Kamis, 06 Mei 2010

Curahan Hati Anak SD yang Hidupnya Teraniaya

Seperti kata Edge di acara WWE Smackdown yang teriak I’m Back! Gua pun ingin ngomong hal yang sama, I’m Back!

Omong-omong kemana aja si Sani anak yang budiman itu? Apakah dia terlalu sibuk nonton Ipin dan Upin sehingga jarang buat postingan baru lagi?

Jelas kagak....

Sebenarnya gua jarang nulis itu cuma kepengen munculin rasa penasaran dari hati para pembaca setia blog gua. Gua sih pengennya mereka penasaran terus nangis-nangis di kamar sambil berdoa biar gua nulis lagi...

Atau kalau gak nangis sambil jerit-jeritan di depan rumah gua sambil teriak “We Want Sani! We Want Sani!”

Ternyata eh ternyata ditungguin sampe 3 minggu gak ada yang ngelakuin hal itu. Adanya tukang mie ayam yang teriak-teriak di depan rumah gua, minta mangkoknya balik....

Ha...ha.....

Omong-omong soal judul, pasti heran ya liat judul postingan ini yang menggelitik...tik...tik...tik.....

Sebenarnya judul itu lebih menitik beratkan perasaan gua yang keki sewaktu SD karena merasa teraniaya oleh Guru tercinta...

Pas gua lagi main-main, ditegor ama Bu Guru karena dianggap gak bisa serius. Pas gua udah mulai (sedikit) serius tetep ditegor karena masih nganggap gua gak bisa serius... Uh...

Tangan pun sudah mulai gatal untuk melempar pot tanaman kaktus di depan rumah ke muka orang-orang seperti itu....

Ha..ha..

Salah satu hal yang paling bikin gua sebel dan paling gua inget tuh waktu gua masih duduk di bangku SD. Tepatnya kelas 4 dan wali kelas gua itu yang kebetulan cewek, uh galaknya minta ampun...

Biasanya pas di awal bulan, tempramen dia sudah mulai memuncak. Hal sekecil apapun pasti dipermasalahin. Dan satu hal yang paling nikin gua takut dari dia adalah pas dia ngajar matematika.

Secara ilmu matematika gua yang kurang mencukupi, gua selalu takut kalau dia udah nyuruh anak ke depan buat ngerjain tugas PR.

Biasanya PR matematika gua yang ngerjain adalah bokap gua. Caranya simple aja, tinggal taruh buku PR di meja, tulis pesan di kertas. Gak usah panjang-panjang, cukup gini:

“Pa, Besok aku ada PR matematika. Kalau gak dikerjain nanti dihukum. Tolong kerjain yang halaman 34 Bab 2 ama halaman 38 bab 3. Jangan jawabannya aja, tulis juga caranya. Nanti aku salin di Buku PR aku.”

Bapak mana yang tega ngeliat anaknya dihukum? Sambil ngedumel pastilah dikerjain. Dan gua tinggal bangun jam 5 subuh, gua salin tuh PR yang sudah dikerjain ama bokap sambil nonton kartun Tom and Jerry.

Tapi masalahnya simple aja. Guru bakal heran, rumus yang dipake kok beda ama rumus yang diajarin di sekolah. Apa dia keturunan Einstein jadi punya kemampuan plus-plus seperti ini.

Pernah sekali gua ditanyain ama guru (waktu kelas 2 SD) yang takjub ngeliat PR matematika gua yang selesai tapi dengan rumus yang 100% beda dengan apa yang diajarin guru.

“Coba Sani kamu terangin ke teman-teman kenapa kamu bisa dapet angka segitu!” perintah Bu Guru sambil natap sinis ke gua.

Glek, gua cuma bisa nahan ludah... Gua berdoa semoga hujan turun dan berharap si Ibu Guru lupa kalau dia masih nyimpen jemuran di rumahnya terus langsung pulang ke rumahnya buat ngangkat jemuran...... Pemikiran yang sebenarnya sungguh sangat terbelakang... Ha..ha...

“Gini Bu, jadi 3x4 kan 12 terus dikali udah gitu dibagi ama angka ini” jawab gua dengan nada bicara yang sengaja dicepet-cepetin.

“Kamu itu ngomong apa?” tanya si Bu Guru sambil pasang muka nyesel udah nyuruh gua ngejelasin.

Ha...Ha..

Setelah PR itu berhasil disalin dengan baik dan benar, gua berangkat ke sekolah dengan gaya yang optimis. Gua yakin 100% Bu Guru bakal takjub ngeliat kemampuan gua dalam mengerjakan soal matematika. Walau sebenarnya yang ngerjain tuh bokap gua. Ha...ha....

Pelajaran pertama adalah matematika, dan ketika PR diperiksa gua berhasil lolos dari hukuman karena sudah ngerjain.

Tapi masalah belum berakhir disitu karena ‘ujian’ sebenarnya baru dimulai sekarang. Satu per satu siswa dipanggil buat ngerjain tugasnya di depan. Eits bukan hanya ngerjain tapi HARUS disertai dengan penjelasan.

Mampus ini. Oh langit, tolonglah serap saya sekarang juga dari musibah ini. Gua berusaha menyembunyikan muka gua dari pandangan guru. Kebetulan di depan gua, ada cewek berambut panjang yang badannya sebesar babon. Ukuran badannya yang gede itu cukup membantu gua untuk menutupi pandangan si Bu Guru.

Tiap si cewek nyerong ke kanan, gua ngikut ke kanan, tiap dia nyerong ke kiri, gua ngikut ke kiri, dia nunduk, gua pura-pura jatuhin penghapus ke lantai. Trik cantik ini lumayan berhasil gua lakuin sekitar 30 menitan.

Di depan, temen gua dibentak-bentak karena gak bisa ngerjain. Gua yakin ditoel sedikit aja doi pasti langsung nangis termehek-mehek.

Udah disuruh ngerjain, disuruh ngejelasin pula. Saat itu gua lebih milih ngeliat dedemit di WC sekolah dibanding harus maju ke depan....

Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Setelah temen gua itu disuruh duduk sambil terus dimarah-marahin. Si Bu Guru menggil sebuah nama yang awalnya asing tapi setelah dipahami tidak lagi asing.

“Ya Stefanie tolong maju ke depan! Kerjain nomor 4!”

Ha, Stefanie? Perasaan di kelas gak ada yang namanya Stefanie. Teman-teman sekelas pun heran nyari yang namanya Stefanie”

Siapa sih dia itu?

Ternyata eh ternyata, Stefanie itu ya gua. Stefanie itu singkatan dari Stefanus Sani.

Anjrit si Ibu Guru, udah nyuruh gua ke depan eh ngubah-ngubah nama-nama segala.

“Maksud Ibu Stefanie itu si Sani. Mana kamu Sani? Ngumpet aja dari tadi. Coba kerjain nomor 4 tapi bawa buku cetaknya aja gak usah bawa buku PRnya” bentak si Ibu sambil diselingi lelucon soal nama Sani itu yang menurut gua sama sekali gak lucu.

Mampus gua. Udah disuruh ke depan, gak boleh pula bawa buku PRnya. Ketika gua mau beranjak dari bangku, sungguh pantat ini terasa berat sekali. Seolah ada magnet yang menarik pantat gua agar tetap duduk di kursi. Gua berjalan dengan langkah gontai ditambah dengan cucuran keringat yang begitu deras mirip cucuran keringat Ibu-Ibu ketika lagi ngeden buat ngelahirin.

Gua berjalan ngambil kapur, sedikit di-slow motion biar waktu terus berjalan dan berharap bel istirahat cepat berbunyi.

5 menit, 10 menit, 15 menit berlalu...

Gua cuma bisa cengengesan di depan karena gua gak tau harus ngerjain apa. Sudah berasa mirip badut Ancol dengan buntelan karung di perut yang lagi nawarin balon warna-warni ke anak-anak. Sesekali gua tengak-tengok ke belakang sambil berharap ada temen yang mau ngasih tau.


Di papan cuman tertulis, diketahui dan ditanya dengan jawaban yang masih dikosongkan....
Si Ibu Guru nampaknya sudah mulai tidak sabar nungguin si badut a.k.a gua buat ngerjain tuh soal di depan.

“Jadi kamu sama sekali gak bisa?” hardik si Bu Guru

Dia mulai ngomel-ngomel gak karuan. Kayaknya dia ada masalah di rumah tangganya dan seolah melampiaskan semuanya ke gua. Mungkin aja suaminya ngasih uang belanjaan yang kurang.

“Angga, sini kamu” panggil si Ibu Guru ke ketua kelas gua.

“Coba kamu ke kelas 5 cari yang namanya Dyota terus bawa dia kesini”

Gua masih bengong, Dyota itu kan kakak gua. Lah dia suruh ngapain? Semuanya masih terasa absurd, gua masih berlagak mikir sambil pura-pura nulis di papan.

5 menit kemudian, datanglah si Angga. Dia tidak sendiri karena datang bersama si Dyota, kakak gua.

Muka si Dyota menunjukkan tingkat keheranan yang luar biasa, ngapain dia dipanggil ke kelas 4?

“Dyota, lihat ini adik kamu. Gini aja gak bisa ngerjain. Kamu ini sebagai kakak gimana sih? Gak pernah ngajarin Adik ya? Coba sini kamu kerjain tuh soal, kalau gak bisa juga kamu mendingan turun kelas ke kelas 4” si Bu Guru nyrocos mirip agen panci yang lagi nawarin panci.

Saat itu, gua seolah jadi anak paling idiot di dunia. Lebih idiot daripada anak-anak SLB. Semua teman gua yang duduk cengar-cengir ngeliat duo kakak adik ini di depan.

Untung si Dyota pinter. Dengan sedikit mikir dia bisa nyelesain tuh soal dengan baik. Ya Allah ternyata cuma gini doang toh caranya. Gua baru sadar ternyata nih soal gampang banget. Segampang kita masukkin kecap ke dalam mie ayam.

Gua cuma nyengar-nyengir sambil bersyukur udah ditolongin. Coba kalau si Dyota juga gak bisa ngerjain, gua dan dia bakal nampak seperti duo teletubbies yang lagi bingung nyari otoped di jalan.

Entah muka gua harus diumpetin kemana, karena (saat itu) urat malu gua sungguh tipis setipis genteng bocor....

5 tahun berlalu sejak kejadian (super) memalukan itu, gua sengaja mampir ke SD. Rencananya mau pinjem WC karena gua lagi kebelet. Eh, ketemu lagi ama Bu Guru ‘tercinta’ itu. Gua cuma cengar-cengir gak karuan dan dia nyapa gua ‘Stefanie, sekolah dimana sekarang?’

Oh, Da*n!