Rabu, 29 Mei 2013

Live for Now

Entah gue lagi dinaungi dewi fortuna atau gue lagi ketularan hoki-nya si Untung Angsa, beberapa hari ini gue lagi ngerasa lucky banget.

Pertama, kerjaan gue beres semua. Bisnis kecil-kecilan yang lagi gue rintis lagi "panen" terus ini yang paling edan, dalam 1 minggu ini gue nemu 3 ponsel jatuh!!!

Iya beneran 3 ponsel. Yang pertama Samsung S3 Mini, Nokia Lumia, dan 1 dompet isi 2 hape Esia. Wow!

Mata gue berbinar, siapa sih yang ngiler nemu ponsel mahal. Apalagi Samsung S3 Mini. Temen gue aja harus nabung lama biar bisa beli, eh gue bisa dapet gratis gara-gara nemu :D.

Tapi karena ini adalah barang punya orang dan gue pun pernah ngerasain yang namanya kehilangan ponsel, repotnya kayak apa, suka gak suka tetep dong harus gue balikkin ke yang punya.

Satu yang menarik ketika nemu barang berharga terutama ponsel adalah gue harus ngulik data pribadi yang bersangkutan di dalam ponsel itu. Mau gak mau harus kepo sih tapi ya dibanding gue gak tau harus kemana balikkinnya, jadi dikit-dikit gue kulik ini Samsung S3 Mini.

Gue mulai baca satu per satu pesennya, ternyata yang punya Samsung S3 Mini ini adalah seorang marketing Bank karena isi message-nya kebanyakkan tawaran bank. Gue kulik-kulik lagi yang punya namanya Arie dan keliatan dia udah punya istri diliat dari foto-foto mereka berdua.

*uhuk*

Oh ya gue nemu Samsung S3 Mini waktu gue lagi nonton Festival Film Eropa di Pusat Kebudayaan Jerman di Bandung. Kebetulan gue dapat akses buat masuk dan review film-film Eropa itu. Gue nemu waktu gue lagi di toilet, mungkin si empunya S3 Mini ini lagi narsis sambil ngaca-ngaca jadi ketinggalan deh ini ponselnya.

3 jam gue tungguin tapi gak ada telpon yang masuk, apa dia kebanyakkan duit jadi gak peduli kali ya kalau dia kehilangan ini S3

Gue mulai kulik di bank data, nyari no kontak yang bisa dihubungin. Gue ketik "Mama, Papa, Bunda, Ayah, Mimi, Pipi, Abah, Emak" tapi gak ada. Kayaknya dia gak masukkin nomor orang tua dia disini,

Coba keyword lain, "Pacarqu, ayanqu, cincaqu" tapi tetep gak ada. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya gue nemu nama "Sayangqu" dan langsung gue telpon ke nomor itu

"Hallo sayang, kenapa?" kata suara di ujung telepon

Duh, kalau gue jahil, bisa aja gue jawab gini "Gak usah cayang-cayangan ama aqu lagi. Mulai cekarang kita putus, kamu cewek matre! B****!!!!"

Tapi karena gue belum setega itu, gua jawab dengan sopan "Mbak maaf, ini saya tadi nemu ponsel. Mbak bisa ngehubungin pacarnya? Soalnya saya bingung mau balikkin ke siapa?"

Nada bicaranya langsung berubah: "Ini dengan siapa ya? Maaf saya adik iparnya mas Arie, kebetulan saya lagi di luar kota. Nanti saya hubungin mas Arie dulu ya mas"

Tapi ada yang aneh, ada hal yang mengganjal di pikiran gue. Yang mengganjal adalah foto istrinya si Mas Arie ini yang dijadiin foto pp di S3 Mini ini beda banget ama foto PP nomor kontak si cewek yang ngaku adik iparnya ini.

Masak iya, adik ipar pake cayang-cayangan segala? Masak adik ipar namanya di kontak "Sayangqu". Naluri detektif Conan gue langsung bergerak. Gara-gara kebanyakkan baca komik Conan kali ya. Gue mencium bau-bau perselingkuhan disini

Sambil nunggu si Mas Arie atau si "adik ipar" tadi nelpon, gue iseng baca-baca inbox si Mas Arie dan aha tepat dugaan gue. Si Mas Arie kasep ini ternyata lagi bermain dua kaki alias selingkuh.

Nakal ya kamu Arie. Nama boleh Arie, nama yang soleh dan santun tapi doyan selingkuh kamu ya. Kalau dugaan gue lebih gila lagi, apa mungkin si Mas Arie selingkuh ama adik ipar sendiri?????

Kalau bener kejadian, Dajjal memang sudah semakin dekat!

Sms-sms, Line, WA Mas Arie suer manis banget. Kalau gue jadi cewek, gue juga mau kali dimadu ama si Mas Arie. Salah satu contoh sms mas Arie ke pacar dan ke "adik iparnya" yang bikin gue klepek-klepek:

"Sejak kenal kamu, bawaanya pengen belajar terus deh. Belajar jadi yang terbaik buat kamu."

"3 hal di dunia ini yg tak bisa dihitung yaitu jumlah bintang di langit , ikan di laut dan cintaku padamu"

"Ga usah janjiin bintang dan bulan untuk aku, cukup janjiin kamu bakal selalu bersamaku di bawah cahayanya."

Sumpah gue ngakak baca gombalan maut si Mas Arie. Nih orang emang manis mulutnya, bener-bener bisa dijadikan panutan nih orang. Mas Arie, lu emang idola gue! You're My Hero!

Gue juga mau kayak si Mas Arie ah, kirim sms gombal ke cewek "Mungkin Tuhan sudah hafal doa aku. soalnya monoton. selalu ada tentang kamu." Eaaaaaaaaaa

Gak berapa lama, ada telpon masuk ke ponsel Mas Arie ternyata yang nelpon si Mas Arie-nya, intinya dia ngabarin kalau dia sendiri gak sadar kalau ponsel yang ini jatuh soalnya dia pake 2 ponsel. Terus kita janjian ketemuan di depan jalan rumah gue setelah masing-masing pulang kerja

Kalau gue sih sudah tau ya perawakkan si Mas Arie dari foto-foto dia, Orangnya pake kacamata, rambut agak ikal, badan ceking.

Sejam kemudian, mas Arie nelpon lagi dia sudah ngabarin kalau dia sudah di depan jalan rumah gue. Gue lalu beranjak jalan ke depan buat balikkin ini S3. Tanpa perlu bingung mencari, akhirnya gue nemuin si Mas Arie lagi duduk di atas motor Mio. 

Sambil nunjukkin S3-nya, gue nyengir "Mas Arie?"

Dia langsung jawab, "Oh ya Mas, Aduh mas, makasih banget ya, untung aja mas mau balikkin. Di HP ini banyak data saya yang penting terutama buat kerjaan saya. Saya gak sadar kalau tadi siang hilang, baru sadar pas keponakkan saya ngabarin"

Dari ekspressi + gaya berbicara si Mas Arie, keliatan banget kalau dia bersyukur bisa nemuin lagi ponsel dia yang jatuh.

Sambil basa basi bentar, dia ngeluarin lembaran ratusan ribu, sekilas gue liat sekitar 300rb, sambil nyalamin gue dia bilang "Nih Mas Sani, ada sedikit uang buat beli rokok"

Spontan langsung gue tolak. Bukan karena gue emang gak ngerokok, bukan juga gue gak butuh duit tapi karena gue emang pure ngebantu tanpa ngarepin apa-apa.

"Gak usah Mas Arie, saya malah gak enak jadinya. Toh saya juga gak rugi apa-apa, cuma tadi aja kebetulan lagi nemu di jalan. Tadinya malah saya mau titipin ke Security tapi saya takut malah gak kembali, jadi saya bawa pulang aja. Simpen aja uangnya Mas" kata gue (Sok) bijak. 

Duh 300rb, sebenarnya bisa gue pake buat jajan lotek depan rumah deh.

Setelah berdebat cukup lama, akhirnya Mas Arie masukkin lagi uangnya ke dalam saku celana dan pamit pulang. Sebelum pamit dia minta ijin buat minta pin BB, buat silahturahmi katanya.

Malamnya, dia kirim BBM ke gue, isinya "Makasih banyak mas ya, semoga kebaikkan dan kejujurannya hari ini dibalas oleh rahmat yang melimpah dari Tuhan di kemudian hari. Allah Bless You"

Gue cengar-cengir baca BBM dari dia. Sekilas ada perasaan bangga bisa nolongin orang. Dua orang yang gue kembaliin ponselnya yang gue mungut di jalan pun reaksinya selalu sama. Senang dan lega.

Jujur ya, kalau dibilang, sebenernya gue sih gak perlu repot-repot, tinggal cabut nomor SIM kontak, ganti yang baru dan fix itu ponsel bisa gue jual. Apalagi gue juga lagi banyak pengeluaran, banyak planning yang membutuhkan duit gak sedikit.

Tapi selalu ada perasaan senang, berbinar ketika gue bisa ngebantu atau ngeliat orang seneng loh. Gue sekarang gak tau gimana kabarnya Mas Arie dengan istri dan "adik iparnya" tapi satu yang pasti, gue masih inget gimana senengnya dia, gimana leganya dia, gimana cara dia mengucapkan terima kasih berulang-ulang ke gue. 

Memang benar, satu kebahagiaan jika melihat orang yg kita bantu bisa tersenyum bahagia meski sebenarnya kita sendiri tengah kesulitan

Tidak ada komentar: