Minggu, 03 Desember 2017

Nguber lagi

Masih ada yang kangen dengan cerita UBER gua? Kalau kata 'kangen' dianggap berlebihan, kamu boleh ganti dengan kata 'peduli'. Jadi pertanyaannya bakalan gini:

"Masih ada yang peduli dengan cerita UBER gua?"

Ada 2 alasan kenapa gua sedikit mengurasi cerita soal UBER, alasan pertama adalah sampai hari ini, banyak temen gua yang masih nuduh kalau gua adalah Driver Modus yang sengaja jadi Driver buat modusin penumpang gua cantik-cantik.

Temen gua si Ambu adalah orang yang paling vokal nuduh gua kalau gua adalah Driver Modus. Sungguh sebuah tuduhan keji, ahahahahaha. Yang namanya modus mah minimal muka ganteng lah, gua ganteng aja gak, gimana mau modus. Dan seperti yang sering gua tulis, sampai hari ini gua gak pernah ngajak penumpang gua yang cantik buat jalan atau sekedar ngechat 'Hi, masih inget aku gak? Ini aku yang waktu itu nganterin kamu.

Itu jelas bukan gua banget. Gua jarang banget chat duluan, ke temen sendiri aja jarang, gimana ke orang yang baru kenal.


Alasan kedua adalah tentang image gua yang sekarang jadi Driver Ojek Online, ahahaha. Gua punya banyak silent rider di blog gua dan kalau salah satu dari mereka ketemu ama gua, pasti pertanyaanya adalah 'Sani, Ubernya gimana?'.

Bukan cuma 1-2x tapi setiap ketemu temen lama atau saudara, pasti yang ditanyain itu mulu.

Sebenarnya gak apa-apa sih tapi karena itu, pekerjaan asli gua jadi ketilep dan orang taunya gua adalah Driver UBER full time meskipun gua sudah sering banget nulis kalau gua tidak benar-benar menjadi seorang Driver Ojol.

..............................................................................................

Temen gua si Ambu punya usaha jualan roti bakar. Letaknya di halaman parkir sebuah Family Store dan dia pernah cerita ke gua, kalau penanggung jawab Family Store itu orangnya nyebelin banget.

Gendut, pendek, usia sudah 40 tahun lebih dan belum nikah. Eits, jangan marah dulu yes. Gua gak mengeneralisir kalau perempuan gendut, pendek, dan belum nikah itu nyebelin ya.

Kalau perempuan usia sudah hampir 40 tahun dan belum nikah itu (berdasarkan pengalaman gua) itu ada 2 kemungkinan. Pertama dia emang punya kaul tidak mau menikah atau kedua (maaf ini mah) karena sifatnya jadi orang juga males ngedeketin dia. Kalau misal cantik ya bolehlah tapi kalau sudah biasa aja terus sifatnya bikin orang pengen nampol, ya sudahlah.

Pas ngedenger cerita si Ambu, gua jadi makin penasaran orangnya gimana sih. Ambu cerita si Cece Nita ini (nama disamarkan) kalau ketemu orang baru ya, juteknya gak nahan. Disaat ketemu orang baru, dia bakalan nunjukkin ego dia dan pokoknya malesin.

Ngedenger cerita si Ambu, gua malah jadi makin penasaran, orangnya kayak apa sih. Gua sih seneng-seneng aja ketemu orang jutek secara gua orangnya gampang deket ama orang jadi gak masalah.

Setiap gua mampir ke Warung roti si Ambu, gua gak pernah ketemu ama yang namanya Ce Nita itu. Ce Nita itu lebih banyak duduk di kantor belakang dan jarang keluar. Keluar pas buat makan dan pulang aja.

Gak tau deh di dalam kantor ngapain, mungkin mempercantik diri sendiri gitu ya biar ada laki terpikat. Mungkin ya.

Di suatu Pagi ketika gua lagi Nguber, alarm UBER gua berbunyi tanda ada orderan masuk. Keluar nama 'Nita' dijemput di Jalan Cilacap, Antapani. Seperti biasa, sebelum jemput gua salam dulu "Halo, Good Morning! Dijemput dimana Bu/Kak/Mbak? Terima Kasih"

Dibalesnya "Ikutin aja MAPS"

Assuuuuuuuuuuuuuuu bener. Disapa baik, dibalesnya gitu. Balesannya persis pas kamu lagi chat gebetan kamu "Halo, lagi apa? Sudah makan belum?" dan dijawab "Lagi gabut. Sudah"

Pendek tapi nusuk. Gua sekarang jadi paham rasanya gimana kalau kita ngechat terus dibalesnya kayak gitu. Sakit tapi tidak berdarah.

Emang kita bisa ikutin MAPS tapi kan gak ada salahnya nanya bukan? Karena kadang customer itu suka salah menempatkan titik jemput. Mendingan nanya duluan dibanding nanti nyasar kan?

Gua ikutin maps dan gak lama kemudian, gua sampai di titik jemput. Bersamaan dengan gua sampai, ada perempuan gendut dan pendek keluar dari rumah. Gua sapa ramah dan sopan "Pagi bu Nita, tujuan kita kemana?"

Dijawab "Tadi kamu nanya jemput dimana terus nanya lagi tujuan kemana. Masak gak dikasih tau sih" kata dia super jutek.

Asssuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu. Dia ternyata belum tahu kalau UBER itu emang gak pernah tujuan kita kemana. Dikasih taunya pas customer sudah naik dan mulai On Trip baru ketahuan tujuannya kemana.

Dia bawa tas besar dan liat motor gua yang tinggi, dia ngomel lagi "Tinggi banget sih motornya. Naik susah kan. Turunnya juga jadi masalah lagi ntar"

Ya Alloh, ini emak ngomel mulu. Kalau tinggi kan motornya bisa gua miringin dikit. Ibu lain yang sudah sepuh aja bisa naik, lah ini ngomel dulu padahal belum naik. Sambil susah payah dan mencengkram pundak gua akhirnya ini orang bisa naik juga.

Pas udah naik dia ngeluh lagi katanya duduknya sempit karena dia bawa tas besar. Kalau gua gak sabar, kayaknya gua bakalan jawab gini:

"Siapa suruh jadi orang gendut bu, makannya sempit kan. Turun ajalah Bu, cari yang lain". Itu kalau gua gak sabar ya, hehehe.

Tujuan dia ke Daerah Pasteur dan sampai tengah jalan, gua belum juga sadar kalau Ce Nita ini adalah Cece nyebelin yang sering diceritain ama si Ambu. Seperti biasa, gua mmemulai pembicaraan

"Berangkat kerja Bu?"

"Iya" diiringi dengan gerutuan yang gak gua tangkap maksudnya apa.

Kebetulan saat itu jalanan macet dan pas macet dia malah marah-marah dong "Duh, kenapa sih pake macet segala. Saya buru-buru nih"

Isthigfar bu. Marah-marah mulu. Belum juga 15 menit, udah marah-marah terus. Mending kalau habis marah bisa kurus lah ini yang ada makin gemuk yang ada.

Pas sudah hampir sampai, di depan motor gua ada mobil yang kecepatannya tanggung. Ngebut enggak, pelan juga enggak jadi ngagokin. Eh si Ce Nita marah-marah lagi dong ke gua "Itu siapa sih yang nyetir, ngagokkin banget. Tau orang udah telat'

Motor tinggi, gua yang disalahin
Dia sempit duduknya karena kegendutan, gua yang disalahin
Gua nanya tujuan mau kemana, gua yang disalahin
Jalanan macet, gua lagi yang disalahin
Ada mobil ngangokkin di depan, salah gua

Pas sudah sampai, totalnya ada 13rb dan dia dapat diskon 5rb jadi bayarnya 8rb doang dan ajaibnya dia bayar 8rb pake koin 500 perak dong. Astaga -_-

Sepanjang karir gua dalam dunia Ojol, asli baru sekali gua ketemu ama orang yang luar biasa kayak gini. Di perjalanan pulang, gua ngerasa pernah tahu dia tapi dimana ya gitu.

Setelah berpikir keras, gua ngerasa ini si Ci Nita yang suka diomongin si Ambu deh. Karena dari nama yang sama plus tampilan fisik yang sama seperti yang pernah diceritain si Ambu.

Gua WA si Ambu dan nanya "Mbu, Ce Nita yang lu ceritain itu rumahnya di Jalan Cilacap, Antapani bukan? Yang gendut dan pendek?"

"Iya San. Napa emangnya?"

Sisanya kayaknya gak usah gua ceritain deh.... Pasti kalian sudah bisa ngebayang gimana sumpah serapah gua pas cerita ke si Ambu, ahahahahah
................................................................................................

Udah baca cerita gua tentang Mamanya Sarah di postingan UBER gua yang lain? Kalau lupa, gua ingetin. Mama Sarah adalah salah satu pengguna UBER yang sering banget ketemu ama gua.

Jadi dalam 1 Minggu itu, gua pasti ketemu dia. Saking udah deketnya mulai tumbuh benih-benih cinta antara kita berdua eh ngaco maksudnya saking seringnya ketemu, gua sudah hafal kebiasanya Mamanya Sarah dan hidupnya. Mama Sarah adalah single fighter yang pisah ama suami karena suaminya serong. Dia punya 4 anak dan Mama Sarah kerja jadi penjaga toko di sebuah butik.

Oh ya kenapa gua sebut Mamanya Sarah karena nama yang keluar di HP setiap ada orderan dari dia adalah 'Sarah' dan itu adalah nama anaknya (jadi anaknya yang orderin dan gua sendiri gak tahu namanya siapa jadi gua panggilnya Mamanya Sarah).

Tujuan Mama Sarah itu setiap pagi ke Jalan Karawitan di Buah Batu. Saking seringnya kena orderan dari Mamanya Sarah, gua ampe hafal apa kebiasaan sampai cerita-cerita dari Mama Sarah.

Tapi kok ada yang aneh karena di suatu Pagi ketika gua dapet orderan dari Mama Sarah, tujuannya itu ke Soreang bukan ke Jalan Kawaritan.

Jarak Antapani - Soreang itu jauh banget loh, Soreang itu adanya di Kabupaten Bandung dan Antapani itu adanya di Bandung Timur. Jauh banget pokoknya.

Awalnya gua ngira dia salah nempatin titik tujuan jadi gua tungguin aja keluar. Gua galau, apa gua cancel aja gitu ya karena jarak yang jauh itu. Tapi kalau gua cancel ya gak enak juga ya secara gua sudah kenal ama Mama Sarah. Gua cuma berharap kalau Mama Sarah salah masukkin titik tujuan dan tujuannya tetap ke Jalan Karawitan seperti biasa.

10 menit menunggu, Mama Sarah keliatan dari ujung. Dia jalan bareng anak muda seumuran gua dan 1 orang laki-laki tua. Orangnya pendek dan keliatan sangar gitu. Kalimat pertama yang keluar dari Mama Sarah adalah

"Untung banget ketemunya ama Dek Sani. Hari ini gak ke Toko ya tapi ke Soreang"

Ternyata benar ke Soreang dan gua nanya kok tumben ke Soreang ternyata mereka baru kena masalah. Masalahnya gini, Mama Sarah nunggak cicilan motor selama 4 bulan dan kemarin, pas anaknya yang masih SMA pake motor itu dicegat dong ama Debt Collector di pinggir jalan dan dirampas.

Mama Sarah sebenarnya sudah ikhlas tapi mantan suaminya gak terima, ngotot mau bawa motor itu balik lagi dan mantan suami yang diceritain ama Mama Sarah itu adalah orang yang barusan gua ceritain pendek dan sangar.

Dan sekarang kita berempat harus ke kantor leasing di Soreang buat ngurusin ini. Walah, jauh bener.

"Gak apa-apa ya dek?" tanya Mama Sarah

Sebenarnya apa-apa sih tapi ya mau gimana lagi, mau cancel juga gak enak. Kita beriringan ke Kantor Leasing di Soreang dan gua kebagian ngebonceng si mantan suaminya Mama Sarah.

First Impression gua adalah ini orang emosional dan gak sungkan nunjukkin emosinya ke depan umum kayak tadi aja pas Mama Sarah ama anak yang satu lagi ketinggalan di belakang gua, eh dimarah-marahin dong. Kesel sih boleh tapi gak elok juga kali marah-marah di tempat umum.

Satu jam perjalanan akhirnya kita sampai di Kantor Leasing Soreang dan pas ditanya, eh motornya gak ada disana. Adanya di Kantor Bojongsoang dan artinya kita harus muter jauh lagi dong.

Disitu si Bapak sudah mulai marah-marah lagi "Siapa sih yang bilang motornya ada di Soreang. Ngabisin waktu tau gak" si Bapak marah-marah ke Mamanya Sarah.

Gua mangut-mangut aja, dibanding salah ngomong mending diem aja deh.

Dari Soreang kita ke Kantor Leasing Bojongsoang dan darisana lagi-lagi dioper dong, dioper ke Kantor Leasing di Rajawali Bandung. Ya elah, kalau posisinya ada di Rajawali Bandung mah ngapain tadi disuruh ke Bojongsoang ama Soreang kan.

Sengaja ngerjain nih si leasing laknat.

Gua nyampe duluan ke Kantor Leasing di Jalan Rajawali dan pas sudah nyampe disana, si Ibu nelpon kalau ban motornya bocor. Dan gara-gara bocor, si Bapak marah-marah lagi. Dia ngedumel sambil anjing-anjing gitu terus ngomong ke gua udah kita pulang ajalah. Gua bujuk supaya nungguin Ibu dulu, kalau pulang nanti bakalan percuma udah muter-muter jauh gini. Mungkin karena segan ama gua dia nurut tapi sambil menggerutu.

30 menitan si Ibu sampai juga. Pas sudah sampai mereka bertiga masuk dan gua nunggu di luar. Duduk sampai manjangin kaki depan emperan toko. Kalau orang ngomong 'Selalu ada cerita di setiap trip UBER', gua bilang BENER BANGET. Kalau kalian rajin baca cerita UBER gua, banyak cerita beragam kan dari nganterin PSK, nganterin Ibu janda ke KUA ngurus perceraian, ketemu gay agresif sampai terbaru yang ini nih 'Nganterin suami-istri ke Kantor Leasing buat ngurus motor yang disita ama Debt Collector'. Ada-ada aja

Jam sudah menunjukkan jam 1 siang dan meleset jauh dari waktu gua yang seharusnya jam 10 Pagi sudah di rumah buat mulai ngurus Clobberin Time. Ya gak apa-apalah, gua anggap ini gua lagi nabung kebaikkan di surga. Siapa tau kalau suatu saat nanti gua ada kesusahan bakalan ada yang nolongin gua.

Lagi asyik balesin chat dari buyer Clobberin Time yang bejibun, si Ibu datang sambil bawain gua 1 botol Teh Sosro (atau merk apa, gua lupa). Dia ngasih sambil minta maaf karena gua jadi nganter jauh-jauh gini terus dia nanya, 'Dek gimana, sudah dapet kerja belum?'

Gua jawab 'belum bu, doain aja', kikikikik. Mamanya Sarah dan semua penumpang gua taunya adalah gua baru lulus kuliah dan lagi nyari kerjaan. Dan karena belum dapet pekerjaan, gua jadi Nguber dulu, hihihi.

Itu gimmick gua kalau lagi jadi Driver UBER dan sampai sekarang, gua gak pernah ngomong apa pekerjaan asli gua termasuk tujuan sebenarnya gua jadi Driver UBER.

Si Ibu nanya gimana si Bapak, gua bilang jujur kalau orangnya emosional dan gak bisa nahan emosi. Mamanya Sarah langsung mengiyakan dan cerita kalau alasan dia bercerai adalah karena gak tahan dengan sifat suaminya yang kasar, emosional, dan tempramental tinggi.

Lagi cerita gitu tiba-tiba, anaknya yang laki (yang ngebonceng Mamanya Sarah) keluar dari Kantor Leasing sambil manggil mamanya. Mamanya Sarah langsung masuk ke Kantor Leasing dan gak lama masuk, dia keluar sambil manggil gua "Dek Sani, Dek Sani".

Gua kaget ada apaan ini. Gua beranjak dan setengah berlari ke Kantor Leasing dan disana, si Bapak sudah dikelilingi Debt Collector. Ada yang mencengkram tapi ini gobloknya, bukannya diem apa gimana, si Bapak malah ngomong kasar (anjing, bangsat) sambil ngancem gini (ngomongnya pake bahasa Sunda tapi kalau diterjemajin jadi gini) "Kamu hati-hati aja ya, sampai saya lihat kamu di Antapani, habis kamu"

Diancem gitu si Debt Collector makin naik, si Ibu sudah pucat mukanya. Gua gak habis pikir ama si Bapak deh. Gua ambil contoh gini, coba lu bayangin lu itu kepik kecil yang tersesat ke kandang iguana. Kalau lu jadi kepik, apa yang bakalan lu lakuin supaya gak ditelen ama Iguana?

Diem dan pergi kan? Lah ini mah enggak, udah kepik punya salah (gak bayar cicilan motor) terus masuk ke kandang iguana, bukannya sopan malah nantangin berantem.

Gengsi boleh vroh tapi kalau sok jagoan di kandang orang, sama aja cari perkara.

Gua langsung berlari terus gua tarik tangan si Bapak. Asli, asli di moment ini gua ngerasa keren banget. Kayak jagoan yang datangnya belakangan gitu, nolongin kaum papa. Gua tarik si Bapak terus gua minta maaf ke Debt Collector yang sangar-sangat itu. Jumlahnya ada sekitar 5 ditambah 1 security, gua bilang si Bapak lagi pusing karena motornya baru diambil jadi mohon maklum.

Mereka nanya gua siapanya dia, gua bilang "hanya Driver Ojek Online yang disewa oleh si Bapak buat nganterin". Mungkin karena salah satu dari mereka ada yang kerjanya jadi Driver Ojol, emosi mereka mulai reda dan sambil teriak mereka bilang gini ke gua "Bilangin ke si xxxxxx (kata kasar) kalau punya hutang dibayar. Jangan sok jagoan (diikuti dengan kalimat kasar) lainnya".

Setelah si Bapak sudah dijauhkan dari huru-hara ini akhirnya si Bapak dan Anaknya bakalan ke Kantor Leasing di Cibiru (dioper lagi syetan) dan gua disuruh nganterin pulang si Ibu.

Sepanjang perjalanan si Ibu cerita kalau dirinya masih gak habis pikir ama suaminya. Orangnya terlalu emosional dan kadang si Ibu malu dengan kelakukan dia. Gua setuju ama dia, kadang sifat emosional itu gak bakalan bikin kamu keren atau gagah tapi yang ada malah bikin malu diri kamu dan keluarga kamu.

Tetapi anehnya setelah hari itu sampai gua menulis cerita ini, gua belum pernah lagi dapet orderan dari Mamanya Sarah padahal setiap Minggu itu gua selalu dapet dia.

Hmm, kenapa ya?

................................................................................................

Sebenarnya San, apa sih yang kamu cari dari 'pekerjaan' kamu jadi 'Driver UBER'? Kalau kalian nanya itu ke gua, gua juga gak tau mau jawab apa ya.

Di postingan pertama gua waktu pertama kali jadi Driver UBER (November 2016), gua nulis kalau gua hanya akan menjadi Driver selama 1 Minggu saja dan setelah 1 Minggu, gua akan kembali ke pekerjaan semula gua yaitu ngurus Clobberin Time dan nulis buat beberapa media.

Karena banyak yang suka, gua makin rutin nulis soal UBER dan gak kerasa aja sudah 1 tahun gua jadi Driver UBER. Nyokap dan Bokap gua adalah orang yang paling sering protes kalau gua lagi Nguber karena mereka takut akan bahaya yang mengancam.

Jadi Driver di Bandung itu lumayan berbahaya, banyak zona merah di banyak tempat apalagi di Bandung Timur dan kebetulan rumah gua itu di Bandung Tengah menuju Bandung Timur jadi banyak orderan ke arah sana.

Kalau Kakak gua sih gak ngelarang tapi juga gak memperbolehkan, dia ngebasin gua. Malah si Ambu yang paling sering ribut "Lu ngapain jir NGUBER terus. Modus cewek ya lu"

Asem, gua dituduh Modus terus. Kalau cari uang jelas enggak karena pendapatan UBER itu kecil sekali. Gua gak tau ya yang lain tapi paling sehari gua itu dapetnya 30rb, dipotong bensin 15rb dan makan 10rb sisa 5rb doang.

Seperti yang pernah gua tulis, pendapatan UBER gua itu dalam 1 Minggu gua itu setara dengan 2 kaos Clobberin Time yang gua jual per harinya. Gua gak tau ya kalau yang kerjanya full time berapa dapatnya, tapi pendapat gua cuma segituanlah per hari, jauh dari pendapatan gua dari Clobberin Time dan nulis.

Beberapa bulan lalu, gua punya target pribadi, target pribadi gua adalah gua harus bisa melewati 1000 bintang 5. Jadi gini, kalau kalian habis order UBER kan kalian disuruh kasih bintang buat Drivernya. Bisa bintang 1 kalau service-nya buruk, bintang 2-4 kalau service-nya biasa aja sampai bintang 5 kalau service dia bagus.

Bulan lalu gua sudah lewat bintang 1000 (sekarang sudah 1040 bintang) dan rating gua 4.88 dengan total pujian lebih dari 300 pujian. Salah satu yang paling tinggi di Bandung yang berarti service dan obrolan gua sepanjang perjalanan bagus dan disukai 'Uhuk'.

Total Bintang 5: 1040, rating 4.88, Total pujian 304
Setelah lewat 1000 bintang, mau apa lagi San? Gua juga gak tau mau ngapain lagi ya di UBER. Rasanya semuanya sudah tercapai tapi ada satu hal yang secara gak langsung mempengaruhi hidup gua. Dan hal itu adalah tentang bersyukur dan lebih menghargai uang.

Bukannya sombong, sekali lagi maaf banget bukannya sombong ya. Pendapatan gua dari Clobberin Time dan menulis sudah lebih dari cukup buat gua pribadi dan gua ngerasanya gini, dengan gua tetap jadi Driver UBER gua belajar untuk selalu bersyukur. Mendengar cerita penumpang gua, gua jadi banyak bersyukur, terima kasih ke Tuhan karena sudah diberi kehidupan yang baik.

Lebih menghargai uang juga itu jelas. Di UBER dapat uang 50rb aja susahnya setengah mati (kalau di Bandung ya dan gak full time) dan hal itu benar-benar bikin gua untuk lebih menghargai uang. Gua sedikit tidak terkontrol kalau lagi jajan action figure, komik, buku, sampai Jersey tetapi sejak gua jadi Driver, setiap gua mau boros beli gituan gua jadi suka mikir 'Dapet uang 50rb aja susah banget, masak sekarang dihamburin gini aja'.

Gua punya banyak temen gua yang mengalami star syndrome dari yang gak punya apa-apa terus jadi punya apa-apa. Duh udah gayanya jadi selangit, ngomongnya jadi tinggi sampai hedon gak ada ampun. Upload makan disana dimari, upload foto lagi liburan sana sini, upload baru beli barang ini-itu, dugem di banyak tempat tiap Minggu. Itu hak mereka dan terserah juga mereka mau ngapain dengan uang mereka.

Kalau gua mau, gua bisa kayak gitu tapi gara-gara jadi Driver UBER dengan pemikiran 'dapet uang 50rb aja susah', gua bisa menahan diri untuk tetap menginjak bumi. Pendapatan gua dari Clobberin Time dan menulis, gua pakai untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dibanding dihamburin gak jelas. Eits, jangan marah ya, gua gak lagi nyinyirin orang loh. Ini cuma pemikiran gua aja dan gak ada yang melarang kamu mau ngapain juga karena gua percaya, temen-temen gua sudah dewasa semua dan paham baik buruknya.

Mungkin setelah ini, gua bakalan pensiun total dari UBER karena gak ada lagi yang ingin gua kejar (mungkin ya berhubung gua sering berubah pikiran, hihihihi) dan kembali fokus ke pekerjaan gua semula.

But one thing that I know, thay my promise to take my bloved kindergarten teachers was fulfilled











2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ane salah satu buyer ente dari palembang, bang (pasti bisa nebak siapa, hehehe)
Kapan2 kalo ane ke bandung pengennya ane bisa dianter ente. Sekalian nonton wwe di w*r**g d***r*t
Terusin tulisan ente di blog ini ya, bang.

Anonim mengatakan...

Gak coba jadi ojol yg lain? Siapa tau beda juga pengalamannya.