Rabu, 13 April 2016

Overweight & Overload

Pernah ngalamin yang namanya overweight alias kelebihan berat badan?

Bagaimana rasanya? Apa lutut menjadi linu gara-gara gak kuat nahan perut yang makin membuncit? Atau telinga jadi sakit karena dikomentarin negatif ama orang-orang?

2 bulan belakangan ini, gue lagi bener-bener ngerasa overweight alias kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan ini lebih karena pola makan yang gak teratur. Biasalah kalau lagi semangat cari duit, makan siang pun jadi makan malam dan abis makan lanjut tidur. Wajar kalau perut jadi makin membuncit.

Satu hal yang bikin gue sadar kalau gue lagi kegendutan adalah ketika gue datang ke tempat setting langganan gue. Kebetulan udah sekitar 2 bulan gue gak kesini dan waktu ketemu ama operator setting yang jadi langganan gue si mbak Cindy dia kayak kaget gitu liat gue:

"Ini Sani? Kok mukanya beda ama terakhir kesini? Lebih besar dan pipinya jadi tembem banget?" kata Mbak Cindy kebingungan.

Segitu gendutnya gue kah ampe muka gue bikin pangling? Si Mbak Cindy ini operator langganan gue yang sering gue sogok pake ice cream Magnum biar kerjaan gue diduluin dan kalau dia ampe bingung liat gue artinya emang gak ada beres nih ama gue.

Bukan cuma Mbak Cindy aja, temen bokap yang kebetulan lagi datang ke rumah juga berkomentar yang sama "De, makin gendut aja nih. Calon bos nih"

Dibilang calon bos ya gue aminin tapi kalimat makin gendut itu bikin gue lesu. Puncak dari kegendutan gue adalah gue yang biasanya pake baju size L sekarang naik jadi XXL dan celana gue mulai sempit semua. Bahkan ada baju 2 tahun lalu yang gak pernah gue pake karena kegedean sekarang muat waktu gue pake.

Tidak ada jalan lain kecuali gue harus mulai diet total.

Dalam ingetan gue, gue sempat 2x mengalami masa obesitas yaitu waktu gue kelas 5 SD dan 1 SMP. Dulu, gue punya kecengan waktu kelas 1 SMP namanya Lia dan saat itu gue emang bener-bener tertarik banget ama dia. Kita sering pulang seangkot berdua karena kebetulan kita 1 arah pulang.

Dari temennya gue dapet info kalau dia gak suka cowok gendut karena suatu alasan. Ngedenger temennya ngomong kayak gitu, gue langsung mati-matian nurunin berat badan.

Gue yang tiap Pagi dianter ama bokap menolak buat dianter lagi. Gue lebih milih naik sepeda buat membakar lemak. Gue yang biasa jajan nasi kuning di sekolah tiap istirahat memutuskan buat gak pernah jajan lagi.

"De mama mau beli lele. Kamu mau gak?" kata Nyokap suatu hari

"Gak mau, aku gak makan malam". Demi kamu Lia, ampe lele crispy favorit gue pun gue lewatin,

Yakin deh Nyokap gue pasti bingung saat itu. Gue yang paling doyan makan lele, tumben-tumbenan nolak pas ditawarin lele. Biar lele gue lewatin yang penting Lia gak gue lewatkan, pikir gue saat itu.

Setelah beberapa Minggu kemudian, berat badan gue turun dratis, Gue jadi mengecil, pipi mulai kempes dan perut gue nyaris rata. Setelah liburan kenaikkan kelas dan gue ketemu Lia lagi setelah 1 bulan libur, reaksi dia adalah "Sani kok kurus gini? Kamu jadi jelek loh kalau kurus gini"

Anj*********************************

Dan cara yang sama ketika gue SMP itu akhirnya gue pakai kembali agar berat badan gue kembali normal. Beberapa temen gue pake cara extreme supaya kurus, misalnya gak makan seharian atau yang pernah gue liat ada yang nanem sejenis paku di deket telinga tujuannya untuk menghilangkan nafsu makan. Ngeri!

Gak perlu sih menurut gue pake cara-cara yang menyiksa tubuh. Tips dari gue, setiap pagi saat bangun minum air putih minimal 2 gelas. Abis minum olah raga ringan (kalau gue biasanya fitness santai).

Jam 10 Pagi makan buah-buahan dianjurkan pisang karena mengenyangkan. Siang hari saat makan siang baru makan berat. Tapi nasinya gak usah banyak-banyak, lauknya boleh banyak (dianjurkan sayur-sayuran).

Terus sejak mulai makan siang ampe Malam jangan makan lagi. Kalau laper ya makan pisang secukupnya dan gue tambahin dengan olah raga Malam seperti sepeda, renang (biar gue gak jago amat), futsal atau kadang basket.

Lakukan secara teratur dan yep setelah 3 Minggu berat badan gue turun 7 Kg. Masih belum normal sih butuh turun beberapa Kg lagi dan buat ngetest apakah diet gue berhasil atau tidak adalah dengan gue dateng ke Mbak Cindy lagi.

"Wah Sani, udah kurus lagi ya sekarang" kata Mbak Cindy ketika ngeliat gue.

"Jadi ganteng lagi kayak dulu gak?" goda gue

"Gak juga sih"

--__--

Over gue yang lain di Minggu ini adalah gue mengalami yang namanya Overload. Minggu ini pengiriman barang dari Clobberin Store bener-bener Overload. Jujur gue bener-bener keteteran karena gue kerjain sendiri semua dan wow luar biasa capek.

Rekor gue terjadi di hari Rabu kemarin, total ongkos kirim yang harus gue bayar mencapai 1,4 juta di hari itu.Biar ongkir ditanggung pembeli tapi tetep nyesek juga sih ngeliat angka 1,4 juta cuma buat ongkir doang.

"Lagi banyak orderan nih Kak Sani" kata Mbak Rani, operator JNE yang jadi langganan gue ngirim.

"Iya nih Mbak Rani. Itu mintain diskon dong ke bos, lumayan kan kalau dikasih potongan 10%" bujuk rayu gue.

"Bentar aku ke atas dulu. Tanyain ke bos, siapa tau dikasih"

Setelah menunggu 10 menit dan karena gue juga langganan di agen ini, gue dapet diskon 10% dari total biaya pengiriman. Buat ucapan terima kasih gue traktir Mbak Rani paket KFC buat doi makan malam.

Jam sudah menunjukkan jam 10 Malam, jalanan sudah mulai sepi. Gue angkat tangan gue tinggi-tinggi, ada rasa capek yang sangat, ada kelelahan yang mendera tapi ada juga rasa bersyukur yang besar untuk semua berkat ini.

Tidak ada komentar: