Jumat, 26 Januari 2018

Diancam Dibunuh

Gua punya banyak cerita menarik dari Clobberin Time. Gua memulai usaha Clobberin Time dari tahun 2011 (saat itu namanya belum Clobberin Time) dan ada banyak cerita yang melibatkan gua dan para pembeli gua.

Dari yang cantik dan baik sampai yang nyebelin ada semua. Mungkin karena saking banyaknya gua harus berhubungan dengan banyak orang (baca: pembeli), gua jadi bisa langsung tahu karakter orang hanya dari chat gua sebagai penjual dengan pembeli.

Dulu, saat Clobberin Time masih kecil dan gua masih harus mencari pembeli, gua yakin jika suatu hari nanti orang yang bakalan nyari gua. Gua sering melakoni perjalanan jarak jauh, pernah dari Bandung - Kota Baru Parahyangan buat anterin sebuah produk seharga 35rb doang. Dan parahnya, pas pulang ban dalam gua sobek dan harus ganti ban dalam baru seharga 60rb. Untung gak dapat, malah nombok. Sue

Bukan uang yang gua cari tapi kepercayaan karena jika kita kasih pelayanan yang bagus, pasti buyer akan memberi respect lebih dan pikir "Wih, sellernya baik banget. Mau jauh-jauh anterin padahal gak seberapa". Dari situ mereka bakalan cerita ke temennya dan temen yang lain bakalan ikutan beli.

Kalau sekarang sih gua sudah semakin jarang anter-anter lagi mengingat sekarang pekerjaan yang makin banyak (nulis, ngurus produksi) tapi sesekali masih suka walaupun gak setiap hari kayak dulu. Apalagi sejak gua sudah gak berpartner lagi, jadi semua aktivivas Clobberin Time berada langsung dibawah kendali gua. Mulai dari cek produksi, ambil barang produksi, packing barang, bawa ke jasa pengiriman, balesin chat, nulis promosi di semua media sosial Clobberin Time (Facebook, Twitter, IG, OA Line, Line, dll).

Banyak yang ngusulin kenapa gua gak bayar orang aja jawabannya untuk saat ini gua belum berpikir ke arah sana karena gua menikmati semuanya sendiri. Jujur, gua menikmati tekanan kerja yang diarahkan ke gua. Tekanan dari buyer ketika barang produksi gak kelar-kelar, tekanan karena pesanan belum sampai, tekanan gua harus menyempatkan menulis buat promosi di tengah kesibukkan gua yang lain.

Gua menikmati semua tekanan itu. Bukannya hidup kalau gak ada tekanan gak akan seru ya?

..........................................................................

Cerita ini terjadi di tahun 2014 silam. Gua punya buyer namanya Gus dan dia rutin beli di gua. Kadang beli kaos, kadang beli jaket, dll. Dia cerita kalau dia sangat beruntung bisa ketemu gua karena sejak kecil dia nyari kaos WWE tetapi gak pernah dapat. Gus ini adalah type pembeli yang gak sabaran. Kalau barang belum sampai ya, padahal baru juga dikirim kemarin, dia langsung kirim banyak chat sambil nanya kenapa barang belum sampai.

Gua sampai bingung mau jawabnya gimana karena yang ngirim kan kurir ekspedisi barang bukan gua yang kirim. Kalau gua yang kirim ya silahkan protes ke gua dan lagian kewajiban gua buat ngasih nomor resi pengiriman sudah gua jalankan.

Setiap transaksi, Gus selalu bilang gini "Nanti pacar saya yang transfer ya. Kalau dia sudah transfer, nanti dia chat kamu langsung". Alasannya waktu itu adalah dia gak punya ATM, jadi dia minta pacarnya yang transfer.

3x transaksi lancar tetapi pas transaksi ke 4, pacarnya si Gus yang namanya Meta, ngechat gua. Dia bilang "Sani, aku bisa telpon kamu bentar gak? Penting nih". Gua jawab silahkan karena saat itu gua emang lagi santai di rumah.

Di telpon, Meta curhat tentang kelakuan si Gus. Dari cerita si Meta, gua bisa menggambarkan si Gus adalah cowok yang seumuran ama gua (cuma dia lebih tua 2 bulan), belum bekerja, manja, dan kalau ada apa-apa minta ke si Meta. Jadi selama ini kalau Gus beli barang ke gua, pacarnya yang bayar!

Pacarnya si Gus ini bukan orang kaya, cuma kerja di Bank dan dengan gaji yang gak seberapa itu, si Gus sering minta ini itu dengan iming-iming "Kalau nanti saya sudah kerja, saya bakalan ganti" padahal si Gus ini kalau dari cerita Meta gua nangkepnya males buat nyari kerja, Pernah suatu hari Meta nyariin Gus kerja, sudah dapet, eh gak lama si Gus keluar karena katanya ada temen kantor yang males. Wadaw

Di telpon itu, Meta cerita banyak tentang keburukkan si Gus. Si Gus ini paling demen makan di Texas Fried Chicken dan setiap makan selalu Meta yang bayar. Oh ya, ada 1 cerita lagi yang paling bikin gua ngakak.

Si Gus ini orangnya kelebihan bobot. Di tahun 2014 kan lagi heboh soal OCD, itu loh yang Diet si Deddy Courbuzier. Mungkin karena si Gus kepengaruh iklan dia ajak si Meta ke Toko Buku Gramedia di Bekasi. Awalnya biasa aja, muter kayak biasa sampai si Gus nemu buku OCD. Dia bawa buku itu dan sampai di kasir, keluar deh bulusnya "Ayank, aku mau kurus. Beliin dong bukunya nanti pas sudah kerja, aku ganti kok"

Bedebah, hahahahaha. Tapi gua kepikiran pakai cara ini juga. Coba ajak pacar jalan-jalan terus pilih barang yang dimau dan pas ke kasir pake bulus si Gus "Ay, aku kayaknya jadi ganteng deh kalau pake baju ini. Talangin dulu ya nanti kalau jualan aku laku, aku ganti"

Anjir, hahaha. Bercanda ketang. Sesusah-susahnya gua dulu, kalau mau ngajak kecengan atau temen deket jalan. gua pasti sudah menyiapkan dana secukupnya. Malu ah kalau pake cara kayak si Gus itu biar pun kamu lagi gak punya uang setidaknya kamu masih harus punya harga diri.

Sebelum menyudahi telpon, si Meta ngomong ke gua "Tolong banget ya Sani, jadi kalau Gus mau order bilang aja barangnya habis. Aku gak punya uang lagi buat bayarin pesanan dia"

Gua jawab "Oke"

Malamnya, ada chat BBM yang masuk ke BB gua (tahun 2014 masih pake BBM). Yang chat si Meta dan dia bilang "Makasih ya Sani". Terus dia chat kalau dia sudah nge-add facebook gua dan ini dia yang bikin aneh, di chat dia bilang gini "Sayang. aku sudah punya pacar kalau belum, mungkin aku bisa sama kamu". Dan dia mulai kirim-kirim foto dia. Wadaw

Kalau diliat dari foto, gimana ya menggambarkan si Meta. Sekilas dia terlihat gemuk dan berkumis. Ada kan ya cewek berkumis kayak Iis Dahlia, nah si Meta ini berkumis. Yang bikin gua aneh adalah kenapa dia langsung flirting gitu ke gua? Perkiraan gua adalah dia salah nangkep respon yang gua berikan ke dia ketika dia curhat.

Padahal SUMPAH, gua bales biasa aja kayak gua bales chat ke temen gua yang lain. Lu jangan suudzon bilang gua modus atau apa karena gua normal aja balesnya.

Satu hal yang menjadi misteri buat gua adalah Meta kan tau kalau kelakuan cowoknya kayak gitu. Pertanyaanya kenapa si Meta masih mau bertahan ama si Gus? Si Gus ini jelek luar dalamnya sudah Meta tahu, pacaran aja tabiatnya kayak gitu, lah nanti kalau sudah menikah gimana? Masak si Meta yang kerja terus si Gus yang ongkang kaki?

Dari pengamatan gua adalah Meta ini terlalu takut untuk memulai sesuatu yang baru. Dia takut kalau dia pergi dari Gus, dia gak bakalan bisa dapetin pasangan lagi jadi dia memaksakan bertahan dengan kondisi yang sekarang. Meta mungkin sadar kalau dia gak cantik dan menarik jadi dia takut kalau ketika Gus hilang, dia gak dapat penggantinya.

...............................................................................................

Sejak Meta curhat soal Gus, gua mulai jaga jarak dengan Gus. Setiap dia mau order, gua bilang orderannya lagi kosong padahal sih masih ada. Hampir 5 bulan lamanya gua mengindar dari orderan si Gus. Sampai suatu hari si Gus chat gua bilang dia mau beli kaos ke gua tapi gak usah dikirim. Gua diminta buat ketemuan ama pacarnya (si Meta) karena kebetulan si Meta lagi di Bandung.

Oh ya, selama 5 bulan itu Meta sering chat gua tapi gua respon seadanya aja. Gua mikir kalau kayaknya untuk kali inisi Meta sudah okey nih, gak mempermasalahkan si Gus beli ke gua,

Gua dan Meta janjian ketemuan si hari Sabtu Malam jam 7, di rumah dia daerah Cibiru. Ternyata Meta sesuai foto, orangnya gemuk dan berkumis. Pas kita lagi ngobrol-ngobrol ada Papahnya Meta nanya "Itu siapa" yang dijawab "Temen Meta, Pa"

Papa Meta keluar dan gua salamin sambil membungkukkan badan dan kepala sebagai bentuk penghormatan gua ke yang lebih tua. Meta cerita soal kejelekkan Gus sampai gua bingung sendiri, kenapa KAMU MASIH BERTAHAN kalau sudah tau kelakuan si Gus kayak gitu.

Terkadang laki itu harus dikasih 'terapi kejut' supaya dia sadar dan gak keenakan.

Ngobrol-ngobrol 10 menit, gua pamit bentar karena gua mau pergi pacaran. Sebelum pergi gua sempet bercandain si Meta, kapan kita makan di Texas? Gua gak serius ngajaknya dan itu cuma jokes karena Meta pernah cerita kalau si Gus hobby nya makan di Texas Fried Chicken tapi selalu si Meta yang bayar.

"Ok terima kasih ya Met. Salam buat Papih" kata gua sambil ngedadahin Meta. Semuanya terlihat baik-baik saja sampai besok Pagi, gua dapat chat dari si Gus. Awalnya normal, dia ngechat gini:

"San, makasih ya barangnya sudah gua terima. Tapi gua nanya apa maksud lu ngajak cewek gua makan di Texas terus lu ngapain nitip salam ke papaknya cewek gua"

Gua mikir bentar, kapan ya gua ngajak si Meta makan di Texas terus gua langsung keingetan apa jangan-jangan jokes gua yang kemarin Malam ya? Yang soal Texas?

Gua jelasin baik-baik soal jokes Texas tadi terus soal salam ke Ayahnya Meta menurut gua itu adalah salah satu norma kesopanan yang diajarin ama Orang tua sejak gua kecil. Pas gua pulang, Bapaknya kebetulan udah masuk ke rumah jadi nitip salam adalah salah satu cara buat pamit pulang. Gua yakin lu juga akan melakukan hal yang sama yang kayak gua lakukan deh.

Dasar tabiat buruk, sudah gua jelasin baik-baik, si Gus yang tabiatnya emang buruk malah ngamuk. Dia maki-maki gua di chat, gua masih ingat dia ngomong gini "Lu kalau jualan yang profesional dong. Lu mau gak kalau pacar lu diajak gua buat makan bareng"

Gua jawab "Ajak aja, gua yakin dia gak bakalan mau kok"

Gus makin emosi. dia mulai jelek-jelekkin lapak gua sampai di chat gini "Gua bakalan ke Bandung buat nyari lu, gua BUNUH LU ANJ*NG!"

Emosi gua naik juga, awalnya gua masih kalem, gua bales "Gua tungguin lu disini kalau perlu gua yang kesana kalau lu gak ada ongkos kesini" Tahun 2014 gua masih rutin berlatih karate, gua jadi gatel juga pengen praktekkin ilmu karakte gua ke dia.

Jujur gua kecewa berat dengan si Meta. Meta tau kan tabiat si Gus kayak apa, udah tau sifatnya kayak gitu eh hal remeh temeh kayak gini diomongin. Masak gua nitip salam ke Bapaknya aja sampai dibilangin? Dikira gua naksir ama si Meta terus gua lagi caper ke Bapaknya kali.

Gua yakin si Meta cerita ke si Gus itu buat nunjukkin kalau "masih ada yang mau ama gua jadi elu ya Gus, ubah sifat lu karena kalau enggak gua bisa kapan aja pergi dan pacaran ama si Sani". Itu yang gua tangkep ya makannya dia sengaja bikin si Gus cemburu dengan gua sebagai objeknya.

Padahal saat itu gua sendiri sudah punya pacar dan hubungan gua dan Meta itu layaknya hubungan buyer - seller. Malamnya, si Meta chat gua nanya kenapa si Gus marah besar ke dia, gua ceritain semuanya sekalian nanya, ngapain dia cerita soal gua ngajak dia Makan di Texas dan soal gua nitip salam ke Bapaknya. Gua jelasin kalau gua sudah punya pasangan sendiri dan soal Texas Fried Chicken itu cuma lelucon buat nyindir si Gus yang doyan makan di Texas tapi gak pernah mau bayar.

Meta gak jawab pertanyaan gua, sepertinya dia malu sendiri. Karena kesel, gua block nomor si Meta padahal gua paling anti block nomor orang. Si Gus yang gua ajak ketemuan malah gak pernah bales chat gua lagi. Ancaman dia yang mau ngebunuh gua hilang tidak berbekas. Gus oh Gus kamu hanya besar di omongan aja ternyata.

4 tahun berlalu sejak kejadian konyol itu (gua gak tau gimana mendeskripsikan kejadian itu tapi gua bilang ini konyol banget). Kemarin, iya kemarin Malam banget sekitar jam 1 Malam, ada WA masuk ke nomor gua. Isi Chatnya gini:

"Sani apa kabar? Masih ingat ama aku gak, Meta? Meta yang mantannya Gus, aku sekarang sudah putus ama Gus, boleh aku cerita?"

Gua gak jawab isi chat itu, gua matikan ponsel dan mulai terlelap dalam tidur

..............................................................................................

Awal tahun ini, gua dapat kejadian yang kurang mengenakkan. Fanspage WWE Indonesia dengan jumlah pengikut 26rb kena banned permanen dan gak bisa diakses lagi. Padahal Fanspage itu dibuat untuk menunjang penjualan Clobberin Time.

Gua sempet kepikiran juga, masalahnya jumlah pengikutnya sudah 26rb dan itu didapat sama sekali gak pake promosi berbayar. Apa nanti penjualan Clobberin Time bakalan turun gak ya. Gua memang masih punya FB Clobberin Time, OA Line, Instagram sampai situs review WWE sendiri buat mempromosikan Clobberin Time tapi tetep aja gua kepikiran.

Sempat kepikiran buat hiatus alias istirahat untuk sementara waktu. Rasanya gua terlalu menikmati bekerja di CT sampai gua lupa buat kasih waktu istirahat buat diri gua sendiri. Temen gua si Banu yang sekarang kerja di Manado beberapa kali ngajakkin gua ke Manado dengan iming-iming "San, lu mau liat yang bening-bening gak? Yuk kesini"

Sebuah godaan yang sulit ditampik. Apa gua istirahat selama 2 Minggu gitu ya, liburan ke Manado terus biar pulang fresh lagi dan memulai lagi dari awal? Nyokap gua pun sudah nyuruh gua buat liburan kesana biar segar lagi.

Tapi oh tapi ternyata gua salah. Orderan yang gua kira bakalan turun karena FP di-banned ternyata tidak berlaku. Orderan malah makin banyak dan stabil seperti biasa. FP boleh hilang tapi pembeli tidak hilang, sekarang gua sudah bikin penggantinya dan gua yakin FP baru ini akan melebihi 26rb.

Apa yang gua lakukan dulu ketika gua harus hujan-hujanan di jalan (karena gua gak punya jas hujan), atau gua harus kepanasan sampai kulit tangan gua belang tidak percuma. Gua punya pembeli yang loyal, setia dan tidak mau beli di lapak lain meskipun lapak lain jualnya lebih murah.

Kerja keras memang tidak pernah mengkhianati. Rencana liburan ke Manado tampaknya harus dibatalkan lagi, hahaha. Sorry ya Dom! Tar kita main ama si Ambu pas ente balik ke Bandung.

Terima kasih juga buat kamu yang sudah membuat 'tidak mungkin' menjadi 'mungkin'. Terus semangatin aku ya :)

Tidak ada komentar: