Sabtu, 09 Desember 2017

Sabtu Bersama Kakak

Hari Sabtu tanggal 11 November kemarin, akhirnya Kakak gua menikah dengan pujaan hatinya. Pemberkatan dilakukan secara Agama Katholik dan resepsi pernikahan diadakan di daerah Ciumbeuleuit Bandung.

Setelah 1 tahun bekerja keras dan urus ini-itu akhirnya proses pemberkatan dan pesta pernikahan bisa digelar. Gua sendiri gak terlibat langsung tapi gua bisa ngerasa kalau Kakak gua emang kerja keras biar semua acaranya bisa berjalan baik dan lancar.

1 hari sebelum hari pernikahan (hari Sabtu), kita berempat diboyong ke sebuah Hotel berbintang buat persiapan. Kakak nyewa 1 kamar luas buat kita berempat tidur bareng. Jadi kita datang ke Hotel hari Jumat Malam buat tidur disana dan subuhnya Kakak dan Nyokap dirias. Kalau gua dan Bokap sih gak perlu dirias secara mukanya udah mentok, mau digimanain juga susah, ahahahaha.

Jam 8 Malam kita sudah tiba di Hotel dan sekarang kita semua bingung mau ngapain ampe besok Pagi. Bokap sih bisa ngerokok depan kamar buat membunuh waktu dan Nyokap bisa nonton TV, lah gua mau ngapain.

Mereka sudah paham kalau gua gak bisa diem dan gak ngapa-ngapain secara gua sudah aktif sejak kecil. Untungnya gua bawa banyak buku, jadi bisalah dipakai buat membunuh waktu.

Jam 11 gua sudah mengantuk dan sebelum tidur, gua perhatikan Nyokap, Bokap, dan Kakak. Semuanya gak bisa tidur, paling keliatan itu Kakak gua yang mukanya tegang. Kalau gua menggambarkan raut muka Kakak gua adalah sama persis pas nama gua dipanggil buat Test Nyanyi pas masih sekolah. Tegang iya, takut iya, pengen pipis iya. Semuanya jadi satu.

Gua terlelap dan sekitar jam 3 subuh, ada yang ketuk pintu kamar Hotel. Ternyata Tim Make Up sudah datang dan mereka mau merias Nyokap dan Kakak dan pas gua bangun, gua liat Kakak, Nyokap dan Bokap masih bangun. Artinya mereka gak tidur jir, mungkin karena gak biasa ya tidur, bukan di rumah sendiri,

"Lu gak tidur?" tanya gua ke Kakak

"Enggak bisa. Lu tidur enak banget, pake ngigau segala"

Ngigo apaan ya gua. Semoga bukan igauan porno, bisa gawat kalau kedengeran Nyokap gua.

Pemberkatan dimulai jam 8 dan gua melanjutkan tidur gua yang belum tuntas. Maklum gua seharian kerja jadi bawaannya capek dan pengen tidur.

Gua bangun jam 6 Pagi dan lihat Nyokap gua sudah habis didandanin dan reaksi pertama gua liat Nyokap gua adalah 'Anjir, Nyokap gua kok jadi cantik gini'. Asli, keren banget yang make up Nyokap gua. Gua gak tau mereka pake dempul merk apa tapi Nyokap gua jadi mirip Mamanya Raffi Ahmad si Mama Ami,

Dari kasus ini gua sekarang sadar bedanya make up yang merk Wardah ama yang merk luar. Beda banget jir kualitasnya.

Kakak gua sudah ganteng, sudah pake jas pengantin lengkap. Rambutnya klimis, dipakein Pomade. Makin ganteng aja lu, nyesel deh itu mantan lu semua, ahahaha. Kakak gua menjalani sesi foto dan selama difoto gua sarapan dulu.

Setelah beres sarapan, gua mandi dan ganti baju. Khusus untuk pernikahan Kakak gua, gua niat beli Jas lengkap 1 stel biar rapih, bersih, wangi. Kalau kamu gak dilahirin ganteng setidaknya kamu itu bersih, rapih dan wangi biar enak diliat #tips

Kita kemudian berangkat ke Gereja Kamuning buat Pemberkatan. Sebelum hari pernikahan, gua dan Kakak sempat terlibat pembicaraan serius. Jadi gua disuruh buat jalan di belakang Kakak dan Ortu gua.

Gua gak mau karena sudah tau kan kalau gua emang paling gak suka berada di tempat keramaian dengan sorotan mata menatap ke arah gua? Setelah lama berdebat akhirnya gua mau jalan di belakang ortu. Sesekali nyenengin Kakak lah, jangan nyusahin terus.

Setelah prosesi itu berjalan, kita melakukaan Misa Pernikahan. Gua duduk di belakang ortu dan Albert Ambu ada di sebelah gua karena kebetulan di jadi Best Man Kakak gua.

Misa dimulai dan di pertengahan gua sudah gak betah. Gua bukan orang yang bisa duduk diem, gak ngapa-ngapain tapi demi Kakak gua, ini harus gua jalani. Gua dari TK sampai SMA sekolah di sekolah Katholik meski gua sendiri beragama Kristen dan baru kali ini gua bisa duduk di posisi paling depan pas Misa.

Gua jadi bisa lihat Pastur pas lagi mecah roti buat Komuni sampai saat lonceng dibunyikan.

"Oh gitu toh ya Mbu bentuknya. Gua baru liat bentuk lonceng Misa" kata gua ke Ambu.

Di prosesi paling khusyuk ketika Kakak gua dan Istri meminta izin ke orang tua, gua jadi sedikit terharu. Nyokap gua nangis segugukan ya wajarlah karena Kakak sudah diurus sejak kecil ama Nyokap.

Gua jadi sedikit terharu tapi mencoba untuk tidak menangis, nanti bedak gua luntur eh gua mah gak pake bedak ketang. Gua terharu karena orang yang tiap hari bersama gua bakalan memulai kehidupan barunya. Orang yang selalu menjaga dan menolong gua sampe temen berantem gua Main SmackDown di atas kasur bakalan pergi.

Setelah proses misa selesai, akhirnya Kakak dan Istrinya sudah sah sebagai pasangan suami istri di hadapan Tuhan dan Negara. Kita berfoto di Altar untuk dokumentasi dan saat foto khusus keluarga gua (Nyokap, Bokap, Kakak & Istrinya, dan gua) selesai, gua peluk Kakak gua di atas Altar di hadapan puluhan orang yang datang.

Gua peluk itu sebagai rasa sayang gua ke Kakak dan bener-bener tulus terus pas gua peluk, Kakak gua bisik ke telinga gua "Lu lagi pencitraan ya".

Asem lu. Gua peluk dari hati yang terdalam malah disangka pencitraan, ahahahahaha. Pas gua turun dari Altar kan ada Jemaat Gereja gua yang datang, si Natalia langsung nyerocos "Gua tadi seperti melihat drama di atas Altar. Kebanyakkan drama lu"

Anjiiirrrrrrrrrrr, udah mah Kakak sendiri bilang gua lagi pencitraan sekarang orang Gereja bilang gua lagi Drama padahal apa yang gua lakukan tulus datang dari hati.

...............................................................................................................

Resepsi dimulai jam setengah 5 dan selama jeda waktu dari Misa ke Resepsi, gua dan Bokap pulang dulu. Istirahat dulu apalagi Bokap gua kan semaleman gak tidur karena gak bisa tidur.

Gua tau sebenarnya Bokap gua pengen pulang biar bisa ngerokok karena gak enak juga kan dia ngerokok di depan keluarga dari Istri Kakak. Jam 3 kita berangkat lagi dari rumah dan gua gak tau kenapa, pas hari itu jalanan super macet. Gua ampe takut, ini bakalan telat gak ya karena macet luar biasa.

Selain macet, hujan deras mulai turun dengan lebat. Gua jadi mikir, kalau hujan gini nanti pestanya gimana secara pestanya kan Garden Party di tempat terbuka.

Kita sampai di tujuan, sekitar jam 4, setelah menembus kemacetan yang luar biasa. Hujan belum berhenti dan sangat deras, Kakak gua lagi duduk termenung. Gua bisa merasakan apa yang Kakak gua rasakan, mungkin ini yang dibilang rasa seorang Kakak-Adik ya, dia khawatir acaranya akan berantakkan karena macet parah dan hujan deras. Jalanan macet karena ternyata di Sabuga lagi ada acara Wisuda Kampus ITB sehingga menghambat akses ke tempat acara Kakak gua.

Muka Kakak gua masih terlihat tenang tapi gua ngerasa betul kalau hati Kakak gua gak tenang, dia bilang ke gua "Tenang EO-nya sudah punya rencana cadangan kalau hujan gini" Sayang hujan deras padahal dekornya sudah keren banget. Gua bilang ini keren banget dekor di tamannya.

Jam 5 lewat hujan belum juga berhenti dan disitu gua liat Kakak gua sudah mulai gak tenang. Di momen itu, entah kenapa gua jadi teringat momen gua sewaktu masih kecil. Ada 2 momen yang langsung teringat di kepala gua ketika gua liat raut muka Kakak gua yang penuh rasa khawatir.

Waktu gua masih SD kelas 1, gua inget pernah dibeliin Chiki Ball ama Nyokap gua. Kalau gua dibeliin pasti Kakak gua juga dibeliin, gak mungkin satu dibeliin tapi satu lagi gak dibeliin. Kakak gua waktu kecil makannya cepet dan langsung habis. Sedangkan gua makan diirit-irit biar bisa dimakan nanti.

Kakak gua menghampiri gua dan minta Chiki Ball gua, ya gua kasih. Terus biar gampang, gua tumpahin chiki ball-nya ke lantai biar kita berdua gampang makannya (ya maklumlah masih kecil, jadi gua gak ngeh kalau itu kotor).

Kita makan berdua dan pas makan, Nyokap gua lewat terus dia marah ngeliat gua dan Kakak makan chiki yang ditumpahin ke lantai. Gua yang kena marah secara itu Chiki punya gua dan gua pula yang numpahin, gua sedih karena dimarahin. Pas gua lagi murung, Kakak gua menghampiri gua dan ngomong "Sudah, sudah, gak usah nangis. Ada Kakak disini"

Beranjak pas gua SMP, gua pernah (ehem) tinggal kelas, ahahahahahaha. Seperti yang pernah gua tulis, gua ini bukan orang yang pintar secara akademis (prestasi gua di luar akademis), Disaat gua tinggal kelas, Kakak gua rangking 5 besar di SMP Angela. SMP Angela adalah salah satu SMP swasta paling favorit di Kota Bandung dan lu bayanginlah betapa jomplangnya gua. Disaat gua gak naik kelas, Kakak gua malah rangking 5 besar.

Gua gak dimarahin ama Ortu tapi gua didiemin untuk jangka waku yang lumayan lama. Gua sedikit aneh, kenapa ya gua gak dimarahin. Belakangan gua tahu, ternyata Kakak gua yang minta ke Bokap gua buat gak marahin gua. Dia bilang, dia gak usah dikasih hadiah apa-apa karena masuk 5 besar tapi dia minta supaya Bokap gak marahin gua,

"Kamu harus janji rajin belajar ya nanti, nanti kalau ada yang ngerti nanya aja ke Kakak" kata Kakak gua pas dia nasehatin gua supaya gua rajin belajar.

"Sudah, sudah gak usah nangis. Ada Kakak disini" kalimat itu langsung melintas di kepala gua pas gua lihat Kakak gua yang sudah mulai khawatir karena hujan tidak juga kunjung reda.

Gua pegang pundak dia, gua bilang "Lu gak usah khawatir, hujan bakalan reda. Ada gua di sebelah lu". Gua emang bukan pawang hujan yang bisa nyetop hujan tapi gua yakin kalimat itu akan menenangkan dia. Persis seperti dia menenangkan hati gua dulu.

...........................................................................................................

Ternyata Tuhan mendengar doa kita semua karena tepat jam 6 Sorem hujan berhenti dan prosesi pun segera dimulai. Prosesi awal seperti potong kue pernikahan sampai Wedding Toss berjalan dengan lancar sampai sesi makan. Dan pas sesi makan dimulai, hujan turun lagi. Gua rasa Tuhan memang sengaja menahan hujan sampai prosesi awal ini selesai.

Untuk makan, kita gak usah khawatir karena baik menu utama maupun stand letaknya tertutup jadi gak usah takut hujan, tamu pun mulai berdatangan dan denger dari cerita mereka kalau jalanan emang macet parah.

Ada satu hal yang aneh, gua kalau lagi datang ke undangan (biarpun gua jarang banget datang ke undangan orang) pasti seneng ya liat dan icip-icip makanan yang tersedia tapi entah kenapa pas pernikahan Kakak gua sendiri, gua kok gak pengen makan apa-apa. Padahal ada 13 stand yang tersedia, belum termasuk 1 Main Course dengan 6 Menu.

Ambu ngomong ke gua "San, steak ama satenya enak banget, cobain deh" Gua sempet icip satu tusuk sate tapi gua gak pengen nambah atau gimana ya. Intinya Malam itu gua gak pengen makan apa-apa, gak tau kenapa.

Pelepasan balon dan pesta kembang api jadi prosesi akhir. Semua bergembira, semua kenyang dan hujan kembali reda ketika acara pelepasan balor dan pesta kembang api. Gua mikirnya memang Tuhan sudah mengatur semuanya. Thanks GOD.

Gua sendiri ampun deh. Setiap ketemu orang pasti pertanyaannya adalah "Kapan nyusul, kapan nyusul". Ampe gua capek sendiri jawabnya. Jawaban gua adalah "Buat dulu, baru nikah".

"Buat apa?", gua jawab "Buat anak" sambil ngeloyor pergi

Makanan yang tersedia habis dan komentar semua orang adalah "Makanannya enak banget" atau "Juara banget steak ama Pizza-nya". Gua sendiri malah gak sempet makan Steak dan Pizza.

...............................................................................

1 bulan sudah Kakak gua menikah. Biar Nyokap gua gak sedih-sedih amat, gua beliin HP bagus yang bisa dipake buat WA atau Video Call, kalau dia kangen ama Kakak. Gua bikinin Instagram (follow ya akun Mama) biar kalau misalnya dia kangen ama Kakak, dia bisa mengalihkan dengan stalking resep atau artis siapa di Instagram biar gua sudah wanti-wanti gak usah comment apa-apa kalau dia media sosial (biar gak terlibat di debat gak penting).

Seperti janji kita waktu kecil, kapanpun kamu ada masalah, aku bakalan ada di samping kamu dan gak akan kemana-mana. Happy Wedding, cepet kasih cucu ke Mama ya

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Elu kapan nyusul, bang?
Wkwkwkwk