Minggu, 31 Januari 2021

Makanan Favorit

Waktu gua masih remaja dulu, tiap Malam Minggu hobby gua adalah berkeliling Bandung bareng temen gua di GS Squad (Geng Sani Squad). Geng yang ditakuti se-Bandung karena kebengisan membernya, wkwkwkw.

Salah satu tempat makan yang paling gua suka adalah steak tepung di Waroeng Steak di Jalan Lombok. Entah kenapa, buat gua steak tepung WS adalah makanan terenak saat itu. Harganya ampun murah banget. 6.500 + 500 perak Aqua jadi totalnya 7.000 sudah kenyang. Kalau mau yang Double Steak, nambah 3.000 jadi 9.000 sudah dapat steak tepung 2 pcs.

Bertahun-tahun lamanya gua demen banget makan di WS sampai ada suatu kejadian kalau steak WS tidak seenak seperti yang gua bayangkan. Jadi ceritanya waktu gua masih kelas 2 SMA, gua lagi pergi bareng gebetan gua waktu itu. Habis nonton, gua nanya

"Mau makan dimana nih?"

"Hm, bingung. Kamu biasa makan dimana bareng teman kamu?"

Wah dilema nih. Kalau gua bilang suka makan di Waroeng Steak nanti gua dikira 'cowok pas-pasan' doyannya makan steak KW alias steak tepung tapi aslinya gua emang pas-pasin sih, wkwkwkwk. Gua lantas berkelit gini:

"Kata temen aku si Dedi, itu loh yang gemuk itu,katanya Steak di WS (Waroeng Steak) enak ya? tanya gua menumbalkan si Dedi,

"Gua sih belum pernah makan disana tapi kata temen-temen aku enak tuh" lanjut gua.

"WS tuh steak yang tepung itu? Ah gak suka aku. Pernah 1x makan kesana gak kemakan, banyakan tepung dibanding dagingnya"

"Oh ya? Baru tahu aku. Ternyata GAK ENAK ya? Itu temen saya lidahnya gak beres ya?" lanjut gua sok polos padahal gua adalah Ketua komunitas pecinta Steak Tepung ala Waroeng Steak.

.................................................................................

Tetapi seiring berjalannya waktu, gua malah sudah gak pernah makan di WS lagi. Seinget gua, gua terakhir kali makan di tahun 2011! Artinya sudah hampir 10 tahun yang lalu gua gak pernah makan WS lagi. Kenapa gua gak pernah makan WS lagi? Jawabannya adalah karena gua menemukan banyak tempat makan enak dan harganya sangat bersahabat. Karena banyak tempat makan enak favorit gua, maka gua akan membagi tulisan gua jadi 2 bagian yes!

1. Road Cafe 

Punya uang pas 28rb terus pengen makan steak daging asli bukan tepung? Maka Road Cafe adalah    jawabannya. Letaknya ada di depan Taman Robot Jalan Cibeunying persis dan baru buka jam 4 Sore. Jangan kaget kalau pertama kali datang dan lihat nama menunya aneh-aneh tapi gua jamin enak semua. Makan disini dapat pula teh manis jadi dengan duit pas 28rb kalian sudah bisa menyantap steak daging di Road Cafe.


2. Ayam Goreng SPG

Duit tinggal 15rb dan pengen makan yang bisa menjamin perut kenyang dan rasa lumayan enak. Mampir ke Warung Ayam Goreng SPG yang banyak bertebaran di daerah Bandung. Pusatnya di Balong Gede tetapi gua merekomendasikan buat makan di Ayam SPG cabang kampus karena harganya lebih murah ketimbang di pusat. Dengan uang 15rb, kalian sudah bisa dapat nasi sepuasnya, lalapan sepuasnya, teh sepuasnya dan ayam serundeng berukuran besar. Serundengnya juga bebas ambil loh. Pokoknya 15rb dijamin kenyang!

3. Warung Nasi Bu Eha

Ini adalah warung nasi legendaris yang sudah ada sejak tahun 1949. Bu Eha pemilik warung nasi ini konon sudah memasak sejak tahun 1949 dan warung nasi ini menjadi favorit keluarga Presiden Soekarno. Letaknya ada di dalam Pasar Cihapit dan kalau kalian ingin makan disini, kalian harus masuk kedalam Pasar Cihapit dan cari di pojokan kanan. Rasanya enak semua, gua rekomendasikan untuk mencicipi perkedel, ayam goreng dan pepes jamur. Enak!

4. Seafood Kanayakan

Di list gua ada 3 tempat makan Seafood murah dan enak yaitu Seafood Mas Gondrong di Jalan Klenteng, Seafood Lautan Merah di Cikapayang dan Seafood Kanayakan di Jalan Kanayakan Dago. Dari 3 tempat itu, gua paling merekomendasikan Seafood Kanayakan. Disini harganya murah semua, dibawah 20rb dan porsinya banyak! Gua agak kesulitan untuk merekomendasikan mana menu yang enak karena semuanya enak. Tempat ini adalah satu tempat favorit calon istri.


5. Toko Kue Sidodadi

Lupakan sejenak Bread Talk atau Bread Point karena ada Toko Kue legendaris yang letaknya di Jalan Otista. Nama Toko Kuenya adalah Toko Kue Sidodi. Toko Kue ini sudah lama ada dan hebatnya masih terjaga cita rasanya termasuk bungkus kuenya yang masih sama seperti dahulu. Gua merekomendasikan buat mencoba kue isi bakso dan coklat. Harganya di kisaran 4-15rb dan belum juga buka, antrian sudah mengular di depan toko.

6. Nasi Goreng Mawut Solo

Ada 1 tempat maka nasi goreng mawut yang menurut gua enak. Namanya 'Nasi Goreng Mawut Solo' di Jalan Tamasari. Porsinya luar biasa banyak dan toping melimpah, pokoknya gak akan GAK kenyang kalau makan disini. Yang jadi andalan Nasi Mawut Seafood dengan toping udang & cumi melimpah. Untuk harga aman banget, 20rb kenyang buat makan disini

7. Bakso Cuanki Serayu

Bakso Cuanki paling legend di Bandung, letaknya ada di Jalan Serayu dan punya cabang di Jalan Mangga. Kalau datang di hari libur atau pas jam makan siang wah dijamin deh bakalan susah buat dapat tempat duduk. Sediakan uang 17rb untuk mendapatkan 1 mangkok bakso cuanki yang berisi pangsit rebus, pangsit goreng, tahu aci, bakso goreng dan bakso utuh. Oh ya Bakso Cuanki tidak menggunakan mie dan itu yang membedakan dengan Bakso Malang selain rasa kuahnya yang berbeda. Ini adalah tempat makan favorit temen gua si Banu dan gua sendiri tahu tempat ini dari dia. Kalau belum kenyang, kalian juga bisa mencicipi batagor dengan bumbu kacang, itu juga enak!

8. Nasi Kuning Sumur

Dari banyak tempat nasi kuning enak di Bandung, gua memilih nasi kuning Sumur sebagai pilihan utama. Toping yang wajib dicoba adalah telur daging cincang yang rasanya jarang ditemukan di gerobak nasi kuning lain. Ini adalah tempat makanan favorit gua setiap gua beres berenang dari Sabuga bareng temen gua yang lain. Bukanya dari jam 6 sampai 10 Pagi dan letaknya persis depan Tune Hotel. Untuk harga gak perlu panik karena kisaran 15-20rb.

9. Iga Bakar Si Jangkung

Pengen makan Ribs tapi duit mepet? Maka Iga Bakar si Jangkung adalah jawabannya. Letaknya bersebelahan dengan Masjid Cipaganti di Jalan Cipaganti. Ribs disini disajikan tidak dengan tulang dan rasanya manis begitu gurih diatas hot plate. Teksturnya lembut dan mudah digigit jadi orang tua pun aman buat makan disini. Harganya tidak terlalu mahal, sediakan uang 35rb maka kalian sudah bisa mendapatkan iga bakar legendaris ini.

10. Ayam Goreng Pak Nanang

Di Lembang, banyak tempat yang menjual ayam goreng dan ayam bakar. Di tengah banyaknya warung ayam goreng di Lembang, ada 1 yang enak yaitu Ayam Goreng Pak Nanang. Letaknya depan Kantor Pos Lembang, persis di belokan. Tempatnya kecil tapi selalu ramai, gua merekomendasikan ayam goreng dan usus gorengnya. Saking enaknya Chelsea Olivia & Glen Alinskie pernah menjual keripik 'Rasa Lokal' dengan rasa Ayam Goreng Pak Nanang.

Tidak ada komentar: