Selasa, 12 Maret 2013

Ukuran Kebahagiaan

"Apa sih ukuran kebahagiaan buat lu San?" tanya seseorang rekan kerja tempo hari

Jujur pertanyaan kayak gini membuat gue sedikit kaget. Kaget dalam artian arah pembicaraan yang dari tadi serius seputar politik, mitologi hingga tema penulisan tiba-tiba berubah ke ranah pribadi, soal kebahagiaan.

Belum gue jawab pertanyaan itu, dia mulai melanjutkan obrolan,

"Ampe detik ini, gue belum bisa ngebedain apa yang namanya kesenangan dan kebahagiaan. Kemaren gue baru beli mobil baru dan gue ngerasa bahagia banget bisa beli itu mobil. Tapi setelah beberapa minggu, perasaan bahagia itu seolah gak berbekas dan ternyata setelah gue punya itu mobil, gue gak bahagia-bahagia banget. Gue bisa gonta ganti gadget tapi ya rasanya biasa-biasa aja. Gak tau kenapa"

Yup, gue setuju. Terkadang apa yang kita rasa baik untuk kita, kita rasa bisa mendatangkan kebahagiaan buat kita ternyata setelah kita dapat, rasanya gak sebahagia yang kita bayangin loh.

Sering gak kamu mikir gini "Coba saja waktu itu aku milih opsi yang ini" atau "Nyesel banget ama pilihan gue yang sekarang, coba waktu itu aku milih opsi yang lain"

Pertanyaanya apakah ketika saat itu kamu pilih opsi lain itu apakah kamu pasti bahagia? Apakah hidupmu bakalan jauh dari masalah? Ada jaminan untuk itu?

Ada salah satu film yang lumayan gue suka judulnya Medley. Inti ceritanya sederhana, diceritakan ada seseorang yang sedang mengalami masalah ketika sedang menjalani hubungan dengan istrinya. Terkadang dia menyesal kenapa harus memilih dia, kenapa harus menjalani hari-hari dengan dia? Padahal saat itu dia  sebenarnya diantara banyak pilihan, banyak pilihan yang menurut dia lebih baik. Lebih cantik, lebih pintar, dan berasal dari keluarga berkecukupan.

Hingga suatu hari dia diberi kesempatan, untuk mengulang waktu. Mengulang waktu dimana dia berada di posisi memilih dan akhirnya dia memilih perempuan yang menurut dia baik untuk dirinya. Apakah setelah itu semuanya akan berjalan dengan baik? Ternyata tidak, hubungan yang dirasa akan sangat baik dan membahagiakan ternyata hanya berjalan di awal saja. Orang yang dia pilih ternyata tidak lebih baik dibanding istrinya yang terdahulu. Hingga akhirnya dia menyesal, menangis dan meminta agar dia bisa kembali ke dunia yang sebenarnya, agar dia bisa bertemu dengan istrinya karena setelah semuanya dia baru menyadari, mana yang terbaik buat dia. Penyesalan selalu datang setelah orang yang kita sayang itu pergi...

Pesannya sebenarnya sangat sederhana, syukuri apa yang kamu punya sekarang karena orang berbahagia bukanlah orang yang memiliki segalanya tetapi orang yang selalu mengucap syukur dalam menjalani hidupnya dan selalu percaya semuanya akan indah pada waktunya.

Sambil memutar-mutar bolpen Angry Birds di jari gue, gue tetep fokus dengerin semua kata-kata yang keluar dari temen gue itu. Menjadi pendengar yang baik memang menyenangkan, selain menghargai lawan bicara, banyak hal baru yang bisa kita dapat. Menarik, melihat sesuatu masalah dari sudut pandang mata seseorang.

"Ok, jadi paham kan? Nanti malam segera dikirim Emailnya. Saya tunggu ya" kata dia menutup pembicaraan

Di perjalanan pulang, sambil duduk di dalam bus TMB, pembicaraan tadi setidaknya membuat gue berpikir "Apa ya ukuran kebahagiaan buat gue? Apa ya hal yang bener-bener membuat gue bahagia?"

Ketika gue punya gadget baru, gue ngerasa bahagia. Ketika gue menang kompetisi nulis, gue ngerasa bahagia. Tapi bener, biasanya kebahagiaan itu gak akan lama. Gue coba inget-inget hal yang pernah bikin gue ngerasa bahagia banget.

Gue ambil binder gue dan mulai mengurutkan 5 hal yang menurut gue sangat membahagiakan di hidup gue yang sederhana dan berwarna ini. Sempat berpikir lama untuk menentukan urutan nomor 1 dan nomor 2 akhirnya gue menjatuhkan pilihan nomor 1 gue tentang cerita tahun 2006 (untuk nomor 2-5 gue bakal ceritain di postingan yang lain)

Ini ceritanya,

Tahun 2006, saat itu gue masih bersekolah. Saat masih bersekolah, satu-satunya pemasukkan gue datangnya dari orang tua. Ya buat jajan, buat ongkos pulang dan selalu ngepas dalam artian gue gak pernah kekurangan juga gue gak pernah berlebih.

Sebenarnya banyak barang yang pengen gue beli, gue ngebet pengen ngoleksi action figure buat di kamar tapi karena saat itu harganya (sangat) tinggi buat ukuran gue terpaksa gue tunda-tunda terus. Sampai di akhirnya, tengah tahun 2006, gue yang iseng-iseng ikut kompetisi nulis soal "Mimpi dan harapan", kepilih jadi juara pertama dan dapet duit tunai 750rb. Sangat besar buat ukuran gue saat itu.

Dalam bayangan gue saat itu, duitnya bakalan gue pake buat beli ini itu. 200rb buat beli beras, 50rb buat beli roti abon Bre*d Talk (karena nyokap gue doyan banget), 400rb buat beli action figure favorit gue, dan 100rb buat persembahan di hari Minggu. Menurut gue sudah cukup sempurna dan kalau semuanya bener-bener sesuai rencana, gue yakin gue bakal bahagia banget-banget-banget.

Hingga di suatu kesempatan, gue mengutarakan niat gue itu. Awalnya gue yakin, nyokap bakalan kagum, bakalan bangga ama gue. Dan ehem, gue juga udah gak sabar dapet puja-puji dari nyokap gue. Tapi ternyata reaksinya gak seperti yang gue bayangkan.

"Mama lebih suka kalau semua pendapatan kamu, dijadiin persembahan sulung untuk Gereja. Kalau soal beras, roti, mainan Mama yakin suatu saat kamu bisa beli lagi. "

"Tapi Ma?" rengek gue seolah gue gak percaya niat baik gue buat beli beras dan roti ditolak oleh nyokap.

Persembahan sulung adalah persembahan ketika kamu mendapatkan gaji/penghasilan pertama dan harus disumbangkan semua ke Gereja

Berdebat dengan orang tua menurut gue adalah hal yang percuma. Seperti LOGIKA Vs IMAN, tidak akan pernah klop dan saat itu gue lebih menonjolkan logika. Contohnya, buat orang yang menonjolkan logika, ketika kamu mengalami kegagalan, pasti kita akan menyalahkan diri sendiri atau malah orang di sekitar kita sedangkan buat orang beriman, mereka pasti beranggapan "Waktu Tuhan buat waktu kita, rejeki sudah diatur oleh Tuhan". Gak akan pernah klop

Saat itu gue sama sekali gak peduli kata nyokap. Gue lebih menonjolkan ego diri sendiri. Sampai  akhirnya, gua dateng ke salah satu toko mainan dan YES mainan inceran gue masih ada. Gue angkat, gue bolak balik dan sesekali gue lepas dari boxnya. Sumpah, keren abis. Apalagi gue udah sengaja ngosongin space di atas lemari buat nyimpen ini si Batman.

95% gue pasti beli. Setelah beli ini gue bakal kebawah dan beli roti abon buat mama, papa, dan kakak. Gue udah ngebayangin, kita serumah bakalan makan roti abon, cerita-cerita, sambil ketawa lepas. Tapi omongan nyokap setidaknya bikin gue jadi mikir.
Setelah gue beli ini semua, apa gue bakal bahagia seterusnya? Apa setelah gue beli ini maenan, gue bakal puas dengan satu batman? Apa ada jaminan gue bakal bahagia setelah gue punya ini Batman?

Pertanyaan-pertanyaan itu buat keinginan besar gue buat beli ini batman jadi jauh berkurang. Gue simpen si Batman di rak semula dan beranjak pulang. Mungkin bener, lebih baik ini uang dijadiin persembahan kasih sesuai kata nyokap.

Akhirnya gue bener-bener jadiin itu uang sebagai persembahan kasih, sesaat gue ngasih gue liat nyokap nampak sangat bangga. Matanya agak berkaca-kaca dan gue yakin saat itu dia bener-bener ngerasa bahagia.

"Suatu saat kamu pasti bisa beli apa yang kamu mau. Berkat buat kamu gak akan pernah kekurangan, kamu selalu dicukupkan, percaya ya ama Mama. Belajar memberi dalam keterbatasan" kata Nyokap sepulang dari Gereja

Mungkin ada benarnya perkataan Nyokap. Sampai detik ini gue, keluarga gue selalu dicukupkan. Berkat, rejeki selalu datang darimana aja. Gue akhirnya bisa beli action figure yang gue mau, gue akhirnya bisa beli beras tiap bulan buat nyokap.

Orang boleh nganggap kamu rendah, kamu gak akan berhasil, kamu dibanding-bandingkan ama orang lain tapi percayalah kehidupan ini kamu yang menjalani. Bahagia itu datangnya dari kamu sendiri bukan?

Hidup itu selalu berputar dan raihlah kebahagiaan itu. Karena kebahagiaan itu sebenarnya sederhana :)

Di malam setelah gue memberikan persembahan kasih itu, jujur gue ngerasa bahagia. Biarpun saat itu gue gak jadi beli batman, gue gak bisa makan roti abon bersama keluarga tapi jujur gue ngerasa bahagia. Apalagi waktu inget muka Nyokap gue yang keliatannya bahagia banget karena gue nurut perkataan dia.

Sambil merebahkan badan gue ke sofa, gue pejamkan mata sebentar dan mungkin saat itu gue baru tau apa arti kebahagiaan yang sebenarnya :)

Tidak ada komentar: