Minggu, 31 Desember 2017

Menutup Tahun

Pernah salah masuk ke undangan orang? Kalau belum pernah, selamat artinya kamu hebat.

Belum lama ini, gua bener-bener sue bener deh. Gua yang biasanya jarang banget datang ke undangan orang eh sekalinya datang malah salah masuk ke undangan orang.

Malu gak San? Biasa aja sih San sebenarnya mah, hahahaha. Dasar gak tau malu si Sani

Ceritanya bermula dari keluarga gua diundang ke pernikahan salah satu temen yang pernah satu Gereja ama gua dulu. Kakak gua kebetulan gak bisa datang dan Nyokap gua juga kebetulan lagi demam jadi gak bisa datang.

Nyokap terus mendesak gua biar datang, gua sih menolak seperti biasa karena gua memang menghindari pertemuan yang mengharuskan gua bertemu dengan banyak orang + gua emang ngerasa gak nyaman berada di tempat yang ramai.

Tapi ya, yang namanya Ibu kalau sudah mau, wah ampun deh. Ngedeseknya luar biasa terus ngomongnya aneh-aneh macam gini "Coba nanti kalau kamu yang nikah terus pas kamu nikah gak ada yang datang".

Ya, iya gua datang deh. Dibanding diberondong omelan tanpa henti akhirnya gua okein buat datang. Gua nanya undangannya dimana, terus kata Nyokap di Galeri Ciumbeuleuit.

Setau gua ya, Galeri Ciumbeuleuit itu Apartemen deh dan disebelahnya ada Hotel Haris. Jadi mungkin maksud Nyokap gua, pernikahannya di Hotel Haris yang letaknya di sebelah Galeri Ciumbeuleuit.

"Oh di Hotel Haris. Jam berapa Ma?" tanya gua ke Mama

"Mulai jam setengah 7. Mau pake baju apa, mau mama setrikain"

"Datengnya mepet aja kalau gitu, biar dateng, makan, terus langsung pulang"

Undangan jam setengah 7, gua berangkat dari rumah jam 6:15, sengaja dipepetin waktunya biar cepet pulangnya nanti dan gak usah ketemu banyak orang.

Setelah sampai di Haris, gua parkir di basement dan naik lift ke wedding room. Sambil ngancingin jas, gua jalan menuju penerima tamu. Nulis nama, masukkin amplop dan gua dapet voucher buat foto.

Foto bentar, cekrek-cekrek (buat bukti kalau ke Mama kalau gua beneran datang), gua masuk dan acaranya ternyata sudah dimulai. Pas gua datang, pas banget Pendeta lagi mimpin buat doa makan dan ehem, pas banget nih waktunya berkeliling cari makanan enak.

Tapi ada satu keanehan, keanehannya adalah kenapa gak ada satu orang pun yang gua kenal Minimal gua harus ketemu ama si Diana, si Diana itu temen gua dan temen si Ocha yang nikah. Harusnya dia ada di depan buat nerima tamu tapi kok ini gak ada.

Gua ngantri di stand salmon sambil celingak celinguk cari temen dan ANEHNYA gak ada satu orang yang gua kenal. Di depan ada karangan bunga tulisan 'Happy Wedding Philip & Maya'.

Kok Maya sih, setau gua nama dia Rosalina dipanggilnya Ocha kan. Gua mikirnya gini, kebetulan dia itu sempat pindah keyakinan, jadi mungkin aja dia dibaptis terus dia dikasih nama baru. Bisa kan?

Positif aja, gak mungkin juga gua salah tempat, pikir gua sambil ngunyah Salmon (baru ngerasain gua yang namanya Salmon kayak apaan, kikikikik)

Kebetulan disana ada petugas kebersihan dari Hotel Haris terus gua tanya "Mbak maaf, hari ini pernikahan cuma ini aja? Apa ada di room lain ya"

"Oh untuk hari ini, pernikahan cuma di room ini aja pak"

Hm ok, artinya bener deh. Gua icip-icip makanan di banyak stand dan setelah puas gua mau cabut buat balik. Pas gua mau salaman, anjir kok mukanya beda amat ya. Si Ocha kan orangnya kecil, ini kok besar dan montok gini.

Gua urungkan niat gua buat salaman dan setengah berlari menuju basement. Disana, gua telpon ke Mama, "Ma, itu undangannya liat lagi. Nikahnya dimana, jam berapa. Itu orangnya kok beda"

"Iya,iya bentar. Nikahnya di Galeri Ciumbeuleuit jam setengah 7 malam, iya hari ini"

"Ih Mama mah. Nikahnya di Galeri Ciumbeuleuit bukan di Hotel Haris. Mama mah ngomongnya di Hotel Haris"

"Ih Mama gak pernah ngomong di Hotel Haris". Dan sampai detik ini, masih menjadi misteri siapa yang pertama kali memunculkan 'Hotel Haris' dan gua juga baru tahu kalau Apartemen Galeri Ciumbeuleuit di lantai dasarnya bisa disewa untuk pernikahan.

"Gimana nih Ma, mana aku udah ngasihnya gede lagi. Perlu datang ke si Ocha"

"Terserah kamu aja" kata Nyokap sambil nahan geli di ujung telpon. Sekalinya datang ke undangan eh salah masuk undangan orang dah. Sue

Gua cek dompat, ada uang 100rb. Tapi gak enak juga ngasih cuma 100rb plus gua gak bawa amplop cadangan. Tapi kalau gak dateng, gak enak juga. Timbang bentar, akhirnya gua putuskan datang aja ke undangan si Ocha.

Permikahan si Ocha sama yang gua nyasar, sama pula mulainya jam setengah 7 malam. Bisa gini, kebetulan yang tidak terduga.

Keluar dari basement parkir Hotel Haris, gua masuk ke basement parkir Galeri Ciumbeuleuit. Jaraknya itu loh sebelah-sebelahan dan masih di 1 komplek yang sama. Keluar terus masuk terus keluar lagi (awas mikir jorok).

Gua pake jas bentar, rapihin baju dan setengah berlari ke wedding room di Gancit (Galeri Ciumbeuleuit). Nah ini dia baru bener, pas gua masuk ada si Diana, Fenny, dll yang jadi penerima tamu. Gua kenal semua ini mah. Sambil senyum-senyum gua cerita ke si Diana kalau gua salah masuk ke undangan orang dan bilang kalau amplopnya buat si Ocha nyusul aja ya.

Pas gua minta souvenir buat bukti ke Nyokap, eh gak dikasih dong. Gilak nih orang, hati nuraninya sama sekali gak tergugah liat gua. Tapi untung ada Fenny yang baik hati, gua langsung dikasih voucher dan lu tau gak itu voucher apa. Iya voucher foto lagi. Kombo bener, foto lagi. Dalam 1 hari bawa 2 foto dari pernikahan yang berbeda.

Di dalem, gua baru ketemu temen-temen Gereja. Ini nih baru bener, gua kenal semua terus gua cerita, cerita gua nyasar masuk ke kondangan orang dan semuanya ngakak.

Pas hari Minggunya, pembicaraan ini ternyata belum berakhir. Nyokap gua banyak ditanya "Tante, itu si Dede (gua maksudnya) kok bisa sampai salah masuk kondangan orang" Semua orang ketawa ngakak dan gua cuma nunduk nahan malu.

Ya Allah -_-

.................................................................................................

Menutup tahun ini, gua kemaren dapat kabar kalau gua jadi juara 1 di kompetisi menulis yang diadakan oleh satu situs berita terkemuka.

Gua menulis tentang keberagaman, politik, dll. Pasti gak percaya kan kalau gua bisa nulis kayak gitu kan?. Maklum sejak gua menulis blog dari awal, gua sudah bertekad gak bakalan nulis apapun tentang agama, politik, dll di blog gua ini meskipun gua sebenarnya menyukai menulis tentang hal itu semua.

Selain itu, situs www.MyDirtSheet.com terpilih menjadi pemenang di Piala Maya 2017 untuk kategori blog film terbaik. Situs ini dikelola oleh salah satu temen deket gua si Arya Putra dan gua juga nulis disana.

Piala Maya 2017 adalah penghargaan untuk insan perfilman yang penilainnya diambil dari dunia maya. Sangat membanggakan karena bisa disandingkan dengan nama beken sepert Joko Anwar (sutradara Pengabdi Setan), Ayu Laksmi (pemeran 'Ibu' di Pengabdi Setan) sampai Jefri Nichol.

Sayang gua kalah ganteng ketimbang Jefri Nichol, hahahaha.

Gua mengawali tahun 2017 dengan kurang baik karena satu hal tetapi gua bersyukur di tahun ini bisa berjalan dengan baik. Tahun depan, masalah baru pasti ada tetapi berkat baru pun pasti datang. Semoga hiudpmu selalu bahagia ya!

Cara terbaik untuk meramal masa depan adalah dengan menciptakan masa depan itu sendiri :)

Tidak ada komentar: