Minggu, 28 Februari 2016

Lidah Tak Berasa

Salah seorang temen gue pernah ngomong gini ke gue "San, gue percaya kalau semua hal itu ada sirklusnya. Sekarang mungkin lu lagi bosen melakukan sesuatu tetapi suatu saat nanti lu bakal kembali lagi melakukan hal yang pernah lu lakuin dulu"

Hmmm, bener juga sih apa yang dia omongin. Belakangan ini gue lagi demen banget nulis buat banyak hal padahal hampir 2 tahun belakangan ini gue sudah vakum menulis (kecuali nulis di blog). Salah satu alasan gue vakum adalah gue sempat merasa jenuh dan ingin mencoba hal yang baru.

Orientasi gue dulu saat menulis adalah ngincer hadiah atau honor kalau sekarang sedikit berbeda sih. Gue gak terlalu ngincer hadiahnya tetapi lebih ke arah presitise aja.

Dan bersyukurnya, sentuhan gue belum hilang. Hari Minggu kemaren gue ditelpon karena tulisan gue soal Perbankan masuk 20 besar dan meskipun gak sampai juara tapi gue tetep bersyukur. Artinya sentuhan gue masih ada dan bersyukur dapet hadiah duit yang bisa dipake buat beli figure Dragon Ball. Xixixixixi

Ngomong-ngomong soal nulis, belum lama ini gue ditawari buat jadi food blogger. Food blooger adalah blogger yang mengandalkan materi blognya pada hal di seputar makanan atau kuliner. Kamu bakalan dibayar/diendorse buat review makanan dari tempat yang direkomendasikan.

Menarik gak? Coba kamu bayangkan, kamu yang hobby makan dibayarin buat makan dan kamu tinggal kasih review tentang makanan tersebut. Sepertinya menarik bukan? Kalau kata temen gue ini adalah kesempatan bagus yang gak akan datang 2x.

Awalnya gue tertarik buat mencoba tapi setelah lama berpikir dan tanya sana-sini akhirnya gue mengambil kesimpulan kalau gue gak akan mengambil kesempatan itu. 

Why? Karena gue sadar diri. Sadar diri karena lidah gue gak sedetil yang lain. Gue ngerasanya gini, kalau gue lagi makan selama itu masakkan berasa ya buat gue enak-enak aja.

Ada temen gue di Bandung yang lidahnya kata gue bagus. Setiap lagi makan ama gue dia pasti komentarin soal makanan yang habis dimakan. 

"Sausnya kata gue masih kurang enak. Perpaduan bumbu kurang menyatu jadinya agak tawar di lidah gue. Terus soal tempura, kata gue bakalan lebih enak lagi kalau digorengnya pake minyak Samin. Gimana kata lu San?

"Iya, iya bener. Menurut gue lebih renyah kalau digorengnya pake Minyak Samin. Lebih kerasa gurih" kata gue ngebacot.

MINYAK SAMIN yang kayak gimana aja gue gak tau. Satu-satunya minyak yang gue tau itu minyak curah yang dijual di warung-warung dan begonya, pas pertama kali ngedenger soal minyak samin yang ada dipikiran gue malah minyak buat pijet -_-

Satu kejadian yang bener-bener meyakinkan gue kalau lidah gue emang gak detil dalam menilai makanan adalah ketika salah satu temen gue kedatangan temennya yang dari Warsawa. Kata temen gue si Warsawa (kita panggil aja dia dengan nama Warsawa) ini pernah kerja jadi Chief tapi gak berlanjut.

"Dia lagi pengen makan steak nih. Kata lu steak di Bandung yang authentic dan enak dimana ya?" tanya dia.

"Di L* M**** aja" gue rekomendasiin nama restoran yang kata gue steaknya enak dan banyak dapet review positif dari orang yang yang pernah makan disana.

Besoknya kita chatt di WA dan temen gue itu bilang kalau si Warsawa gak doyan makan disana. Belum 2 gigitan aja udah gak mau dimakan lagi terus dengan kejinya si Warsawa ngomong kalau steak di tempat itu like a sh*t. Dia juga protes soal tingkat kematangan, penyajian hingga rasa saus.

Gile bener. Steak yang enak dan mahal gitu disamain ama FESES. Kalau yang enak gitu aja disamain ama FESES gimana coba kalau gue ajak dia makan steak tepung di W*****G *****. Jangan-jangan disamain ama kencing kuda kali -_-

Btw, ngomongin soal makan enak. Temen gue yang lain, baru buka tempat makan murah dan enak di Bandung loh. Doi bikin stand di Warung Ciendog Jln Veteran dan menu yang dijual ada Okonomiyaki, Dorayaki, dll.

Kemarin gue udah kesana dan hmmm rasanya enak. Kombinasi antara saus teriyaki dan mayonaise di atas hidangan Okonomiyaki berpadu dalam gurihnya dashi terasa meleleh di lidah dan menghadirkan sensasi sendiri ke penikmatnya *uhuk*

Oh ya kalau nanti kesana bilang aja temennya Stefanus ya, siapa tau ntar dapet malu eh dapet service lebih. Siapa tau pas kamu beli dorayaki, coklatnya dibanyakkin atau siapa tau pas jajan takoyaki, dagingnya dibanyakkin. 

GGC (Ganteng Ganteng Cantik)
Semoga jualannya laris terus ya Sam, jangan lupa juga buat mampir yes :D

Senin, 01 Februari 2016

Kick Sani

Pernah nonton acara Kick Andy yang tayang di Metro TV? Itu loh acara yang biasanya mengundang sepasang suami istri yang sedang berkonflik lalu konflik mereka disiarkan di siaran televisi biar seluruh masyarakat tahu?

Eh...sorry salah. Itu mah acara gak bermutu Rumah Uya.

Kick Andy adalah acara talk show yang dipandu oleh Andy F. Noya yang sering mengangkat tema-tema human interest yang mampu menginspirasi banyak orang. Acara ini sudah sering mendapat banyak penghargaan karena inspiratif dan mendidik.

Awal tahun ini, gue dapet undangan buat nonton langsung Kick Andy di Studio Metro TV. Undangan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja karena gue penasaran dengan cara kerja crew + suasana saat Kick Andy taping.

Meskipun jujur dan minta maaf banget ke Om Andy kalau gue gak pernah nonton Kick Andy karena gue lebih demen nonton sinetron Anak Jalanan di RCTI eh sebenarnya karena gue emang jarang nonton TV.

Di undangan tertulis taping dilaksanakan pada tanggal 6 January dan baru akan tayang tanggal 29 January 2016. Masalah pertama muncul saat gue gak tau dimana lokasi Studio Metro TV.

Gue cuma tau lokasinya ada di Kedoya dan Kedoya itu luas banget. Biar pun gue sering di Jakarta tapi pengetahuan jalan gue gak pernah bertambah karena cuma kesitu-situ aja.

Setelah tanya-tanya ke tukang baso dan ketoprak akhirnya kita (berdua bareng temen gue juga yang diundang) bisa nyampe juga ke studio Metro TV. Habis registrasi untuk cek undangan, kita dikasih makan dulu sebelum memasuki Grand Studio tempat taping Kick Andy.

Dari banyak studio di Metro TV, taping Kick Andy diadakan di Grand Studio yang merupakan studio terbesar di Metro TV. Kalau gue bandingin dengan Studio Kompas TV yang pernah gue kunjungi, Grand Studio Metro TV memang terlihat lebih besar.

Gue dan teman kebagian di posisi depan dan sebelum acara dimulai, kita diberi pengarahan oleh Floor Manager (FL) tentang tata cara, aturan yang harus diikuti saat taping, aba-aba kapan kita harus bertepuk tangan.

Satu yang paling sulit buat gue pribadi adalah bagaimana caranya selama 2 jam itu, gue bisa duduk manis, tidak gelisah dan tetap cool saat kesorot kamera.

Orang yang kenal dekat dengan gue pasti tau banget kalau gue orangnya susah buat diem. Setengah jam aja susah ini malah harus 2 jam.

Tapi demi kelangsungan acara ini gue harus bertahan. Gue pernah diceritain ama temen gue yang jadi penonton di Dahsy*t. Gara-gara dia kaku dan gak ikut goyang 'cuci piring' saat bintang tamu nyanyi pas lagi break iklan Floor Manager Dahsy*t ngomong gini "Mas yang duduknya disitu (sambil nunjuk temen gue) duduknya pindah aja ya ke kursi belakang."

Usut punya usut ternyata dia (katanya) gak terlihat bagus di kamera TV gara-gara kaku.

Dan gue ngebayang kalau gue gak bisa tenang dan cool terus FL Metro TV bakalan bilang gini "Itu Om yang pake baju batik coklat, sekarang keluar aja ya. Anda tidak terlihat kece di kamera" 

Mampus

Sebelum taping dimulai, kita dihibur terlebih dahulu dengan home band yang menyanyikan lagu-lagu hits baik lokal maupun mancanegara. Setelah dua lagu dari Band The Script dinyanyikan, vokalis cewek yang cantik jelita bertanya kepada para penonton "Ada yang mau request lagu gak?"

Gak disangka-sangka, Om-om di sebelah gue ngomong gini kenceng banget "Request lagu Goyang Dumang" dan didenger oleh si Vokalis dan seluruh penonton yang hadir.

Dan luar biasanya si vokalis langsung meluruskan permintaan tersebut dan mulai bernyanyi lagu Goyang Dumang. Gilak, drastis sekali ini. Beneran deh

Dari awalnya gue denger lirik "Yeah, You could be the greatest....You can be the king kong banging on your chest" berubah menjadi "Ayo goyang dumang biar hati senang pikiranpun tenang galau jadi hilang"

Kerasa banget jomplangnya bro -_-

Jackpot gue di Malam itu adalah ketika si vokalis ngasih mic ke depan si Om yang request lagu Goyang Dumang itu buat nyanyi bareng (jarak duduk gue dan si Om emang deket banget dengan posisi band di pinggir panggung).

Dan dengan kejinya si Om yang gue gak tau namanya itu langsung ngoper Mic ke gue. Musik pun mengalun dan si vokalis sudah ngasih kode ke gue buat gue nyanyi reff Goyang Dumang.

Lu bayangin gue yang gak pernah lulus nyanyi dari gue SD ampe SMA sekarang suruh nyanyi bagian reff Goyang Dumang di hadapan sekitar 500 penonton yang hadir dan juga kenapa harus Goyang Dumang yang gue nyanyiin -_-

Urusan bagus atau gak gimana entar deh yang penting gue bantuin si vokalis kece itu buat nyanyi dulu.

"Ayo goyang dumang biar hati senang pikiranpun tenang galau jadi hilang"

Gak tau suara gue emang oke, si vokalis bilang "Asyik banget" sambil ngelanjutin lagu itu. Demi Apa suara gue dibilang Asyik banget sama si vokalis kece, xixixixixi.

Next,

Taping pun dimulai dan tema yang diangkat di episode itu adalah "Menulis dengan Hati" dengan bintang tamu para pelukis yang memiliki keterbatasan tetapi mampu untuk berprestasi. Tema yang bagus menurut gue.

Gue berusaha untuk cool dan terlihat keren di depan kamera tapi Om yang disamping gue yang dengan keji ngasih mic ke gue keliatan banget gak tenang. Ada kalanya kaki diangkat terus angkat tangan buat perenggangan.

Yang paling sok iye adalah ketika seorang bintang tamu yang (maaf) gak memiliki tangan tapi tetap bersemangat buat melukis. Si Om langsung colek gue terus ngomong gini "Kita sebagai manusia yang masih diberi kesempurnaan oleh Tuhan, harus selalu bersyukur dan mencontoh Bapak itu"

IYA GUE JUGA TAU KALI OM KALAU HIDUP ITU HARUS SELALU BERSYUKUR!!!

Overall, acara berlangsung lancar. Total 2 jam lamanya gue harus duduk membeku dan bersikap cool biar keliatan keren pas kesorot kamera. 

Dan sebelum pulang (berkat bantuan kenalan), gue kebagian foto bareng Om Andy F. Noya dan pas salaman wihhh kerasa bener deh kharisma orang hebat. Gue sempet ngobrol sebentar, ngomongin buku Andy F. Noya yang baru gue baca (walaupun gue bacanya ampe tamat di Gramedia).

Sebelum pulang, gue bilang gini "Sukses terus ya Om Andy" terus dijawab "Iya, sama-sama. Terima kasih sudah datang"

Ah, terlepas dari gue suruh nyanyi Goyang Dumang dan mendapat gangguan dari si Om yang duduk di sebelah gue, malam itu benar-benar menyenangkan deh.....

Undang-undang lagi ya Om :D