Jumat, 08 Desember 2017

Nge-Mie di Dapoer Mie

Minggu kemarin, gua dapet chat dari salah seorang temen lama gua. Dia temen SMP dan kita pernah sekelas waktu kelas 2 SMP. Namanya Albert, bukan Albert Ambu, ini Albert Dharmawan namanya.

Dia dapet nomor gua dari temen gua yang lain dan tujuan dia chat gua adalah gua diundang buat datang ke Kedai Mie dia yang ada di Jalan Seram. Gua diminta buat nulis tentang Kedai Mie dan Albert ini cerita kalau selama ini dia selalu baca blog gua.

Sebelum si Albert cerita, gua sendiri sudah tahu kalau dia punya Kedai Mie. Gua tahu dari si Ambu yang pernah cerita kalau Albert punya Kedai Mie di daerah Riung Bandung dan enak. Temen gua yang lain si Meli Pangemanan juga cerita kalau Albert punya Kedai Mie dan enak.

Untuk si Meli, gua sebenarnya agak meragukan lidah dia. Disaat orang keranjingan makan keju dia malah gak suka, lebih suka lumuran colenak. Bisa aja kan si Meli bilang Kedai Mie si Albert enak karena sehari-hari dia mentoknya makan Sarimi isi 2 rasa ayam kecap terus sekalinya dikasih Mie si Albert dia bilang enak banget. Bisa jadi kan?

Sebelum gua ngebahas soal Kedai Mie si Albert, gua mau cerita sedikit soal Albert. Gua pernah bilang kan kalau gua punya daya ingat yang lumayan oke dan gua punya beberapa kenangan yang melibatkan gua dan Albert waktu gua masih sekelas ama dia.

Gua ama si Albert sekelas di kelas 2E. Sebenarnya kita gak deket-deket amat karena gua mainnya ama si Ambu, Nugget dan si Albert ini mainnya ama si Erwin, Petrus Wimo, dll. Gua inget banget dia itu naksir ama si Restika tapi sayangnya dia gak ditaksir balik. Kurang skill full dia, ahahahahaha.

Sewaktu masih SMP, jelek-jelek gini gua masuk jadi Tim Inti sepak bola di SMP Providentia. Gua ekskul sepak bola dan berhasil lolos seleksi buat ikutan Kompetisi di luar sekolah. Ada 2 alasan kenapa gua ikutan ekskul sepak bola dan ikutan seleksi.

Alasan pertama adalah biar keliatan keren gitu. Pacar gua waktu itu adalah adik kelas dan salah satu cara untuk menggaet adik kelas adalah lu harus keliatan keren. Coba lu bayangin gimana kerennya kamu waktu nama kamu disebut terus dipanggil buat maju kedepan karena kamu berhasil membawa sekolah kamu juara?

Kedua adalah dengan ikutan ekskul sepak bola dan ikutan kompetisi di luar sekolah, maka kamu bisa pergi saat jam belajar di sekolah. Sekolah gua termasuk sekolah yang pelit buat kasih izin muridnya buat keluar di jam sekolah (maklum Sekolah Khatolik) dan dengan ikutan kejuaraan ini, gua bisa keluar dengan mudah.

Apalagi saat itu zamannya lagi ada pelajaran Seni Karawitan. Gurunya si Pak Endang dan udahlah gua Wallahu A'lam. Gua nyanyi pakai Bahasa Indonesia aja gak lulus, ini suruh pake Bahasa Sunda dan pake gerakan, YA MANA GUA BISALAH.

Kadang testnya nyanyi sendiri atau kadang juga nyanyi berkelompok. Kalau berkelompok, gua itu pasti 1 team ama si Nugget, dll dan gua yang jadi pengarah koreografinya alias yang bikin gerakan. Gua ngerasa sudah gerakan yang sudah gua buat sangat maksimal dan merangsang tapi entah karena kita terlalu kaku si Pak Endang pasti mencela 'Itu gerakan macam apa, Kayak Robot Gedeg aja kalian'

Buat gua, pelajaran Seni Musik dan Seni Karawitan adalah pelajaran paling menakutkan waktu gua SMP dan beruntungnya gua adalah dengan gua ikutan klub sepak bola, gua bisa menghindari pelajaran terkutuk itu.

Tiap Sore, gua rutin berlatih ama Kakak gua di depan rumah. Kebetulan dia juga main bola, posisinya jadi kiper di SMP Santa Angela. Posisi gua adalah defender (pemain belakang) dan gua sering curhat kalau gua pengen bisa cetak goal biar makin keren (dasar manusia haus akan pujian si Sani).

Rada susah sih secara posisi gua di belakang buat ngejaga gawang biar gak kebobolan. Kakak gua terus kasih usul, kenapa gak coba latihan tendangan bebas aja?

Hm, iya juga ya. Kenapa gak cetak gol dari bola mati aja? Jadilah tiap sore gua latihan tendangan bebas di depan rumah dengan Kakak gua sebagai kipernya. Seiring seringnya berlatih, gua ngerasa di satu titik gua sudah ketemu feel-nya dan ngerasa kalau gua ada kesempatan gua bisa deh cetak gol pas pertandingan.

.............................................................................................

Suatu hari, pas pelajaran olah raga, guru olah raga gua si Pak Trispin ngadaian pertandingan antar murid di kelas 2E. Jadi para laki di kelas 2E dibagi jadi 2 tim, Tim Erwin dan Tim Gua. 7 lawan 7 secara lapangan Providentia emang gak terlalu besar.

Gua 1 team bareng si Ruben, Banu Nugget, dll lawan Tim Erwin yang isinya Wimo, Albert, dll. Pertandingan dimulai (bukan pertandingan serius atau apa cuma fun games doang yang gak memperebutkan apapun) sampai di suatu momen, ada sedikit pelanggaran di deket kotak pinalti dan tendangan bebas buat tim gua. Posisinya sama persis kayak posisi gua kalau lagi latihan bareng kakak di depan rumah. Gua ambil bola itu, tempatkan di titik pelanggaran. Di depan gua ada Wimo dan beberapa teman yang lain bikin barikade buat penghalang dan yang jadi kiper adalah si Albert itu.

Pritttt, Pak Trispin meniup peluit tanda gua boleh nendang. Gua tendang bola itu dan lu percaya gak bola itu melengkung banget, melewati kepala di Wimo dan masuk di sudut kiri gawang si Albert. Si Albert cuma kaget sambil teriak 'Anjinggg' karena kaget gawangnya kebobolan kena tendangan melengkung gua.

Sampai detik ini, gua masih inget banget reaksi dan muka si Albert pas gawangnya gua jebol. Bet, gua yakin lu bakalan lupa ama moment ini tapi ampe sekarang gua masih inget betul gimana kagetnya lu dan teriakan 'anjingggg' lu itu pas gua jebol.

Kalau David Beckham liat tendangan gua itu, rasanya dia bakalan nelpon gua dan datang ke rumah gua deh minta diajarin cara nendang bola melengkung kayak gitu.

Pas goal, gua tidak melakukan selebrasi apapun (biasa lagi cool) padahal hati gua lagi girang. Di ujung gawang si Banu Nugget yang 1 team ama gua teriak 'Alus euy si Jaja'. Gua yang ngegolin eh nama Bokap gua yang dihina. Di sudut lain si Aditya Pratomo yang gak kebagian main teriak 'JAJA' sambil melakukan gerakan aneh (yang inget si Adit Pratomo pasti paham dia suka ngapain).

Saking bangganya gua dengan gol itu, malamnya gua sampe bikin tulisan. Gua kasih judul 'Miracle Shoot' alias tendangan ajaib. Gua masih inget gua nulis gini:

"Aku meletakkan bola di tanah, berharap tendangan ini menjadi gol. Gol untuk kemenangan tim kita. Aku tidak menghiraukan cacian atau teriakkan di telinga aku, yang aku mau adalah bola ini harus menjadi gol agar tim kita menang dan membawa kebanggaan kita semua"

Sungguh alay sekali padahal siapa juga yang caci dan teriak di telinga gua. Dan ini juga bukan pertandingan yang memperebutkan apapun, hanya pertandingan biasa di jam olah raga. Harap maklum saat itu gua masih kelas 2 SMP.

Di tulisan 'Miracle Shoot' itu gua tulis gini "Albert hanya mematung melihat bola hasil tendanganku masuk ke sudut kiri gawang dia. Dia diam seolah tidak percaya kalau gawangnya kebobolan karena tendanganku".

Jadi ya Bet, gua jamin gua akan pernah bisa lupain lu karena di penulisan pertama gua yang judulnya 'Miracle Shoot' itu, lu adalah lakon utamanya. ahahahahah

..........................................................................................................

Hal lain yang gua masih inget adalah sewaktu pelajaran BP (gua agak lupa pelajaran apa tapi seinget gua pelajaran BP/Budi Pekerti). Jadi pas pelajaran itu, kita dipecah jadi beberapa kelompok dan kebetulan gua dan Albert jadi 1 kelompok. Kita disuruh sharing masalah satu sama lain. Gua inget betul, lu cerita kalau lu lagi mengalami masalah keuangan dan lu buat kedai mie di depan rumah tetapi karena masih baru jadi masih sepi karena belum ada yang tahu.

Jawaban gua saat itu adalah 'Sabar ya bet, berdoa aja'. Gua sampai cerita ke Kakak gua pas Malam kalau gua punya temen lagi kena masalah finansial dan kata Kakak gua adalah 'Wah kasian ya, bantu doa aja'

Dan setelah 10 tahun lebih gak ketemu (setelah lulus SMP, gua emang gak pernah ketemu lagi ama Si Albert), gua kemarin ketemu lagi ama si Albert tepatnya di Kedai Mie dia yang dikasih nama 'Dapoer Mie'. Alamatnya ada di Jalan Seram (dekat Jalan Riau), letaknnya persis ada di depan Kantor Dinas Pertamananan Bandung. Kedai Mie Albert nyatu ama sebuah tempat nongkrong cozzy yang namanya 'Gedogan' dengan spesialis Kopi. Jadi disana kamu bisa duduk, nongkrong sambil ngopi. Eits, jangan lupa juga order Mie di 'Dapoer Mie' punya temen gua si Albert ya.

Gedogan tampak Depan

Dapoer Mie punya Albert
Disana gua disambut ama si Albert dan pacarnya si Ruth (buat Ruth sorry ya kalau baru kenal tapi udah gua bully aja, ahahahahaha). Gua mesen Yamien Manis + Baso dan Siomay dan rasanya gak usah ditanya. Enak banget, apalagi pangsit-nya juara. Albert cerita kalau pangsit dan kuah yang dipakai adalah resep turun temurun dari Neneknya dan dijaga kerahasiannya sampai sekarang.

Ya mirip Kolonel Sanders yang ngejaga resep rahasia ayam KFC sampai dia meninggal. Pantes aja enak Bet. Kuahnya gurih bener terutama tekstur mienya yang lembut, selembut belaian pacar. Kata gua yang paling juara adalah pangsitnya karena isian pangsit itu pake resep rahasia si Nenek Albert. 

Duh bet, kalau lu baik, kasih tau dong resepnya biar nanti gua minta tolong Mama gua yang masak.



Dulu, mantan partner (baca: pacar) adalah penggemar Mie Bakso. Biar dia seneng, gua sampai bikin daftar tempar Mie Bakso yang enak di Bandung. Jadi dalam 1 Minggu gua mampir ke beberapa tempat makan Mie Bakso dan kalau menurut gua enak, gua pasti bawa dia ke tempat itu. Coba kalau waktu itu gua sudah tahu kalau lu punya Kedai Mie seenak gini, pasti gua masukkin Kedai Mie lu di urutan nomor 1 deh, hehehe.

Dan yang lebih luar biasanya adalah harganya yang murah banget. Gua kira bakalan selevel Mie Naripan atau Mie Rica Kejaksaan yang harganya sudah dikisaran 40-50rb. Gak salah Bet? Buat 1 porsi yang enak gitu, lu kasih harga cuma 20rebuan? 

Jangan lupa ya buat mampir ke Dapoer Mie yang letaknya di 'Gedogan' Jalan Seram (depan Kantor Dinas Pertamanan Bandung dan persis sebelah Hotel Anggrek). Kalau kalian mesen bilang aja temennya Sani siapa tau kalian dapet malu eh dapet lebihan maksudnya (suwiran ayamnya dibanyakkin gitu, siapa tau kan).

Semoga lancar ya Bet usahanya dan semoga 1 tahun dari sekarang lu bisa bikin Kedai Mie sendiri. Amin.

NB: Buat temen-temen yang punya usaha dan mau dipromosiin, DM aja ya ke IG Stefanus.Sani. Berhubung reader blog gua lumayan banyak jadi siapa tau bisa terbantu.

1 komentar:

Nicholix mengatakan...

Oy san,,
Dah lama juga nie kita ga ketemu,,
Hahahaiaha,,,

Mau ngasi statement (aduh ap y kalo orang jual online bilang,,, hahaha),, oh,,testi tentang mie nya c albert ini,
Dlu gua pertama nyoba waktu masi buka d rmh ny,,gua k sana brg c markus kribo,, hahahaha,, emang asli enak mantep,,,sampe nagih,,,
Kdg kangen dgn mie ayam ny,,,sayang ny gua gawe ga d bdg,,jd susah juga mw ksana.
Tp bnr kata l,,pangsit nya emg enak,,kayany gua bisa beli semua menu dy,,, hahahaha,,

Ada planning natal ntar k bdg,,,sapa tau kita bsa kumpul2 d sana lah y,,, reuni kecil2an,,, hahaha,,

By : Theo (temen SMP sampe SMA x y?!? Poho,,,Hahahaha,,,)