Selasa, 28 Februari 2017

Life Is Waiting

*) Dimuat di Situs MyDirtSheet.com (yang cari review Film, Buku, WWE bisa berkunjung kesana).

Pernah nonton film The Terminal? Film yang dirilis tahun 2004 silam dan disutradarai oleh Steven Spielberg ini bercerita tentang Viktor Navorski (yang diperankan sangat apik oleh Tom Hanks) yang terjebak dalam John F. Kennedy International Airport karena pasport yang digunakan tidak berlaku lagi sejak terjadi civil war di Negara asal Viktor yaitu Krakozhia (sebuah negara fiktif). Film ini diinspirasi dari kejadian nyata yang menimpa Mehran Karimi Nasseri dari Iran yang terpaksa tinggal di Terminal 1 Charles de Gaulle International Airport (France) karena pasportnya dicuri sehingga dirinya tidak bisa keluar dari terminal. Tagline film ini adalah 'Life Is Waiting' atau Hidup Itu Menunggu.

Gua percaya dalam kehidupan kita, hampir setiap hari kita menunggu. Menunggu datangnya Pagi, menunggu datangnya senja, menunggu datangnya jemputan, menunggu rasa sakit hati hilang, menunggu mama selesai masak, dan menunggu-menunggu yang lain. Tapi buat temen gua (kita panggil saja dengan inisial nama dia 'DS'), hidup adalah menunggu tambatan hati datang.

Bung DS ini memang luar biasa kalau gua bilang. Di jaman sekarang, dimana Network sangat diperlukan, Orangnya malah bener-bener anti sosial, jarang bargaul, gak punya media sosial apapun yang aktif, pake WhatsApp juga baru tahun ini (sebelumnya pake SMS terus). Setiap hari kerjaannya jaga bengkel, kalau lu berkesempatan buat lewat Cicadas di Bandung, tengok deh salah satu bengkel di Cicadas bakalan ada cowok yang badannya besar lagi mangap sambil liatin jalan. Nah sudah pasti itu si DS.

Kebetulan gua kenal dengan Nyokap dan Bokapnya. Setiap ke bengkel punya si DS, Nyokap dan Bokapnya pasti titip pesen buat gua "Sani, itu si DS ajak main. Suruh gaul, dibanding di rumah terus main Playstation. Masak umur sudah 28 tahun tapi belum pernah pacaran"

"Iya siap Tante, tapi kasih diskon buat oli motor ya Tante" bujuk rayu ala gua.

Satu hal yang bikin gua males ngajak DS buat hang out atau sekedar duduk manis di depan Circle K sambil menyeruput Green Tea adalah gaya komunikasi si DS. Kalau misalnya gua sms gini "Ded, sore main yuk. Ada tempat makan enak nih" pasti jawaban dia doang cuma "Gak" atau "MLS" (MALES). Gua SMS panjang lebar dibalesnya cuma "GAK" atau "MLS". Gimana hati gak dongkol coba.

Gua ya, ini gua ambil contoh gua. Kalau ada yang ngajakkin pergi terus gua gak bisa, gua bakalan kasih alasan panjang lebar sambil minta maaf berulang kali "Sorry banget vroh, ini gua gak bisa soalnya udah janji ama orang. Ngumpulnya jam berapa? Kalau keburu gua pasti nyusul kesana. Sorry banget nih sebelumnya, jangan kapok ajak ya". Kalau smsnya panjang lebar dan menjelaskan gini kan enak buat yang ngajak. Kalau udah dichat terus dibalesnya cuma '"GAK" atau "MLS" yang ada gua pengen nabok muka si DS pake sendal.

Pernah suatu hari Nyokap gua terenyuh dengan si DS yang belum pernah merasakan pahit manisnya mereguk asmara. Nyokap gua rencana mau ngenalin salah satu murid Santa Maria 2 ke si DS, gua sebagai anak jujur merasa kecewa. Kecewa karena seumur-umur gua sendiri belum pernah dikenalin ama yang cakep ama Nyokap, eh giliran si gembrot DS malah dikenalin. Gua merasa gagal sebagai seorang anak :(

Pertemuan pun diatur. Mereka berdua akhirnya kenalan, gua dan Ambu (salah satu temen gua yang lain) ngeliatin sambil cekikan sekaligus terharu karena bisa jadi ini merupakan titik awal si DS untuk merasakan pahit manis berpacaran. Setelah kenalan dan jajan, si cewek pamit pulang ke Nyokap gua dan jalan sendirian ke depan.

Kalau cowok peka, dia pasti bakalan ngejar si cewek dan nawarin tumpangan kan? Tapi ini si DS gak tau kebanyakkan ngunyah mecin di Supermie mentah, dia malah ngomong "Buat apa?" pas gua bilang suruh kejar si cewek (Sarah namanya). Lu tau gak adegan Dian Sastro di film AADC yang pas dia berantem ama si Nicolas Saputra di Pasar Buku Kwitang? Si Dian jalan meninggalkan Nico sendirian terus gak lama dia nengok ke belakang, kasih kode biar dia disusulin kan?

Nah si Sarah juga sudah kasih kode nengok ke belakang tapi luar biasanya si DS ini masih membantu berdiam diri sambil ngunyah Supermie mentah (supermie yang gak dimasak tapi diremet dan langsung dimakan). Gila, gila.

Bertahun-tahun setelah kejadian itu, si DS tampaknya mulai sadar kalau apa yang dia lakukan tempo hari itu salah. Jelas terlambat karena gua rasa Sarah sekarang sudah bahagia dengan tambatan yang lain. Tapi gobloknya, kejadian itu belum membuat si DS sadar, kalau hidup itu jangan hanya menunggu tapi harus mencari juga.

"Tenang Ja, semua akan indah pada waktunya. Jodoh gak akan kemana kok" kata DS sok optimis

"Semua memang akan indah pada waktunya tapi kalau lu cuma diem kayak gini, gak ngapa-ngapain gimana bisa dapet. Jangan menunggu keajaiban, ada cewek datang ke rumah lu terus ketuk rumah lu buat dijadiin pacar ama lu Ded" kata gua panjang lebar.

Omongan panjang lebar gua itu sepertinya membuat DS sedikit berpikir. Karena sorenya, dia SMS gua gini "Ja, ada di rumah? Keluar yuk"

Ini waktunya gua bales dendam, kalau dulu pas disms dia cuma jawab "GAK" atau "MLS", untuk ajakkan ini gua bales "Gk". Singkat dan jelas, hahahahaha

.........................................................

Jika DS sedang menunggu datangnya seorang wanita cantik yang mengetuk pintu rumahnya dan berharap dijadiin pacar, teman gua yang lain si Benny malah sedang menunggu kelahiran anak keduanya. Benny ini teman 1 Sekolah Minggu gua di Gereja dan ketemu lagi pas SMA (kita 1 sekolah biar gak pernah sekelas). Benny ini 1 type ama si DS, pasif dan pendiam (ngomong seperlunya aja). Pas lagi Sekolah Minggu, si Benny pernah gua bikin nangis karena gua ambil paksa Tazos (hadiah dari Chiki Ball, generasi 90an pasti tau Tazos) punya Benny. Kedua, gua pernah ngumpetin sepatu dia di Kotak Persembahan sampai dia nangis baru gua balikkin.

Setelah lama gak ketemu, gua ketemu dia pas gua lagi ada perlu di Bank. Lagi asyik nunggu antrian, Si Benny nepok gua sambil ngomong "Sani, apa kabar maneh?". Pas gua tengok eh si Benny ternyata. Mukanya belum berubah sejak dulu dan intonasi ngomongnya tetep datar (jadi kadang bingung dia lagi nanya atau menjelaskan). Gua peluk si Benny dan ngobrol tentang kesibukkan masing-masing.

"Clobberin Time gimana? Makin yahud aja nih" tanya Benny

"Kok tau Ben?" tanya gua heran

Belum Benny jawab pertanyaan itu, tiba-tiba ada anak kecil lari ke arah Benny sambil ngomong "Pih, ayo pulang". Langkah si anak kecil itu diikuti oleh seorang Ibu yang tampak sedang hamil besar dan ngomong "Pih itu siapa?"

"Kenalin San, ini istri ama anak gua. Istri gua sekarang lagi hamil lagi anak kedua"

GUA BENGONG asli GUA BENGONG. Benny yang dulu anaknya culun dan pernah bikin gua nangis gara-gara sepatunya gua umpetin sekarang sudah menikah dan sudah punya anak? Dan lebih edannya sekarang lagi nunggu anak kedua?

"Lu nikah tahun berapa Ben?" tanya gua shock.

"Nikah tahun 2012 San. Ini kebetulan pacar pertama gua, gak lama pacaran langsung nikah. Kalau kelamaan tanpa kepastian entar diambil orang loh"

Benny menikah tahun 2012. Tahun 2012 itu dimana gua sedang berjuang buat namatin game Dino Crisis di Playstation, ini orang malah sudah nikah. Gua kaget campur shock. Asli

"Maneh gimana San? Ah, kalau lu mah gampang kali buat deketin cewek"

"Masih single aja nih Ben"

"Kok bisa"

"Soalnya sampai hari ini belum ada yang bisa meluluhkan hati gua Ben"

"Ta* kuda maneh, San" kata Benny yang diiringi tawa kita berdua.

Benny kemudian bercerita soal filosofi pemancing yang dianut oleh dirinya. Untuk mendapatkan banyak ikan, pemancing pasti bakalan lempar banyak umpan ke dasar kolam. Saat umpan dilempar, ikan pasti bakalan mendekat dan siapa yang gigit umpan kita pasti bakalan kita tarik. Kalau ikannya kecil atau gak sesuai biasa dilepas oleh pemancing. Nah, menurut si Benny dalam menjalin hubungan kita jangan mengikuti filosofi pemancing. Jangan terlalu banyak melempar umpan karena membuat kita gak fokus, semakin banyak umpan yang dilempar semakin banyak pula ikan mendekat. Semakin ikan mendekat, semakin sulit juga untuk kita buat memilih.

"Maneh, jangan terlalu banyak melempar umpan (maksudnya tebar pesona). Nanti yang ada malah gak fokus, yang ada ikannya pada ngacir kemana-mana. Umpan lu habis, eh maneh gak dapat ikan" cerocos Benny.

Benny yang dulu gak pernah bisa hafal ayat hafalan pas di Gereja + hobbynya jajan bakso cuanki depan Gereja sekarang bisa-bisanya ngajarin gua soal filosofi pemancing dan ikannya.

"Kapan-kapan gua ke Rumah ya Stef. Mau liat baju" kata si Benny. Gue keluarin Hoodie dari tas gua dan kasih ke Benny gratis. Kebetulan gua emang selalu bawa Tees/Hoodie lebih di tas gua.

"Ambil aja Ben. Buat ngegantiin Tazos lu pas jaman Sekolah Minggu"

Kita pun kembali tertawa bersama

.......................................................................

Omongan Benny soal filosofi pemancing dan ikannya kadang bikin gua nyengir sendiri kalau gua ingat. Di hari yang sama gua ketemu Benny, Malamnya gua janjian ama si Ambu buat ketemuan di sebuah Convenience Store buat ngopi. Si Ambu ini lagi keranjingan main Tinder dan kalau denger ceritanya ok sih, dia sudah 4x berhasil ketemuan ama temen chatnya di Tinder. Satu Malam sebelumnya, Ambu keliatan sibuk bener. Dia sudah coba-coba baju buat dipake pas ketemuan ama si gebetan Tinder + nanya ke gua gimana caranya buat mencairkan suasana termasuk jokes-jokes yang biasa gua pake pas ngobrol ama cewek. Asli kalau ditanya kayak gini, gua susah jawabnya. Jokes yang biasa keluar dari mulut gua itu biasanya spontan dan tidak direncanakan sebelumnya. Kalau Textbook jatuhnya malahan garing.

Persiapan sudah maksimal tapi sayang apa yang direncanakan tidak berjalan baik. Si Ambu emang ketemu sih, ngobrol dan ketawa ketiwi tapi setelah pertemuan itu, si Cewek mendadak berubah. Dari yang biasanya aktif kalau dibales chat, sekarang kalau bales chat Ambu cuma 'Iya, wkwkwkwkw' atau 'Oh gitu?' atau 'Iya deh'. Kalau cewek udah bales singkat gitu, itu tandanya apa? Itu tandanya si cewek gak demen aman ente Mbu.

"Tapi gua percaya San, suatu hari nanti ada kenalan dari Tinder yang bisa serius ama gua. Gua mau nunggu orang itu" kata Ambu sambil ngopreknya akun Tindernya. Optimis sekali Ambu ini biarpun gua selalu berpikiran gak akan pernah bener buat cari jodoh lewat Tinder.

................................................................

*Spoiler Alert* Jika di ending film The Terminal, Viktor Navorski akhirnya berhasil keluar dari Bandara setelah menunggu sekian lama (ternyata tujuan Viktor ke New York hanya untuk datang ke Klub Jazz favorit almarhum Ayahnya), gua belum tau berapa lama lagi para temen gua akan menunggu. Gua gak tau sampai kapan si DS akan setia menunggu seorang wanita datang sambil mengetuk pintu rumahnya untuk dinikahi, gua belum tau berapa lama lagi Benny menunggu kelahiran anak keduanya, dan gua juga belum tau sampai kapan Ambu bakalan menunggu jodoh datang lewat Tinder. Semuanya masih menunggu, menunggu, dan menunggu.

Kalau ditanya, gua sekarang lagi nunggu apa? Gua jawab gua lagi menunggu (dan mencari tepatnya) pendamping hidup (uhukkkkk). Gua ngerasa usia gua sudah cukup matang untuk memulai perjalanan baru dan Puji Tuhan untuk saat ini gua sedang dititip berkat yang lumayan. Sudah tidak ada lagi keraguan dan ketakutan untuk memulai kehidupan baru karena gua ngerasa sudah siap lahir dan batin.

Jangan terpuruk hanya karena sikap seseorang yg mengecewakanmu, karena di luar sana banyak yang sedang menanti senyum manismu. Tetap semangat buat yang sedang patah hati, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan :)

Btw, kamu sendiri sekarang lagi menunggu apa?

By: Stefanus Sani (Contact Me: Ssani38@yahoo.co.id or StefanusPacho@gmail.com).
The world will never be the same once you've seen it through my eyes. If you want to see may world, just check my blog at www.sanipunyablog.blogspot.com

Tidak ada komentar: