Senin, 25 Maret 2013

Menjelang Kepulangan

Menjelang hari kepulangan gue ke Bandung, salah satu hal yang gak boleh luput adalah beli buah tangan a.k.a oleh-oleh.

Temen-temen gue udah bawel, nitip ini itu, nitip itu ini. Mending kalau nitipnya yang gampang, gara-gara tau gue lagi di Batam, kebanyakkan dari mereka nitip barang-barang elektronik karena disini terkenal murah.

Kalau nitipnya cuma keripik batam, coklat, kue Villa, pisang Batam dengan senang hati gue beliin. Tapi kalau nitipnya TV, kulkas, AC, maaf-maaf aja ya bro -_-

Dalam soal beli oleh-oleh, boleh lah gue diadu ama kakak. Kakak gue itu hampir sebulan sekali pergi keluar daerah dan perasaan gak pernah lulus kalau beliin oleh-oleh.

Waktu dia ada project 1 bulan di Bali, gue udah ribut nitip ini itu. Gue nitip oleh-oleh khas Bali, pia legong atau kue susu yang emang terkenal disana.

Pas dia nyampe ke rumah, dia bawa dus yang isinya oleh-oleh dari Bali. Dengan kalap gue langsung buka paksa kardus, udah gak sabar icip-icip oleh-oleh dari Bali.

Dan taraaaaaa, gue bengong sejenak setelah tau isi oleh-oleh yang kakak bawa. Tau gak isinya apaan? Isinya keripik tempe, brem, kulit ayam goreng, usus goreng, dll

Lah, yang ginian kan banyak disini? Di Pasar Kosambi juga banyak woy. Jauh-jauh ke Bali bawanya keripik tempe dong -_-

Belajar dari kejadian itu, sebelum beli gue sudah banyak nanya oleh-oleh yang khas disini. Di hari Senin ini, gue menyempatkan diri buat beli banyak oleh-oleh buat teman dan orang rumah. Plus gue juga mau beli sembako buat OB disini. Beli karena nyokap gue udah sms terus tiap hari "Jangan lupa beli sembako buat OB disana yang sudah banyak bantu kamu disana"

Duh, sebenernya gue lebih milih ngasih amplop aja ya biar praktis tapi nyokap gue nyuruhnya ngasih paket sembako dengan harapan bisa lebih berguna dan tepat sasaran.

Carrefour Batam

Ngomong-ngomong soal OB disini, ada OB yang namanya Usman. Orangnya ceking dan dia sangat-sangat membantu gue disini. Dari beliin gue makan, nganterin paket, sampai tugas foto copy dia lakuin dengan baik. Interaksi gue dengan dia tergolong jarang karena khusus selama gue disini gue sengaja gak terlalu banyak ngomong

Hingga di suatu kesempatan ketika jam makan siang dia datang menghampiri gue. Karena gue emang gak makan siang jadi gue lebih banyak menghabiskan waktu duduk sambil coret-coret, nulis, gambar di memo.

Memo yang selalu gue bawa

"Pak Stefanus maaf saya mau nanya, apa Bapak sudah punya istri" tanya dia polos.

Benar-benar pertanyaan yang menohok. Istri dari mana woy! Gua cuma tersenyum simpul sambil nunjukkin 10 jari gue ke dia maksudnya biar dia liat kalau belum ada cincin pernikahan yang melingkar di jari manis gue

Dari pertanyaan itu, arah pembicaraan kita semakin melebar kemana-mana hingga akhirnya dia curhat kalau minggu depan dia mau nge-date ama gebetannya. Ehemmmmmm

Sebelumnya dia sudah pernah nge-date bersama gebetannya dan dengan polosnya dia cerita kalau pas nge-date pertama itu dia makai masker di mulut. Alasannya: dia kurang pede ama mukanya -_-

Oh, please. Ciyusanlah nge-date pake masker?

Bentar, bentar, gue coba memposisikan diri gue jadi cewek. Gue cewek dan janjian jalan berdua ama cowok yang lagi PDKT ke gue. Apalagi kalau sudah lama gak ketemu, gue bakalan mikir, si doi gimana ya mukanya? Tambah ganteng gak ya? Lesung pipitnya yang dulu masih menggoda gak ya?

Terus pas akhirnya ketemu, gue malah nemuin cowok pake topi terus pake masker di mulutnya. Gue nanya kenapa pake masker, dia jawab "karena aku gak pede ama muka aku sendiri"

Kalau lu aja yang punya muka gak pede ama muka lu sendiri, gimana gue bisa pede jalan ama lu coba? Orang-orang juga bakalan aneh kali liat cewek masuk mall terus jalan ama cowok yang pake masker. Sekilas kayak anggota yakuza lagi mau transaksi ganja

Gue ajarin ke si Usman tips nge-date yang bener. Yang paling penting, JANGAN PERNAH LU PAKE MASKER lagi kalau mau nge-date. Harus bangga dengan diri sendiri, harus pede dengan diri sendiri biar orang juga bangga jalan ama lu

Dia lalu cerita, kalau dia pengen ngasih boneka ke kecengannya itu tapi dia bingung gimana cara ngasihinnya. Sini, sini gue ajarin cara buat ngasihinnnya, rahasia antar lelaki, ssssttttt

"Jadi gini mas Usman, kamu ajak kecengan kamu ke tempat boneka. Kamu bilang ke dia kalau kamu mau beliin boneka buat saudara perempuan kamu. Kamu bilang kamu bingung milihnya terus minta tolong dia pilihin. Bilang aja pilih yang paling kamu suka, yakin deh apa yang kamu pilihin pasti saudara aku juga suka. Terus ceritanya sebagai ucapan terima kasih, kamu traktir dia makan enak, bilang karena sudah mau bantuin kamu milih boneka. Pas pulang, baru kasih itu boneka dan bilang itu buat kamu. Dijamin si doi bakal kaget campur seneng. Yakin deh. Intinya ya mas, kamu harus bangga dengan diri kamu sendiri dulu"

"Wah makasih banget Pak, saya bakal coba" kata si Usman sumringah

Dan sebuah tosh dari gue menyudahi pembicaraan di siang yang cerah ini

Next,

Sekarang gue lagi di Carrefour Batam buat beli sembako buat OB yang di kantor. Nyokap udah smsin daftar sembako yang buat dibeli, lengkap dari beras, gula, minyak, telur, dll. SMS-nya gampang, gue yang ribet belinya, mom. Gue juga beliin si Usman kemeja lengan panjang biar dia tambah ganteng. Siapa tau bisa dia pake buat nge-date nanti :)

Setelah beli sembako beres, giliran gue beli oleh-oleh buat orang rumah dan temen-temen. Gue beli kue khas disini, beli keripik khas disini (dan bukan kripik tempe), beli coklat, dan khusus buat ortu gue beliin kopi luwak.

Belanja asyik, dompet jebol

Iya kopi luwak. Dulu gue pernah janji bakalan beliin bokap kopi luwak gara-gara bokap dulu penasaran pengen nyoba kopi luwak gara-gara beritanya heboh di TV. Gak etis kalau ditulis harganya tapi buat ukuran gue ya bro, sangat-sangat-sangat mencekik leher gue. Tetapi karena buat gue janji adalah janji, gue bakalan selalu berusaha buat nepatin janji itu.

Pengen nangis tiap inget harganya

Titipan BB batangan murah dari temen-temen juga udah gue beliin semua (dengan resiko ditanggung pembeli ya). Kalau gue bengis harusnya gue manipulasi harganya ya. Si Bung DB yang mau nitip iPhone harusnya gue katrol setinggi mungkin sebagai balasan dia suka ngejek gue. Disini kisaran harganya 2jt, harusnya gue kasih harga 4jt buat dia sebagai kompensasi buat hobby dia yang suka menghina. Tapi ternyata gue belum setega itu

2 hari ke depan, gue bakalan ninggalin Kota ini. Banyak hal menarik yang gue dapet disini, selain gue tambah item pastinya -_-

Yang pasti gue ingin meninggalkan 'jejak' yang baik disini kelak biar bisa dipercaya lagi. Gue janji bakalan datang kesini lagi, entah sendirian, entah dengan temen, entah dengan 'kamu', entah dengan pacar, entah dengan siapa aja yang pasti gue bakalan datang kesini lagi. Gue bakal mengeksplor kota ini, mengunjungi semua tempat-tempat yang menarik.

Ke depannya, gue belum tau bakal kemana lagi tetapi bener gak sih menurut kamu, kalau aku bilang, hidup kita ini seperti kita sedang menunggu bus di halte. Ada saatnya kita stay dan saat bus itu datang kita mulai melanjutkan perjalanan kita ke halte lain. Semoga 'perjalanan' kamu juga selalu lancar dan menyenangkan :)

And when life gets you down, you know what you gotta do? Just keep 'running' :)

Tidak ada komentar: