Jumat, 20 Juli 2012

Mereka ada dimana-mana


Sadar gak sadar atau suka gak suka, sebenarnya setiap harinya hidup kita ini dikelilingi oleh orang-orang alay dan lebay.

Mau lagi di rumah, mau di jalan, dimanapun juga pasti nemu orang yang model-model gini. Persis kayak waktu masih sekolah dulu, pasti di 1 kelas itu ada yang ngerasa sok jagoan, ada yang pintar (*uhuk*), ada yang kece (*uhuk*), ada yang kemayu, dll.

Pagi-pagi, biasanya sekitar jam 8 pas gua lagi pake sepatu buat berangkat, kalau lagi iseng-iseng nonton TV, gua udah disuguhin para alay itu.

Dengan gaya busana yang “wah” banget dan model rambut yang “wow” banget sebenarnya sudah cukup buat merusak pagi gu

Belum lagi dengan gaya-gaya ajaib buat mengiringi para bintang tamu bernyanyi, gaya-gaya cuci piring, gaya ufo terbang, gaya layang-layang nyangkut, gaya poco-poco sudah semakin merusakkkkkk pagi gue

“Dek, itu cowok yang rambutnya di pita perasaan ada mulu ya” kata kakak yang kebetulan juga lagi siap-siap mau berangkat ngantor sambil nunjuk orang di TV

Bener juga, nih orang perasaan ada mulu di TV. Dari balik layar kaca, gua perhatiin wujud nih orang, bener-bener mirip Jin di sinetron Jin dan Jun

“Apa mereka gak kerja ya? Tiap pagi cuma gitu-gitu aja perasaan”

Ya itulah kerjaan mereka. Kalau gak gitu dapet duit darimana” jawab gue sambil matiin TV

Gue bergegas, masukkin semua draft yang harus disetorin ke dalam tas dan pamit pergi ke orang tua… Hari itu keliatannya bakal jadi hari panjang buat gua karena gua harus ketemu dengan banyak orang.

Dan biasanya juga sebelum berangkat, gua selalu menyempatkan diri buat baca koran. Karena hobby gua adalah baca, rasanya ada yang kurang kalau gak baca koran di pagi hari. Kebetulan di koran yang biasa gue baca ada rubrik baru. Namanya Rubrik Teenangers dan di rubrik itu ada rubrik buat kita titip salam ke temen-temen. Sebenarnya gak ada yang salah kalau cuma titip-titip salam doang tapi yang jadi masalah adalah nama-nama si akun facebook pemberi titip salam:

Hendriex Jewel Megnificient, Dinni Dindindundun Dundun, Cheip Galaxak Wantuneun, Bayys C’Detective BestOfTheBest, Risky Mencintaimu Dillaaghistia

Oh, ok *mulai berpikir ganti nama fb jadi Sunny Detective C’BestOfTheBest* ……  

Next,

Kalau lagi suntuk atau nunggu, biasanya gua suka iseng-iseng buka facebook di BB. Bukan, bukan mau up date status “Lagi ngantri” atau “Lagi mau tanda tangan ambil honor”  atau juga mau stalkerin orang.

Suka gak suka di FB juga banyak bertebaran orang-orang model gini. FB pribadi gua sendiri sering mengalaminya,  jadi gue tau banget gimana rasanya ketika “dikepung”

Ada satu orang temen gua yang keliatannya lagi kasmaran banget ama pacarnya. Kebetulan temen gue ini adalah tetangga depan rumah gua. Ada satu hal yang paling gua inget dari dia. Sekitar setahun lalu, pas gua baru putus tiba-tiba dia kirim sms ke gue “De, aku lagi galau”

Saat itu gua berdoa kepada Tuhan, makasih Tuhan ternyata ada orang yang senasib ama gua bukan gua doang yang lagi ngalaminnya. Gua bales sms dia “Galau kenapa? Sini cerita siapa tau dengan berbagi bisa meringankan beban” jawab gua bijak padahal saat itu gua juga lagi down.

Dia bales “Aku galau soalnya aku barusan ditembak 2 cewek, gak tau mau milih yang mana?”

Anjjeeeeeerrrrrr, pas gua baca itu sms, pengen banget gua ambil batu di depan rumah terus lempar kaca jendela dia sambil teriak “Woy, A****G!”

Next,

Keliatannya dia baru jadian dan sebenarnya gak ada yang salah kalau dia pacaran.  Yang jadi masalah adalah kenapa tiap gua buka FB pasti aja kebaca itu wall dia ke ceweknya. Keliatan banget mereka lagi kasmaran tapi kasmarannya salah fokus. Contoh wall si cowok ke si cewek (copas langsung dari fb yang bersangkutan):

“Aku ini bagai lipatan kain yang tidak berbekas. Aku harus dijahit dengan benang-benang cinta yang hanya bisa aku dapatkan dari cintamu. Maukah kamu jadi benang itu untuk hidupku?”

Oh, ok. Kain dan benang cinta, gua masih berpikir keras soal kain dan benang ini. Jujur, pas pertama kali baca jujur gua gak bisa ngomong apa-apa selain ngomong “WOW” #WOW

Gua jadi membayangkan kalau gua kirim itu wall ke si doi “Yank, maukah kamu jadi benang yang merajut hatiku yang sempat terluka ini. Rajutan cintamu akan menambal semua luka yang pernah terjadi dalam hidupku yang fana ini”

Terus dia bakal bales “Mulai besok jangan hubungin gue lagi ya. Loe alay beud”

Amit-amit

Selain TV, facebook, orang-orang alay juga bisa kita temuin lewat ponsel atau BB buat yang make BB. Kalau soal sms gue sering banget dapet sms “H3Y, k3n4l4n Yukks. aKu L!A. K4MU M4U j4d1 P4C4RKU?”

Itu bukan hal yang aneh dan karena keseringan malah bikin gua jadi terbiasa. Tapi ada satu orang yang lumayan mencuri perhatian gue.

Bukan, bukan berarti gue naksir. Dia cowok dan gua lupa kenal darimana. Dia punya hobby yaitu ngirim Broadcast Message di BBM. Mending kalau BM-nya penting ya gak apa-apa tapi sialnya lebih banyak mudarat dibanding pentingnya.

Dia sering banget ngirim story-story soal kehidupan dia. Ok, sebenarnya gak ada masalah. Kalau emang suka ya dibaca, kalau gak suka ya gak usah dibaca. Jujur, kalau gua pribadi bukan orang yang suka baca-baca punya orang tapi gara-gara keseringan dia ngirim gua jadi penasaran juga lama-lama. Misal hari ini dia ngirim story serem (copas langsung dari BM dia):

“Nah, ini malem Jumat saatnya yang horor2 nih wait. Ini kejadian nyata (true story). Minggu lalu di kampung gue di salah satu kota di Jawa Tengah, baru-baru ini bus Pahala Kencana yang berisi 33 penumpang dari 1 orang kenek ditemukan terdampar di pohon pinus. Menurut pengakuan supir, sebelum terdampar dia sempat melihat kepungan kabut yang menghalangi arah pandang dia. Ketika dia terobos kabut itu tiba-tiba mereka sudah berada di tengah hutan. Dalam kegelapan, supir, kenek dan 33 penumpang hanya bisa menunggu pagi datang. Mau tau lanjutannya? Greet. BBM Over Character, lanjut Part 2! No PING! Harap sabar, karena yang minta Part 2 itu banyak, bukan ente doang, pasti dikasih kok. Yang nge-PING bakalan kena cubit nih”

Sumpah bro, gua gak minta Part 2-nya, gua juga gak akan nge-PING jadi jangan cubit gua ya! Belum juga ini kelar cerita, besoknya dia udah kirim story lagi

“Hari ini gue bakal cerita soal aib temen gue. Profile (Profile, nama asli sudah disamarkan):
Nama: Zaskia Haven
Nickname: Zizi
Twitter: (dirahasiakan)
Sex: Wanita
Pendidikan: Kuliah *katanya
Status: Pacaran

Oke, profile sudah. Nah sekarang gue mau cerita soal kisah perkenalan gue ama si Zizi dari cuma ngobrol biasa ampe mabok bareng. Jadi dulu Zizi ini tuh suka banget ama story-story yang sering gue kirim. Dari awalnya cuma BBM-an doang, kita suka maen bareng. Zizi itu selain kuliah punya job jadi DJ. Katanya sih di DJ yang handal. Pertama kali gue kenal dia tuh, gara-gara dia nge-BBM gue alasanya dia suka ama story-story yang gue kirim. (Katanya) dia juga penulis dan pengen belajar nulis story dari gue. Kebetulan gue ngerasa gue sudah cukup handal dalam menulis jadi gak ada salahnya kan ngajarin dia nulis kan? Dan dia janji mau ngajarin gue nge-DJ jadi klop kan? Zizi ini orangnya gokil abis, gue megang aib dia yang nurut gue gokil abis. Jadi ceritanya gini:

Part 2? Greet! No Ping! Gue tau kalian pengen tau, tapi santai bos, ada waktunya. Gue mau belajar dulu buat UAS, kalau gue jadi veteran gimana?

Gue jadi bingung. Ini orang niat cerita atau niat ngelawak? Gimana nasib si bus pahala kencana? Gimana nasib si zizi? Apa cita-cita dia DJ handal terpenuhi? Apa malah jadi pedagang kolak?

Cerita kok cuma sepotong-sepotong? Baca cerita sepotong tuh rasanya kayak udah kebelet pipis tapi gak nemu WC buat pipis. Udah tau mau UAS, niat bener kirim cerita. Mending kalau tamat, ini udah kayak cerita Peri Nirmala aja yang bersambung di Tabloid Bobo.

Dan gokilnya belum juga itu cerita selese, malamnya dia udah kirim BM lagi:

“Hallo agan-agan, sekarang gue lagi punya usaha baru. Jadi ceritanya gua kan gak mau ngerepotin orang tua terus, jadi gue jualan kutek buat para sista-sista di rumah buat nambah-nambah uang jajan.

Kutek yang gue jual tentu beda ama kutek yang ada di pasaran. Kutek gue anti air, bisa berubah warna, harga bersahabat deh pokoknya. Minat? Greet! Reply BM ini ya sista”

Astafirulloh, cerita yang kemaren aja belum aja selese. Sekarang malah jualan kutek-lah… Please dong bro -_-

Tapi?

Dengan berbagai karakter orang yang kita jumpai tiap harinya, dengan berbagai sifat, perangai yang berbeda, sebenarnya itu semua yang bikin hidup ini menjadi berwarna…

Seorang filsuf terkenal pernah ngomong “All the world is a stage”, yup dunia ini adalah panggung sandiwara. Panggung sandiwara, yang diisi dengan berbagai watak orang. Ada yang mencoba tampil apa adanya walaupun dia sadar akan kekurangannya, ada yang selalu ingin tampil baik dengan senyum yang selalu menghiasi wajahnya walaupun sebenarnya hati dan pikiran dia sedang bermasalah…

Dan itu semua adalah pilihan. Pilihan untuk menjadi diri sendiri dengan segala kekurangan yang dipunya atau menjadi diri orang lain dengan segala “kelebihan” yang dipunya.

It’s your choice

(Dimuat juga di beberapa situs blog online dengan berbagai perubahan)

Kamis, 05 Juli 2012

Make It Count


Belakangan hari ini, perasaan gua makin banyak orang yang nyariin gua *sombong*

Kalau ditanya bangga gak? Pasti bangga dong, cewek gitu yg nyariin. Pertanyaan-pertanyaan selalu muncul setiap ada sms “San, ada waktu gak nanti sore?” atau “San, ketemuan bentar ya sambil ngopi-ngopi”

Dalam imajinasi gua yang liar itu, mereka ngajak ketemuan buat melepas kangen yang memuncak atau buat melepas kepenatan hati mereka yang sedang gundah …

Asyik...

Tapi kenyataan emang seringkali gak seindah yang dibayangkan. Imajinasi liar gua itu ternyata hanya angan belaka yang dengan mudahnya hilang tertiup angin yang berdesir.

Puncaknya yang bikin gua sadar kalau mereka nyariin gua sebenarnya ada maksud terselubung adalah ketika di suatu hari di malam buta, gua yang lagi asyik santai baca komik si Kobo sehabis seharian di luar rumah tiba-tiba kedatangan tamu…

“De, ada Melisa nyariin” teriak nyokap gue dari bawah…

Melisa? Melisa siapa ini? Seinget gua, yg namanya Melisa itu tuh temen gua waktu Sekolah Minggu dulu, orangnya gemuk dan pernah nangis gara-gara gua ambil paksa Chiki Taro-nya.

Masak iya dia mau bales dendam sampai dateng ke rumah gue? Hey, itu kan kejadian 15 tahun lalu pas gua masih badung dan ingusan.

Inget Melisa juga inget waktu pembagian raport kelas 3 SD dulu. Kebetulan selain satu sekolah Minggu, gua ama dia 1 SD. Ini cerita gue dapet langsung dari si Melisa, jadi pas pembagian raport kenaikkan kelas 3, yang ngambil raportnya si Lisa tuh bokapnya yang berprofesi sebagai Dokter.

Kerennya nama Dokter itu Dr Stefanus, sama kayak gue. Saat gua denger itu nama, entah kenapa gua seolah ditakdirkan jadi seorang Dokter. Gua yakin banget saat gua besar nanti gua bakalan jadi kayak Dr Stefanus, Pipinya si Lisa (Pipi = Ayah, Bapak, Papa)

Pipi Stefanus emang idola gue!

Entah karena nama sama atau muka mirip, pas pembagian raport, wali kelas gua malah ngasih raport gua ke si Pipi Stefanus ini. Sambil geleng-geleng, si wali kelas ini ngasih itu raport

Disitu ditulis “Sering cengengesan, sering becanda bersama teman-teman, sering jalan-jalan keluar kelas”

Yang paling fatal adalah nilai matematika gua yang pas-pasan yang ngepas 6 juga bikin geleng2 si Pipi Stefanus. Mungkin dia bingung sekaligus shock, masak iya anak perempuannya yang di rumah rajin belajar, rajin berdoa, dan selalu tawakal tiba-tiba di sekolah bisa jadi nakal gini?

Mungkin juga dia mikir, masak nilai matematikanya cuma ngepas 6? Bukannya saya sudah les-in dia dimana-mana? Masak cuma ngepas 6?

“Tolong diingatkan lagi ya supaya Stefanus jangan banyak main” kata wali kelas bijak

“Stefanus? Anak saya namanya Melisa Bu” kata si Pipi Stefanus sambil bergegas ngeliat nama dan foto gua di raport yang bertuliskan nama Stefanus Sani dengan pose rambut batok dan mata bintitan.

Pipi Stefanus pasti shock, anak tunggalnya yang jadi kebanggaan keluarga tiba-tiba berubah jadi anak batok dan bintitan -__-

Dan sejak itu tiap gua bersua ama Pipi Stefanus, gua cuma bisa nunduk sambil senyum-senyum. Tiap ngeliat gue dia pasti nepok gue sambil ngomong “Rajin belajar ya kamu”

Next,

Gua turun mengendap-endap, mau nyuruh ke nyokap gue buat bilang kalau si Stefanus Sani udah tidur, gak bisa dibangunin paksa, kalau dibangunin paksa bisa keluar busa dari mulutnya.

Sialnya nyokap gue nolak boong dan nyuruh gue turun buat tetep ketemuan ama si Melisa itu.

Ok, whatever happened, happened.  Sambil malas2an gua masuk WC dulu, cuci muka, sisiran, ganti baju seragam yang masih nempel di badan gua ini.

Gua turun dan di ruang tamu udah ada si Melissa ama temen cowoknya.

“Hi Lisa, apa kabar?” kata gue cool

“Hi Stefanus. Ini kenalin cowok gue Andreas” balas Lisa sambil pamer senyum

Mampus ini, gue udah ngebayangin si Andreas ini bakal narik kerah baju gue sambil teriak “Jadi lu toh yang namanya Stefanus yang pernah makan Chiki Taro cewek gue 15 tahun yang lalu! Bed*b*h lu!”

Itu yang sebenarnya gua takutin. Tapi ngeliat gaya si Andreas ini yang senyum-senyum dan pake jas dasi, gue lebih nangkepnya dia itu sales selang elpigi yang mau nawarin selang ke nyokap gue dibanding jadi preman bayaran yang mau bikin perhitungan ama gua.

“Stefanus, kamu masih suka nulis di **** (Dia nyebut salah satu media)?” tanya Lisa sambil pamerin senyumnya

“Oh iya masih. Kenapa ya lisa?”

Sekarang pasti udah sukses ya? Aku juga kadang baca loh” timpal si Lisa

“Amin… Makasih kalau suka baca”

Di detik ini, jujur gua bingung mau ngomong apaan lagi. Ini pasti ada maksud terselubung dari puja-puji ini. Aneh banget kalau tiba-tiba si Lisa dateng, muji gue bentar, terus pamit pulang.

W.T.F

Lagi asyik-asyiknya ngobrolin soal kerjaan, tiba-tiba si cowok berjas dan berdasi yang gua anggep sales elpigi itu langsung nyela:

“Stefanus, apa kamu pernah bermimpi?” tanya dia

Sumpah, ini pertanyaan homo abis. Pertanyaan yang sering gue tanyain ke pacar tiap bangun pagi, sekarang tiba-tiba ditanyain ke gue, cowok pula yang nanyain

“Mimpi, i…yaaaa pe…r….nah” jawab gua sambil tersenda, gak nyangka kalau ada cowok yang begitu perhatian ama gua

“Bagaimana cara kamu mewujudkan mimpimu itu?”

“Ya teruslah tidur” jawab gua ngasal

Suasana jadi hening sejenak, keliatannya di shock gara-gara denger garingan gua itu. Dan di jeda waktu itu, gue baru sadar kalau pertanyaan-pertanyaan model gitu lazim ditanyain ama sales asuransi atau sales produk

Mampus! Posisi gue terdesak, mau ngacir udah gak bisa, mau ijin tidur gak mungkin, mau ijin ke undangan khitanan tetangga juga susah. Gua yakin bakalan diceramahin lama, gua liat jam di dinding sudah mengarah ke jam 8 malam

Waktu dimana seharusnya gua nonton Tukang Bubur Naik Haji The Series atau Tendangan si Madun sekarang tegantikan gue harus duduk manis nungguin ini orang ceramah.

“Oh iya?”, “Ok, pasti”, “Saya sependapat”  Itu kata-kata yang keluar dari mulut gua selama hampir 2 jam ngedengerin ceramah. Dan dia akhir pertemuan, dia ngasih kartu namanya sambil ngomong “Hubungi saya ya kalau tertarik”

“Ok, pasti”  kata gua antusias

Pasti gak akan ngehubungin maksudnya, bisik gua dalam hati…

Sebenarnya, gak ada yang salah, jika di usia kita ini sudah mulai berpikir maju ke depan. Mulai berpikir buat masa depan, mulai menabung. Rasanya malu banget kalau apa-apa minta ke orang tua

“Ma, minta uang buat jajan siomay di depan rumah!”

“Ma, ada tukang agar-agar, minta seribu ya ma!”

Atau yang paling x-treme

“Ma, aku udah 1 tahunan ama pacar, minta uang buat makan malam romantis!”

W.T.F

Temen SMP gua yang sudah lama gak ada kabar tiba-tiba nge-add BBM gua.  Dibilang deket ya lumayan deket, soalnya pas kelas 2 SMP, posisi duduk gua nempel dia mulu.

“San, masih inget gue gak? Ini gua temen SMP lu” dia mulai nge-chatt

Gua liat nama kontaknya, ditulis “Aditya Lie”, gua inget2 dan mulai berpikir keras, siapa nama temen gua yang pake embel “Lie” di belakangnya. Sekilas udah kayak jagoan kung-fu dari kuil Tibet

Setelah gua berpikir keras, akhirnya dari semua nama mengerucut ke satu temen gua si Pratomo Aditya, salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang paling ‘unik’ yang pernah gua kenal

“Ini Pratomo Aditya yang ganteng itu?” balas gua ngibul

Wkwkwkwkwk, baru sadar lu kalau gue ganteng? Kenapa baru sadar?” balas dia jumawa

“Ya gua ngomong ganteng biar dapet kacamata gratis yang lu jual”

“S.W.T”

Pembicaraan pun mulai mengalir, sekarang si Pratomo ini sudah punya usaha sendiri. Dia bikin usaha bareng pacarnya dan keliatannya usaha mereka termasuk sukses. Kita ngobrol panjang lebar mulai dari kerjaan, bisnis ampe pacar masing-masing.

Inti dari pembicaraan ini adalah dia usia kita yang sudah tergolong ‘uzur’ ini, pikiran orang tentu sudah dewasa juga. Dulu kalau gua dapet rejeki atau dapet honor, sering gua pake buat beli mainan, komik, buku sesuai hobby gua. Kecepatan gua dalam membeli buku/komik bahkan mengalahkan kecepatan gua dalam membaca buku/komik yang gua beli itu

Tapi setahun-2 tahun belakangan ini, pola pikir gue sudah berubah.  Begitu dapat rezeki, honor selalu masuk tabungan. Gak ada lagi gairah, hasrat menggebu-gebu seperti dahulu.

“Ok bro, doa saya yang terbaik buat kamu selalu” tulis gua mengakhiri pembicaraan dengan si Pratomo

“Amin San, semoga lu juga lanjut terus ama si ****, gua masih gak nyangka kalian pacaran loh. Perasaan, dulu kalian berdua berantem mulu”

Jam sudah menujukkan pukul 10 malam, gua tersenyum simpul baca isi BBM dari si Pratomo. Dengan posisi gua lagi terlentang di sofa, mata gua menerawang ke atas. Pikiran gua saat itu mulai berkecamuk, seperti biasa, mulai memikirkan banyak hal…

Gua mulai memilah-milah, mana yang harus dipikirin segera, mana yang bisa ditunda… Tetapi sayangnya, semakin dipilah-pilah, akhirnya tetap juga bermuara dan mengerucut ke satu nama yang terus ada di pikiran gua.

Gua tersenyum bentar, menikmati  semua yang ada di pikiran gua itu dan sedetik kemudian mulai beranjak buat melanjutkan pekerjaan yang tertunda…

And I think “you” know who was I thinking of that time :)