Jumat, 28 Juni 2013

Balada Si Roy

Pernah baca serial Balada Si Roy? Serial ini dulu beken banget, dimuat di Majalah HAI sekitar tahun 90an. Penulisnya bernama Gola Gong dan banyak anak-anak muda yang tergila-gila pada serial ini.

Roy nama yang mengandung kekuatan
Lelaki bandel, norak, tengil, menyebalkan.
Jantan, lembut, juga punya pengertian.
Ibarat legenda.
Dia memang penuh imajinasi dan sensasi.
Aku harus jujur bahwa, hari-hariku akan sepi
tanpa dia!


Yang pernah baca serial itu, pasti tau maksud kalimat di atas :)

Terus ada apa dengan si Roy? Apa gue nge-fans banget gitu ama si Roy? No, Big No. Kebetulan gue punya temen namanya Roy dan banyak cerita soal dia :)

Roy itu bekerja sebagai seorang security, usianya satu tahun lebih muda di atas gue.

Hubungan gue ama si Roy kalau gue bilang itu awalnya hubungan yang profesional. Maksud profesional itu hanya sebatas partner antara penjual dan pembeli. Gak lebih.

Tapi karena gue selalu ingin punya banyak teman dari banyak kalangan, lama-lama hubungan gue dan si Roy ini semakin dekat.

Bukan berarti gue jadi suka sama suka ya. Kalau ada masalah, terkadang si Roy cerita ama gue, nanya pendapat gue, nanya solusi dari gue dan gue selalu mencoba untuk menjadi pendengar yang baik untuk dia.

Suatu hari Roy cerita, kalau dia lagi deket ama cewek. Nama cewek itu Citra, panggilannya Bochit. Kerja jadi SPG baju di Metro Departement Store dan kalau denger dari cerita si Roy ini, gue bisa nebak kalau si Roy ini sayang banget ama si Bochit.

Gue tau banget usaha si Roy buat memenangkan hati si Bochit karena dia banyak cerita ke gue, semuanya terasa baik-baik aja hingga ada satu fakta yang (sangat) mengangetkan. Gue aja yang ngedengernya kaget, apalagi si Roy pas pertama kali denger ya

Jadi si Bochit ini dulu pernah punya mantan, sekarang mantannya itu sudah meninggal, meninggal karena HIV AIDS dan Bochit yakin 100% kalau dirinya ketularan HIV!

Gue tau kenapa si Bochit bisa berpikiran kayak gitu tapi gak elok kayaknya kalau gue tulis kenapa-kenapanya.

Waktu pertama gue tau ceritanya, gue mencoba mastiin ke Roy, apa dia yakin? Yakin tetap mau melanjutkan hubungan ama si Bochit? Bukan apa-apa ini soal masa depan, kalau Bochit beneran kena HIV, apa Roy siap menanggung resikonya? Gue minta dia 'buka mata' karena ini menyangkut masa depan dan keluarga dia juga.

"Gue siap. Gue tau konsekuensinya. Menurut lu gimana san" kata dia setengah bertanya

Jawaban gue sangat sederhana "Bro, lu udah dewasa sudah tau mana yang terbaik buat hidup kamu. Kalau kamu sudah yakin, lakuin mana yang terbaik buat kamu"

Biar mereka berdua gak mereka-reka, gue kasih saran biar si Bochit dibawa ke lab buat test darah biar lebih yakin lagi. Dibanding hidup di tengah ketidak pastian dan pertanyaan kan mending cari kepastian supaya mereka bisa tau ke depannya harus gimana...

Tapi test darah itu gak murah sob, bisa jutaan. Ada yang murah tapi belum tentu akurat dan lu tau kan sebagai seorang security, pendapatan si Roy itu gak terlalu besar.

Gue sudah menawarkan bantuan tapi si Roy tolak, dia mau usaha buat Bochit. Dia mau ngumpulin uang buat Bochit. Akhirnya dia jual Blackberry dia, uangnya dipake buat cek darah Bochit.

1 Minggu kemudian, Roy ngajak gue ketemuan di sebuah restoran fast food, kita janjian jam 7 malam sepulang dia kerja

Sesampainya disana, gue liat Roy lagi duduk dengan seorang wanita. Oh, ini pasti Bochit, soalnya gue pernah dikirimin fotonya ama si Roy.

"Hey Sani, ini kenalin Bochit" kata Roy semangat

"Sani" kata gue sambil jabat tangan Bochit

"Bochit" kata dia ramah. First Impression gue waktu  pertama ketemu Bochit, dia cantik, supel dan easy going. Cocok banget ama si Roy.

Tanpa banyak ngomong, Roy langsung nunjukkin surat ke gue, gue baca isinya ternyata surat dari laboratorium. Isinya Bochit negatif kena HIV.

Pas gue baca, gue jadi sedikit terharu apalagi waktu ngeliat mereka berdua yang bahagia banget. Rasanya semua beban besar di pundak mereka berdua itu langsung lenyap seketika.

Gue ditraktir makan disana, awalnya gue tolak karena ngerasa gak enak hati tapi karena terus didesak akhirnya gue mesen 1 Coca Cola buat "perayaan" ini. Ah, happy ending pikir gue saat itu.

Semuanya akan terasa baik-baik saja. Gue yakin banget Roy bakalan jaga Bochit dengan baik, begitu juga sebaliknya.

Tapi? Ternyata gue salah.

Dua bulan berlalu setelah kejadian itu, gue ngerasa ada yang aneh dari si Roy. Keanehan itu gue rasa dari status-status dia yang perasaan galau dan ngutuk terus. Setiap gue tanya, dia bilang gak kenapa-kenapa.

Intuisi gue gak bisa diboongin, gue yakin mereka lagi ada masalah. Tapi gue gak mau banyak nanya, gue gak mau kesannya itu pengen tau masalah orang atau kayak hero kesiangan yang datang terus kasih petuah-petuah bijak.

Hingga suatu kali si Roy ngajak gue ketemuan di sebuah convience store. Disana Roy ceritain semuanya dan gue baru tau kalau Roy ternyata diputusin ama si Bochit. Alasannya apa? Roy gak tau. Roy bilang Bochit tiba-tiba berubah dan tiba-tiba mutusin dan gak mau diajak ketemuan lagi. BBM terakhir Bochit isinya cuma "Jodoh gak akan kemana, kalau kita jodoh kita pasti ketemu lagi"

Jawaban standar semua perempuan....

"Bahkan ya San, saat Nyokap gue lagi sakit terus gue minta dia datang, dia gak mau. Nyokap gue kangen ketemu dia tapi dia gak mau dateng. Dia cuma bilang, dia gak enak ama cowoknya kalau dia datang" kata Roy sambil menahan nafas panjang.

Duh, beneran gue gak tega ngedengernya. Masak si Bochit sejahat itu? Yang gue tau hubungan Bochit itu ama Nyokapnya si Roy itu deket banget. Apa gak ada alesan yang lebih baik dibanding "gue gak enak ama cowok gue kalau gue dateng".

"Lu tenang dulu ya, nanti gue coba tanyain Bochit"  kata gue menenangkan hati si Roy

3 Hari setelah pertemuan gue dengan si Roy, tiba-tiba ada message ke fb gue. Yang kirim ternyata si Bochit dan dia ngajak gue ketemuan sehabis pulang kerja.

Kita lalu janjian di sebuah cafe di bilangan Dago.

Sorenya, gue beranjak pergi ke Cafe itu. Disana gue liat Bochit lagi duduk sendirian sambil menyeruput kopi. Dengan ramah dia menyambut kedatangan gue

"Sani. Sibuk banget ya keliatannya" kata dia sambil memegang erat tangan gue

Setelah basa basi sebentar, Bochit mengarahkan pembicaraan ke arah Roy. Gue yakin 100% dia ngajak gue ketemuan buat ngebahas soal Roy, bukan ngajakkin ikutan asuransi, MLM, atau apapun.

"Gue gak bisa lanjut ama Roy, San. Gue tau dia baik banget, dia sayang dan ngejaga gue banget. Tapi lu kan tau, Roy itu cuma security dan gue bisa dapat yang lebih baik dari dia. Gue gak bilang alesannya sebenarnya karena gue gak mau ngehancurin semangat Roy, San. Gak mungkin gue ngomong langsung ke Roy" kata Bochit panjang lebar

Gue sebagai lelaki, denger cerita kayak gitu entah kenapa ngerasa sakit hati banget. Ok, gue apresiasi dia karena dia masih jaga perasaan si Roy dengan gak ngomong alesan yang "hanya seorang Security" tapi gue ngerasa kesannya gini, setelah Roy berjuang banget buat dia, setelah habis-habisan terutama soal cek darah yang mahal itu kok kesannya Roy itu 'dibuang'

Kenapa setelah Bochit tau dia negatif HIV, dia kayak gini? Kenapa dia gak kayak gitu waktu dia masih berkeyakinan kalau dirinya positif HIV? Kenapa setelah dia happy, sudah nemu yang baru terus si Roy harus 'dibuang' kayak gini?

"Oh ya Sani, ini tolong kasihin ke Roy ya" Bochit ngomong sambil ngasihin 1 dus besar. Gue tengok isinya ada boneka, tas, buku. Ini kayaknya barang-barang dari si Roy.

Kalau Anger Management gue jelek, gue yakin bakalan sangat emosi saat itu. Gue tau, si Roy beli barang-barang kayak gini tuh gak gampang. Ini kan pake uang semua, masak harus dikembaliin terus balikinnya lewat gue?

"Cit, Citra gini loh. Lu tau kan si Roy beli ini semua gak gampang. Dia cuma security tapi dia selalu berusaha nyenengin kamu. Biar ini bukan barang mahal tapi mendingan kamu simpen. Kalau kamu pengen kembaliin, kamu kembaliin sendiri. Dia ngasihnya kan baik-baik langsung ke kamu masak sekarang kamu balikinnya lewat gue? Mending kamu simpen aja."

"Soal Nyokap Roy gimana? Kamu bener udah gak mau tau lagi? Dia itu baik banget ama kamu loh, kata Roy sering nanyain kamu juga. Minimal kamu sms dong Cit, pamit baik-baik dibanding kamu kayak gini" gue nambahin

Bochit terdiam sejenak. Dia bilang, dia yakin bakalan kena karma buat semua yang dia lakuin tapi dia bilang sekarang sudah terlalu enjoy dengan pasangannya yang sekarang.

"Ok Citra, lakuin yang kamu anggap baik buat kamu. Kalau kamu keganggu ama Roy yang terus ngehubungin kamu nanti gue bakalan ngomong ke Roy supaya gak hubungin kamu lagi" gue mengakhiri pembicaraan.

5 bulan berlalu setelah pertemuan gue dengan Bochit. Gue gak pernah cerita ke Roy soal pertemuan gue dengan Bochit terutama soal alasan-alasan Bochit ninggalin Roy. Interaksi gue dengan Roy juga jadi semakin jarang karena kesibukkan masing-masing. Yang gue tau sekarang dia keluar dari pekerjaanya jadi security dan entah kenapa dia malah milih kerja di SPBU sebagai pengisi bensin. Hingga di suatu hari di bulan Juni ini, gue janjian ketemu ama dia buat ngobrol-ngobrol

"Setiap malam, gue selalu kepikiran dia. Gue hancur, setiap hari gue nungguin dia. BBM gue selalu dijawab dingin bahkan sampai Nyokap gue masuk Rumah Sakit dia gak mau peduli. Dia baik ke gue kalau ada mau dan perlu aja. Gue benci banget ama dia, benci banget. Gak akan ada Roy lagi yang dulu, yang baik dan care ama dia. Gue kerja di SPBU ambil shift malam setiap hari, supaya gue bisa stop mikirin dia. Gue gak mau jahat ama dia tapi ampe kapan gue bisa bertahan?" kata dia berapi-api

Gue diem. Gue itung, sudah 6 bulan dia putus ama Bochit terus selama 6 bulan ini dia terus nungguin Bochit yang jelas-jelas sudah bahagia ama orang lain? Sayang banget Roy, kamu ngebuang 6 bulan waktu kamu buat bahagia dengan cara kayak gini.

Roy ngasihin gue kertas dia minta tolong buat gue ngasihin ke Bochit, suatu hal yang jelas-jelas gak akan gue lakuin karena gue gak mau dia kayak gini terus. Gue kutip sedikit isi dari kertas yang ditulis si Roy;

Kamu tau..ketika kamu merasa sempurna..merasa hebat dan kamu telah mendapatkan segala yang kamu inginkan tetapi kamu ternyata hanya sendiri..Tidak ada orang yang menemani hidupmu..segala yang kamu capai menjadi tidak berarti karena kebahagiaanmu belum kamu dapatkan..Kamu hanya bisa membaginya untuk dirimu sendiri..

