Kamis, 21 Juli 2011

Kisah Cinta dari atas Balkon

Sambil menunggu berbuka puasa yang gua patok sekitar jam 7 malam, main gitar di balkon atas rumah sepulang dari beraktivitas adalah salah satu cara yang akhir-akhir ini sering gua lakuin buat ‘membunuh’ waktu itu.

Dan perlu dicatat,

gua cukup tau diri buat gak mengeluarkan suara a.k.a bernyanyi karena selain suara gua jelek, gua juga takut bakal dilemparin mangkok ama orang-orang di sekitar karena dianggap mengganggu ketertiban umum.

*Nasib oh nasib*

Sebenarnya alasan utama gua berdendang di atas balkon tuh selain ngecengin mbak-mbak manis yang hilir mudik di depan rumah, gua tuh berharap banget ada gerombolan anak-anak perempuan labil yang datang secara bergerombol turun dari angkot carteran dan teriak-teriak di depan rumah “Kak Sani, Kak Sani turun dong. Godain kita-kita dong”

Tapi sayangnya selama 2 minggu gua berpuasa dan melakukan ritual itu, hal itu gak pernah kejadian karena yang selalu memanggil-manggil nama gua malah tukang tahu goreng dan tukang odading yang kegenitan pengen gua beli.

Belum lagi tukang agar-agar keliling yang tampaknya sengaja mangkal di depan rumah gua yang seolah membuat puasa gua ini terasa begitu berat.

Sambil berdendang lagu-lagu melayu seperti The Potters, D’Bagindas, Matahari Band (upsssss), mata gua selalu berkeliaran kemana-mana. Melihat ekspresi orang yang sedang sedih, sedang bahagia, sedang galau, ataupun sedang kasmaran.

Menemukan orang yang sedang kasmaran itu sebenarnya gampang. Kalau dia jalan sambil senyum-senyum genit, kemungkinan dia itu sedang kasmaran. Kalau gak lagi kasmaran, kemungkinan besar dia lagi mikir jorok.

Di suatu hari, gua perhatiin ada cowok yang keliatannya masih duduk di bangku SMP yang keliatannya benar-benar kasmaran. Gua perhatiin, dia lagi nelpon kecengannya dan gak tau maksudnya apa, dia ngobrol dengan hape yang di-low speaker yang mau gak mau membuat gua bisa ngedenger percakapannya antara dia dan orang yang ada di balik telpon itu.

Kalau bisa gua gambarkan, cowok itu adalah remaja tanggung dengan poni lempar yang menutupi mata, menggunakan kaos yang bertuliskan “I’m Satan 666”, dipadu dengan boxer warna pink polkadot yang sengaja diperlihatkan ke khalayak umum, entah maksudnya apaan…

Yang, aku udah deket di rumah kamu nih” kata si cowok

“Iya bentar ya yang, kamu udah liat foto-fotoku di fb kan? Aku takut kamu kecewa soalnya aku tuh jelek” kata si cewek dengan suara dimanja-manjain. Sok merendah dia, pikir gua dalam hati.

“Iya, sudah. Aku deg deg-an nih ketemu kamu”

Lah? Ini ketemu aja belum pernah, udah bilang yang yang. Walau gua gak tau gimana mereka bisa ketemu tapi gua yakin kronologis mereka ketemu tuh kayak gini:

Si cowok dapet nomor si cewek dari temannya terus pura-pura sms salah, misalnya gini “Eh, besok ada ulangan apa ya bro?” atau gak bisa juga gini “Lu gua tungguin ke rumah, kok gak datang-datang sih. Jadi gak mainnya?”

Si cewek yang dapet sms kayak gitu pasti bakal langsung bales “Ini ciapa ya?”, si cowok pun dengan sok bener bakal jawab “Ini ama Andy bukan?”

“Bukan, ini ama Lisa” dan sms itu pun bakal berlanjut dengan bertukaran fb atau foto. Dan mereka menemukan kesamaan karena nama fb si cowok adalah “Darkinsidecumaingindibelai” dan nama fb si cewek adalah “Ciibungsuinginmembelai”

Ya wes, klop kan? Yang satu ingin membelai dan yang satu ingin dibelai. Dan mereka pun mulai akrab dan hasilnya seperti yang sekarang gua lihat di atas balkon rumah gua. Si cowok yang lagi kasmaran ini tampaknya sedang salah tingkah untuk menunggu si cewek.

Kok gua bisa tau? Karena gua sering banget dapet sms kayak gini, ceritanya sih nyasar atau ngacak nomor tapi kok yang nyasar, banyak dan sering banget?

Next,

Dia jalan mondar-mandir dan seseolah gak mempeduliin orang-orang yang mungkin mempehatikan dirinya. Dia juga mungkin gak mempedulikkan seseorang yang kece yang dari tadi duduk di balkon dan terus memperhatikan gerak-geriknya.

Dia nyalain lagi handphone-nya (sambil tetep di low speaker) dan mulai nelpon si cewek lagi “Udah dimana yang? Aku masih di deket pengkolan”

“Iya bentar lagi aku kesana ya!” kata si cewek

Yang, aku pengen ngomong sesuatu sama kamu, kamu dengerin ya”. Gua pehatiin si cowok labil itu ngeluarin secarik kertas dari sakunya dan ngomong “Sejak pertama kali melihat wajahmu, hanya kamu yang bisa melumpuhkan hatiku. Dan aku pun yakin, aku pun pasti bisa melumpuhkan hatimu”

Hah?

Gua yang denger jadi cekikikan sendiri. Lu kira itu tuh kaki habis ketabrak mikrolet pake analogi “lumpuh, lumpuh” segala. Dan yang paling bikin unyu adalah pas mau ngegombal si cowok itu malah nyontek dulu dari kertas.

"Ih, so sweet banget sih kamu" kata si cewek. Entah apa karena kita hidup di jaman berbeda, sesuatu yang menurut gua bikin perut gua mules malah ditanggapin dengan begitu spesial oleh si cewek itu

Hingga detik ini, gua masih ‘setia’ buat memperhatikan gerak-gerik si cowok itu. Bukan karena gua naksir atau seneng ngeliat boxer pink yang dia pake, tapi gua penasaran pengen liat muka si ceweknya kayak apa.

Tik-tok-tik-tok, detik di jam terus berjalan. Si cowok itu hanya duduk jongkok sambil menunggu kecengannya datang. Gua tetep berdendang dengan gitar minus satu senar ini, sambil sesekali ngeliatin si cowok labil itu.

Gak beberapa lama, ada telpon dari si cewek yang (kembali) di low speaker ama si cowok itu, samar-samar gua denger “Kita putus aja ya, gak usah sms dan telpon aku lagi ya. Kamu beda banget ama yang di foto, bye”

Dan endingnya si cowok itu cuma bisa mangap sambil sesekali mencoba nelponin si cewek. Bedanya adalah jika tadi telpon dia selalu dijawab, kali ini yang menjawab hanya nada dering band ST 12.

Yup, sesuatu yang instant pun hasilnya memang akan sangat instant. Rasa sayang yang tulus itu butuh pengorbanan tanpa pamrih.

Karena

"rasa sayang itu memang bukan seperti gunting yang sekalipun berjalan lurus tapi memisahkan tetapi rasa sayang itu seperti jarum, sekalipun menyakitkan tetapi menyatukan sesuatu yang terpisah"

And I Believe,

when I give my best, I will get the best too.....

Tidak ada komentar: