Selasa, 12 Juli 2011

Manusia di Balik Topeng itu....

Selain tukang doger monyet, tukang odong-odong, dan tukang kuda lumping (sekarang udah agak jarang), ondel-ondel adalah salah satu yang biasa lewat di depan rumah gua

Wujud ondel-ondel yang lewat di depan rumah gua adalah sesosok pria dengan pakaian daster wanita dan ditutupi dengan topeng putih. Di lehernya biasanya ada tape butut yang memutar lagu-lagu tanpa suara. Kalau gak bunyinya “Jeng-jet-jet-jet” atau bisa juga “Cuit-cuit, ciciuit”

Entah kenapa tiap ngeliat topeng itu, gua selalu berpikir buat nyiram orang yang ada di balik topeng itu dengan air keras karena ekspresi topengnya yang sungguh sangat menyebalkan.

Ekspresi mata mendelik tajam dengan senyuman yang lebar dan ditambah dengan goyang-goyangan kepala, oh D*MN sungguh sangat ingin membuat gua nyiram dia pake air keras dengan kadar tinggi.

Tapi terkadang, gua pun kadang merasa iba dengan orang yang di dalam topeng ondel-ondel itu. Entah kenapa ondel-ondel adalah kata sakti yang biasa digunakan oleh orang tua untuk mengancam anak-anaknya…

“Kalau gak mau makan, nanti mama panggilin ondel-ondel”

“Jangan main jauh-jauh nanti diculik ama ondel-ondel”

“Kalau nanti sore gak ngerjain PR, ama kakak dede dipanggilin ondel-ondel” kata seorang Ibu sambil nunjuk ke arah gua.

Gua bengong bentar, apa iya muka gua kayak ondel-ondel atau jangan-jangan si Ibu itu ngira kalau gua adalah pawang ondel-ondel yang bisa manggil kapanpun itu ondel-ondel.

Gua tersenyum kecut dan ngangguk-ngangguk walau hati gua perih karena gua disangka jadi pawang ondel-ondel.

Satu fakta yang menghebohkan dari tukang ondel-ondel yang baru aja gua dapat adalah ternyata pendapatan si ondel-ondel dari keliling kampung tuh gede banget. Kebetulan dia baru nuker duit recehan hasil dari ngamen dia ke warung depan rumah gua dan pas gua tanya dia baru aja nuker duit 125.000!

Wow, 125rb? Dan itu katanya tiap hari, rata-rata dia nuker recehan sebesar itu. Gile, sehari 125rb. 1 bulan 125rb x 30 hari: 3.750.000. Satu tahun 365 hari x 125rb: ……………………………….., Oh D*MN! Udah bisa ngehidupin anak-istri-istri simpanan-selingkuhan-dll

*Mulai terpikir buat menjadi tukang ondel-ondel*

Dan yang jadi pertanyaan adalah, gimana sih muka orang yang berada di balik topeng itu? Apakah dia ganteng dan rupawan kayak (Uhukkkk) gua? Ataukah muka dia ternyata adalah ibu-ibu gemuk dengan pipi temben? Atau jangan-jangan dia gak punya hidung, mata, kuping alias hantu berwajah polos yang berkedok ondel-ondel?

Itu adalah pertanyaan gua sejak kecil dan tampaknya Tuhan mendengar doa hamba-Nya yang penasaran ini, ketika di suatu hari gua bisa noong buat liat muka si ondel-ondel itu secara jelas dan gamblang. Dan ternyata……………… memang lebih baik orang yang di balik topeng itu mukanya selalu ketutupan topeng deh kayaknya….

Next,

Belum lama ini gua dapet kiriman dari temen lama gua yang sekarang menetap di luar negri. Dulu dia tuh temen kerja gua tapi gak lama karena dia harus pindah ke luar negri.

Ketika gua baru balik ke rumah, di meja ruang tamu ada paket dari ekspedisi luar negeri Fed*X, hm apakah isinya? Biasanya yang dateng tuh ekpedisi lokal tapi tumben yang ini make ekspedisi luar ngeri. Awalnya gua bingung karena gak tau isinya apaan, gua takut isinya yang ‘enggak-enggak’ misalnya majalah erotis atau apa gitu? Gua bawa itu paket ke kamar biar gua bukanya di kamar aja.

Kalau beneran isinya majalah erotis dan gua terlanjur buka di depan nyokap gua, kayaknya gua bakalan diusir dari rumah dan gak akan dianggap anak lagi deh.

Oh ternyata Nona yang sekarang berada di Amerika itu ngasih merchandise WWE SmackDown. Ternyata dia masih inget kalau gua ngefans banget ama WWE SmackDown. Isi paketnya berupa topeng pegulat WWE dan sebuah topi.

Wow, begitu tau isinya ada topeng dan topi, gua langsung jingkrak-jingkrak kayak anak SD yang barusan menang lomba beyblade. Kemanapun gua pergi, itu topi selalu gua pake. Entah kenapa, kalau gua make topi itu, rasanya level saya naik 17% dari biasanya… Hahahahaha

Idem ito, dengan topeng. Gua suka banget dengan topeng itu. Selama itu di rumah, gua selalu pake itu topeng. Pas Nyokap gua ngeliat gua turun dari kamar pake topeng itu, nyokap cuma geleng-geleng sambil bengong karena anaknya ternyata masih labil kayak
anak SD.


Rey Mysterio Mr 619


Napa gua lebih mirip tukang kerok di stasiun ya?

Tapi gua gak peduli karena gua ngerasa topeng dan muka gua sudah seperti menjadi satu kesatuan. Passion gua ada di topeng itu….. *Apaan sih*, hahahahaha

Permasalahan baru muncul ketika di rumah gua lagi ada acara kumpul-kumpul teman kerja kakak gua di kantor. Kalau gak salah ada sekitar 10an arsitek yang lagi ngobrolin proyek di ruang tamu.

Kalau gua sih jelas, gak bakalan turun soalnya takut dicipika-cipiki + dicubit-cubitin ama tamu-tamu yang ada dibawah (???????), jadi gua lebih milih diem di kamar sambil buka laptop.

Sialnya, kamera gua ketinggalan di kamar nyokap dan lebih sialnya saat itu juga gua harus mindahin foto yang ada di kamera itu ke laptop gua.

Jalan buat ke kamar nyokap tuh cuma ada 2 jalan, jalan pertama turun seperti biasa dan ngelewatin para tamu itu dengan resiko di-cipika-cipiki dan opsi kedua, jalan lewat genteng dengan resiko diteriakin maling kutang ama tetangga karena gua harus manjat genteng tetangga juga.

Hm, berpikir sejenak. Akhirnya gua ambil opsi pertama, gua lewat jalan biasa, turun seperti biasa, pasang senyum, dan cipika-cipiki (padahal siapa lagi yang mau cipika-cipiki?).

Ok, gua akhirnya melangkah turun. Gua pasang muka cool dan belum juga turun, kok ada yang aneh ya?

Kakak gua yang ngeliatin gua langsung nunduk, mukanya kalau bisa ngomong, bakalan ngomong gini “Aduh Tuhan, kenapa Engkau menciptakan Adik seperti dia untukku. Cobaan-Mu ini terlalu berat”

Nyokap gua yang liat gua juga langsung nunjuk-nunjuk muka gua sambil kedap-kedip. Mukanya kayak yang panik dan jujur

gua sangat bingung, ini ada apaan sih ya? Apa di mulut gua ada bekas sambel kacang otak-otak karena kebetulan tadi gua makan otak-otak?

Gua pegang mulut gua dan AW AW AW AW AW, gua baru SADAR kalau topeng laknat itu masih NEMPEL di muka gua.

Ya Tuhanku, Ya Allahku, Ya Ibuku, image gua langsung hancur seketika. Image yang sudah gua bangun sejak tadi sebagai pria penyendiri yang gak banyak bicara langsung berganti sebagai pria dewasa yang kegenitan pake topeng.

Gua telen ludah bentar, gua buka topeng sialan itu, dan gua mulai melangkah sambil menunduk. Suasana jadi begitu hening walau suara cekikan yang sepertinya ditujukkan ke gua masih terdengar cukup nyaring.

Dasar topeng sialan!!!!!!!!!!!!!!

Tapi?

Sadar gak sih kalau kita itu terkadang suka memakai topeng dalam hidup ini?

Kalau teman-teman saya seperti Bung DS dan Bung DB rasanya selalu menggunakan topeng di wajah mereka karena saya gak bisa ngebedain apa itu muka asli atau topeng.

“Topeng” yang seolah menutupi sifat asli, menutup hasrat, hingga menutup sebuah tujuan. “Topeng” yang terkadang hanya memberikan harapan kosong dan “Topeng” yang membuat seseorang merasa bahagia dan yakin tapi ternyata hanya omong kosong yang endingnya bakal sangat menyedihkan.

Just Be Honest to your heart and open your mask....

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gelooo...wwe kabeh ieu blogna budak