Kamu tau.. ketika kamu merasa banyak orang yang akan jatuh cinta padamu dan mencintaimu, saat itu kamu tidak akan menyadari bahwa kamu akan dibutakan oleh semua itu.. Kamu tidak akan menyadari saat seseorang yang dengan tulusnya mencintaimu telah kamu sia-siakan.. Kamu tidak akan tau bagaimana orang itu dengan hatinya yang ikhlas menerima segala perlakuanmu, sikap dinginmu, ketidakperdulianmu bahkan pengkhianatan yang telah kamu lakukan padanya.. Kamu tidak akan menyadari kalau kamu telah menyia-nyiakan cintanya karena pikiranmu yang mengatakan bahwa kamu bisa mendapatkan yang jauh lebih baik dari dia..bahwa dia bukanlah segala-galanya buatmu dan tak akan berarti apa-apa..bahwa kamu bisa mendapatkan orang yang lebih baik darinya dan kamu akan banyak dicintai oleh orang lain selain dia..

Kamu tidak akan menyadari kalau kamu telah menyia-nyiakan cintanya karena kamu pun begitu sibuk memperhatikan yang lain..kamu tak akan menyadari kasih sayangnya yang tulus kepadamu..kamu tak akan menyadari cintanya yang mencintaimu begitu sederhana..namun sempurna....

Hm, semangat ya Roy... Masih panjang cerita hidup kamu...

Senin, 24 Juni 2013

Premium Rush

Salah satu hobby gue adalah naik sepeda. Buat gue naik sepeda itu bener-bener menyenangkan, selain sehat dan ngirit, olah raga ini menurut gue bisa bikin mata, hati, dan pikiran jadi jernih.

Yoi jernih, apalagi kalau di jalan ketemu gadis-gadis yang kece, bener-bener bikin hati dan pikiran jadi jernih.

Selain itu dengan naik sepeda, bener-bener bisa menghemat perjalanan apalagi gue demen banget masuk ke gang-gang kecil buat menghindari kemacetan jam pulang kantor.

Setiap gue pulang sebelum jam 5 sore, gue pasti nyempetin keliling jalan naik sepeda. Kalau lagi ada duit lebih, biasanya gue beliin nyokap roti di jalan. Sambil puter musik di Ipod, gue bersepeda menyelusuri jalan sambil nyanyi-nyanyi kecil.

Dulu, waktu gue ngapel ke rumah doi pasti naik sepeda, almarhum doi juga paling suka kalau gue bonceng terus muter-muterin kompleks :)

Belum lama ini, gue rencana mau beli sepeda baru. Sebelumnya gue ini punya dua sepeda, satu sepeda fixie, satu lagi sepeda federal. Sepeda fixie biasanya gue pake kalau buat jalan-jalan sedangkan yang federal gue pake buat perjalanan jauh.

Yang udah pernah naik sepeda fixie pasti tau susahnya naik ini sepeda. Sepeda fixie beda ama sepeda kebanyakkan, selain gak ada giginya, sepeda ini juga gak punya rem tangan.

Jadi ya sobat, kalau lu-lu ngeliat orang lagi naik sepeda fixie sambil cengengesan sebenarnya itu kamuflase. Aslinya dia itu pasti ngos-ngosan karena ya itu, ini sepeda gak ada giginya jadi menurut gue ya double capeknya

Satu rahasia buat kalian, sebenarnya sepeda federal yang biasa gue pake itu gak ada remnya. Baik rem tangan dan rem kaki, emang sengaja gak gue pake. Jadi ceritanya itu sepeda dulu pernah rusak terus ampe sekarang sudah hampir 5-6 tahun gak pernah gue betulin. Dan jadilah seperti sekarang, sepeda yang gak ada remnya.

Semuanya baik-baik aja sampai Bokap gue tau kalau sepeda yang biasa gue pake itu gak ada remnya.  Langsung deh gue kena omel habis-habisan, "gimana kalau nabrak? gimana kalau ditabrak? dan gimana-gimana yang lainnya.

Dibanding diomelin terus akhirnya gue niatin buat beli sepeda baru. Di luar tabungan rutin gue, setiap bulan gue selalu menyisihkan sedikit uang buat kesenangan. Awalnya gue mau beli Playstation 3 tapi gue mikir juga, gue dan Kakak kan sering gak ada di rumah, rasanya percuma kalau beli gak ada yang mainin.

Dibanding habis buat hal yang gak berguna akhirnya gue mutusin buat beli sepeda baru aja. Gue bakal cari sepeda dengan tongkrongan yang yahud dan yang penting ada remnya biar Bokap gak ngomel terus, hehehe.

Ngomongin sedikit soal sepeda federal gue, ini sepeda sebenarnya bisa dibilang jadi saksi bisu buat hari-hari yang gue lalui.

Dari banyak cerita, ada cerita yang sampai sekarang masih gue inget tentang ini sepeda. Sudah lama sih ceritanya.

Waktu masih SMP, salah satu pelajaran yang paling gue takutin adalah Seni Musik. Hidup gue sudah mulai gak tenang kalau bakalan ada test nyanyi secara individu di depan teman sekelas.

Bukan apa-apa, gue itu paling gak bisa nyanyi. Udah gak bisa nyanyi, terus harus nyanyi di depan kelas, lagunya harus pake bahasa Inggris ditambah lagi harus pake gerakkan pula.

Test nyanyi individu + pake gerakkan + lagu berbahasa Inggris = Harakiri

Saat itu, test nyanyi bakalan diadakan di hari Selasa pagi. Seminggu sebelumnya memang sudah diumumkan bakalan ada test nyanyi dan selama seminggu itu hidup gue bener-bener gak tenang.

Makan jadi gak nafsu. Ayam goreng yang biasanya gue doyan, sama sekali gak gue lirik. Kartun Ninja Hattori atau kartun P-Man yang tiap sore gue tonton, sama sekali gak gue tonton.

Gue stress mikirin itu test nyanyi! Gue mau nyanyi lagu apaan coba? Nyanyi lagu bahasa Indonesia aja gak lulus, sekarang suruh nyanyi lagu Bahasa Inggris. Nyanyi lagu Princes Barbie? Lagu Twinkle-Twinkle Little Star?

Nyokap dan Kakak gue selama itu langsung ngasih kursus kilat buat gue. Nyokap dan kakak gue suaranya lumayan yahud lah, gak seancur gue dan bokap.

Kakak gue sampai beli buku "Teknik Menyanyi yang baik dan benar", dia ngomong "suara nya jangan ditahan biarin mengalir aja de"

Mengalir-mengalir pale lu! Udah gue biarin mengalir tetep aja hasilnya jeprut. Sial

Akhirnya hari yang sangat gue takutkan itu datang juga. Gue pengen banget akting pura-pura sakit ke Nyokap tapi karena gue gak pernah bisa boong ke Nyokap akhirnya gue batalin rencana itu,

Biasanya gue dianter bokap ke sekolah atau kadang-kadang naik Bus DAMRI tergantung mood tapi khusus buat hari itu, gue lebih milih naek sepeda. Rencana awalnya gue mau dateng sengaja ditelat-telatin biar telat. Terus kalau telat kan disuruh pulang?

Cerdas gak tuh ide gue? Cerdas dong!

Gue masuk itu jam 06:45. Gue sengaja ngulur-ngulur waktu berangkat jam 06: 20, sengaja gue pepetin banget waktunya. Waktu berangkat Nyokap gue sambil peluk dan cium gue ngomong "Inget jangan liatin temen, nyanyi dari hati"

Benar-benar sebuah petuah bijak. Mau gue gak liatin muka temen juga, mau nyanyi dari hati juga tetep aja hasilnya pasti sama -______-

Sambil siul-siul, gue mulai ngayuh sepeda. Musibah itu datang, saat setengah perjalanan tiba-tiba ada motor penjual roti yang ngebut banget. Selain ngebut dia juga selap-selip motor lain mungkin karena dia telat harus nganterin roti.

Gue yang gak tau apa-apa, lagi santai ngayuh sepeda tiba-tiba ditabrak dari arah belakang. Bunyinya kenceng banget, yang gue inget, saat itu gue terpelanting ke depan.

Waktu SMP gue itu gendut banget loh, pipi tembem, paha besar, dan perut kayak bakso goreng. Dari  perumpamaan itu lu bayangin gue kehempas ke udara.

Bener-bener mirip basreng mau dicemplungin ke kuah bakso.

Gue melayang di udara dan sedetik kemudian gue jatuh ke aspal. Gue malah berdoa, semoga gue pingsan-semoga gue pingsan!

Pingsan biar gue gak usah ke sekolah dan GAK USAH test nyanyi tapi gue gak pingsan. Sesaat gue jatuh, gue langsung raba-raba muka, takut muka mulus gue rusak karena gesekkan aspal #ehem

Orang-orang langsung ngehampirin gue, gue cek badan, muka, kaki, tangan sama sekali gak ada luka, lecet pun gak. Keluhan gue cuma satu, pantat gue agak kram karena sedikit ketarik

Ada seorang Bapak sok tau yang ngomong "Ini pasti luka dalam. Bahaya ini, bahaya harus diperiksa. Umurnya gak akan panjang nih anak" Ngedenger gitu gue jadi keringet dingin juga, apa bener gue kena luka dalam? Yang gue tau, orang yang kena luka dalam itu biasanya umurnya gak akan panjang

Hey, gue masih umur 14 tahun, masih doyan nonton kartun, masih doyan ngoleksi mainan dari McDonalds terus umur gue gak akan panjang gitu? Sumpah, jadi keder gue.

Tapi kayaknya itu Bapa salah, soalnya gue ngerasa baik-baik aja, nafas masih teratur dan gak ada keluhan selain dari pantat gue yang ketarik itu. Si tukang kue yang nabrak itu mukanya gue perhatiin jadi pucet juga, kalau bisa ngomong ya guys, muka dia tuh kayak mau ngomong gini:

"Aduh ngimpi apa gue semalem ya. Udah jualan roti lagi sepi eh gue malah nabrak anak biawak segala"

Setelah berunding, akhirnya si penabrak harus nganterin gue ke sekolah. SIM dan STNK dia dipegang gue dan gue berangkat naik taxi ke sekolah. Sepeda malang gue dititipin di pos satpam yang ada disana.

Kalau gue jahat, harusnya gue ancem tuh tukang roti "Mas, mau diperpanjang masalahnya? Kalau gak mau, anda harus nganterin roti abon dan roti keju setiap pagi ke rumah saya ya!"

Sesampainya di sekolah, si tukang roti nemuin guru gue. Sumpah ya sob, gue itu sebenarnya udah gak kenapa-napa, sakitnya udah gak kerasa sama sekali tapi GUE INGET kalau hari ini adalah test nyanyi. Gue harus akting kalau gue lagi nahan kesakitan yang sangat.

Gue pura-pura duduk di lantai sambil bersandar ke lemari. Muka gue menunjukkan rasa sakit yang sangat, di satu sisi guru gue lagi ngobrol ama si penabrak.

Saat itu yang ada di harapan gue, si Ibu bakalan nyamperin gue dan ngomong gini "Sani, kayaknya kamu istirahat dulu di Ruang UKS ya. Ibu gak tega liat kamu nanti Ibu telpon orang tua kamu agar kamu dijemput"

Semoga ya Tuhan, Semoga ya Allah. Amin.

Gak berapa lama si Ibu datang menghampiri gue. Mukanya tidak menunjukkan rasa iba, apa mungkin dia gak terpedaya dengan akting gue ya? Apa kualitas akting gue terlalu pas-pasan gitu ya? Dia ngehampirin gue sambil ngomong "Sani, kamu sekarang masuk kelas dulu. Nanti kalau kamu gak kuat, kamu boleh ijin istirahat ke ruang UKS"

"Tapi bu, kata orang-orang saya kena penyakit dalam akibat benturan tadi. Saya belum boleh banyak bergerak" kata gue beralibi sambil nunjukkin muka iba.

"Iya tapi Ibu liatnya kamu gak apa-apa kok. Kamu masuk kelas dulu nanti kalau sudah gak kuat kamu ijin istirahat"

Mampus, mana jam pertama gue itu adalah seni musik lagi. Sambil mengutuk dalam hati gue masuk kelas. Gue cerita ke temen sekelas kalau gue baru kecelakaan dan GILANYA gak ada yang percaya kalau gue habis kecelakaan.

Dan, endingnya seperti yang pernah gue ceritain sebelumnya, akhirnya gue dapat giliran test nyanyi di depan kelas dan dapat nilai yang "sangat bagus".

