Minggu, 01 September 2013

My Name is Sani and I'm not a ........

Well, seperti yang kalian tau nama lengkap gue Stefanus Sani. Ampe sekarang gue belum pernah tau kenapa Ortu gue kasih nama itu.

Yang gue tau ya, Stefanus itu kan Martir di kitab suci, kalau Sani itu artinya "Yang Dimuliakan". Jadi apakah Stefanus Sani itu artinya "Martir yang dimuliakan"?

Serius, gak boong. Gue ngerasa keren banget.

Panggilan gue banyak dan di masing-masing tempat gue punya nama panggilan sendiri.

Di rumah gue di panggil "Dede" karena gue anak bungsu dan semua tetangga gue taunya nama gue "Dede". Di Gereja gue dipanggil "Stefanus" atau "Dede Stefanus". Temen-temen gue manggil gue Sani. Temen-temen gue yang kualat manggil gue "Jaja".

Kenapa "Jaja"? Karena "Jaja" itu ejekkan buat nama Bokap gue. Padahal Sumpah Demi apapun juga, nama Bokap gue gak ada unsur kata "Jaja-Jaja"-nya.

Kalau temen kualat gue lagi bertamu ke rumah gue, serius deh mereka suka naif gitu. Ketemu Bokap gue sok nyapa "Halo Om, apa kabar? Sehat" dan dilanjutkan dengan basa-basi busuk lainnya.

Tapi begitu Bokap gue sudah gak ada, pasti ngomongnya "Si Jaja kemana uy?"

Kualat lu semua.

Adalah aneh buat gue kalau misalnya orang di lingkungan yang berbeda manggil gue dengan nama yang gak biasa mereka sebut.

Sampai detik ini ya brur, gue bisa itung berapa kali Nyokap dan Bokap gue manggil gue dengan nama asli gue. Rasanya geli banget, waktu tiba-tiba Bokap gue teriak manggil "Sani turun, ada temen yang nyariin!"

Gue yang biasa dipanggilnya "Dek turun" terus tiba-tiba  dipanggil "Sani turun" kok ngerasa aneh banget gitu ya.

Sama aja kayak temen-temen gue di Gereja yang biasa manggil gue "Stefanus" tiba-tiba manggil gue "Sani". Gue kok ngerasanya geli dan gak biasa.

Pernah temen gue mau ke rumah gue. Ini adalah kunjungan pertama jadi dia belum tau banget rumah gue. Sebenarnya dia udah deket banget di rumah gue terus dia nanya ke tetangga gue "Mas, rumahnya Stefanus Sani yang mana ya?"

Parahnya tetangga gue bilang "Disini mah gak ada yang namanya Stefanus Sani. Disini yang ada namanya Cecep, Fachrul, Dani, Aceng, Dede"

Padahal itu tetangga depan rumah gue banget -___-.

Satu kali juga, ada orang yang nanya ke gue. Kebetulan gue baru banget pulang, lagi buka gerbang. "Kak, rumahnya Willy Chandra dimana?" 

Willy Chandra? Seinget gue ya disini gak ada yang namanya Willy Chandra deh. Keren amat namanya. Gue bilang ke dia kalau disini gak ada yang namanya Willy Chandra, salah alamat kali.

Setengah jam kemudian tetangga sebelah gue nanya ke gue, "De, tadi ada yang nyariin saya gak?"

"Gak ada ah Kang". Dari dia lahir ampe sekarang umur 16 tahun, gue taunya nama dia "Kakang" soalnya semua orang disini manggil dia "Kakang" termasuk orang tuanya.

"Tapi tadi ada yang nyari "Willy Chandra" Kang" lanjut gue

"Ya, Willy Chandra itu saya de" -______________-

*dafuq moment*

Punya nama panggilan Dede juga sebenarnya jadi serba salah juga. Serba salahnya gini, gue sering ngerasa berdosa ama  anak-anak kecil tetangga gue.

Tiap gue baru pulang ke rumah sebelum buka gerbang,  pasti ada anak-anak kecil yang lari ngehampirin gue. Entah itu minta permen, minta dibonceng, nanya-nanya soal kartun.

Biasanya mereka manggil "Dede, Dede ikut. Bonceng ampe depan". Gue sih gak masalah ya dipanggil gitu tapi buat orang tua mereka itu masalah.

Jadi pernah ada yang manggil nama gue "Dede, Dede" terus Mamanya langsung ngejewer kuping dia di depan gue ampe nangis. Terus Mamanya ngomong "Gak boleh manggil Dede. Dia lebih tua dari kamu. Manggilnya "Kakak Dede"

Dan alhasil, nama gue sekarang di kalangan anak-anak rumah gue jadi "Kakak Dede" disingkat "Kade"

Aduh. Next,

Panggilan Sani itu sebenarnya mulai familir buat gue sejak kelas 6 SD. Waktu itu wali kelas gue manggil gue "Sani" alasannya nama Stefanus di kelas gue kebanyakkan. Kalau gak salah ada 3 orang yang namanya "Stefanus". Terlalu Mainstream banget itu nama

Awalnya gue gak biasa karena buat gue Sani itu terkesan girlie abis. Waktu itu Guru gue bilang "Jadi biar gak ketuker-tuker namanya Stefanus Sani sekarang dipanggil Sani aja. Awalnya Ibu sih pengen nyingkat jadi Stefani tapi kayak cewek banget menurut Ibu" kata Wali kelas gue ngebully gue.

Anak-anak di kelas langsung ketawa gila-gilaan dan selama 1 minggu gue di-bully di kelas dengan panggilan "Stefani"

Hm oke, Stefanus Sani kalau disingkat jadi Stefani. Perfect!

Gue mulai terbiasa dipanggil "Sani" itu sejak mulai masuk SMA. Seperti yang gue bilang, buat gue nama "Sani" itu terkesan girlie banget. Tiap ada yang tau nama gue, pasti commentnya "Kok namanya kayak perempuan ya?"

Gak keitung berapa ribu kali, gue dapet sms yang awalnya ngajak kenalan "Hi, boleh kenalan gak Sani? Kenalin nama gue Ahmad tinggal di Dago"

Kenapa harus lu Ahmad, Basuki, Eeng atau siapalah namanya yang ngajak gue kenalan? Kenapa harus cowok?

Semuanya berubah sejak (ehem) idola gue si Bunga Citra Lestari (BCL) ngerilis lagu Sunny (Cinta Pertama). Ini ngebuktiin kalau nama Sani or Sunny or whatever itu emang buat cowok. 

Logikanya gini, kalau Sunny itu nama buat cewek, gak mungkin kan BCL yang notabene cewek "manggil-mangil" cewek juga. Gak mungkin kan?

Oh ya nada dering ponsel gue selama 2 tahun lagu ini loh, hahaha

Lagu itu ternyata membawa dampak yang baik buat gue. Dulu tiap gue ke bank or kemana aja yang mengharuskan gue tanda tangan, pasti komentar yang muncul "namanya kok kayak perempuan ya" sekarang gak. Tiap tau nama gue Sani pasti mbak-mbak langsung nyanyi "Sani, Sani apa kabarmu, kabarku baik-baik saja"

Asyik, love u banget deh BCL

Tapi kalau ditanya ke gue, "lu sendiri lebih suka dipanggil apa?" Gue sih lebih suka dipanggil Sani karena gak kepanjangan. Tapi gue lebih suka kalau dipanggil dengan awalan di depan nama gue, misal "Bro Sani, Kak Sani, Mas Sani, dll"

Asal jangan manggil gue dengan "Om Sani" serius gue ngerasa tua banget kalau dipanggil pake Om. Akyu kan masih 17 tahun kak :D

Yang lucu gini, gue selalu manggil nama orang dengan imbuhan depan biar terkesan akrab dab gak formal. Kadang juga gue biasa ngomong 'ane-ente' "gue-lu' "kamu-aku" tergantung lawan bicara

Suatu kali gue chat pake "ane ente" via Line. Terus dia nyangka gue keturunan orang Arab dan besoknya dia chat "Anthum Sani". Sejak hari itu dia manggil gue dengan panggilan "Anthum Sani" terus dia polos banget nanya ke gue "Apakah Anthum Sani sudah melaksanakan Sunnah Rasul hari ini?"

Sunnah Rasul? Dibanding pembicaraan makin melebar dan salah arah, delete contact adalah pilihan yang paling bijak buat gue.

Tapi gue selalu percaya, nama pemberian dari orang tua itu sebenarnya adalah doa. Kalau nama kamu misalnya "Dominikus" berlakulah seperti St Dominikus yang merupakan Santo Pelindung Remaja atau kalau nama kamu "Aditya" berarti kamu harus jadi cahaya surga buat banyak orang.

Jadi, apa arti nama kamu?

Tidak ada komentar: