Senin, 18 Maret 2013

Verhalen Vandaag

Hallo hoe gaat het? Moge je altijd in de dag uw gezondheid

Ada yang tau artinya? Yang tau comment disini, yang jawabannya bener bakalan dapet hadiah. Foto eksklusife gue (iya gue) yang lagi berendam air panas, hihihi

Gimana kabarnya sob? Sehat-sehat? Lancar-lancar? Kalau gue puji Tuhan sehat biar sekarang jauh dari rumah. Yup, sudah beberapa hari ini gue lagi menikmati tinggal di kota baru. Bukan buat liburan sih tapi buat kerja (baca: cari makan). Yang paling gue gak suka kalau lagi pergi jauh itu perasaan homesick. Kangen rumah, kangen kamar, kangen ortu, kangen tukang kue putu yang biasa lewat di depan rumah, kangen suara bocah-bocah piyik di depan rumah yang maen petak umpet, kangen doger monyet di depan rumah, pokoknya kangen semua.

Jauh dari ortu berarti lu harus bisa melakukan segalanya sendiri. Biar gue tinggal di hotel juga mau gak mau memaksa gue mandiri. Salah satunya, kucek-kucek kaos ama celana dalem, gue belum bisa ngebayang kalau benda private gue itu dikucek ama orang lain. Brrrrrrrr, geli ngebayanginnya.

Selain nyuci sendiri, setrika adalah pekerjaan yang harus gue lakuin. Kadang gue kagum kalau ngeliat nyokap lagi setrikain baju gue, baju kakak, baju bokap. Formulanya gampang, semprot pake air dan pengharum, gesek-gesek pake setrika, lipat dan beres. Ngeliatnya kayak yang gampang banget. Sebelum pergi juga, nyokap juga udah wanti-wanti "bagian ketiak ama kerah yang penting buat disetrika"

Kalau nyokap gue paling 2 menit buat 1 baju, gue ngehabisin 15 menit buat 1 baju. Susahnya rek, gak ngebayang. Nyemprotnya gampang, gesekkinnya gampang tapi gue bolak balik perasaan gak pernah rapih dan kusut terus. Untuk soal ini gue kagum deh buat para wanita.

Banyak hal baru yang gue dapet darisini. Kebetulan banget gue punya temen disini, kenalnya sudah cukup lama. Dari basa basi, lama-lama gue jadi temenan ama dia dan yang gue tau dia adalah manajer di salah satu mini market merangkap cafetaria disini. Sore sebelum balik ke hotel dan setelah kerjaan beres semua, gue menyempatkan dateng ke mini market itu. Gue janjian mau ketemu dia buat ngobrol-ngobrol asyik.

Karena sudah jam 6 dan itu adalah waktu buat gue makan, gue beli pop mie dan green tea favorit gue. Waktu lagi asyik-asyiknya nyantap pop mie rasa bakso, tiba-tiba ada bule yang nyamperin gue dan ngomong

"Are you guy?"

Wait-wait, ini guy yang dimaksud apaan nih? Kalau maksud dia, gue itu temennya yang nama depannya Guy (etc Guy Ritchie, Guy Sebastian), gue bakalan sangat berterima kasih karena dia ngira gue bule.

Tapi?

Kalau guy yang dia maksud yang "itu", pengen banget gue lempar ini kuah pop mie rasa bakso ke muka dia karena sudah meragukan orientasi seksual gue
.
Dan sialnya "Guy" yang dia maksud adalah Guy yang "itu" setelah dia kasih kode tangan ke gue. Demi apaan gue dikira Gay! Sambil ngasih kode tangan yang ngejelasin kalau gue bukan Gay, gue minta dia hengkang dari kursi gue. Mending kalau ngomongnya bisik-bisik tapi ini bule emang edan. Ngomongnya itu loh, udah keras, lantang, dan gue yakin orang-orang yang duduk di meja sebelah gue pasti denger!

Lebih gilanya, bukan 1 orang yang nanya hal yang sama. Gak lama setelah bule edan itu, dateng lagi 1 orang bule, meski dia gak nanya tapi dari gerakkan tangannya yang binal itu, dia ngira gue gay dan dia minta gue dateng ke kursi dia!

Njir, gue nepok-nepok pipi dan mulai bertanya "Emang gue mirip gay ya?" terus gue raba-raba punggung siapa tau ada orang jahil yang nempelin kertas tulisannya "Hello Saya Gay yang sedang kesepian. Temenin aku dong"

Tapi gak ada. Apa karena gue lagi melihara janggut terus gue disangka gay? Apa ada korelasinya antara janggut dengan gay? Kalau ada gue cukur deh ampe botak ini janggut. Belakangan gue baru tau banget, ternyata ini mini market tiap malam dipake kumpul buat para komunitas ini. Kalau lu datang dan duduk sendiri berarti lu lagi nyari temen kencan!

Gue ambil topi dan pake kaca mata hitam gue kalau perlu gue tutupin muka pake koran. Gak apa-apa deh disangkat tukang urut. Gue takut aja ada liputan investigasi soal "Kaum Urban Gay" dan dengan polosnya muka gue kerekam lagi duduk sambil makan pop mie. Ngebayang kalau nyokap gue gak sengaja nonton terus ngeliat gue lagi nongkrong di tempat ini, yakin deh gue gak akan dianggap anak lagi.

Gak berapa lama datang security ke meja gue, dia nanya "Dengan bapak Stefanus?" . Aduh ada apaan lagi ini, tadi gay sekarang security yang ngehampirin gue. Perasaan gak pernah beres deh yang ngedatengin gue dari tadi. Masak iya gara-gara gue ambil sedotan 2 terus ditangkep -_-

"Tadi saya dapat telpon dari Bapak Alex (Alex itu temen gue), dia katanya gak bisa kesini karena ada meeting. Bapak disuruh ketemu ama supervisor disini ya."

Gak berapa lama gue masuk ke dalam mini market dan ketemu supervisor-nya. Orangnya mendadak jadi ramah dan dia bilang ke gue "Pak Stefanus, silahkan ambil yang bapak mau disini. Tadi Pak Alex nelpon saya nyuruh Pak Stefanus ambil yang bapak mau"

Emang selalu ada pelangi setelah hujan. Setelah dikira gay, sekarang gue mendadak jadi bos mini market. Kalau gue gak bisa nahan kalap, kayaknya gue udah bakalan nunjuk ini itu. Nunjuk freezer isinya chicken nugget, nunjuk es cream magnum 1 freezer, nunjuk beras, gula, minyak, rinso, shampo, sabun, dll

Tapi karena gua sadar diri dan harus tetep menunjukkan diri sebagai pribad yang cool, berwibawa, dan temen deket si Alex, sebisa mungkin gue nahan diri.

Hm, seolah-olah kurang antusias, gue nanya "Hm, apa yang recomended disini ya mas?"

Gak berapa lama dia nunjukkin paket nasi katsu keju yang lagi booming disini. Dengan cool gue bilang "Ya udah itu boleh deh satu". Tapi gak tau gue gak bisa ngehapus muka asli gue yang doyan, dia langsung mancing "Kenapa cuma satu? Gak dua aja nih Pak? Buat ntar malam?"

Dan Yes, gue berhasil kepancing. Aslinya gue malu banget udah cool minta satu dong, tapi gara-gara gue digoda akhirnya gue luluh dan bilang sambil bisik-bisik "Ya, gak apa-apa deh dua kalau mas maksa"

Setelah paket nasi ini, dia lalu merekomendasikan paket combo burger, seperti tadi, gue dibawain dua paket. Paket nasi sudah, burger sudah, Chiki Taro favorit gue juga udah masuk. Apa yang kurang ya?

"Gak mau nyobain Kopi luwaknya Pak? Atau hot chocolate nya sekalian?" Sebenernya ya mas supervisor tanpa lu tawarin juga gue mah mau banget tapi karena gua gak enak ama si Alex temen gue itu, gue tahan-tahan aja.

Setelah semua dimasukkan ke dalam kresek oleh si mas, gue jadi mikir. Kapan lagi coba gue minum kopi luwak coba? Biar gue gak doyan-doyan banget ama kopi tapi seriusan gue penasaran banget ama kopi luwak. Sekali-kalinya gue minum kopi luwak ya cuma white coffe itu yang di iklan yang harganya seceng di warung.

Kalau minta lagi gue bakalan malu tapi kalau gak, gue udah terlanjur penasaran ama kopi yang katanya termahal di dunia itu. Ah, cobain pancing aja si mas supervisornya "Mas, itu kopi luwaknya asli atau campuran?"

Cakep bener omongan gue. Padahal gue juga gak tau gue nanya apaan, emang ada ya kopi luwak yang campuran?

"Asli Pak. Cobain dong pak kalau penasaran" Aha, yes. Masuk perangkap lu! Permainan kata-kata gue emang briliant

"Hm boleh deh. Sekalian ama hot chocolate nya ya, saya jadi penasaran". Sudahlah, sudah terlanjur malu yang penting gue besok-besok gak akan kesini lagi,

Dateng gak bawa apa-apa, pulangnya bawa kantong kresek penuh makanan. Ya, lumayan deh buat menu buka puasa. Setelah telpon Alex dan mengucapkan terima kasih, gue beranjak pulang menuju hotel tempat gue menginap.

Tapi jujur ya, kalau dipikir-pikir. Biarpun gue sekarang tidur di kamar hotel berbintang dengan kasur yang empuk dan mahal tapi tetep gue kangen ama sofa tempat gue tidur. Selama gue tidur di hotel, gue yang biasanya gampang tidur entah kenapa susah banget buat tidur. Entah karena AC-nya yang terlalu dingin atau karena apa. Biar tiap pagi sarapan gue ala bule semisal sandwich, omelete tapi tetep gue kangen masakkan nyokap. Gue juga kangen dengan kebiasaan gue di Bandung. tiap siang datang ke kantor majalah buat nyetor, ketemu banyak temen, dan kangen berbisnis dengan banyak orang.

Setiap malam tiba, biasanya gue ditelpon nyokap buat nanya kabar dan diingatkan buat rutin berdoa. Gue menghabiskan waktu malam sambil baca-baca buku. Gue lahap buku-buku Pramoedya Ananta Toer semisal Bumi Manusia, Rumah Kaca. Gue selesein baca buku karangan Road Dahl Charlie and The Chocolate Factory sampai gue ngelanjutin belajar bahasa Belanda yang sempat tertunda lama. Skenario yang lama gue diemin akhirnya bisa gue selesein juga disini (next bakal gue publish setelah direalease dulu)

Emang yang namanya kerja itu gak enak. Selain kerjaan yang datang terus menerus tanpa henti dan terus dikejar deadline, terkadang beban pikiran dan beban perasaan malah memperburuk semuanya. Dalam artian pikiran kamu yang harusnya dipake buat kerja malah dipake buat memikirkan hal lain yang sama sekali gak ada hubungannya. Gak beres memang.

Tapi ya sudahlah, apapun itu kamu harus tetep semangat dalam menjalani hari-hari kamu. Yakinkan diri kamu dan yakini semuanya akan baik-baik saja maka semuanya pun akan berjalan dengan baik.

Btw, yg punya akun instagram, mampir ya ke akun instagram gue kalau pengen liat-liat foto gue di kota ini :)

Hoop dat je dag leuk

Tidak ada komentar: