Kamis, 08 Oktober 2020

Patah Hati Terhebat

Beberapa hari yang lalu, seorang temen lama tetiba mengirimkan chat via WA, isinya gini "San, lagi sibuk gak?" 

Gua sudah lama banget gak ketemu dengan si Gatot. Semenjak dia lulus dari kampusnya di Jatinangor dan pulang kampung ke Bekasi, gua lumayan lama juga gak ketemu dengan dia.

Saat gua dapat pesan WA itu, posisi gua lagi di TSM, lagi beli Bakmie buat Mama. Si Gatot ternyata habis test akhir CPNS di SOR Jabar Arcamanik. Dia baru beres Test dan sebelum balik ke Bekasi, dia ngajak gua ketemuan.

"30 menitan ya Coeg. Gua beli lauk dulu buat Mama, beres dari sini gua langsung kesana"

Kurang dari 30 menit, gua sudah sampai di SOR Arcamanik. Di depan gerbang, ada pria dengan rambut cepak sedang duduk sambil memandangi HP. 

"Hey, lagi nonton video bokep ya lu" gua kagetin si Gatot.

"Kagak jir. Apa kabar San" tanya Gatot sambil tersenyum sumringah

"Puji Tuhan sehat. Yuk makan dulu. Lu pasti lapar kan habis Test. Lagi mau makan apa lu?

"Bebas sih. Di daerah sini apa yang enak?"

"Makan pecel telur mau gak lu? Ada di Antapani, gak jauh dari sini"

"Kalau bakso ada gak? Lagi pengen makan bakso"

Bakso? Tumben nih lelaki pengen makan bakso. Gua langsung mikir, Bakso apa ya yang enak di sekitaran Antapani. Berhubung gua jarang makan bakso kecuali Bakso Cuanki yang lewat depan rumah, gua jadi sedikit kebingungan ketika si Gatot ngajakin makan Yamin Bakso.

Oh ya, gua ingat. Di sekitaran Antapani ada Bakso namanya Bakso Spiderman. Gua gak tau rasanya kayak apa tapi entah kenapa Mama gua doyan banget ama ini Bakso.

Bakso Spiderman ternyata ada singkatannya, singkatannya bikin sebel. Bakso Spiderman: Bakso Sapi Dengan Racikan Mandiri. Pas pertama kali gua baca, jujur gua ngerasa sebel banget. Berasa jokes waktu SD, Sapi apa yang bisa manjat? Sapidermen.

Ah, bangsat.

...........................................................................

2 Mangkok Mie Yamin Manis dengan bakso ditambah Es Teh Tawar sudah tersedia di atas meja. Rasanya ternyata lumayan biar singkatannya nyebelin tapi rasanya ternyata lumayan enak.

Lagi asyik bercerita tetiba Gatot bercerita bahwa dia sedang mengalami 'Patah hati terhebat' dalam hidupnya. Wah, gimana, gimana ini ceritanya?

Ternyata 3 hari yang lalu, si Gatot baru putus dengan pacarnya. Hubungan mereka sudah berjalan hampir 1 tahun dan akhirnya harus kandas di ujung jalan. Kandasnya pun tragis, kalau diurutkan seperti ini.

Kamis si Gatot datang untuk melamar sambil membawa cincin sebaga bukti keseriusan dan cincin tersebut diterima.

Jumat si perempuan dan Ibunya datang ke rumah si Gatot buat mengembalikkan cincin ke si Gatot.

Sabtu si Gatot datang kembali ke rumah si perempuan untuk membahas hubungan mereka.

Minggu si perempuan akhirnya dijodohkan dengan pria lain dan si Gatot ditinggal.

4 hari yang benar-benar panjang untuk si Gatot. Sambil menikmati Bakso Sapi Dengan Racikan Mandiri ini, Gatot mulai bercerita tentang retaknya hubungan mereka dan perbedaan sifat yang sangat kentara antara keduanya.

"Gua sudah mencoba sebisa gua San buat memperbaiki hubungan kita tapi dianya yang menjauh. Tadi aja gua ngerjain Test CPNS gak fokus, masih terus kepikiran dia"

"Gua sampai di titik dimana gua gak tau lagi harus gimana. Gua juga gak bisa ngebayangin diri kedepannya gimana tanpa dia" lanjut Gatot.

Dan yang paling nyesek adalah Gatot cerita, dia sampai bersimpuh ke kaki Ibu dan Ayahnya sambil menangis karena merasa sudah tidak kuat menahan beban ini.

Gua pun pernah dalam posisi si Gatot. Kalau dia bersimpuh di Kaki, gua memeluk almarhum Ayah sambil menangis karena memang sekuat-kuatnya kita tetapi pasti ada satu titik dimana kita merasa rapuh dan kalau laki-laki sudah menangis sejadi-jadinya tandanya dia memang sudah tidak tahu harus berbuat apa lagi.

"Udah jangan balik dulu, ke rumah gua dulu. Ketemu ama Mama gua, udah lama kan gak ketemu"

........................................................................

"Wah Gatot apa kabar? Sudah lama gak kesini ya" kata Mama

"Si Gatot baru naik Haji mah. Aku nitip Ayam Labaik gak dibawain coba. Manggilnya jangan Gatot tapi Pak Haji Gatot sekarang mah"

Si Gatot emang baru naik haji tahun lalu. Keren juga nih orang, usia 29 sudah bisa naik Haji. Semenjak dulu, si Gatot yang gua tahu emang taat beibadah dan gak pernah meninggalkan kewajiban buat Shalat.

Gua inget dulu pernah nonton bioskop bareng si Gatot, nonton Reboot Fantastic Four dan di tengah film diputar, si Gatot izin keluar. Ternyata dia mau ke Masjid dulu buat Shalat, gak apa-apa dia kelewatan nontonnya yang penting dia tidak melewatkan kewajibannya.

Dibilang Pak Haji, si Gatot malah ngamuk sambil cengegesan, wkwkwkwk, Setelah ngobrol sebentar dengan Mama, kita izin buat naik ke lantai 2, ke ruangan kerja dan kamar gua.

Sambil lihat-lihat koleksi Action Figure, Gatot pun mulai melanjutkan kisahnya. Dia merasa terkena karma karena ternyata sebelum resmi berpacaran dengan yang terakhir, dia meninggalkan pacar lamanya!

Anjer si Gatot. Ganteng kagak, trendy kagak tapi sekarang sok jadi fakboy lah. Sok-sokan ninggalin pacar lama demi orang baru,

Setelah memberi penjelasan, ternyata si Gatot bukan sembarang main tinggal. Jadi sebelumnya, dia meminta kepastin kepada mantannya, mau bagaimana hubungan ini dan karena si mantan tidak bisa memberi kepastian maka Gatot memilih untuk melanjutkan kiprah cintanya ke yang lain.

Jadi bukan sembarang main tinggal gitu loh.

"Gua ngerasa lagi kena karmanya sekarang. Dulu gua ngerasa akan biasa saja ketika karma datang tetapi ternyata sesakit ini rasanya" jelas Gatot

"Ah itu mah bukan karma sih menurut gua, lu terlalu mengerdilkan diri sendiri kalau gitu. Wajar sih kalau lu minta kepastian dan ketika kepastian gak lu dapat, ya lu mundur"

....................................................................................

Obrolan gua dan Gatot ini, mau tidak mau mengingatkan gua akan kejadian sekitar 5 tahun yang lalu. Bedanya gua saat itu yang sedang patah hati dan Gatot adalah pendengarnya.

Setelah hati remuk dan dipenuhi rasa sakit hati & kecewa yang mendalam, gua memutuskan untuk pergi ke Kost si Gatot di Jatinangor, Sumedang. Gua berpikiran dengan 1 hari disana, keadaan gua akan membaik. Disaat seperti down seperti ini, bertemu teman yang mau mendengar adalah langkah yang paling tepat.

Gua berangkat dari rumah ke arah Jatinangor sembari melihat orang di sekeliling yang terlihat BIASA saja. Ada yang tertawa, ada yang sedang menikmati kudapan, ada yang sedang bersenda gurau, semua terlihat BIASA saja padahal di ujung sini, ada seorang pria yang sedang hancur dan terpuruk.

Forrest Gump di film Forrest Gump (1994) memilih untuk berlari mengitari Amerika setelah ditinggal oleh kekasihnya yang bernama Jenny. Dia berlari tanpa tujuan dan yang ada di pikiran dia adalah pertanyaan mengapa dia ditinggalkan dan bagaimana dia harus melanjutkan hidup setelah ditinggal oleh Jenny.

Semua orang mungkin memiliki caranya masing-masing dan cara yang gua pilih adalah mampir ke Kost Gatot untuk sekedar bercerita.

Dari rencana 1 hari eh gua malah nginep sampai 5 hari di Kost si Gatot padahal gua tidak membawa baju ganti dan hanya memakai baju yang melekat di badan saja. 1 hari rasanya tidak cukup unuk melapangkan dada dan meredam semua rasa sakit hati dan kekecewaan yang mendalam.

Kerjaan gua di Kost Gatot pun cuma baca komik, nonton WWE, jalan keluar cari makan di warteg deket Kost si Gatot, tidur. Selama 5 hari itu, gua malah gak banyak ngobrol dan gua rasa si Gatot tau gua butuh ruang sendiri.

Ruang supaya gua bisa berpikir dengan jernih, mencari jawaban sendiri dari semua pertanyaan dan ruang baru supaya gua bisa memulai kehidupan yang baru.

Sampai di satu titik, gua teringat Conversation terakhir antara gua dengan dia:

"Setelah semua yang gua lakuin kok kamu kayak gini"

"Maaf tapi gua sudah siap ketika Karma itu datang suatu hari nanti." jawab dia.

Akhirnya di hari kelima, gua memutuskan untuk pulang karena Mama di rumah sudah khawatir dengan kondisi gua. Satu kalimat yang gua inget dari si Gatot waktu gua pamit pulang adalah "Dunia boleh runtuh buat lu tetapi kehidupan harus tetap berjalan"

Buat gua, dunia memang sudah runtuh tetapi benar apa kata Gatot, kehidupan harus terus berjalan dengan atau tanpa dia.

.........................................................................................

"Udah kalau lu mau, lu nginep aja. Tuh kamar gua kosong di atas kalau mau shalat pakai aja kamar gua" bujuk gua,

"Makasih banget San. Besok gua harus kerja lagi kalau besok libur mah, gua nginep deh"

Contoh orang bertanggung jawab dengan pekerjaan padahal si Gatot kerja di Perusahaan Kontraktor milik Bapaknya sendiri loh. Secara materi dia sebenarnya kaya raya tetapi Gatot selalu menyanggah dan bilang kalau yang tajir itu Bapaknya bukan dia.

Jam 6 Sore kita mulai berkeliling mencari oleh-oleh. Si Gatot dititipin oleh-oleh kayak Belah Doeren, Bolu Susu Lembang sampai Bolu Bakar Tunggal.

Itu yang nitip mau nitip apa ngerampok jir. Bawanya gimana juga, susah pasti kalau banyak mah. Waktu gua tanya ternyata Belah Doeren adala kue kesukaan mantan si Gatot,

"Kok lu beliin?" tanya gua

"Silaturahmi gak boleh putus kan San biar sekarang statusnya sudah mantan"

Itu mah ngarep ah. Silaturahmi memang tidak boleh terputus tetapi kalau lu sudah bisa menganggap dia masa lalu dan lu sudah bisa melihat dia layaknya 'hanya orang biasa yang pernah singgah di kehidupan gua'. Kalau masih ngarep mah mending kata gua gak usah

"Mending gak usah lah Tot. Lu baru putus belum 1 Minggu. Kasih waktu buat diri lu sendiri buang segala sesuatu tentang dia yang menempel di kehidupan lu"

Gatot mendengarkan saran dari gua dan dia akhirnya memutuskan untuk tidak membelikan kue isi durian kesukaan mantannya. Setelah beres beli oleh-oleh kita melanjutkan perjalanan ke Travel buat nganter si Gatot balik ke Bekasi.

Sambil menunggu mobil Travel datang kita asyik melanjutkan pembicaraan sampai di satu titik kita ngobrol soal komik Dragon Ball.

"Tot lu tau kan. Bangsa Saiya di komik Dragon Ball tuh dikenal sebagai bangsa petarung? Daya tempur mereka tiap bertarung bakalan naik pesat ketika mereka selamat dari kematian? Semakin mereka mendekati ajal dan berhasil selamat, daya tempur mereka juga bakalan naik"

"Gua pun ngerasa gitu. Setiap kita bisa lolos dari patah hati sampai patah hati terhebat sekalipun bakalan buat kita lebih kuat dari sebelumnya. Mungkin setiap orang harus merasakan yang namanya patih terhebat satu kali dalam hidupnya Tot."

Gatot hanya diam saja, dia tidak menjawab apapun tetapi dari raut mukanya, gua rasa dia paham dengan apa yang gua bilang.

..................................................................................

"San, makasih banget ya. Nanti kalau gua ke Bandung lagi gua kabarin lu" kata si Gatot sambil menjabat tangan gua. Mobil travel sudah datang dan Gatot memasukkan barangnya satu per satu ke bagasi mobil.

Tasnya sih cuma 1 tapi oleh-olehnya itu loh yang gak nahan.

"Gua minta maaf ya kalau gua ada salah ama lu. Maafin gua ya" kata Gatot

"Lu kayak mau mati aja Tot pakai minta maaf segala" jawab gua keheranan.

"Btw, dunia boleh runtuh buat lu tetapi kehidupan harus tetap berjalan" lanjut gua.

Gua gak tau apa si Gatot ingat kalimat yang diucapkan ke gua 5 tahun lalu itu tetapi gua yakin meskipun berat dia bakalan bisa melewati semua ini sama seperti gua.