Senin, 09 September 2013

Like Father, Like Son

Banyak hal yang ngebuat gue penasaran, banyak banget. Apalagi disaat gue sudah semakin dewasa, bener-bener banyak hal yang bikin gue penasaran.

Tapi ya guys dari sekian banyak hal yang ngebuat penasaran, yang (sangat) bikin gue penasaran tuh, ampe gue segede Patlabor gini, gue belum pernah ngedenger suara Bokap gue nyanyi.

Daya ingat gue sangat baik karena gue selalu inget moment-monent yang pernah terjadi dalam kehidupan gue dan samakin gue berpikir keras buat inget, beneran deh gue belum pernah denger suara Bokap gue itu  nyanyi.

Emang penting ya? Buat gue sih penting banget! Gue yang nilai seni musik gue selalu dibawah rata-rata jadi beneran pengen tau, suara sumbang gue tiap nyanyi itu turunan dari siapa?

Di rumah gue, tiap orang yang masuk kamar mandi pasti nyanyi.

Kakak gue pasti nyanyi, suaranya okelah

Nyokap gue kadang-kadang nyannyi, suaranya okelah

Gue SELALU NYANYI, suara? Gak bisa dideskripsikan

Tiap masuk kamar mandi, gue bisa ngabisin waktu 15-20 menit maen aer sambil nyanyi. Lagunya sih apa aja, yang ada di pikiran gue saat itu. Kalau lagi pengen nyanyi lagu Cherry Belle ya nyanyi lagu Cherry Belle, kalau lagi pengen nyanyi lagu JKT48 ya nyanyi lagu JKT 48, kalau lagi pengen nyanyi lagu Super Junior ya nyanyi lagu Super Junior

Gak tau bener, gak tau gak liriknya, toh gak ada yang tau ini.

Biasanya belum habis 1 lagu, Nyokap gue langsung gedor-gedor pintu WC suruh kecilin suara. Malu ama tetangga katanya -____-

Dan, cuma Bokap gue yang gak pernah nyanyi tiap masuk kamar mandi. Mungkin karena pembawaannya emang cool atau karena apaan, gue beneran gak pernah denger Bokap gue nyanyi.

Suatu hari, gue pernah ngobrol ama temen gue si Agus. Dia cerita soal Bokapnya yang hobby nonton "Cinta Fitri" dan di kesempatan itu gue nanya ke si Agus

"Gus lu pernah gak sih denger Bokap lu nyanyi? Acara karaokean keluarga gitu" tanya gue penasaran

"Pernah sih, Nyanyi lagu jadul. Enak banget suaranya, gue malah gak nyangka Bokap gue suaranya sejernih itu"

Bentar, bentar, gue mencoba menarik kesimpulan. Jadi apa mungkin suara Bokap gue itu bagus, mirip si Mike Idol gitu ya? Tapi dia gak mau terlalu eksis? Maunya diem-diem aja?

Bisa jadi kan brur?

Gue pernah sekali, sengaja banget duduk di sebelah Bokap gue pas lagi ibadah di Gereja. Pas lagi nyanyi gitu, gue sengaja ngedeketin kuping ke Bokap gue tapi yang kedengeran cuma kayak orang berbisik

Gue ngelirik bentar, Bokap gue kayak lagi komat kamit penuh arti.

Dad, lagi nyanyi atau lagi baca vodoo?

Kata orang sih ya "like father, like son", jadi apa mungkin suara gue yang gak oke ini turunan dari Bokap gue? Tapi kakak gue suaranya oke-oke aja tuh. Kenapa dia oke, gue gak? Kan aneh

Dan semua misteri di dunia ini akhirnya terjawab juga. 23 tahun gue mencari dan mencari akhirnya gue bisa denger suara bokap gue nyanyi!

Ini juga kejadiaanya bener-bener gak disangka, bener-bener gak terduga. Jadi ceritanya gini, di rumah gue, gue and kakak tuh jarang bawa kunci rumah sendiri

Kalau gue sih malah gak pernah bawa, hal itu tuh yang ngebuat gue kalau pulangnya kemaleman rada gak enak ke Bokap. Soalnya Bokap pasti nungguin dan dia yang ngebukain pintu gerbang.

Di suatu kesempatan, kakak gue tuh lagi lembur, jam sudah menunjukkan pukul 11 malam dan tanda-tandanya sih bakalan pulang jam 12an nih

Gue lagi asyik di depan laptop, lagi ngerjain project, Bokap gue lagi di bawah, di ruang tamu lagi baca kitab suci sambil nungguin Kakak.

Gak lama, Bokap gue manggil gue minjem "Kotak pemutar musik" (maksudnya iPod). Bokap gue biasanya suka denger-denger lagu gospel gitu dan sengaja gue isiin iPod gue ama lagu-lagu gospel.

Sekarang gue lagi browsing-browsing berita di Internet, gue yang kebetulan suka banget baca soal urban legend eh nemu artikel menarik soal urban legend di Jepang

Serius, artikelnya serem soalnya ada foto ama video segala. Gue rada ngeri juga sih pas lagi baca tapi kan ada Bokap gue di bawah jadi kalau takut bisa langsung ngacir ke Bokap. Hahaha

Pas lagi baca-baca soal hantu muka polos yang jadi legenda di Jepang, tiba-tiba kedengeran suara "Tuhhhaaan, Tuhhaaaan, lindddunggi akkku"

Sumpah! Suaranya serem banget! Lu pernah gak nonton film Kuntilanak yang maen si Julie Estelle terus ada scene dia nyanyi lagu kejawen buat manggil Kuntilanak yang nyeremin itu?

Dan sekarang yang gue denger, jauh lebih serem dari lagu pemanggil kuntilanak itu!

Udah di layar laptop gue lagi muter video muka hantu polos di Jepang, eh ditambah pula ada nyanyi lagu hantu

Lutut gue mendadak kaku, gue langsung lari secepet si buta dari goa hantu waktu lagi nyari makan, gue lari mau ke Bokap gue

Baru setengah berlari, gue liat Bokap lagi tiduran. Matanya merem, di kupingnya nempel earphone iPod terus bokap gue dengan polosnya lagi nyanyi. Mungkin saking enaknya, dia gak sadar kalau dia nyanyi terlalu keras.

Jadi ini suara Bokap gue? Jadi selama 23 tahun gue mencari, ini suara Bokap gue?

Pilihan gue ada 2, gue toel terus bilang jangan keras-keras nyanyinya atau gue diemin aja dengen resiko gue harus dengerin lagu pemanggil kuntilanak itu lagi.

Gue angkat iPod gue terus liat lagu apaan yang lagi di-play. Ternyata Bokap gue lagi stel lagu "Tuhan Penolongku" tapi setau gue ya, itu lagu ama yang Bokap gue nyanyiin kok gak ada mirip-miripnya -___-

Nada ama bait kok gak ada yang pas apalagi lirik. Waduh

Dan, diem adalah solusi terbaik buat gue. Nyuruh bokap gue berhenti nyanyi, gue malah ada perasaan segan menjurus malu buat negor.

Hm, jadi gini toh suara bokap gue

dan akhirnya

gue sekarang sudah tau suara 'keren' gue itu turunan dari siapa -_____-

Tidak ada komentar: