini tuh hobbynya ngomong terus dari awal ampe akhir. Semua hal diomongin, dari soal harga beras sampe nanya-nanya soal gossip artis.

“Iya nih, tante juga gak tau mau makan pake apa, kalau harga beras naik terus. Belum lagi harga bawang, harga jahe buat masak. Pusing tante”

“Kalau menurut tante tuh ya, Mayangsari tuh pasti udah guna-guna si Bambang, ampe si Bambang ninggalin si Halimah”


Itu adalah beberapa contoh percakapan antara si tante tukang cukur dan gua. Iya tante, saya tau. Mau si Bambang nikah ama si Mayangsari, mau si Bambang ninggalin si Halimah, mau si Bambang ngebuka warteg pecel lele, yang penting rambut gue selesein dulu potongnya, tante.

Dan bagaimana dengan hasilnya? Mungkin karena kebanyakkan ngomong, hasilnya pun gak jauh beda dari yang lainnya. Failed…

Kalau yang nyukurnya ‘tante’ alias yang setengah mateng tuh hasilnya (lumayan) bagus. Temen gua lebih milih dicukur ama yang model gini. Entah emang doyan atau apa, dia bilang kalau yang nyukurnya ‘tante-tante’ tuh biasanya lebih rapih dan sesuai dengan trend jaman sekarang. Kalau minta dicukur model Korea pasti hasilnya jadi kayak aktor Korea. Beda jauh ama tukang cukur di bawah pohon yang diminta model rambut Korea tapi jadinya malah kayak bebegig sawah.

Gua pernah sekali cukur ama yang model ‘tante-tane’ gini. Gua akuin emang hasilnya bagus, keren, dan rapih. Nyokap gua juga suka. Dan satu lagi, ‘tante-tante’ kayak gini gak banyak omong dan gak banyak nanya. Masalahnya adalah entah kenapa gua berasa merinding banget dari awal dicukur ampe udahan. Belum lagi gerak tangannya yang seolah menggerayangi leher + kepala gua. Sentuhan kulit tangannya membuat gua ngerasa keperjakaan gua telah hilang 18% gara-gara gerayangan sexy itu.

Maka dari semua pilihan tukang cukur yang ada, gua lebih milih cukur yang ada di tempat cukur deket rumah. Harga ekonomis dan dari semua yang gua coba, disini hasilnya lebih baik (sedikit-sedikit-sedikit) dari tempat lain.

Dan berangkatlah gua buat cukur di tempat itu. Di Minggu ini, gua harus keliatan rapih dan klimis karena gua harus berangkat ke Ibu Kota. Rencana awal, datang ke kantor di daerah Palmerah buat nyerahin foto dan dilanjutkan datang ke undangan nikahan temen sekolah gua waktu SMA.

Tapi, masak cuma gitu doang?

Gua inget. Kalau gua punya beberapa voucher di Jakarta yang belum pernah gua pake. Gua buka meja tempat gua biasa nyimpen voucher-voucher. Gua pilah-pilah beberapa voucher yang ada.

Voucher maen golf selama 5 jam jelas gak akan gua pake. Pertama, gua gak bisa maen golf. Kedua, gua gak punya stick golf, punyanya sumpit doang. Ketiga, ehem. Gua takut diburu ama caddy-caddy disana. Hihihihihi

Voucher gratis berkuda juga gak akan gua pake. Pertama, gua iba ngeliatin kudanya didudukkin ama gua. Kedua, gua takut disepak ama kudanya. Ketiga, kuda itu suka buang air sembarangan, takut muncrat ke muka gua. Hihihihi

Dan terakhir, voucer gratis spa juga gak gua ambil. Gua ngeri membayangkan diri gua tidak berbusana, duduk di atas kloset sambil dialiri uap panas dan ngeri membayangkan kalau ada mbak yang ngintip gua yang sedang tidak berbusana ini. Hihihihi

Setelah milih-memilih, voucher yang gua pilih adalah voucher makan plus voucher skin BlackBerry. Voucher yang lain kebanyakkan udah expired dan letaknya jauh dari tempat tujuan gua,

Next,

Sekarang gua sudah berada di tempat cukur. Gua sengaja datang pagi-pagi biar gak usah ngantri.

“Mau model apa?” tanya si tukang cukur

Saat itu gua sama sekali gak ada ide. Plus gua sudah kapok ditanya-tanya kayak gini. Kapok karena hasilnya yang gak sesuai ama apa yang gua omongin. Kalau gua ngomong, minta model rambut kayak si Irfan Bachdim, gua takutnya jadi kayak Captain Tsubasa.

“Hm, yang bagus aja deh mas” kata gua pasrah

“Mau yang kayak gini?” kata dia sambil nunjukkin gambar. Kalau gua liat sih, gambarnya ok banget Model rambutnya juga keren banget.

“Ok, mas” kata gua semangat.

Dan waktunya potong-memotong pun dimulai. Gua komat-kamit doa, sambil berharap hasil cukuran gua hasilnya maksimal. Kalau pun hasilnya gak sesuai harapan, janganlah sejelek ondel-ondel, harapan gua dalam hati.

20 menit kemudian

“Ok, selesai”
kata si tukang cukur yang membuyarkan tidur mikro gua. Gak terasa ternyata gua baru bangun dari tidur mikro gua. Sekitar 10 menit gue terlelap.

Gua buka mata dan mulai ngaca, dan hasilnya……

ALLAHU AKBAR, gua pengen ngejerit,

rambut gue kok jadi kayak si TAKESHI GODA a.k.a GIANT di kartun Doraemon? Gua usap-usap rambut gua. Gua deketin muka gua ke cermin dan ternyata gua lebih parah dibanding si TAKESHI GODA, gua malah lebih mirip adiknya si Takeshi Goda alias si JAIKO.

Gua hela nafas panjang, gua pengen jengut rambut si tukang cukur dan teriak “Mengapa, mengapa? Kembalikkan rambutku. Kembalikkan rambutku!” dengan sedikit efek dramatisir.

Ya sudahlah, toh rambut gua gak bisa balik lagi. Sempet terpikir buat beli lem UHU terus nyambungin rambut gua yang udah dipotong. Tapi gua urungkan ide idiot itu.

“Nih mas” kata gua sambil ngasih duit buat bayar

“Makasih ya. Keren tuh rambutnya” kata dia sambil ngasih kembalian.

Entah maksud dia mau ngegoda atau apaan tapi keren darimananya nyet! Gua senyum-senyum seolah gak ada apa-apa tapi sebenarnya ada apa-apa.

Begitu keluar dari tempat cukur rambut, gua langsung lari sambil nutupin rambut JAIKO gua. Jarak tukang cukur ama rumah gua gak jauh-jauh amat.

Sampainya di rumah, gua langsung masuk WC, langsung keramas sambil komat-kamit “cepet panjang, cepet panjang, cepet panjang”

Dan tampaknya beberapa hari ke depan, gua harus make topi buat nyembunyiinn rambut Jaiko gua yang sexy ini….

Oh, D*MN!

Tidak ada komentar: