Senin, 04 April 2011

Lost In Jakarta

Jakarta? Kalau ditanyain kapan terakhir gua kesana, kalau gak salah gua terakhir ke Ibu Kota Negara kita ini itu tahun 2001. Saat itu baru kelulusan SD dan sebagai hadiah dari bokap karena gua lulus dengan nilai yang (lumayan) baik, gua diijinkan menginap di rumah saudara selama 1 minggu. Saat itu, selama 1 minggu gua tinggal disana, gak ada sesuatu yang terlalu special, semuanya biasa aja. Saat itu yang gua tau adalah kalau lagi pengen makan McDonalds, pilih menu Paket Hemat 2 karena dapet 2 ayam dan 1 nasi plus Coca Cola ukuran large

Dan, hamper 10 tahun lamanya dari tahun 2001 itu, untuk pertama kalinya gua kembali menginjakkan kaki di Jakarta. Sebenarnya sih gak ada keperluan yang terlalu mendesak disana tapi kebetulan sekali gua dapet voucher nginap di hotel AST*n yang notabene bintang lima. Gua dapet dari kompetisi menulis yang diadain dari sebuah institusi. Selain itu gua juga dapet voucher makan pagi dan makan malam. Rasanya sayang sekali jika harus dilewatkan. Kapan lagi sih bergaya jadi orang kaya yang nginep di hotel bintang lima?

Setelah atur-atur waktu, akhirnya gua berangkat ama temen gua ke Jakarta. Sebisa mungkin, gua akan seeefektif mungkin dalam mengeluarkan duit. Pengennya sih Cuma bawa duit 75rb aja ke Jakarta tapi dibanding gua harus menggelandang disana, akhirnya gua bawa duit secukupnya.

Setelah cari Travel, akhirnya nemu Travel yang harganya lumayan bersahabat. Hanya 50rb, sungguh harga yang sangat bersahabat untuk manusia seperti saya. Tapi, memang benar apa kata pepatah. Ada uang lebih, ada kenyamanan. Dengan biaya 50rb itu yang gua dapet adalah duduk di bangku belakang dipepet ama mas-mas. Gak ada bedanya ama naek angkot yang didesek-desek. Atau gak jauh beda ama ikan lele yang dipepet di pasar.

Sempitnya…..

Mau ganti posisi kaki, gua takut nendang siku mas-mas yang duduk di sebelah gua. Akhirnya, untuk kedamaian bersama, posisi gua tetep mematung dari awal berangkat ampe sampai.

Semutan? Pastinya. Kaki gua seolah udah mati rasa gara-gara semutan.

Dan yang paling mengganggu adalah ada om-om di bangku depan yang nelpon mulu. Setiap 5 menit perasaan nelpon mulu. “Saya mau, proyek ini dipindah ke timur”, “Saya mau minta ganti gambar proyek”, bla…bla… Ngantuk gua ngedengerinnya.

Setelah hampir 3 jam, akhirnya gua sampai juga di Jakarta. Pool Travel ini ada di daerah yang namanya SARINAH. Sarinah itu dari referensi yang gua tau adalah tempat belanja terbesar di jaman dulu. Ah, kurang afdol rasanya kalau belum masuk ke toko ini. Ketika masuk, tempatnya sih gak jauh beda ama tempat-tempat belanja di Bandung. Yang beda adalah harganya yang widih MUAHAL banget. Baju batik harganya 399rb, padahal gua pernah liat baju batik yang sama harganya 79rb di deket rumah gua. Fiuh, setelah puas melihat-lihat dan ngecengin mbak-mbak yang jaga toko, kita beranjak untuk pergi ke Hotel Ast*n yang ada di daerah Ancol itu. Dan setelah tanya-tanya, untuk mencapai daerah Ancol, harus naik Busway yang haltenya kebetulan ada di depan Sarinah.


Hujan deras menyambutku begitu sampai di Jakarta

Ok, setelah beli tiket seharga 3.500 kita mulai nungguin bus bussway lewat. Sejujurnya, gua takut naek busway. Apalagi di berita-berita banyak om-om mesum yang suka mepet-mepet selagi nungguin busway. Dan entah kenapa kayak ada om-om yang ngeliatin gua terus, dan gua jadi (sedikit) parno akan keselamatan pantat gua. Huhuhuhu.

Yang gua tau tentang halte busway adalah pintu busway ternyata otomatis, bisa nutup sendiri. Mirip orang kampong yang gak ngerti, gua malah noongin kepala buat liat busway. Dan gobl*knya itu pintu langsung nutup sendiri. Sumpah tengsin berat, gua malah kecepit tuh pintu busway. Mirip kuda nil digigit buaya….

Suasana halte busway yang sepi

Bus yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Di dalam tempatnya adem dan kebetulan cukup sepi. Mungkin dikarenakan bukan jam sibuk jadi gak begitu terlihat aktivitas yang berarti. Karena sama sekali gak tau jalan, gua memberanikan diri nanya-nanya ke oma yang kebetulan duduk di sebalah gua. Orangnya baik banget, dia ngejelasin sedetail-detailnya dimana gua harus berhenti, dimana gua harus ngelanjutin perjalanan. Tapi sayangnya dia gak ngasih gua duit jajan, jadi kebaikkan si Oma masih rada kurang dikit. Hahahaha


Entah mengapa gua seperti copet yang sedang mencari mangsa

Seperti Si Bolang, saat itu gua takjub ngeliatin gedung-gedung bertingkat yang ada di kota Jakarta. Beda dikit ama Bolang yang teriak-teriak “WAH Gedungnya tinggi sekali” atau “Besar sekali gedungnya seperti gunung di kampong saya”, gua tetep bersikap cool, seolah tidak terjadi apa-apa. Walau, mau gak mau gua tetep mangap ngeliatin gedung tinggi itu.



Setelah menempuh jarak yang lumayan jauh, kita sampai di halte terakhir. Halte itu letaknya persis di belakang Hotel Ast*n itu. Ketika lagi jalan menuju hotel, ada remaja yang keliatannya dari kampung dan bawa tas nanya ke gua “Mas, kalau angkot ada dimana ya?”

Sayang sekali nak, kau bertanya ke orang yang salah. Kalau lu nanya, angkot ke Terminal Cicaheum Bandung, gua bisa jawab. Naek angkot Panghegar Dipatiukur. Sambil minta maaf karena gak tau, gua mulai jalan menuju Hotel Ast*n. Gedungnya tampak mewah dan keliatan muahal. Cek dulu, apa vouchernya dibawa gak. Mampus aja kalau gak dibawa, udah jauh-jauh gak dibawa.

20 menitan akhirnya sampai juga di Hotel yang dimaksud. Cas-cis-cus bentar ama resepsionis, ternyata voucher gua dibilang gak berlaku. Gak berlaku karena kalau mau nginep, harusnya booking dulu minimal 7 hari bukan langsung dateng aja. Mampus ini, kaki gua udah terasa remuk, di mata gua udah terbayang gua harus tidur di gorong-gorong Jakarta. Terus malamnya, gua ditangkap Satpol PP karena dituduh gembel dan akhirnya gua dimasukkin ke Panti Sosial. Hihihihihihi

Tapi setelah beradu argument, akhirnya kita tetep dikasih kamar di hotel itu. Tapi sayangnya ada sedikit degradasi, karena di voucher gua harusnya dapat Presidential Suite yang harganya 4,8 juta/malam dapetnya double suite yang harganya 2,3 juta/malam. Ah, sama sekali tak masalah. Yang penting gua bisa tidur di kursi empuk dan ber-AC sambil nonton chanel-chanel dewasa yang ada kamar itu. Hahahahaha

Tapi ada sedikit ‘masalah’. Gua baru tau kalau nginep di hotel mewah harus deposit duit sebesar 500rb. Ya elah, buat apaan coba disuruh nyimpen-nyimpen duit segala? Emang mau gua bawa kabur tuh sofa yang ada di kamar? Kata si mbak resepsionis kalau gak ada uang cas, mereka menerima kartu kredit. Kartu kredit dari mana? Kalau mau ada KTP gua tuh yang berlaku ampe tahun 2015.

Setelah ngumpulin duit akhirnya kekumpul juga duit 500rb buat deposit. Gua nengok di dompet, uang yang tersisa tinggal 16.500, kembalian dari tiket busway. Yang ada di pikiran gua saat itu adalah nyari mesin ATM buat ngambil duit. Karena gak mungkin dengan duit 16.500, gua bisa hidup di Jakarta. Mungkin dengan 16.500 itu yang bisa gua lakuin adalah beli kerak telor special betawi sebanyak 2 biji.

Setelah sampai di kamar yang dimaksud, cobaan kembali datang. Tau kan, kalau misalnya di hotel mewah, buat masuk ke dalam kamar gak make kunci tapi make kartu. Nah ini dia letaknya kesulitannya. Perasaan udah gua masukkin kartunya, kok gak kebuka pintunya? Apakah karena gua tamu gratisan jadi pintu nih kamar menolak kehadiran gua? Oh, sh*t!!!

Dan yang bikin gua malu adalah tepat di depan kamar gua, ada kamera CCTV. Mungkin operator CCTV itu lagi cekikikan ngeliatin kegoblokan gua. Anjir, malu abis.

Setelah lama mencoba, akhirnya tuh pintu kebuka juga. Ternyata caranya simple, masukkin kartu, nunggu tombol berubah jadi warna hijau dan baru deh bisa kebuka. Ternyata begitu toh caranya, ya, ya saya mengerti.

Gua tengok ke dalam kamar, wah kamarnya keren banget. Yang lebih keren, kamar gua ada balkon yang ngehadap langsung laut Ancol. Sekilas, gua bisa ngeliatin kapal-kapal yang lagi berlayar, bisa ngeliatin cewek berbikini yang lagi berjemur, sambil ngolesin minyak angin. Hahaha, kidding....



Yang pertama gua lakuin begitu masuk adalah loncat-loncat di atas kasur. Empuk banget kasurnya terus yang ada di pikiran gua adalah cari barang-barang yang bisa dibawa pulang buat kenang-kenangan, hahaha


Masih adakah ruang untukku di kota yang besar ini?

Jiwa kampung dan maling mulai muncul dalam diri Stefanus Sani, hihihihi
Ketika malam menunjukkan jam 7 malam, itulah waktu dimana buat ngisi perut. Makannya dimana? Ya di Hotel dong, bayarnya? Ya pake voucher dong, hahaha

Setelah mandi dengan air hangat dan puas nonton acara-acara dunia dari TV Kabel, gua dan temen gua beranjak pergi buat makan malam. Setelah cas-cis-cus bentar dengan penjaga restoran sambil nunjukkin voucher makan, kita dipersilahkan buat makan malam disitu.

Sekilas, dari menunya gak ada yang terlalu special, mirip menu masakan nyokap pas di rumah, tapi hey man! Ini kan restoran bintang lima, siapa tau koki-koki disini ada racikan rahasia dan bumbu rahasia. Rasa opor tahu bisa jadi steak wagyu gara-gara racikan rahasia si koki. Siapa tau kan?

Buat pembukaan, makan dulu salad. Biar keliatan elegan, berkelas, dan eksklusif. Gua mencoba memposisikan diri sebagai seorang birokrat yang sibuk. Gua ambil salad, dan milih lauk secara prasmanan. Ada bihun, daging ayam, sup jamur, dll. Rasanya sih biasa aja, mirip masakan nyokap, tapi ya namanya juga restoran dari hotel bintang lima, tentu ada rasa ‘rasa’ tersendiri.



Dan, kue-kue nikmat menjadi makanan terakhir untuk menutup hari itu….


Sebelum tidur, gua keluar bentar ke balkon yang ada di depan kamar gua. Mungkin buat sebagian orang, balkon kamar dijadiin tempat buat melepas penat atau merokok buat ngelepas stress. Buat gua pribadi, area balkon ini cocok banget buat dijadiin area jemuran kaos dalam dan celana gua yang kebetulan basah. Hahaha.

Jam 07:15 pagi,

gua terbangun dari mimpi. Biasanya kalau di rumah ketika tidur, gua sering mimpi. Tapi tumben, gua sama sekali gak mimpi. Ah, whatever.

Pagi-pagi gini asyiknya adalah berenang! Walau gak jago-jago amat tapi ah rasanya sayang sekali jika tidak berenang disini. Satu hal yang paling memalukan pas berenang adalah ketika body gua yang mulus ini harus ditunjukkan ke orang-orang dan dijadikan objek fantasi oleh mereka. Hahaha

Ternyata di pagi yang cerah ini, kolam renang masih sangat sepi. Hanya ada satu orang yang berenang. Dan yang bikin gua takjub adalah ketika dia keluar dari kolam, ukuran badannya mirip Jin Gosok di film Alladin. Besar banget, entah ini sugesti atau gak, setiap dia nyemplung ke kolam renang, rasanya 10cm air kolam hilang terserap ke badannya.

Di depan mata gua kebetulan, ada baju dia. Pengen banget gua umpetin tuh baju dan celana. Pas dia kebingungan nyari baju ama celananya, gua mau nawarin “Mas, baju ama celananya ilang ya? Kebetulan saya bawa baju ama celana lebih. Mau sewa? Ampe masuk kamar mas, 20rb saja, bisa nego kok”

Hahaha, forget it.


Maaf ya teman-teman karena tidak bisa liat body saya yang sexy dan memukau itu

Gua mulai berenang dan brrr dingin banget. Saat itu kolam begitu sepi. Seolah ini kolam disewa secara private oleh gua dan temen gua yang lain...

Sekitar sejam berenang, kita mutusin buat sarapan pagi. Sarapan menggunakan voucher tepatnya. Di area restoran, banyak turis-turis dari Negara lain. Ada dari Eropa, Malaysia, Arab, China, dll. Keliatan mereka orang sibuk dan orang penting, huhuhu.

Gua seperti Ayam Kate diantara Ayam McDonalds

Tidak usah dipeduliin karena makanan yang ada bikin gua kalap. Banyak dan enak-enak. Ada salad, roti, koko kruch, omelette, bubur ayam, Arabian Foof, dll. Minumannya juga beragam dan yang pasti bikin seger!

Makan diantara orang asing, membuat gua sedikit demi sedikit tau kebiasaan mereka. Orang Eropa khususnya Inggris tergolong orang yang kalau sarapan gak mau banyak-banyak. Kebetulan mereka duduk di samping gua dan ketika makan, mereka cuma ambil roti tawar ama butter terus udahan.

Hah? Gak salah nih?

Samping kiri gua, tampaknya yang sedang makan adalah orang dari Asia Timur sepertinya dari Dubai. Ketika gua lagi ngambil nasi kuning, dia sempet bergunam ke temennya “Yellow rice?” dengan nada heran ke temennya,

Mungkin dia baru tau kalau ada nasi berwarna kuning, yang gua perhatiin mereka hanya ambil salad dan setelah itu beranjak keluar. Cuma ngambil salad doang?

Beda banget dengan gua. Hampir semua stand, gua jelajahi. Setelah puas dengan stand yang satu, gua pindah ke stand yang lain. Setelah semua stand berhasil dijelajahi, kembali lagi ke stand awal. Berturut-turut gua ambil nasi kuning-bubur-roti panggang-omelette-salad-arabian food-western food kayak sosis, daging panggang, kentang rebus. Seperti sirklus kepompong, setelah semua dijelajahi, kembali lagi ke awal.

Entah kenapa ada orang dari ras Arab yang kayaknya ngeliatin gua terus. Tiap gua bolak-balik nambah sosis dan daging panggang, dia PASTI ngeliatian gua. Entah dia homo Arab yang naksir ama gua atau dia takjub ngeliatin gua yang makan tanpa henti.

Ketika gua sedang ngebuka daging ham dan kebetulan mau nutup wadahnya ada orang India yang ngomong sesuatu ke gua. Wah, kalau gua gak bisa ngeladenin, gua bakal nampak seperti orang bego, tapi kalau diladenin, gua takutnya bakal berkepanjangan. Dia ngomong bahasa Inggris dengan logat India dan entah kuping keganjel sosis, gua nangkepnya dia ngomong “Kuchy-kuchy Khan”

Apaan tuh? Kuchy-kuchy kan? Apa dia mau bilang kalau muka gua mirip artis India dari klan Khan? Atau dia mau ngajarin gua ilmu kamasutra yang tersoho itu? Akhirnya dibanding gua nampak seperti orang idiot, cara paling aman muncul. Jawab aja ‘yes, yes’ tanpa gua gak ngerti apa yang dia omongin. Ternyata yang dia maksud adalah dia mau ngambil sosis dan minta ke gua supaya gak nutup wadah tuh sosis. Oh begitu toh ternyata, gua kira apaan….

Setelah 3 jam sarapan dan perut sudah mulai berontak gara-gara kekenyangan, kita kembali ke kamar buat bersiap-siap check out. Kalau telat check out, bisa kena biaya 100% dari harga kamar. Duit darimana buat bayar nih kamar yang harganya 2,3 juta/malem. Eits, sebelum pulang bawa kenang-kenangan yang bisa dibawa pulang. Shampo, sabun, sikat gigi, dll sudah rapih di dalam tas. Haha. Pengen juga bawa sprei, selimut, TV, AC, meja, sofa, kursi. Tapi karena gak ada kresek yang gede akhirnya gua batalin niat jadi maling itu. Hahaha, kidding, jokes....


TV yang ingin digondol pulang

Setelah urusan check out selesai, kita keluar dari nih hotel. Begitu menginjakkan kaki keluar, hidup sebenarnya telah dimulai kembali, naek busway bentar dan kembali ke Sarinah cari travel buat pulang.

Untung kali ini duduknya gak terlalu sesak karena dapet kursi di bagian depan. Dan setelah menempuh perjalanan selama 3 jam, akhirnya gua kembali ke rumah.

Sekitar 8 jam yang lalu, gua masih tidur di hotel mewah itu, dan di menit ini gua kembali tidur di kasur yang biasa gua tempatin. Sejujurnya, gua lebih ngerasa nyaman tidur di kasur sendiri. Ah, atau mungkin itu hanya perasaan selewat saja.

Iseng-iseng gua buka E-mail dan ada E-mail dari salah satu penerbit. Gua buka E-mailnya dan isinya “Selamat untuk Stefanus Sani yang memenangi kontes menulis resensi film. Anda mendapatkan liburan gratis ke Pulau Belitong selama 3 hari 2 malam”

Tampaknya, gua akan menjadi laskar pelangi di Belitong sana, dan tiba-tiba gua ingin bernyanyi “mimpi adalah kunci, untuk kita menakhlukan dunia……..”