Senin, 13 Mei 2013

It's Feeding Time

Belum lama ini, tempat gue biasa nulis nawarin gue program "pengembangan bakat dan hobby". Kalau di sekolah semacam kaya extra kulikuler istilahnya.

Programnya banyak, total ada sekitar 30 kegiatan yang bisa dipilih. Gue sih rencana mau ambil 2 aja. 1 yang pasti, gue bakalan milih sepak bola karena hobby gue dari dulu tuh main bola.

Untuk 1 lagi, rencananya gue bakalan milih kegiatan yang sama sekali belum pernah gue lakuin. Pengen cobain suasana dan kegiatan baru gitu. Pilihan seperti nyanyi, dancing sudah jelas gue pasti tolak karena gue takut itu club jadi hancur gara-gara gue ikutan. Pengen juga ikutan bela diri kayak mixed martial arts soalnya dulu gue pernah ikutan beberapa kali tapi gue urungkan karena resikonya gede. Resiko muka bonyok dan gigi tanggal.

Dan dari banyak kegiatan yang bisa dipilih, gue tergoda oleh 3 club yaitu Hoki, Baseball, dan Panjat Tebing.

Sebenarnya waktu SD, gue pernah kepilih jadi pemain inti club Baseball di sekolah dan gue pengen ngembangin bakat gue di bidang ini. Siapa tau gue kepilih jadi pitcher andalan yang digilai oleh kaum hawa tapi jujur gue juga penasaran ama club Hoki. Dulu waktu SMP gue nyaris ikutan club Hoki tapi gara-gara di sekolah gak ada peminatnya jadi klub ini ditiadakan. Kalau gak salah cuma 6 orang yang join termasuk gue.

Setelah menimbang masak-masak, akhirnya gue mutusin buat ikutan Panjang Tebing. Gini, dalam bayangan gue ini sport tergolong extreme dan keren. Gue membayangkan diri gue ya, dengan lengan buntung yang memperlihatkan otot gue, bercelana pendek, dan diikat seutas tali berjuang naik ke atas mendahului orang lain. Dalam bayangan gue keliatannya keren banget! Sumpah

Apalagi di rumah gue sering disuruh nyokap beli aqua galon, beli gas Elpiji. Siapa tau dengan gue ikutan club panjat tebing, gue bisa ngetest daya cengkram dan kekuatan otot gue selama ini.

Tanpa mikir panjang lagi, gue langsung milih 2 club yaitu sepak bola dan panjat tebing. Untuk Panjang Tebing, latihannya diadakan setiap hari Sabtu pagi di GOR Padjajaran. Dan sebagai seorang pemula, gue sangat-sangat-sangat menantikkan latihan pertama gue manjat tebing

Say Uye!!!!

Sabtu kemarin bisa dibilang sebagai hari bersejarah buat gue karena itulah kali pertama gue bakalan manjat tebing. Ada sih rasa was-was, takut-takut kalau iketan talinya kendor terus gue jatuh dari atas, hahaha. Rencana awal. gue bakalan datang pagi, lari-lari bentar buat pemanasan.

Tapi memang godaan itu bisa datang dimana aja. Apalagi yang namanya GOR Padjajaran itu emang menggoda. Tukang jualan dimana-mana dan jualannya juga (sangat) menggoda, nasi campur, mie rica, bubur ayam.

Gue berjalan sambil komat-kamit "tahan, tahan. Jangan tergoda, jangan tergoda" tapi godaan mie Rica ternyata terlalu menggoda gue. Ditambah alibi gue datang terlalu pagi + belum sarapan akhirnya gue mampir dulu ke warung mie buat mesen mie rica. Wih, rasanya ternyata emang enak dan kamu' pasti suka loh, aku yakin :)

Sebenarnya gue janjian ama temen gue si Gema buat datang kesini karena kebetulan yang milih panjat tebing itu cuma gue dan Gema doang. Gema itu dari bagian Sirkulasi yang ngurusin distribusi dan oplah.

Lama ditunggu tapi gak nongol-nongol, si Gema kirim BBM yang ngabarin kalau dia gak bisa dateng soalnya dia harus nganter bokapnya keluar kota dan akhirnya gue sendirian datang buat latihan panjat tebing.

Jam menujukkan pukul 09:00, gue mulai memasuki lapangan. Setelah berkordinasi sebentar dengan trainer yang dilanjutkan dengan pemanasan akhirnya latihan perdana buat gue dimulai.

Tetapi ya bro, sebenarnya ada yang sedikit mengganjal buat gue. Mengganjalnya gini, gue kan baru kali pertama panjat tebing dan gue dimasukkin ke kelas beginner alias pemula. Nah di kelas pemula ini, gue disatuin ama piyik-piyik usia 7-13 tahun.

Gue seolah ratu lebah yang dikelilingi oleh lebah-lebah cilik dan yang bikin gue semakin down, salah satu piyik disitu noel gue dan nanya:

"Om, selain ngajar disini, ngajar dimana lagi?" Demi apaan, dia nyangka gue trainer -_-

Hey piyik, gue juga sama kayak lu. Masih pemula, masih cemen, masih ingusan, gimana mau ngajarin orang. Pertanyaan dia itu bener-bener membuat mental gue makin down, sialan si Gema pake gak datang segala lagi, gunam gue dalam hati.

Setelah teori sebentar, gue dan piyik-piyik yang lainnya mulai diajarkan cara yang benar buat mendaki. Sekilas sih kayak yang gampang banget dan gue yakin banget 1000000% gue bakalan bisa nyampe paling atas ngalahin orang-orang yang disini.

Gue dapet giliran ke 4 dan ketika gue nengok kanan-kiri ternyata yang jadi saingan gue itu si anak-anak piyik. Gue paling gede sendiri dan entah kenapa ya, gue lebih nampak seperti king-kong raksasa karena kompetitor gue masih bocah-bocah.

Tekanan mental gue sebenarnya lebih besar ya, pertama di game ini gue paling gede sendiri. Kedua, saingan gue 'hanya' bocah ingusan yang keliatannya masih suka pipis sembarangan. Ketiga, ini yang paling penting, di lapangan sebelah yang berdempetan langsung ama club panjat tebing, ada kelas tai-chi yang isinya cewek-cewek manis! Gimana coba kalau sampai gue kalah? Atau minimal gak nyampe atas?

Oks, gue hela nafas panjang. Gue mulai memasang perlengkapan pendakian ini. Setelah memastikan semua aman, gue mulai ancang-ancang buat mulai manjat. Ups, ambil tepung dulu biar tanga gak licin dan sekarang gue bener-bener sudah siap untuk menakhlukan pendakian ini.

Gue lirik bentar ke kanan-kiri, saingan gue si piyik-piyik ini juga udah siap. Setelah trainer ambil aba-aba dan dimulai dengan teriakkan "mulai", game ini pun dimulai.

Gue mulai mendaki dan ternyata manjat tebing ini gak segampang teori yang tadi diomongin. Njis, sumpah susah banget ternyata. Kekuatan tangan bener-bener diuji disini. Sambil terengah-engah gue mulai cari celah buat naikkin kaki. Tangan gue juga berusaha cari batu buat pijakkan. Gue yakin banget, bocah-bocah saingan gue juga bakalan ngerasain kesulitan yang sama buat gue.

Tapi ternyata gue salah. Bener-bener salah. Gue gak tau ya, mungkin bocah disebelah gue ini keturunan monyet, cheetah atau ada hubungan darah ama si Franky (lupa namanya) yang jadi temennya si Tarzan, tapi bener-bener edan. Disaat gue engap nyari batu buat pijakkan tangan dan kaki, dia secepet kilat udah jauh di atas gue.

Serius, gak ada berhentinya sama sekali! Gue melongo sambil mangap, gue bener-bener merasa terusik karena dia bisa ngalahin gue. Sekuat tenaga gue kejar dia tapi percuma karena

gak beberapa lama dia sudah nyampe di atas dan bersorak kegirangan disusul saingan gue yang lain yang nyampe atas. Sekarang tinggal gue yang masih stuck di tengah menahan malu tapi untung seribu untung, saingan gue ketinggalan masih jauh di bawah gue. Bocah yang di bawah gue itu berperawakkan tambun dan keliatannya jauh lebih engap dibanding gue.

Gue pengen banget ketawa ngakak ngeliat dia kesusahan *jahat emang* tapi gue urungkan niat gue karena gue juga kesusahan buat nyampe atas. Orang-orang dibawah sudah nyorakkin "Ayo-ayo" dan gue terus buat berusaha naik ke atas.

Hingga di suatu kesempatan tiba-tiba betis belakang gue ketarik dan sakitnya itu bener-bener edan, cenat-cenut rasanya gan!

Oke, gue cuma ada tiga pilihan. Gue tetep berusaha naik ke atas sambil nahan nyeri di betis dengan resiko betis gue memar atau gue bakal rehat bentar dengan resiko si tambun bakalan nyusul gue atau juga gue bakalan nyerah dengan melemparkan diri ke bawah dengan resiko gue diketawain gara-gara kalah.

Dilema, bener-bener dilema. Garis finish udah sebenernya udah deket banget, tapi sakit di paha udah gak ketulungan banget. Tapi ternyata Tuhan emang baik, sebelum gue nyerah si tambun udah nyerah duluan. Dia lepas pegangan tangannya dan mulai mengayun-ngayun di udara. Persis kayak kerbau mau disate, hahahaha

Gak berapa lama dia menyerah, akhirnya gue juga nyerah juga. Gue berayun-ayun di udara sambil nunduk, menahan malu. Rasanya petikkan lagu "Aku pulang, tanpa dendam, kuterima kekalahanku....." sudah cukup buat menggambarkan kekalahan gue.

Okey, game pertama boleh gagal dan malu. Game kedua gak akan gagal, gue jamin. Buat pemula, gue rasa sudah cukup keren lah nyampe ke atas walau gak nyampe garis finish. Paha gue yang ketarik pun sudah berangsur membaik dan gue yakin di game kedua nanti, gue bakalan bisa nyampe ke atas.

Sejam kemudian, giliran gue buat naik lagi. Sekarang saingan gue 'hanya' cewe-cewe remaja usia tanggung. Hihihihi, gue bakalan keliatan keren deh kalau bisa nyampe ke atas.

Pengalaman pertama ketika gue naik bener-bener gue jadiin 'guru' buat game kali ini. Hup-hup-hup gue gak nengok kiri - kanan, gue fokus liat ke atas. Gue lahap semua pijakkan dan gak lama kemudian gue sudah mendekati garis finish.

Sedikit didramatisir dikit biar keliatan keren, gue mulai memperlambat langkah gue. Gue nengok ke bawah dan gue liat cewek-cewe manis masih kesusahan buat naik. Hahaha, gak keren juga sih gue jadi orang pertama yang sampai puncak karena saingan gue 'hanya' remaja tanggung

Harusnya kalau gue mau nembak calon istri ya, gue bakalan lempar spanduk dari atas ke bawah, tulisannya "Do you want Marry Me?".  Keren gak?

Kalau dia bilang "Mau", gue bakalan menghujani dia dengan bunga mawar yang gue lempar dari atas. Tapi kalau dia bilang "Gak Mau", gue bakal ancam "Ya udah gue lompat kalau lu nolak lamaran gue"

Hahaha, tapi karena gue gak se-freak itu, gue urungkan niat gue buat terjun kalau ditolak.

Overall, gue cukup menikmati panjang tebing pertama gue ini. Biar gue masuknya kelas beginner tapi tetep menarik dan menantang. Sensasinya emang beda dengan main bola tapi ada perasaan yang sama ketika gue berhasil bikin gol dengan gue bisa nyampe garis finish di atas :)

Last, gue bakalan merindukkan hari-hari terakhir gue disini. Mungkin panjat tebing itu bakalan jadi yang pertama dan terakhir buat gue. Bener kata temen gue, saat kita lagi down, kita harus bangkit dulu, harus bisa happy kayak dulu lagi. Saat semuanya sudah kembali seperti semula, maka kebahagiaan itu akan datang dengan sendirinya :)

Di setiap kejadian itu ada sebuah pelajaran yang membuat kamu lebih kuat, lebih dewasa dari sebelumnya. Kadang yang terindah bukanlah yang terbaik. Yang kelihatan sempurna tak menjanjikan bahagia. Namun jika kita dapat menerima kekurangan menjadi kelebihan itulah kesempurnaan yang sesungguhnya :)

Karena pada dasarnya, "orang yg bahagia tidak harus memiliki semua yang terbaik. Namun mereka menjadikan semua miliknya menjadi yang terbaik...."