Sekarang gue sudah berada di depan toko sepeda Bike Colony, lagi liat-liat sepeda yang mau gue beli. Harganya mahal-mahal, ada sepeda yang seharga kamera gue bahkan ada sepeda yang harganya lebih mahal dibanding motor gue.

Rencana awalnya gue mau beli sepeda yang harganya tengah-tengah, gak mahal dan gak murah, sesuai kondisi keuangan gue.

"Jadi mau yang ini" kata seorang karyawan sambil nunjuk sepeda pilihan gue

"Hm, bentar ya mas. Saya keluar dulu bentar" kata gue ragu-ragu

Entah mengapa, sekarang gue malah ada perasaan ragu-ragu buat beli. Gue duduk bentar di depan toko sambil mandangin sepeda federal gue. Terlalu banyak cerita dari sepeda ini, sangat banyak sekali malah.

Pikiran gue mulai melayang-layang hingga berhenti di banyak titik, entah kenapa gue malah jadi keinget waktu pertama kali ketemu si doi. Iya ya, gue kan lagi naik sepeda ini sedangkan dia lagi mau nyebrang mau bantuin tante jualan di SMP. Gue jadi senyum-senyum kalau inget kejadian itu.

Ah, kayaknya gue gak jadi beli sepeda baru deh. Toh sepeda ini juga masih ok, tinggal dibetulin sedikit remnya. 

Gue beranjak dari pelataran toko, pasang earphone di telinga dan mulai mengayuh sepeda....

Jam sudah menujukkan pukul 8 malam, waktunya gue buat pulang.......

Senin, 10 Juni 2013

Balada si Om Jono

Beberapa hari yang lalu, gue mampir ke rumah temen gue. Sebut aja namanya si Alex dan doi ini adalah temen gue sejak SMP. Anaknya pendiem dan kalau ngomong seperlunya aja.

Dia ngomong sering liat tweet gue yang ngomongin soal film dan dia ngerekomendasiin serial TV yang menurut dia bagus. Dari rekomendasi dia sih, kayaknya ini Serial TV emang yahud dan ada kemungkinan gue bakal suka.

Dibanding gue beli DVD atau donlod di internet, minjem adalah solusi terbaik buat gue, xixixi

Setelah beberapa kali janjian dan terus-terusan batal karena waktunya gak pernah klop, akhirnya gue janjian buat ke rumah dia hari Jumat malam sehabis dia pulang kerja. Oh ya dia sekarang kerja di Bank jadi audit.

Tapi ya broski, sebenernya kalau boleh jujur, gue itu rada gimana gitu kalau ke rumahnya si Alex ini. Bukan, bukan karena gue pernah ngutil sesuatu di rumah dia terus gue takut ketauan tapi sebenernya gue ini rada segan ama bokapnya si Alex, si Om Jono.

Iyo segan atau lebih tepatnya gue merasa punya dosa ama si Om Jono. Bukan cuma satu tapi malah dua dosa besar!

Dosa pertama gue ini terjadi waktu SMP. Lu tau kan waktu SMP, mainan anak-anak badung adalah manggil nama temen pake nama orang tuanya. Sejak SMP, gue selalu nyebut nama dia dengan panggilan "Jon, Jon" atau "Jonoooooo". Anaknya sih santai aja gue panggil gitu dan kebiasaan itu ampe sekarang masih sering gue lakuin.

Jarang banget gue nyebut dia pake nama asli dia "Alex", gue lebih sering manggil dia "Jono". Masalah dimulai ketika gue masih duduk di bangku SMP. Ceritanya pas bubaran sekolah, gue kan kebetulan dijemput ama kakak.

Pas mau pulang, gue liat si Alex mau masuk mobil. Sambil setengah berteriak, gue teriak kenceng banget "Jon, Jono besok bawain komik Sin Can ya!"

Berani sumpah, gue manggil "Jono-Jono" gak ada maksud menghina atau apaan. Gue ngomong "Jono" buat manggil si Alex buat ngingetin soal komik itu. Begonya gue gak sadar, kalau yang jemput si Alex waktu itu si Om Jono!

Gue bener-bener gak tega ngebayangin, gimana perasaan si Om Jono ya waktu itu. Lagi enak-enak di dalam mobil, ngejemput anak terus tiba-tiba diteriakkin "Jono, Jono" ama bocah SMP tengil -_-

Dosa kedua gue terjadi 4 tahun lalu di tahun 2009. Gue agak lupa gimana kronologisnya tapi yang gue inget adalah gue ama si Alex entah habis darimana, neduh sambil beli minum di pinggir jalan.

Gue inget banget selain beli minum Coca Cola, gue juga beli keripik seblak gopean. Gue nawarin seblak ke si Alex dan dia ngicip sedikit. Rasanya gak ada yang salah dan semua berjalan baik-baik saja.

Masalah mulai datang waktu gue dikabarin kalau si Alex malamnya harus masuk Rumah Sakit dan harus dioperasi. Operasi Usus Buntu!

Gue bingung, perasaan tadi pas jalan ama gue baik-baik aja, kok tiba-tiba harus operasi buntu. Usut punya usut, setelah di-diagnosa Dokter, usus si Alex kemasukkan bubuk cabe dan lu tau gak, jajanan seblak gope gue adalah tersangka utamanya!

Gara-gara seblak gopean, si Alex harus operasi yang ngabisin 10 juta lah.

Njis, sebenernya gue gak tau harus nyimpen muka gue dimana kalau ketemu si Om Jono. Biar si Om Jon udah lupa tentang 2 dosa gue itu tapi gue masih suka keingetan terus, betapa nakal gue itu waktu itu.

Hari Jumat malam,

Gue janjian datang ke rumah si Alex itu sekitar jam 7 malam. Rumah si Alex itu ada di daerah Margahayu dan untungnya gue masih hafal rute rumah si Alex biar sudah lama banget gue gak kesini.

Sempat kesasar, akhirnya gue nemu rumah si Alex. Rumahnya belum berubah, masih seperti terakhir gue kesini. Setelah masuk dan ngobrol sebentar ama si Alex, gak berapa lama si Om Jono keluar kamar dan datang ngehampirin gue.

Gue udah siap diomelin, gue udah mempersiapkan mental kalau-kalau si Om Jono nunjuk-nunjuk muka gue sambil ngomong "Gara-gara lu punya bubuk cabe, anak ane harus dioperasi! Duit ane habis 10juta cuma gara-gara seblak ente!"

Ternyata gak. Sambil senyum Om Jono ngejabat tangan gue terus nanya kabar dan kesibukkan gue sekarang apa. Hati gue plong ternyata si Om Jono sudah lupa atau jangan-jangan si Om Jono cuma pura-pura baik aja di depan gue?

Gak taunya dia sudah nyiapin obat bius di minum gue terus pas gue sadar dari pingsan gue, gue terbangun dalam kondisi tangan dan kaki diikat? Terus Om Jono dengan bengisnya pasang muka psycho terus ngomong "Nak Sani, bisa sebut nama Om lagi seperti kamu teriak-teriak manggil nama Om waktu Om ngejemput Alex dulu? Bisa?"

Ssssssttttt, gue mencoba hilangkan pikiran-pikiran kotor itu dan mulai fokus ke Om Jono lagi. Setelah ngobrol sebentar Om Jono izin pamit ke ruang tengah dan gue melanjutkan pembicaraan dengan si Alex.

Lagi asyik-asyiknya ngobrol soal film, tiba-tiba si Om Jono teriak kenceng banget dari ruang tengah "Sate!!!!".... Kebetulan banget ada Tukang Sate yang lagi lewat.

Duh, baik banget si Om. Tau aja gue belum makan malam, di pikiran gue saat itu, si Om Jono bakalan beliin gue sate 10 tusuk + lontong dan gue sudah membayangkan betapa empuknya itu daging sate.

2-3 menit berlalu kok ada yang aneh ya? Kok si Om Jono gak keluar bawa piring atau mesen gitu? Apa mungkin ini tukang sate sudah langganan jadi sekali dipanggil sudah tau harus nyiapin apa?

Dari luar, gue ngedenger suara "Tey, Satey?" yang diulang berkali-kali ama si Tukang Sate. Gue nanya ke si Alex "Bro, itu bokap mesen sate? Si emang kayaknya nungguin di depan"

Sambil menunduk malu, Alex ngomong "Biasa itu Bokap gue lagi ngerjain tukang Sate. Gak cuma tukang sate, tukang yang lewat depan rumah, biasanya dipanggil ama Bokap gue tapi gak dibeli"

Masya Allah, mulut gue terkunci, gak tau harus ngomong apa.

Ini kan mainan gue waktu masih  umur 5 tahun, manggil tukang jualan tapi gak beli? Dulu gue hobby banget manggil Tukang Es Walls yang lewat depan rumah gue tapi langsung ngumpet.

Dan si Om Jono yang sekarang umurnya sudah 53 tahun, eh niruin hobby gue waktu gue umur 5 tahun dong -__-

"Hahahahaha" gue ketawa garing ngedenger penjelasan si Alex.

Setelah itu Si Alex minta ijin ke gue buat nyari DVD yang mau gue pinjem. Pas gue lagi duduk di ruang tamu, si Om Jono nyahut dari ruang tengah "Sani, sini ayo ama Om nonton Bola". Kebetulan si Om tau kalau gue emang doyan bola, sering nulis Bola juga.

Gue beranjak ke ruang tengah dan duduk di sofa sambil menemani si Om nonton.

"Om tuh heran loh San" kata si Om memecah keheningan

Dalam bayangan saat itu ya broski, si Om ngomong gitu karena dia mau minta pendapat gue. Gue sudah membayangkan si Om Jono bakalan nanya "Kenapa ya Sani prestasi Tim Nasional kita tidak pernah maju?" atau "Sani, kamu setuju gak sih kalau pemerintah kita cari dana talangan lewat IMF?"

Gue sudah mempersiapkan jawaban sebaik mungkin. Kredibilitas gue dipertaruhkan disini!

"Bingung kenapa Om?" tanya gue cool

"Bingungnya gini San. Ngapain ya 22 orang di lapangan ngejar 1 bola? Kalau Om ada disitu, Om kasih deh 1 orang 1 bola biar gak usah rebutan"

Gue: .............................................................

Serius, gue bingung mau jawab apaan. Analogi konyol si Om Jono itu sama aja kayak gini: "Ngapain orang naik gunung tapi akhirnya turun lagi?" atau "Ngapain orang maen golf pake stick golf yang mahal padahal pake ujung gagang payung juga bisa?"

"Hahahahaha" gue ketawa garing (lagi)

Om Jono yang dulu gue kenal tuh cool, berwibawa dan ngomong seadanya. Napa jadi lawak gini ya sekarang...

20 menit kemudian, setelah si Alex nemu DVD yang mau dipinjemin ke gue. gue ijin mau pamit pulang. Sebenernya gue rada gak enak ya, datang tapi gak bawa apa-apa terus gue inget di tas gue ada 3 gelas coca cola. Bukan sembarang gelas, ini limited edition, gak semua orang punya loh.

Gue kasih aja deh satu, sebagai permohonan maaf gue buat dua dosa gue yang dulu itu. Ya anggap aja ini gelas dari ketulusan hati gue yang paling dalam.

"Om, ini ada gelas bagus. Keren nih Om, cocok buat dipake Om sambil nonton Bola" kata gue sok keren.

Gue yakin 1000 persen, si Om bakalan suka + ngomong makasih berulang-ulang ke gue. Tapi lagi-lagi gue salah. Bener-bener salah.

"Duh Sani, ngasihnya kok cuma 1 sih? Disini kan ada banyak orangnya? Om gak nolak kok kalau kamu kasih lagi ya" kata si Om Jono sambil liat-liat gelas pemberian gue

"Hahahahahahaha" gue ketawa garing (lagi dan lagi)

"Main-main lagi kesini ya Sani" kata si Om Jon ramah

Setelah salaman sebentar, gue beranjak pulang dan kayaknya ini adalah kunjungan terakhir gue untuk waktu yang tidak ditentukkan -______________________-

NB: Untuk privacy, nama-nama yang bersangkutan sudah diubah :)

Senin, 03 Juni 2013

...........

Lewat sudah.....
Dan kekallah detik detik di dalamnya.....
 

Tunggu sejuta rasa di hati 
Yang dulu diingkari 
Mungkinkah cinta itu disana 
Dua hati merekah

Bagai mimpi terwujud tak disadari

Kata hati tak semua didengarkan lagi 
Waktu berpacu harap pun jadi 
Hasrat tuk memiliki 
Kini tersisa reka semata 
Cara untuk kembali

Semula indah terasa 

Mereka seribu rencana 
Mungkinkah hati miliki kembaran rasa 
Semua henti di sana… percuma

Langit biru setiap liku jalan itu 
Akan selalu melukiskan kisah itu 

Rindu yang kian terbendung lama 
Akan mencapai batasnya 
Terbuai indah kenangan baru 
Sesal jadi menyatu

Segalanya telah berlalu
Semula indah terasa 
Mereka seribu rencana

Rindu yang kian terbendung lama 

Telah mencapai batasnya 
Kini tersisa reka untuk kembali
Semula indah terasa 
Mereka seribu rencana

Mungkinkah hati milik  kembaran rasa

Semua henti di sana… percuma 
Semua henti di sana… percuma

Cerita di Balik sepiring Nasi Campur

Di balik banyak sifat minus gue, kalau gue boleh menilai diri sendiri, sebenarnya gue adalah orang yang mudah iba dan tidak tegaan.

Lebih spesifiknya, gue paling gak tega dan paling gak bisa liat kalau ada orang yang jualan tapi sepi atau gak ada yang beli.

Selama gue ada uang lebih, biar gue gak suka dan gak butuh barangnya, pasti gue beli. Gue selalu suka liat muka si penjual yang senyum sumringah dan memancarkan kesenangan ketika gue beli barangnya.

Ketika gue beli balon seharga 2rb dari tukang balon di depan BIP, gue masih ingat banget ama mimik mukanya yang (sangat) senang sambil ngasihin balon dia ngomong "Semoga anak di rumah seneng dibawain balon ama Bapaknya"

Biar gue belum punya anak dan istri tapi jujur, gue seneng banget loh pas dia ngomong kayak gitu :D

Sedikit menilik ke 5 tahun belakang, ada satu hal yang sampai sekarang lumayan bikin gue menyesal sampai sekarang loh :(

Ini cerita di tahun 2008, waktu gue belum seperti sekarang,

Dulu, salah satu kebiasaan gue di tahun 2008 sebelum pulang ke rumah adalah nyari tempat yang menyediakan jasa wi-fi gratis. Selain buat nyari referensi, gue juga perlu buat kirim E-mail, kirim kerjaan, dll.

Di tahun itu, harga modem itu masih mahal, mau masang internet di rumah juga harganya belum semurah sekarang. Pilihan buat cari wi-fi gratisan adalah solusi paling pas buat gue.

Dan, salah satu mall yang ada di deket rumah gue, menyediakan jasa wi-fi di lantai food court-nya. Mall-nya sepi banget, kalau kata temen gue lebih layak dibilang kuburan dibanding mall saking sepinya.

Buat yang kenal gue, pasti tau banget kalau gue gak terlalu suka tempat yang ramai, tempat yang riuh dan mall ini adalah pilihan utama gue buat internetan (FYI, setiap ada yang ngajak gue ketemuan, pasti gue selalu merekomendasikan tempat ini buat ketemuan)

Karena tempat untuk wi-fi cuma ada di lantai food court hampir setiap sore sebelum pulang, gue selalu ada di lantai 2 mall ini. Gue pilih tempat yang agak mojok biar gue bisa lebih nyaman, lebih fokus, dan jauh dari kebisingan.

Saking seringnya gue internetan disini, gue hafal banget deretan kios food court dari ujung kiri ampe ujung kanan. Yang ngisi kios di pojok paling kiri adalah kios ice cream dan pojok paling kanan adalah kios soto.

Satu yang mengkhawatirkan adalah seperti yang gue bilang di awal, mall ini tuh sangat sepi. Bahkan gue bisa ngitung dengan jari, jumlah orang yang makan di food court disini setiap harinya.

Dari banyak kios makanan disini, ada satu kios yang cukup menarik perhatian gue. Menariknya gini, yang jaga kios ini adalah pasangan suami istri berumur. Dibanding disebut Om dan Tante, kayaknya lebih cocok dipanggil Kakek dan Nenek atau Oma dan Engkong.

Nama stand mereka itu "Ini Echo" dengan logo jempol (belakangan gue baru tau, Echo itu bahasa Jawa yang artinya Enak)

Hal yang bikin gue miris dan sedih ya, mereka nyewa stand di mall yang sepinya kayak kuburan jadi sedikit banget yang mampir ke stand mereka buat beli makan disitu.

Gue biasa mulai wi-fi dari jam 3 sore sampai jam 7 malam dan rasanya sedikit banget orang yang mau beli makan disitu.  Jujur, gue gak tega ngeliat muka si Kakek ama Nenek yang duduk jaga stand sambil liat orang lalu-lalang tanpa menengok stand mereka.

Nyokap gue pernah ngomong "Yang namanya jualan itu ada pasang surutnya. Kalau jualan gak laku ya dek, pasti mereka gak akan jualan lagi. Bisa aja waktu kamu lagi gak ada, yang beli banyak"

Omongan dari Nyokap itu setidaknya bisa nenangin hati gue tapi hampir setiap hari gue disini, dari itung2an gue dalam 1 minggu, gak nyampe 10 orang yang beli loh.

Setiap ada yang beli atau mampir di stand mereka, gue selalu seneng. Kalau liat stand mereka lagi sepi, kadang gue juga jadi sedih. Walau gue gak ada sangkut pautnya atau sama sekali bukan urusan gue tapi entah kenapa gue tetep ngerasa sedih banget.

Pernah di suatu hari, kebetulan mereka gak jualan, gue ngelewatin stand mereka. Oh ya, mereka itu jualan makanan Chinesse kayak Lontong Cap Gomeh, Nasi Campur, dll. Di tembok stand mereka, gue liat ada tulisan "Jika kita punya 100 masalah ingatlah bahwa Tuhan mempunyai 101 cara untuk menyelesaikannya", ada juga tulisan 1 Korintus 1:4.

Gue hafal banget isi ayatnya: "Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus"

Ada juga satu foto mereka berdua lagi senyum sanbil rangkulan. Duh, gue makin gak tega liatnya. Entah gue yang terlalu sentimentil atau gue yang lebay ya, hal sepele terlalu gue besar-besarkan.
   
Fix, besok gue pasti beli makan disini. Biar gue gak doyan nasi campur atau lontong cap gomeh, gue pasti bakalan beli dan gue abisin.

Besoknya, suasana food court tumben-tumbenan lagi penuh. Kebetulan lagi ada acara lomba nyanyi jadi suasana lebih ramai dari biasanya. Setelah pilih tempat duduk, gue beranjak ke stand si kakek dan nenek itu.

Begitu sampai, gue langsung disambut dengan sangat baik dan welcome. Seriously, muka mereka itu kayak yang sangat senang sekali karena ada yang mampir buat beli. Gue pesen nasi campur dan lontong Cap Go Meh, harganya 30rb buat 2 menu itu.

"Duduknya dimana dek?" kata si Kakek ramah. Gue tunjuk meja tempat gue duduk sambil mengeluarkan selembar 50rb buat bayar.

15 menit kemudian, pesenan gue datang. Si kakek bawain pesenan gue sambil ngomong "Selamat Menikmati" yang gue balas dengan sebuah anggukan.

Biar gue gak doyan nasi campur or lontong cap gomeh tapi demi kakek-nenek yang hampir tiap hari gue kecengin bakalan gue abisin. Satu suap gua makan dan gak kerasa abis juga ini lontong ama nasi.

Jujur ya, rasanya enak tapi sayangnya gak fresh. Kerasa banget kalau dipanasin dan menurut gue ngurangin rasa ya. Tapi overall tetep enak dan next gue bakalan makan disini lagi.

Di rumah, gue mulai pikir otak, gimana caranya gue bisa bantu mereka. Rada impossible, kalau setiap hari gue makan disana, bisa-bisa Nyokap ngamuk karena udah masak tapi gak ada yang makan.

Tercetus ide, gue bakalan ikutan dalam kepengurusan acara di Gereja. Jadi rencananya gue bakalan menawarkan diri buat megang konsumsi karena kebetulan bakalan ada acara Natal Gabungan.

Dalam bayangan gue, kalau gue bisa diterima buat megang konsumsi, gue bakalan rekomendasiin buat order di si Kakek dan Nenek. Denger-denger planning awalnya, bakalan mesen sekitar 100 box soalnya ini acara Natal gabungan jadi yang datang bakalan banyak banget.

Wuih, gue ngebayangin muka mereka seneng karena dapat orderan. Gue selalu senang kalau melihat orang lain juga senang, menunjukkan senyum bahagia, dan bersyukur.

Kadang gue suka mikir ya, ngapain gue malah sibuk mikirin hal yang sama sekali gak ada untungnya buat gue. Apalagi gue itu sebenarnya paling gak suka ikutan organisasi-organisasi kayak gitu karena gue juga punya kesibukkan sendiri tapi buat kali ini, gue maksain diri buat ikutan.

Hidup itu bukan soal untung dan rugi, masih banyak yang bernilai daripada itu :)

Next,

Setelah beberapa kali rapat, akhirnya gue beneran kepilih buat jadi seksi konsumsi. Estimasi awal diperkirakan bakalan mesen 100 box dengan harga 15rb/box. Soal isi menu semuanya terserah gue. Gue seneng banget setelah dapet kepastian ini, seneng karena bakalan bisa kasih kabar menggembirakan buat si kakek dan nenek :)

Setelah dapet kepastian gue langsung menuju ke mall tempat biasa gue wi-fi, Setengah berlari, gue lansung menuju ke lantai 2, ke tempat food court. Sesampainya disana, gue langsung menuju stand si kakek dan nenek tapi sayang banget waktu gue datang mereka lagi gak jualan. Libur kali ya, pikir gue saat itu.

Tapi anehnya 3 hari berturut-turut kesitu, stand mereka selalu tutup. Apa mungkin mereka sudah gak jualan ya? Gue memberanikan bertanya ke stand sebelah dia, stand siomay. Kata Mbak yang jaga, mereka sudah gak jualan lagi disini karena sepi.

Duarrrrr, gue sedih plus kecewa banget dengernya. Sedih karena gue gak bisa ketemu mereka lagi plus kecewa karena gue telat ngasih kabar baik buat mereka :(

Gue nanya ke stand disebelah mereka tapi gak ada yang tau nomor kontak si kakek dan nenek ini. Saat itu gue mikir, mungkin bukan rejeki mereka. Akhirnya, dibanding repot lagi nyari katering, gue minta tolong Nyokap buat cover semua pesenan buat konsumsi Natal nanti

Next month,

Stand "Ini Echo" milik kakek dan nenek itu sekarang sudah berganti jadi stand Fried Chicken. Rasanya ada yang kurang buat gue. Biasanya kalau gue lagi nulis disini ya, sesekali mata gue melirik ke arah stand milik mereka. Kadang gue suka senyum-senyum sendiri, ngeliat mereka bercanda satu sama lain, melihat si kakek menguatkan si nenek, melihat si Kakek dengan sigap membawa tampan pesanan ke orang yang mesen. Mungkin gue gak akan ketemu mereka lagi tapi satu yang pasti, ada perasaan lega buat gue, setidaknya gue pernah makan masakkan mereka :)

Setiap gue ke mall itu sampai sekarang, satu yang PASTI terlintas di pikiran gue adalah gimana ya kabar mereka? Apa mereka masih jualan? Apa jualannya laris? Bahkan setelah gue mampu buat beli modem sendiri dan semakin jarang ke mall itu, terkadang pikiran itu masih suka nongol di kepala gue setiap gue ngelewatin mall itu.
 
Tapi ternyata yang namanya jodoh itu emang gak kemana.

Di bulan Juni tahun 2013 ini, saat jam makan siang gue diajak temen gue makan di Pujasera sekitaran Sukajadi. Katanya ada steak yang enak banget dan gue meng-iya-kan ajakkan itu. Biasa observasi rasa :)

Sesampainya disana, gue jalan-jalan di sekitaran pujasera, liat-liat orang yang jualan, siapa tau nemu ada makanan yang lebih enak. Gak lama, mata gue tertuju ke satu stand, lupa-lupa inget gue perhatiin siapa yang lagi jaga disana

Gue berjalan makin mendekat dan ternyata si kakek dan nenek itu yang jualan! Nama standnya tetep "Ini Echo" dan jualannya juga masih sama, ada nasi campur, ada lontong cap gomeh. Gue perhatiin mereka semakin uzur, terakhir ngeliat mereka itu tahun 2008 dan gak kerasa sekarang sudah hampir 5 tahun loh.

Gue rasa jualan mereka disini lebih laris dibanding jualan terdahulu karena kalau gue perhatiin mereka berdua jauh lebih sibuk dibanding waktu jaga stand di mall itu.

Berani taruhan, 1000% mereka gak akan inget gue tapi gue masih selalu inget mereka... Reflek, gue langsung menuju stand mereka, tanpa banyak nanya, gue langsung mesen:

"Nasi Campurnya satu ama Lontong Cap Gomehnya satu"