Minggu, 30 Desember 2012

Kuakhiri dengan Indah

Waktu terus berlalu, lembaran demi lembaran telah dilalui. Berbagai tinta mewarnai tahun ini, berbagai kisah silih berganti menghiasi perjalanan hidup...

Gak kerasa sekarang sudah di penghujung tahun 2012. Perasaan baru aja kemarin gua mengawali tahun 2012. Mengawali tahun dengan rasa optimis, optimis untuk menjadi lebih baik, lebih kuat dari sebelumnya.

Eh, sekarang tiba-tiba aja udah di penghujung tahun lagi.

Well, sebenarnya banyak cerita di tahun ini. Seperti biasa, dalam hidup pasti ada cerita soal tawa, sedih, haru, cinta, semuanya ada. Meskipun sibuk, gua selalu menyempatkan diri buat menulis. Gak masalah biar cuma sepenggal atau dua penggal kalimat sekalipun, gua selalu menyempatkan diri menulis tiap harinya.

Sebenarnya banyak cerita yang sudah selesai dibuat dan banyak pula cerita yang bisa dibagi. Tapi sayangnya gua masih terlalu 'pelit' buat berbagi cerita-cerita yang menurut gua menyenangkan itu.

Kadang kalau malam hari tiba, gua selalu menyempatkan diri buat baca cerita-cerita itu. Responnya selalu sama meskipun sudah gua baca berulang-ulang. Intinya. gua selalu tersenyum dan merasa bahagia :)

Sedikit berbagi, cerita yang paling yang gak bisa gue lupain adalah waktu doi (baca: pacar) keracunan pas makan bareng gua.

Iya betul, keracunan.

Jadi ceritanya di suatu hari, gua menyempatkan diri buat datang ke Jakarta. Sebenarnya sih gua gak ada perlu-perlu banget ke Jakarta tapi karena waktu itu ada waktu kosong dan kebetulan ada transportasi kosong, gua pun berangkat ke Jakarta.

Sama sekali gak ada persiapan karena gua cuma bawa tas yg isinya dokumen-dokumen pribadi gua plus kaos yang biasa gua bawa buat ganti kalau baju basah gara-gara keringetan.

Tujuan utamanya sih sebenarnya mau ketemu ama di doi, hihihihihihi...

Setelah janjian pas jam makan siang ama doi, kita muter-muter cari tempat makan. Jujur, gua sama sekali 'buta' soal tempat makan yang enak dan bersih di Jakarta. Tempat makan yang gua tau cuma McDonalds di Sarinah itu juga gara-garanya tiap ke Jakarta, gua pasti turun disitu.

Lama mencari, akhirnya tukang sate jadi pilihan utama. Pas mau mesen, sama sekali gak ada masalah. Masing-masing pesen 10 tusuk, dia 10, gua 10. Tapi karena kebanyakkan, doi kasih 3 tusuk ke gua jadi total dia makan 7 tusuk, gua 13 tusuk #wow

Rasanya sih biasa aja, mirip mamang sate yang biasa lewat depan rumah. Harganya juga standar sate, gak ada masalah.

Masalah dimulai, ketika malam hari tiba. Doi ngasih tau kalau perutnya mules banget dan ngelilit banget. Ampe besok paginya, ternyata doi masih ngerasa sakit di perut bahkan ampe muntah-muntah.

Gua jadi panik, jadi khawatir, takut kenapa-kenapa. Sesuai anjuran, akhirnya doi dibawa ke klinik dan diperiksa. Ternyata penyebabnya cuma satu "keracunan makanan"

Dan jelas SATE 7 tusuk itu adalah penyebabnya. Ada beberapa kemungkinan, pertama itu sate pake daging Mickie Mouse atau Minnie Mouse, kedua satenya pake daging Ayam Tiren, itu loh daging dari bangkai ayam yang harusnya dikubur atau dijadiin makan kucing tapi malah dimasak.

Pertanyaannya kemudian ya gan, doi yang makan 'cuma' 7 tusuk aja bisa keracunan ampe muntah-muntah, kok gue yang makannya 13 tusuk gak kenapa-napa? Padahal belinya sama, dibakarnya sama, BAHKAN 3 tusuk sate si doi ditransfer ke piring gue LEBIH lagi ada 1 tusuk sate punya dia yang gak abis yang disuapin ke mulut gue

Apa sekebal itukah body gue ama makanan beracun?

atau

Apa tanpa disadari gue udah terbiasa makan daging Mickie Mouse, makan daging ayam Tiren ampe body gue udah terbiasa? Hiwwwwwwwwwww

No, no forget it

Well, di tahun ini, gua rasa hari-hari semakin dirasa sulit tapi di tahun ini banyak yang berubah dari gua. Mungkin berubah jadi lebih baik, lebih produktif, dan lebih bersemangat dari sebelumnya.

Di tahun ini memang ada target yang meleset dari perkiraan awal tapi gak sedikit juga, gua nerima banyak hal yang sebelumnya sama sekali gak gua bayangkan.

Ya itulah hidup, ada pasang surutnya. Ada temen gua yang di tahun 2011 karena keterbatasan ekonomi terpaksa kerja jadi buruh kimono di Pabrik, dulu hampir tiap hari dia ngeluh kalau dia tertekan selama kerja jadi buruh. Tertekan karena temen kerja, tertekan ama atasan dan dia bilang dia gak betah.

Gua masih inget dia ngomong "Tempat gua bukan disini, gua pasti bisa lebih dari ini" Sekarang dia kuliah di salah satu universitas bergengsi dan berencana ngajuin beasiswa biar bisa kerja di luar negri.

Wow, seperti yang gua bilang tadi hidup ini memang ada pasang surutnya. Lucu kalau ngebayangin dimana tahun lalu dia masih berkutat ama benang wol kimono, gunting, dan alat perkakas lainnya plus dibentak-bentak atasan sekarang udah neteng laptop buat kuliah dan belajar.

Intinya, pergunakan kesempatan sebaik dan semaksimal mungkin. Semua orang pasti punya limit, kejar limit itu sampai batas maksimal. Kalau limit itu sudah terlampaui, teruslah 'berlari' agar tidak jatuh lagi.

Semoga di akhir tahun ini, semua kenangan baik bisa dijadikan hal yang positif untuk hidup yang lebih baik lagi. Dan semua kenangan buruk, saya percaya akan membuat kita lebih kuat dari sebelumnya...

Terakhir, terima kasih buat 'kamu', yank

Thanks for accompanying me every night :)

Thanks for being my answers of my prays :)


Thanks for the trust you've given :)

Thanks for everything :)

and the most important

Thanks for completing me :)

Sabtu, 29 Desember 2012

BB itu....

*Buat yang merasa single atau belum menikah, saya harap kalian maju ke depan. Kedua mempelai akan melempar rangkain bunga dan jika anda berhasil mendapatkannya, anda akan mendapatkan BB model terbaru*

Suara riuh rendah langsung terdengar begitu si MC berwajah oriental dengan rambut rancungnya ngumumin kalau hadiah untuk penangkap mawar itu adalah sebuah BB.

April 2012,

Gua liatin jam di tangan, jam sudah menunjukkan Pkl 21:00. Anak muda-mudi yang mukanya nafsu buat dapet BB baru langsung berhamburan maju ke depan. Ada yang malu-malu sok gak butuh, ada yang malu-maluin nunjukkin muka nafsu *kepengen BB bgt* dan udah nangkring paling depan.

Sambil nyeruput teh manis, gua perhatiin muka satu-satu orang yang udah maju ke depan. Kaum hawa tampak malu-malu sambil cengengesan, kaum adam pun beberapa ada yang malu. Tapi ada satu orang yang sumpah pengen gua siram pake ini teh manis.

Orangnya masih remaja tanggung, posturnya gemuk kayak pesumo yang celananya merosot plus gayanya sumpah udah heboh banget, keliatan banget dia kepengen punya BB baru. Dorong sana-sini, maju mundur, lompat-lompat padahal belum juga disuruh lompat.

Gua berlagak cool, berlagak gak kepengen BB baru biar sebenarnya daritadi gua udah ngacay, udah ngebayangin megang BB baru. Udah ngebayang foto pake itu BB baru yang diarahin di depan cermin sambil manyun-manyunin bibir kayak anak gaol.

Tapi karena banyak cewek kece disana dan ini undangan orang penting, hasrat itu terpaksa gua pendem dulu. Image cool, calm, dingin yang gua bangun sejak lama bisa langsung hancur kalau bos-bos disana ngeliat tingkah gua yang keblinger kepengen punya BB baru.

Suasana sudah mulai crowded, si cowok tambun yang gua perhatiin daritadi sudah semakin liar kayak kuda liar yang mau diperes susunya. Dia keketawaan ama temen-temennya, ketawa picik tepatnya. Gua yakin deh, kalau itu ampe temennya yang dapet itu bunga, si cowok tambun ini bakalan langsung nikung atau apalah, yang penting dia yang dapet itu BB.

Gua berdiri sambil nyender tembok, melihat di sekeliling gua. Ah, gak biasanya gua datang ke undangan, apalagi sebagai orang yang gak terbiasa dengan suasana yang crowded dan suasana yang formal datang ke sebuah acara dengan begitu banyak orang dan memakai setelah jas yang dipadu dengan dasi kupu-kupu bisa dibilang merupakan sebuah kemewahan buat gua.

Entah kenapa gua merasa begitu culun dengan dasi kupu-kupu di leher. Rasanya tuh kayak ada yang nyekek-nyekek di leher tapi bentuknya gaib dan tak berwujud. Tetapi karena ini undangan orang penting, gua tanggalkan semua ketidak senangan gua ini.

Mata gua masih mengarah ke si cowok tambun itu. Bukan, bukan karena gua cinta mati ama dia tapi ya itu lagaknya cukup membuat gua sulit buat melepaskan pandangan ke dia.

*Sebentar lagi kedua mempelai akan segera melemparkan rangkaian bunga. Dan ingat, pantia menyedikan BB untuk para hadirin yang berhasil menangkap rangkaian bunga ini. Buat para hadirin lain yang belum menikah dan masih single, saya harap kesediannya untuk ikut bergabung bersama kami*

Gua berlalu dari kerumunan orang-orang yang keliatannya sudah gatal buat ngeliatin para anak-anak remaja ini berebut bunga si mempelai. Gua duduk sambil berusaha cari spot yang pas buat (tetep) ngeliatin tingkah pola si remaja tambun itu.

*Satu-dua-tiga* teriak si MC


Dan bener sesuai perkiraan gua. Persis kayak banteng yang nafsu buat nyeruduk pantat orang, ini orang bener-bener keliatan nafsu banget buat dapetin itu bunga.

Mau gak mau mulut gua jadi mangap juga, pengen banget gua liat dia keseleo atau encoknya kambuh pas lagi lompat. Ada perasaan yang begitu sentimentil gara-gara liat kelakuan ini bocah.

Ternyata langit tak mendengar doa gua, si gembul rakus dengan segala cara akhirnya bisa dapetin itu bunga. Sumpah gan, pas liat mukanya yang heboh sambil lompat-lompat gara-gara bisa dapetin itu bunga bener-bener deh pengen gue siram pake air keras.

Dari kejauhan terdengar suara dia teriak"Terima kasih Tuhan, Terima kasih Tuhan", persis kayak acara-acara di Reality Show dimana seseorang dapet duit gara-gara nolongin orang.

"Ya, silahkan maju ke depan. Namanya siapa nih?" tanya si MC ramah

"Ya Tuhan, masih gak nyangka aku dapetin ini bunga. Namaku San-San" kata si gembrot sambil terengah-engah mirip Ibu-Ibu lagi ngeden pas lagi mau ngeluarin bayi

Entah kebetulan atau gak, nama San-San terasa menyebalkan buat gua. Gua punya 2 orang temen yang namanya San-San dan sumpah nyebelin banget. Yang satu orangnya bossy abis, dari gaya ngomong ampe tingkah lakunya. San-san yang kedua, orangnya pengen tau banget. Kalau pengen tau taraf wajar si gak masalah tapi yang ini kebangetan pengen taunya. Mulai dari mantan, gaji, pacar pasti ditanya-tanya mulu.

Pernah dia nanya gaji lu berapa, san? Gua jawab "Ya, cukuplah buat jajan" Soal penghasilan emang soal sensitif dan rasanya gak perlu semua orang perlu tau deh. Gua jawab gitu, dia bales "Anjrit, sombong banget sih lu gak mau kasih tau!"

Giliran gua kasih tau nominal penghasilan gua (gara-gara kesel ditanya terus), dia bilang "Anjrit, somse bgt. Kalah gaji gue!"

S*tan, dikasih tau salah, gak dikasih tau salah -_-

Next, 

Dan bukan kebetulan kalau si tambun di atas panggung ini namanya San-San. Entah itu cuma nama panggilan atau apaan tapi tetep nama itu terasa menyebalkan buat gua.

"Selamat untuk bro San-San yang berhasil dapat hadiah spesial dari kedua mempelai" kata si MC sambil nyerahin bungkusan yang gede banget.

Perasaan bungkus BB kok gede banget ya? Bukannya BB mah kecil ya? Pikir gua dalam hati.

Saat itu gua berpikir mungkin panitianya lagi ngerjain si pemenang, jadi bungkusnya emang gede biar repot bukanya. Istilahnya berjuang dulu sebelum memperoleh kepuasan,

Dengan kalap si San-San Wawa ini langsung ngerobek isi bungkusan, sedetik kemudian muka cengos dia langsung berubah jadi muka getir mirip korban kecopetan di angkot.

"Ya, selamat bro. Anda berhasil mendapatkan BB dari kami yaitu BONEKA BERUANG!" kata si MC sambil cengengesan.

Mendadak seisi ruangan langsung riuh oleh suara tawa.

Gue? Gak usah ditanya, rasanya gua jadi orang pertama yang ketawanya paling keras. Ketawa gara-gara gak bisa bedain mana beruang mana si San San plus ketawa ngeliat muka konyol dia yang terlanjur berhenti berharap.

Untung aja MC-nya gak ngomong "Hadiahnya BB = Babi Betina".

Mungkin dalam pikiran dia gini, "malam ini gue mau tidur sambil ngedekep BB baru gue. Ternyata nasib berkata lain, malam ini gue tidur bakal dibekep ama boneka beruang"

Oh. d*mn, like homo

Dengan gontai sambil menahan malu (dan pipis) si San-San turun dari atas panggung. Rasa malu, sedih, kecewa semuanya diblender jadi satu. Jujur, ada sedikit rasa kasian ngeliat si San Sani biar sama sekali gak kenal ama dia tapi entah kenapa, pertemuan 5 menit ini seolah membuat gue ngerasa udah temenan lama banget ama ini orang.

15 menit kemudian setelah acara beres, gua mulai beranjak keluar, menuju tempat parkiran. Entah jodoh atau apaan gue ketemu ama si San San di parkiran.

Mukanya masih kayak yang memendam kekecewaan yang sangat, pengen gue tepuk pundaknya terus ngomong dengan (sok) bijak "Dek San-San, sabar ya. Ini namanya hidup, banyak proses untuk mencapai pendewasaan diri"

#Eaaaaaa

Tapi karena gua sama sekali gak kenal ama ini orang plus ntar disangka sok kenal dan sok asyik, gua urungkan niat baik gua itu.

5 menit kemudian, dia sudah berlalu dari pandangan gua, jauh dan semakin jauh....

(Postingan ini pernah dimuat di beberapa portal blog online)