Jumat, 07 Juli 2017

Celengan UBER

Belum lama ini, gua dapet sms undangan dari Gojeg buat mutasi dari UBER ke Gojeg. Gua sendiri gak tau ya, Gojeg dapat nomor gua darimana. Apa mutasi ini hanya orang tertentu saja, yang memiliki rating tinggi di UBER atau gimana, gua gak tau terlalu paham sih.

Katanya kalau gua mau, gua dapet jalur VVIP jadi gak usah ngantri panjang dan dapet atribut Gojeg gratis (gak perlu bayar cicilan setiap Minggunya) tetapi syaratnya gua harus resign dari UBER dan akun UBER gua bakalan dimatikan.

Ini sedikit dilema sih buat gua, pertama sejak lama gua agak kepo dengan Gojeg dan pengen nyobain jadi Driver Gojeg (siapa tau dapet cerita bagus yang bisa gua pake buat bahan menulis). Kedua, gua sudah cukup puas dengan UBER karena rating gua yang lumayan tinggi dan gua sudah lumayan lama gak narik lagi (karena kesibukkan gua di Clobberin Time dan menulis). Tetapi jujur, gua ngerasa sayang kalau akun UBER gua harus dimatikan karena selain rating gua yang tinggi itu, gua takut kalau suatu hari nanti gua kangen narik, gua bakalan pake itu akun UBER, hehehe.

Setelah 1 bulan gak narik lagi, di awal bulan ini gua kembali narik lagi. Yang membedakan dulu dan sekarang adalah gak tau kenapa, tiap orderan yang masuk dapetnya jauh-jauh (kadang gak masuk akal). Gua stay di antapani, masa harus jemput di Jatinangor (jarak jemput aja hampir 1 jam) dan setelah gua baca di forum-forum banyak Driver UBER yang jadi Driver Grab dan Gojeg jadi Driver Uber di lapangan semakin sedikit. Oh, begitu toh ternyata.

.........................................................................

Jam sudah menunjukkan jam 8 Malam. Gua lagi stay di Warung Darurat sambil makan dan alarm UBER gua bunyi. Muncul nama 'Aleycia' dan aha ini dari nama sudah terlihat keren dan modis. Gak lama kemudian, hp gua berdering dan di ujung telpon, Aleycia minta dijemput di Jalan Cigadung (jarak tempuh sekitar 20 menit) dan dari suaranya Aleycia kayak yang rusuh gitu.

"Cepetan ya Pak, ngebut kalau bisa" kata Aleycia di telpon

"Iya, iya saya kesana sekarang" balas gua sambil ngunyah Ayam geprek, menu makan malam gua. Di ujung telpon terdengar seperti orang yang sedang berkonflik, sebelum akhirnya dimatikan.

Ini ada apa ya dan dibanding banyak mikir, gua langsung cus kesana padahal ayam geprek gua belum habis. Gua sempet mikir, apa ini ada konflik rumah tangga gitu ya dan keliatan keren gak sih, kalau gua datang ketika misalnya si laki bertindak kasar dan gua langsung menghalau si lelaki yang mau bertindak kasar itu. Mirip di FTV gitu, yang ganteng datang belakangan, halah.

Gua ngikutin peta dan di ujung jalan sudah ada perempuan berdiri sambil megangin tas besar dan matanya tidak bisa lepas dari handphone. Meskipun yakin dia orangnya tapi mau gua konfirmasi dulu,

"Ini Mbak Aleycia?" tanya gua

"Iya, iya bener. Ini tas-nya bisa disimpen di depan gak?" kata dia sambil panik.

"Iya bisa Mbak" jawab gua (padahal aslinya susah karena motor gua bukan motor matic jadi gua harus simpen di atas tangki bensin). Sambil terburu-buru, Mbak Aleycia naik dan nepuk pundak gua supaya cepet berangkat.

Btw, yang nanya Aleycia gimana orangnya, gua bilang orangnya cantik, manis dan modis. Belum juga gua maju tetiba ada cowok lari dari dalam rumah dan langsung berhenti di depan motor gua sambil menegadahkan tangan, ngalangin motor gua buat maju.

Mbak Aleycia makin panik, dia tepuk-tepuk punggung gua suruh gua maju. Masalahnya gini Mbak Aleycia, gimana gua bisa maju. Di depan gua ada orang, masak gua lindes dia kayak lindes anak kucing.

Suasana semakin mencekam, gua kira bakalan kayak gimana dan lu percaya gak si cowok berlutut di depan motor gua. Sambil nangis, iya nangis, dia berlutut sambil ngomong gini "Maafin aku, maaf aku yang salah. Kamu jangan pergi ninggalin aku"

Daerah Cigadung bisa dibilang daerah yang lumayan sepi dan lumayan gelap karena penerangan yang minim. Gua merasa moment ini kayak moment di FTV berjudul 'Balada Cinta Driver Ojek Online' yang bercerita tentang seorang cewek yang lebih naksir ama Driver Ojeg ketimbang pacarnya yang sekarang.

Tetapi berhubung ini bukan FTV dan gua ama Mbak Aleycia baru ketemu sekarang yang ada gua ngerasa ngeri karena cowok dengan type kayak gini bisa bersikap nekad. Gimana coba kalau dia tiduran di depan motor dan ngomong "Lindas aja aku, dibanding kamu tinggalin aku mending kamu lindas aku aja"

Iya gua juga gak keberatan buat lindes kamu kok :D

"Mbak gimana ini" tanya gua sambil berbisik ke Mbak Aleysia. Si cowok masih depan motor gua sambil menengadahkan tangannya.

Tanpa banyak cakap, Mbak Aleycia langsung turun dari motor, minta tas dia kembali, dan berjalan pelan ke arah tempat dia nungguin gua. Si cowok nekad alay ini langsung lari dan ngejar dia sambil manggil nama dia "Cia, Cia"

Gua nengok bentar kebelakang, Mbak Cia dan si cowok kembali masuk ke sebuah rumah (sepertinya kost karena banyak kamar). Masih bingung dengan apa yang terjadi, Mbak Cia keluar lagi dari rumah dan bilang "Maaf ya saya cancel, gak jadi naik" sambil kasih uang 100rb ke tangan gua.

Gua jawab "Mbak Cia gak usah, kalau gak jadi gak usah bayar, saya minta dicancel aja dari aplikasi ", Mbak Cia cuma tersenyum sambil berjalan masuk ke kost dia.

Di tangan gua sekarang megang 1 lembar uang 100rb, gua masih bingung "Ini sebenarnya ada apaan sih?"

.....................................................................

Di kalangan Driver Uber adalah satu customer yang sering jadi bahan omongan di Group Uber. Nama Customernya Ade dan katanya si Ade ini gemulai, sering berdandan ala wanita dan ini nih yang paling membahayakan, tangan si Ade ini katanya aktif. Sering ngegrayangin Driver dan kalau kamu beruntung, kemaluan kamu bakalan dipegang-pegang oleh si Ade Laknat ini.

Ok sip, jangan sampai gua ketemu ama yang namanya Ade ini. Jangan sampai keperjakaan gua hilang di tangan waria laknat ini. Kalau ama yang cantik sih ya gak apa-apa sih, hahahah. Ups :D

Di suatu Pagi, alarm UBER gua berbunyi. Pas gua klik, muncul nama 'Ade' dengan titik jemput di Gardujati. Begonya atau asli gua bego banget, saat itu gua gak sadar kalau 'Ade' adalah orang terlarang yang disarankan untuk dicancel setiap dapet orang ini.

Gua chat dia "Selamat Pagi Pak/Kak Ade, Stefanus Sani dari UBER. Dijemput dimana ya Pak", dia jawab "Aku minta dijemput di depan Toko xxx (disamarkan)"

Rada geli juga sih pas baca "Aku minta dijemput" dan sampai disitu, gua belum juga sadar kalau ini si Ade yang fenomenal itu. 5 menit kemudian, gua sampai di tujuan dan gua sms dia "Aku udah sampai di depan Restoran" dan dibales "Iya aku turun ya, kamu tunggu sebentar ya"

INI APAAN SIH KOK JADI AKU KAMU GINI.

Gak lama kemudian, Ade turun dan pas gua liat muka dia, gua kok kayak pernah liat dimana gitu ya. Gua langsung inget, ini kan si Ade yang hobbynya ngegrayangin tubuh Driver Njing! Bedanya di foto yang gua liat di forum Driver, si Ade lagi dandan. Dia pake make up tebel dan pake gincu kalau yang sekarang gak lagi dandan tapi biar gak dandan, mukanya beneran kayak banci.

Gimana ini caranya, pokoknya gua harus cepet pergi. Gua belum siap kehilangan keperjakaan gua di tangan waria agresive. Tapi untung seribu untung, ternyata bukan si Ade yang naik tapi seorang perempuan montok dengan rambut pirang yang naik.

Bukannya suudzon tapi dari pengalaman gua jadi Driver Ojol, gua yakin seyakin-yakinnya kalau cewek ini pasti pekerja malam dan Ade ini (maaf) germonya. Perkiraan gua gak salah karena gua diminta buat nganter si cewek berpakaian seronok ini ke sebuah rumah elite di daerah Dago.

Eh, menurut kalian gua berdosa gak sih, nganterin PSK ke rumah cowok mesum yang mau make dia?

"Nanti kalau ditanyain ama satpam, bilang aja mau ke rumah Pak Johan ya, mereka udah tau kok" kata si Ade sambil ngeliatin gua dari atas ke bawan. Mukanya kayak mau ngomong "Ini type Mamih banget, lain kali main ama Mamih ya"

Si cewek kemudian naik dan seperti biasa di tengah perjalanan gua mulai membuka pembicaraan. "Kuliah apa sudah kerja Mbak?", dia jawab "Kerja di Paskal"

Seperti yang pernah gua tulis, di Paskal itu banyak sekali tempat hiburan Malam dan gua makin yakin, (maaf banget) kalau Ade itu Mamih dan cewek yang namanya belum gua tau ini PSK.

Dia jawab dengan nada suara pelan (seperti gak nyaman kalau gua tanya). Gak berapa lama kemudian, HP dia berbunyi dan dia angkat telpon itu. Dengan jelas, gua bisa denger kalau dia ngomong gini

"Iya Mah, ini saya lagi berangkat kerja. Saya dapet Shift Pagi Mah nanti pulangnya sore" kata si cewek.

Setelah matiin telpon, gua ngedenger suara orang terisak. Karena gua gak berani noleh langsung, gua lirik dia dari pantulan kaca di mobil sebelah gua. Ternyata benar, dia lagi terisak sambil mengusap mata.

Gua ngerasa dia menangis karena dia ngerasa berdosa karena sudah berbohong ke Ibunya. Mungkin si cewek ini bilang kalau dia kerja di toko apa restoran tapi gak taunya jadi PSK. Gua gak berani ngomong apa-apa, gua cuma ngomong 1 kalimat buat menenangkan hati dia.

"Sabar ya Mbak, semoga cepat dapet pekerjaan yang lebih baik"

Dia jawab "Iya, makasih". Perjalanan ini berlanjut tanpa ada perbincangan di antara kita, mungkin si Mbak X ini (sampai sekarang gua gak tau namanya) jadi PSK karena memang butuh uang dan dia terpaksa ngebohong ke Ibunya tentang pekerjaannya.

Ada saatnya orang yang sudah berbohong tidak kuat untuk menahan rasa penyesalan karena sudah berbohong. Mungkin si Mbak X ini sedang berada di fase itu karena dari pertama kali gua ketemu dengan Mbak X ini, mukanya memang seperti orang tertekan.

30 menit kemudian kita sampai ke tujuan, gua klik layar HP gua dan muncul harga 4.500 (harusnya 19.500 tapi dia dapet diskon 15.000 jadi bayarnya 4.500 aja). Dia kasih gua uang 20rb dan bilang gak usah kembalian tapi gua tolak, gua bilang "Udah Mbak tenang aja, nanti saya diganti ama UBER kok" sambil kasih kembalian 15.500 ke dia.

Dia tersenyum sambil masuk ke sebuah rumah besar untuk mulai 'bekerja'.

.............................................................................

Bagaimana sih caranya jadi Driver dengan rating tinggi? Selain sopan dan ramah, jangan pernah meminta uang tips atau protes ketika customer mendapat promo diskon. UBER di Bandung, banyak sekali ngasih diskon dan gak heran kalau sering banget customer cuma bayar 2.000, 3.500 sampai pernah cuma bayar 500 perak (iya asli 500 perak). Temen gua yang jadi Driver UBER si Christian sampai kaget pas dia dibayar cuma 3.000 perak padahal jarak antar dia jauh banget dan baru 2x nganter orang, dia sekarang sudah pensiun karena gak tahan.

Salah satu kebiasaan gua adalah ketika sudah end trip dan menurunkan penumpang, gua selalu kasih sedikit wish ke dia, misalnya "Terima kasih, semoga pekerjannya semakin lancar" (buat yang sudah bekerja) atau "Terima kasih, semoga kuliahnya cepet lulus dan cepat dapet pekerjaan" (buat yang masih kuliah), dan "Terima kasih, semoga usahannya makin maju dan banyak rejekinya" (buat yang punya usaha).

Kamu harus percaya dan yakin kalau perkataan adalah doa. Kalau yang keluar dari mulut kita adalah hal postif tentu saja hal postif pun akan terjadi di hidup kamu. Tapi kalau kamu selalu mikirnya negatif terus biasanya hal negatif itu yang beneran terjadi di hidup kamu.

Gua baru saja mengantar seorang customer di Perumahan Pharmindo Cimahi. Ketika gua masuk ke Komplek rumah dia, gua sempet ngelihat ada penjual celengan di pinggir jalan. Gua sekilas ngeliat ada celengan ayam yang dia jejerin di pinggir jalan, dan dia duduk sambil memperhatikan kendaraaan lalu lalang di depan dia. Ada perasaan iba karena gua liat celengannya masih banyak dan gua sedikit ngebayang, pasti berat banget ngangkut itu celengan.

Setelah gua nurunin customer (namanya Ce Chyntia, Halo Ce kapan aku ditraktir makan Sate DJ lagi, hihihi), gua melewati kembali si penjual celengan itu. Gua sempet dilema, berhenti gak ya tapi kalau beli nanti gua susah bawanya (karena motor gua bukan motor matic, jadi space-nya sedikit terbatas). Sempat lewatin dia beberapa meter akhirnya gua puter balik karena asli gua gak tega liat si penjual.

Gua tanya harganya berapa, dia jawab 25rb, ya udah gua beli 2 celengan ayam dan celengan singa. Waktu gua kasih uang dia bilang gini "Untuk anaknya ya Pak, semoga anaknya bisa jadi orang berhasil dan banyak rejekinya" kata si penjual sambil terus mendoakan gua.

Hihihi, gua tersenyum dalam hati karena nikah pun belum tapi sudah disangka punya dua anak dan entah kenapa gua ngerasa seneng banget ketika gua yang biasanya ngasih wish ke orang kini giliran gua yang dapet wish dari orang yang gak gua kenal.

Sepanjang perjalanan gua senyum-senyum sendiri mikirin omongan si penjual celengan tadi. Ternyata bener kata orang kalau bahagia itu sederhana, dapet wish dari orang yang gak kamu kenal saja sudah bikin gua bahagia dan sedikit bisa melupakan masalah yang ada :)






Tidak ada komentar: