Kamis, 18 November 2010

Party yang 'Mahal'

Ok, belum lama ini gua baru ultah. Gak kerasa usia gua sekarang sudah 17 tahun (???????), harapan gua simple aja: Semoga gua bisa melewati masa-masa puber ini dengan hati yang riang gembira.

Percaya gak, umur gua baru 17 tahun? Hm, mungkin cuma orang gak waras yang percaya.

Salah satu ‘cobaan’ ketika kita baru merayakan ulang tahun adalah banyaknya temen yang minta ditraktir. Kalau gak ditraktir kesannya gua itu kikir kayak Paman Gober tapi kalau traktirnya banyak-banyak, tabungan gua buat beli bemo bisa jebol.

Pusing gua dibuatnya.

Ketika tanggal sudah menunjukkan tanggal 4 November, itulah tanggal dimana gua dilahirkan di dunia ini. Dengan muka berseri-seri, pipi tembem, dan pantat yang mungil gua berojol dari perut emak. Denger-denger sih waktu gua lahir, raut muka gua menyiratkan kalau gua kelak bakal jadi artis sinetron.

Ternyata oh ternyata, prediksi itu tampaknya masih (sangat) jauh dari harapan.

Tanggal 4 pagi, setelah urusan pribadi selesai, gua buka laptop. Gua baca semua ucapan-ucapan yang masuk. Gua ambil waktu sedikit buat balesin satu-satu ucapan yang masuk. Tapi sialnya semua ucapan yang masuk, ada aja sempalan kalimat yang sebenarnya gak ingin gua baca.

“San met ultah ya, bla…bla… Ditunggu voucher makan gratisnya”

“HBD ya San. Bagi-bagi dong voucher nontonnya”

“Selamat Hari Burung ya San. Punya voucher tuh ajak-ajak!”

Gimana ceritanya mereka-mereka itu bisa tau kalau gua tukang berburu voucher? Image gua sebagai cowok misterius, penyendiri bisa hancur berganti dengan image gua sebagai cowok yang modalnya cuma voucher gratisan.

Mampus. Lanjut,

Dalam transisi umur gua yang sebelumnya ke umur gua yang sekarang, banyak ‘itu-ini’ yang sudah gua raup tapi banyak pula ‘ini-itu’ yang belum gua raih.

Step By Step, gua akan selalu mengejar ‘ini itu’ yang belum gua raih itu.

Salah satu hal yang gua anggap ‘prestasi’ adalah ketika gua on-air di radio dengan 4 nama yang berbeda tetapi dengan suara satu orang.

Ceritanya gini, radio yang biasa gua denger, ngadain kompetisi menulis soal pengalaman dengan suatu produk. Sebenarnya gua gak pernah pake itu produk tapi gua tetap berimajinasi seolah-olah gua pelanggan setia tuh produk.

Tak dinyana, apa yang gua tulis ternyata menang. Kebetulan gua ngirim dengan 4 nama temen-temen gua dan ajaibnya SEMUA kepilih.

Jam 9 Pagi, masuk telpon “Hallo dengan Reinhart? Selamat cerita anda terpilih untuk on air di radio. Jangan matikan ya telponnya. Nanti saya telpon lagi”

Gua jawab (dengan suara gua): “Ok, siap mas”

Jam 12 siang masuk telpon “Hallo dengan Dela Cruz? Selamat cerita anda terpilih untuk on air di radio. Jangan matikan ya telponnya. Nanti saya telpon lagi”

Gua sedikit gugup soalnya yang nelpon gua orangnya sama. Mampus ini kalau ketauan. Gua ambil celemek dan tutupin suara gua. Walau gua gak tau ngaruh atau gak, gua jawab “Ok, siap!”

Jam 3 sore, ada (lagi) telpon yang masuk: “Hallo dengan Sani?” Selamat cerita anda terpilih untuk on air di radio. Jangan matikan ya telponnya. Nanti saya telpon lagi”

Disini, si penelpon tampaknya sudah mulai curiga. Dia nanya “Mas, yang tadi pagi saya telpon ya?”

Sambil nutup idung, gua jawab: “Ah, perasaan mas aja ah. Saya baru denger suara mas ah”

Jam 7 malem, (lagi-lagi) ada yang nelpon ke ponsel gua: ““Hallo dengan Kusnandar?” Selamat cerita anda terpilih untuk on air di radio. Jangan matikan ya telponnya. Nanti saya telpon lagi”

Sambil diserak-serakkin gua jawab dan gak beberapa lama, gua On-Air di radio buat cerita soal produk tersebut.

Tampaknya gua memang berbakat jadi pengisi suara Boneka Susan mumpung Kak Ria Enes sudah pensiun ngisi suara Susan si boneka nakal.

Pas on air, temen gua yang kebetulan denger bilang kalau suara gua cool, gak cepet-cepet, dan terbata-bata. Ah, padahal dia belum tau aja kalau gua udah hampir terkencing-kencing menjurus ngompol pas on-air. Untung aja muka gua gak keliatan.

Apa hadiahnya? Gua dapet voucher makan senilai 1 juta dari 4 nama itu (250rb/nama).

Ampe mampus tuh makan babat, gepuk. Saat itu gua tak peduli soal kolesterol dan sebagainya. Yang ada di pikiran gua adalah bagaimana caranya tuh masukkin babat 5 potong ke dalam mulut.

Hahahaha

Ok, baru-baru ini gua ngadain ultah party di salah satu hotel bintang 5. Wah, sejak kapan si Sani yang biasanya cuma makan Nasi Tutug Oncom di warteg tiba-tiba ngadain party di Hotel? Bintang 5 pula.

Sebenarnya bukan party sih lebih tepatnya disebut makan menggunakan voucher. Kebetulan gua dapat voucher makan di Hotel Bintang 5 itu. Kan lumayan tuh traktir-traktir temen menggunakan voucher? Irit dan menyenangkan (buat gua), hihi

Ok, sebelum masuk ke hotel Bintang 5 itu, gua sedikit demi sedikit belajar cara makan yang benar. Dimana letak garpu, pisau yang benar kalau habis makan, sampai belajar dimana letak kobokan air yang bener kalau abis makan.

Emang di Hotel Bintang 5 bakalan ada kobokan air? Ya buat berjaga-jaga sih. Takutnya pas disana, gua minum itu kobokan karena gua ngiranya itu sprite.

Ok, dengan menunggangi mobil teman, kita berempat menuju tuh hotel. Di mobil kita ketawa-ketawa ngakak, semua tertawa seolah hidup ini hanya untuk tertawa. Gua pun ikut tertawa tapi sebenarnya pikiran dan hati gua begitu kalut. Kalut, kalau-kalau voucher senilai 300rb ini cuma bisa dituker ama sepiring kecil bakwan jagung atau cuma seharga teh hangat tanpa gula.

Takut, udah masuk dengan gaya keren kayak jurangan minyak tanah tapi jadi keder gara-gara liat daftar menunya yang harganya bisa mencapai 1 juta cuma buat semangkok acar timun dan cengek.

Gak elite rasanya, udah masuk terus keluar lagi gara-gara kurang duitnya.

Dan endingnya kita semua makan nasi goreng di pinggir jalan. Oh, D*mn!

Gua mencoba buat menghilangkan ketakutan itu dan tetap tertawa-tawa. Ok, setelah pemeriksaan kita akhirnya masuk ke hotel tiu.

Begitu kaki melangkah masuk, hati seolah bergetar. Bergetar karena nih hotel bener-bener keliatan mahalnya. Bergetar karena takut duit yang dibawa kurang.

Ok, setelah cas-cis-cus bentar dengan mbak resepsionis dan nunjukkin voucher, kita mulai pilih tempat duduk.

Begitu menu dikasih, hati gua makin bergetar, harganya itu bung yang MUAHAL banget. Mineral water alias Aqua dihargain 25rb + pajak 30%.



Pusing cari menu termurah

Oh D*mn. Gua tetep mencoba cool dan biasa-biasa saja. Pilih menu yang pas di kantong dan jangan pilih menu yang tulisannya‘aneh-aneh’. Jujur, tulisan menunya banyak yang gua gak ngerti. Kayak baca bahasa sansekerta yang ada di artefak candi Borobudur.

Ok, pilih menu steak saja. Soalnya di gambar kayak yang enak dan gede. Hm, mamamia lezatos.

Setelah pesen steak, gua pilih satu menu yang namanya lumayan unik. Potatoes apa gitu. Di tulisannya kayak yang enak banget, hati gua pun tergoda buat icip-icip tuh menu. Uh, jadi gak sabar buat icip-icip tuh menu.

Satu fakta yang gua dapet pas makan di Hotel Bintang 5. Ternyata kalau makan di hotel mahal, gua baru tau kalau pelayannya banyak nanya.

Gua pesen sirloin steak. Gua kira setelah dicatet, semua urusan bakalan selesai, tapi? Ternyata dia banyak nanya, misal:

Digorengnya mau gimana Pak? Mau setengah matang? Matang? Agak matang?

Karena gua gak suka masakan mentah, gua jawab matang saja.

Eh, dia masih nanya lagi. Kentangnya mau yang digoreng, dikukus, atau yang ditumbuk?

Gua jawab digoreng.

Gua kira bakal selese. Eh ini orang masih nanya lagi; “Buat sausnya mau pake apa? Barbeque? Mashroom?”

Pengen gua jawab “Kumaha maneh we lah!”




Si pelayan banyak nanya


tapi gua mencoba untuk tetap cool, gua jawab Barbeque. Untung aja, saat itu gua gak nampak bego di depan dia.

20 menit kemudian, pesanan akhirnya datang. Menu pertama yang datang adalah menu potatoes yang gua pesen pertama. Gua kira bakalan 'wah' atau gimana gitu. Ternyata yang datang cuma kentang dikukus doang. What the hell? Emak gua juga bisa bikin kayak gini. Salah pesan!



Potatoes gak enak dengan harga selangit

Setelah potatoes gak enak itu datang akhirnya steak yang ditunggu-tunggu datang juga. Wow, penataannya cantik sekali. Pengen deh gua jilat-jilatin tapi gua mengurungkan niat itu, hahaha.



Maaf, saya bayarnya pake voucher

Sedikit demi sedikit, gua mulai iris tuh daging dan masukkan ke mulut secara perlahan.

Gigitan pertama, belum terasa apa-apa…..

Gigitan kedua, terasa alot,

Gigitan ketiga, perasaan udah gua kunyah-kunyah kok gak ancur-ancur nih daging. Alot banget deh perasaan. Dibanding kelamaan, akhirnya gua telen langsung tuh daging tanpa dikunyah lagi.



Rasanya aw, aw, aw

Ketika Bung Banu mulai memotong, steaknya kok masih ada merah-merahnya gitu ya? Sekilas gua kayak ngeliat daging domba yang baru disembelih kepalanya. Idih, ternyata si Bung Banu mesennya yang setengah mateng.

Ini akibat anak yang sok iye. Setau gua yang setengah mateng gitu cocoknya buat emak-emak atau ujang-ujang yang giginya ompong.

Sumpah, gua geli banget ngeliat bentuk dagingnya. Masih merah-merah gitu, brrrrrr...

Setelah selesai makan, dan semuanya pasti puas (kecuali Bung Banu dengan daging mentahnya) kita beranjak pulang. Setelah ditotal-total ternyata voucher 300rb itu masih kurang 50rb karena total semuanya 350rb.

Untung aja, gua masih bawa duit lebih. Kalau gak, kayaknya kita semua udah bakal disekap dan gak diijinin pulang.

Setelah keluar dari tuh hotel yang kita lakuin adalah....

beli MINUM di jalan, soalnya di dalam tadi kita sama sekali gak mesen minum apa-apa. Hahaha.